Jumlah Pulau di Indonesia

Pulau Terbesar di Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia – Indonesia adalah Negara Kesatuan NKRI yang merupakan negara terbesar baik dari segi kebudayaan, Bahasa, ras, dan suku agama. Selain itu Indonesia sangat terkenal akan jumah pulau yang dimilikinya.

Mungkin dari sebagian kita tidak banyak yang tahu mengenai berapa jumlah pulau di Indonesia ini. Berikut kita akan membahas jumlah palau di Indonesia beserta penjelasan lainnya, untuk selengkapnya mari simak dengan seksama.

Jumlah Pulau di Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia

Menurut data catatan dari Direktorat Jendral Pemerintah Umum. Negara Indonesia memiliki pulau dengan jumlah 17.504 dan 16.056 yang dimana pulau tersebut sudah memiliki nama dalam baku PBB. Sedangkan untuk provinsi yang banyak memiliki pulau yakni berada dalam Provinsi Riau dengan jumlah pulau sebanyak 2.408.

Sedangan menurut urutan kedua yang memiliki pulau terbanyak ada pada Provinsi Papua Barat dengan berjumlah 1.945 pulau, dan diikuti oleh Provinsi Maluku Utara dengan jumlah 1.474 pulau.

Selain itu, ada pula palau dengan jumlah paling sedikit dalam urutan pertama yakni diduduki Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi jambi dengan masing-masing jumlah palau yang dimilikinya yakni 19 Palau.

Jumlah Pulau Menurut Sejarah

Berikut adalah jumlah pulau berdasarkan menurut sejarahnnya diantaranya adalah sebagai berikut ini. Ditahun 1972 sebuah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mencatatkan bahwa di indonesia terdapat pulau dengan jumlah 6.127.

Sedangkan menurut Pusat Suvei atau Pemetaan ABRI (pussurta ABRI) ditahun 1987 mencatatkan bahwa di negara Indonesia memiliki sebanyak 17.503 pulau, dan 5.707 yang dimana pulau tersebut sudah memiliki nama tersendiri.

Dan ditahun 2002, menurut pendapat dari citra satelit mengoreksikan bahwa negara Indonesia memiliki pulau dengan jumlah mencapai 18.306 pualau.

Ditahun 2004 bahwa dikala itu terdapat laporan dari gebernur dan bupati wali kota yang pada saat ini menyatakan bahwa negara Indonesia memiliki 2.870 pulau, sedangakan 9.634 pulau merupakan pulau yang belum tanpa nama. Dari seluruh banyaknya pulau tersebut, hanya sekitara 6.000 saja yang sudah dihuni manusia.

Peta Asia Tenggara

Jumlah Pulau di Jawa

Menurut data dan perhitungan pemerintah Indonesia. Dipulau jawa sendiri terdapat pulau dengan jumlah sekitar 757. Dari semua seluruh provinsi jawa, jumlah pulau terbanyak juga ada di jawa timur dengan jumlah 431 palau, dari pada jumlah pulau jawa lainnya.

Jumlah Pulau di Kalimantan

Kalimantan adalah sebuah provinsi yang memiliki luas sekitar 544.1150 Km, persegi. Berdasarkan data yang ada bahwa pulau Kalimantan memiliki 932 pulau.

  • Sedangkan untuk Pulau Kalimantan Timur memiliki pulau dengan jumlah seluruh 419.
  • Dan posisi selanjutnya yakni Pulau Kalimantan Barat yang memiliki jumlah pulang dengan total seluruh 172.
  • Terakhir diikuti Pulau Kalimantan Selatan yang memiliki pulau dengan jumlah seluruh mencapai 172 pulau.

Jumlah Pulau di Sumatra

Sumatera merupakan sebuah provinsi yang memiliki jumlah pulau sekitar 3.665. sedangakan pada sebuah Provinsi Riau menyumbangkan pulau yang dimilikinya yakni dengan jumlah sekitar 1.994 bahkan ini hampir mencapai dari setengahnya seluruh pulau disumatera yang ada.

Sedangkan pada bangka Belitung terdapat pulau dengan jumlah pulau mencapai 566, lalu dilanjutkan dengan Aceh Darussalam yang memiliki pulau dengan jumlah 331 dari seluruh pulau yang ada pada aceh.

Pulau Terbanyak

Berikut adalah provinsi-provinsi yang memiliki pulau terbanyak diseluruh Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Menurut data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jumlah pulau terbesar berada di Provinsi Riau, dengan jumlah istana 2.408.

Dan menurut LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bahwa menyatakan untuk pulau terbanyak yang kedua ada pada Provinsi Papua Barat dengan jumlah pulau yang dimilikinya yakni 1.917 pulau.

Serta disusul dengan Provinsi Maluku Utara dengan jumlah palau yang dimilikinya yakni mencapai 1.525 dan 1.399 pulau. Sedangkan pada Provinsi Nusa Teggara memiliki pulau dengan jumlah 1.192.

Pulau Tersedikit

Berikut adalah daftar provinsi dengan jumlah pulau yang paling sedikit, berdsarkan data yang ada diantaranya adalah.

  1. Jambi merupakan sebuah Provinsi dengan jumlah pulau yang dimilikinya kisaran 19 pulau.
  2. DIY merupakan sebuah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan banyak pulau yang ada sekitar 23 pulau.
  3. Kalimantan Tengah merupakan sebuah provinsi dengan jumlah pulau yang dimilikinya sekitar 32 pulau.
  4. Bengkulu merupakan sebuha provinsi dengan jumlah pulau yang dimilikinya yakni sekitar 47 pulau.
  5. Sumatera selatan merupakan sebuah provinsi dengan jumlah pulau yang dimilikinya sekitar 53 pulau.

” Itulah daftar pulau yang paling sedikit berdasarkan data-data yang sudah ada”.

Terumbu Karang Terbanyak

Sebagai negara yang kaya baik budaya, wisata, suku, Bahasa, serta yang tidak kalah pentingnya yakni jumlah pulau yang ada. Ternyata Indonesia juga memiliki terumbu karang yang bahkan dapat mengalahi terumbu karang yang ada diluar.

Berikut adalah daftar terumbu karang yang paling banyak berdasarkan data yang sudah ada dalam pemerintahan yang terbagi menjadi beberapa lokasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pada dasarnya Negara Indonesia memiliki banyak titik lokasi yang dapat dikatakan banyak memiliki terumbu karang dengan jumlah 1.133 lokasi. Dari sebanyak 504 lokasi tersebut memang terdapat pada Indonesia bagian barat.

Dan pada bagian tengah terdapat 308 lokasi, dan pada bagian timur terdapat 321 lokasi yang masing-masing memiliki banyak terumbu karang. Sedangkan untuk terumbang karang yang sudah terkenal diantaranya seperti :

  1. Pulau Bintan (Provinsi Riau)
  2. Kepulauan Seribu (Jakarta)
  3. Karimun Jawa (Jawa Tengah)
  4. Pulaua Derawan (Kalimantan Timur)
  5. Pulau Komodo (Flores)
  6. Nusa Penida (Bali)
  7. Selat Lambeh (Sulawesi Utara)
  8. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
  9. Bunaken (Sulawesi Utara)

Sebenarnya masih banyak lagi data ini hanya yang sudah masuk dalam data LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) saja.

Letak Astronomis Asean

Pulau Terbesar di Indonesia

Indonesia memang kayak berbagai budaya, alam, dan wisata, dan berikut adalah 5 daftar jumlah pulau yang paling terbesar di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pulau Papua

Papua merupakan sebuah daerah Indonesia, yang memiliki banyak budaya serta pulau-pulau yang masuk dalam daftar pulau terbesar di Indonesia dengan luas 786.000 KM, persegi. Selain itu pulau tersebut biasa di sebutnya dengan pulau New Guinea.

Selain itu dipapua sendiri terdapat puncak tertinggi dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, yakni puncak tersebut terdapat pada Puncak Jaya Wijaya. Sedangkan untuk wilayahnya sendiri terbagi menjadi 2 (Dua) Wilayah, yakni pada bagian barat wilayah NKRI dan pada bagian timur Wilayah untuk Papua Nugini.

  1. Pulau Kalimantan

Kalimantan adalah sebuah pulau yang termasuk terbesar di Indonesia dengan luas yang dimilikinya sekitar 743.330 KM, persegi. Pulau Kalimantan ini memiliki sebutan lain yakni Borneo serta terbagi menjadi 3 (Tiga) Wilayah diantaranya adalah sebgai berikut.

  • Pada bagian Selatan merupakan bagian Indonesia
  • Pada bagian Tengah merupakan bagian dari Malaysia
  • Sedangakan pada bagian Utara merupakan bagian dari Brunei Darussalam

Selain itu pualau Kalimantan sendiri merupakan Wilayah milik Kedaulatan Indonesia yang terbagi menjadi 5 (Lima) Provinsi diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Utara
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Tengah

Dari sekian banyaknya penduduk Kalimantan, susuai data yang ada yakni berjumlah sekitar 13.787.831 Jiwa. Sedangkan untuk puncak tertinggi ada pada daerah Kinabalu dengan ketinggian mencapai sekitar 4.095 mdpl.

  1. Pulau Sumatera

Sumatera adalah sebuah provinsi yang luasnya mencapai sekitar 443.065 KM, persegi. Menurut data penelitian LIPI (Lembaga Ilmu Pengetauan Indonesia) pulau Sumatera ini masuk dalam pulau terbesar yang ke 3 (Tiga).

Selain itu pulau Sumatera ini terbagi menjadi menjadi beberapa daerah diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Aceh
  • Sumatera Utara
  • Sumatera Barat
  • Sumatera Selatan
  • Kepulauan Riau
  • Jambi
  • Bengkulu
  • Kepulauan Bangka Belitung
  • Lampung

Sedangakan untuk penduduk dari seluruh provinsi Sumatera tersebut mencapai 50.630.931 jiwa. Sedangkan untuk puncak tertinggi yang ada pada pulau Sumatera ini ada pada gunung kerinci, dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl.

  1. Pulau Sulawesi

Sulawesi atau Celebes adalah sebuah pulau dengan wilayah luas mencapai 174.600 KM, persegi. Berdasarkan data pulau selawesi ini masuk dalam pulau terbesar ke 4 (Empat) di Indonesia.

Selain itu pulau Sulawesi ini terbagi menjadi beberapa daerah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Selatan
  • Sulawesi Tenggara
  • Provinsi Gorontalo

Dari semua daerah provinsi ini mengenai jumlah penduduknya berjumlah sekitar mencapai 17.371.782 jiwa. Sedangkan untuk puncak tertinggi dari seluruh daerah yang ada pada pulau Sulawesi ini, ada pada Rantemario dengan ketinggian mencapai 3.478 mdpl.

  1. Pulau Jawa

Pulau jawa adalah sebuah pulau yang terbesar yang ke 5 (Lima) berdasarkan data yang sudah ada dengan wilayah luas mencapai 126.700 KM, prsegi. Sedangkan untuk jumlah penduduk dari seluruh pulau jawa tersebut mencapai 136.610.590 jiwa.

Selain itu pulau jawa ini terbagi beberapa wilayah diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Provinsi Banten
  • DKI Jakarta
  • Provinsi Jawa Barat
  • Provinsi Jawa Tengah
  • DIY Yogyakarta
  • Provinsi Jawa Timur

Dari seluruh daerah pulau jawa yang ada, untuk puncak tertinggi yang ada pada Sumeru dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Peta Indonesia

Gambar Pulau Indonesia

Gambar Pulau Indonesia

Diatas merupakan gambar pulau Indonesia dengan jumlah pulau yang dimilikinya total 17.504 pulau dan 6.000 pulau yang belum berpenghuni. Hal ini dikarenakan rata-rata penduduk indonesia hanya mendiami 5 pulau yang terbesar saja seperti

  • Pulau Sumatera
  • Pulau Jawa
  • Pulau Kalimantan
  • Pulau Sulawesi
  • Pulau papua

Jumlah Provinsi di Indonesia

Berikut adalah jumlah provinsi dari masing-masing kepulauan yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah sebagi berikut ini.

  1. Pulau Sumatera berjumlah 10 provinsi yang terdiri atas :
  • Nanggroe Aceh Darussalam
  • Sumatera Utara
  • Sumatera Barat
  • Riau
  • Kepulauan Riau
  • Jambi
  • Bengkulu
  • Sumatera Selatan
  • Kepulauan Bangka Belitung
  • Lampung
  1. Pulau Jawa berjumlah 6 provinsi terdiri atas sebagai berikut ini :
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • DI Yogyakarta
  1. Kepulauan Nusa Tenggara ada 3 provinsi

Tiga provinsi di Kepulauan Nusa Tenggara meliputi:

  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  1. Pulau Kalimantan berjumlah 5 provinsi yang terdiri atas sebagai berikut ini :
  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Tengah
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Utara
  1. Pulau Sulawesi berjumlah 6 provinsi terdiri atas sebagai berikut ini :
  • Gorontalo
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Selatan
  • Sulawesi Tenggara
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Utara
  1. Kepulauan Maluku berjumlah 2 provinsi yang terdiri atas sebagai berikut ini :
  • Maluku
  • Maluku Utara
  1. Pulau Papua berjumlah 2 provinsi terdiri atas :
  • Papua
  • Papua Barat

Daftar Provinsi dan Ibu Kota di Indonesia

Berikut adalah daftar Provinsi dan Ibu Kota di Indonesia, berdasarkan data situs resmi Kementrian Dalam Negeri RI, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam – Banda Aceh
  2. Provinsi Sumatera Utara – Medan
  3. Provinsi Sumatera Barat – Padang
  4. Provinsi Riau – Pekan Baru
  5. Provinsi Kepulauan Riau – Tanjung Pinang
  6. Provinsi Jambi – Jambi
  7. Provinsi Bengkulu – Bengkulu
  8. Provinsi Sumatera Selatan – Palembang
  9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  10. Provinsi Lampung – Bandar Lampung
  11. Provinsi Banten – Serang
  12. Provinsi DKI Jakarta – Jakarta
  13. Provinsi Jawa Barat – Bandung
  14. Provinsi Jawa Tengah – Semarang
  15. Provinsi Jawa Timur – Surabaya
  16. Provinsi DIY Yogyakarta – Yogyakarta
  17. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam – Banda Aceh
  18. Provinsi Sumatera Utara – Medan
  19. Provinsi Sumatera Barat – Padang
  20. Provinsi Riau – Pekan Baru
  21. Provinsi Kepulauan Riau – Tanjung Pinang
  22. Provinsi Jambi – Jambi
  23. Provinsi Bengkulu – Bengkulu
  24. Provinsi Sumatera Selatan – Palembang
  25. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  26. Provinsi Lampung – Bandar Lampung
  27. Provinsi Banten – Serang
  28. Provinsi DKI Jakarta – Jakarta
  29. Provinsi Jawa Barat – Bandung
  30. Provinsi Jawa Tengah – Semarang
  31. Provinsi Jawa Timur – Surabaya
  32. Provinsi DI Yogyakarta – Yogyakarta

Jumlah Kabupaten di Indonesia

Indonesia adalah negara NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang memiliki 34 provinsi, dari masing-masing provinsi tersebut terdiri atas kota dan kabupaten. Berdasarkan data Dalam Negeri Indonesia, Indonesia terdapat 514 kabupaten atau kota.

Dari jumlah seluruh kota yang ada di Indonesia yakni berjumlah 514 yang terdiri atas 416 kabupaten, dan 96 Kota di Indonesia. Berikut adalah rincian dari jumlah seluruh kabupaten dan kota masing-masing provinsi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pulau Sumatera

Berdasarkan data Pemerintahan Indonesia Pulau Sumatera memiliki 10 Provinsi dengan 152 Kabupaten dan Kota. Dari jumlah seluruh 154 kota atau kabupaten, selanjutnya terbagi menjadi 120 kabupaten dan 34 Kota. Untuk perincian dari jumlah kabupaten atau kota adalah sebagai berikut ini.

  • Provinsi Aceh, dengan jumlah 23 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 18 Kabupaten dan 5 Kota.
  • Provinsi Sumatra Utara, dengn jumlah 33 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 25 Kabupaten dan 8 Kota.
  • Provinsi Sumatra Barat, dengan jumlah 19 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 12 Kabupaten dan 7 Kota.
  • Provinsi Riau, dengan jumlah 12 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 10 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Provinsi Kepulauan Riau, dengan jumlah 7 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 5 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Provinsi Jambi, dengan jumlah 11 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 9 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Provinsi Bengkulu, dengan jumlah 10 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 9 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Sumatera Selatan, dengan jumlah 17 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 13 Kabupaten dan 4 Kota.
  • Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan jumlah 7 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 6 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Lampung, dengan jumlah 15 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas Kabupaten 13 dan 2 K ota.
  1. Pulau Jawa

Pulau jawa merupakan sebuah pulau dengan jumlah 6 provinsi dan 119 Kabupaten dan kota, dari jumlah seluruh Kabupaten dan Kota tersebut terbagi menjadi 85 Kabupaten dan 34 Kota. Untuk rincian dari jumlah Kabupaten dan Provinsi jawa adalah sebagai berikut.

  • Provinsi Banten, dengan jumlah kabupaten dan kota 8, yang terdiri atas 4 kabupaten dan 4 kota.
  • Provinsi DKI Jakarta, dengan jumlah kabupaten dan kota 6, yang terdiri atas 1 kabupaten dan 5 kota.
  • Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah 27 kabupaten dan kota, yang terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota.
  • Provinsi Jawa Tengah, dengan jumlah 35 kabupaten dan kota, yang terdiri atas 29 Kabupaten dan 6 kota.
  • Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah 38 kabupaten dan kota, yang terdiri atas 29 kabupaten dan 9 kota.
  • Provinsi DIY Yogyakarta, dengan jumlah 5 kabupaten dan kota, yang terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota.
  1. Kepulauan Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara yang terdiri atas 3 Provinsi, dan terdiri 41 Kabupaten dan kota. Dari seluruh jumlah Kabupaten yang ada, juga terbagi menjadi 37 Kabupaten dan 4 Kota. Untuk perincian dari seluruh jumlah Kabupaten yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara adalah sebagai berikut :

  • Provinsi Bali, memiliki jumlah kabupaten dan kota 9, yang terdiri atas 8 kabupaten dan 1 kota.
  • Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan jumlah 10 Kabupaten dan Kota yang dimiliki 8 kabupaten dan 2 kota.
  • Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan jumlah 22 Kabupaten dan Kota yang dimiliki 21 kabupaten dan 1 kota.
  1. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan, yang terdiri atas 5 Provinsi dan terdapat 56 Kabupaten dan Kota. Dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada, selain itu Pulau Kalimantan terbagi menjadi 47 Pulau dan 9 Kota. Untuk perincian dari seluruh jumlah Kabupaten dan Kota Kalimantan adalah sebagai berikut ini.

  • Kalimantan Barat, memiliki jumlah 14 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 12 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Kalimantan Selatan, memiliki jumlah 13 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 11 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Kalimantan Tengah, memiliki jumlah 14 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 13 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Kalimantan Timur, memiliki jumlah 10 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 7 Kabupaten dan 3 Kota.
  • Kalimantan Utara, memiliki jumlah 5 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 4 Kabupaten dan 1 Kota.
  1. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi memiliki 6 Provinsi dengan 81 Kabupaten dan Kota, untuk seluruh jumlah Kabupaten dan Kota, pulau Sulawesi terbagi menjadi 70 Kabupaten dan 11 Kota. Untuk perincian dari jumlah Kabupaten dan kota di Sulawesi adalah sebagai berikut ini.

  • Provinsi Gorontalo, dengan jumlah 6 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 5 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Selatan, dengan jumlah 24 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 21 Kabupaten dan 3 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan jumlah 17 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 15 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Tengah, dengan jumlah 13 Kabupaten dan Kota, yang terdiri dari atas 12 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Utara, dengan jumlah 15 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 11 Kabupaten dan 4 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Barat, dengan jumlah 6 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 6 Kabupaten dan 0 Kota.
  1. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi merupakan sebuah pulau yang memiliki 6 Provinsi dan terbagi menjadi 81 Kabupaten dan kota, dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada. Pulau Sulawesi terbagi menjadi 70 Kabupaten serta 11 Kota. Untuk perician dari seluruh kabupaten dan kota tersebut adalah sebagai berikut :

  • Provinsi Gorontalo, memiliki jumlah 6 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 5 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki jumlah 24 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 21 Kabupaten dan 3 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Tenggara, memiliki jumlah 17 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 15 Kabupaten dan 2 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki jumlah 13 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 12 Kabupaten dan 1 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Utara, memiliki jumlah 15 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 11 Kabupaten dan 4 Kota.
  • Provinsi Sulawesi Barat, memiliki jumlah 6 Kabupaten dan Kota, yang terdiri atas 6 Kabupaten dan 0 Kota.

Jumlah Bahasa di Indonesia

Berdasarkan data Pemerintahan Indonesia, jumlah Bahasa di Indonesia terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Melayu-Indonesia
  • Bahasa Sunda
  • Bahasa Madura
  • Bahasa Batak
  • Bahasa Minangkabau
  • Bahasa Bugis
  • Bahasa Aceh
  • Bahasa Bali
  • Bahasa Banjar

Suku-suku di Indonesia

Indonesia memang kaya dengan berbagai budaya, suku, dan Bahasa. Salah satunya Indonesia sangat terkenal dengan sebutan Bhineka Tunggak Ika, yang berarti meskipun berbeda-beda namun kita tetap satu, satu nusa, satu bangsa, dan satu saudara.

Selain itu Indonesia memiliki banyak suku hingga suku tersebut tidak bisa untuk dihitungkan, berikut jumlah suku di Indonesia yang wajib kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Suku Batak, berasal dari Sumatera Utara
  2. Suku Melayu, berasal dari Bangka Belitung
  3. Suku Serawai, berasal dari Bengkulu
  4. Suku Lampung, berasal dari Lampung
  5. Suku Betawi, berasal dari DKI Jakarta
  6. Suku Sunda, berasal dari Jawa Barat
  7. Suku Baduy, berasal dari Banten
  8. Suku Jawa, berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta
  9. Suku Madura, berasal dari Jawa Timur
  10. Suku Bima, berasal dari Nusa Tenggara Timur
  11. Suku Dayak, berasal dari Kalimantan Barat
  12. Suku Minahasa, berasal dari Sulawesi Utara
  13. Suku Gorontalo, berasal dari Gorontalo
  14. Suku Buru, berasal dari Maluku
  15. Suku Asmat, berasal dari Papua

Itulah jumlah suku di Indonesia yang harus kita ketahui, memang pada dasarnya Indonesia memang kaya dengan berbagai budaya, suku, Bahasa, bahkan wisata alam yang hingga menarik dunia.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai jumlah pulau di Indonesia yang lengkap beserta penjelasan lainnya, semoga saja dari pembahasan kali ini dapat bermanfaat, sekian Terima Kasih!

Peta Asia Tenggara

Avatar Dee
6 min read

Letak Astronomis ASEAN

Avatar Dee
6 min read

Letak Astronomis Indonesia

Avatar Dee
6 min read