Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara – Asia tenggara merupakan daerah yang berada dikawasan Asia. Dalam pemetaanya asia tenggara mencakup bebarapa negara yang dinamakan Indochina dan semenanjung Malaya beserta pulau pulau yang ada di kawasan asia tersebut.

Dilihat dari tata letaknya asia tenggara sangatlah strategis untuk perdagangan internasional karena bertempat di tengah – tengah negara bagian uatara dan selatan. Dengan demikian asia tenggara  menjadi ajang ekonomi dunia.

Nah, untuk selengkapnya mari kita simak lebih dalam mengenai penjelasan peta asia tenggara beserta tata letak dan gambar peta asia tenggara.

Peta Asia Tenggara

Pemetaan dikawasan asia tenggara yang telah kita ketahui adalah dimana geografisnya ada pada benua asia bagian tenggara. Tempat tersebut mencakup beberapa negara diantaranya Indochina dan semenanjung Malaya beserta kepulauan di kawasan sekitarnya.

Ada juga batas-batas pada asia tenggara yang mencakup dari beberapa negara. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Sebelah utara berbatasan dengan Republic rakyat tiongkok, sebelah timur berbatasam dengan samudera pasifik, sedangakan utuk sebelah barat berbatasan dengan samudera hindia, teluk benggala, dan benua india.

Peta Asia Tenggara Lengkap

Peta asia tenggara sama halnya dengan gambaran wilayah dikawasan ASEAN, yang mencangkup negara – negara lainya khususnya yang berada dalam wilayah asia tenggara.

Wilayah yang berada di Asia Tenggara memang cukuplah luas, sehingga wilayah ini mencakup ke beberapa negara yang di kelilingin kepulauan, termasuk salah satunya Negara Indonesia.

Selain itu, tata letak asia tenggara berada pada bagian barat yang berbatasan dengan Banglades, sedangkan untuk bagian wilayah utara berbatasan dengan China.

Sedangkan untuk bagian timur berbatasan dengan Samudera Pasifik, dan pada bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Adapun untuk luas wilayah peta yang dimiliki oleh Asia Tenggara berkisar 4.479.210,5 km². Sedangkan untuk Populasi Asia sendiri di Bulan April Tahun 2019 mencapai 661.202.160 orang.

Peta Buta Asia Tenggara

Peta Buta Asia Tenggara

Diatas merupakan gambar peta buta di Asia Tenggara lengkap beserta penjelasannya.

Peta Negara Asia Tenggara

Peta Negara Asia Tenggara

Peta negara Asia Tenggara merupakan peta yang meggambarkan keadaan dan letak berdasarkan data peta yang ada.

Peta Asia Tenggara Hitam Putih

Peta Asia Tenggara Hitam Putih

Diatas merupakan peta asia tenggara hitam putih yang menjelaskan berbagai keadaan dan posisi letak seusai data yang ada.

Asal-Usul Asia Tenggara

Istilah Asia Tenggara merupakan sebuah gambaran dari wilayah yang berada dalam daerah Indo-China dan Semenanjung Malaya. Dari istilah Asia Tenggara inilah semakin terkenal semenjak pasuka British South-East Command, dipimpin oleh Louis Mountbatten yang pada kala itu mempu menguasai wilayah-wilayah tersebut.

Selain itu wilayah-wilayah yang mampu dikuasai, yakni secara geografis Asia Tenggara terbagi menjadi dua bagian diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Asia Tenggara Daratan, untuk Negara yang termasuk Asia Tenggara Daratan ini diantaranya seperti Negara Kamboja, Vietnam, Myanmar, Thailand, Myanmar dan Laos.
  • Asia Tengara Maritim, untuk Negara yang termasuk Asia Tenggara Maritim ini diantaranya seperti Negara Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapore dan Timor Leste.

Dari kedua wilayah tersebut secara geografis ada negara yang masuk asia tenggara, namun secara politis dan administratife ada negara yang masuk wilayah lain. Cotoh seperti Taiwan secara politis negara ini masuk Asia Timur. Sedangkan pada pulau koskos dan christmast menurut administratif wilayah ini masuk bagain Australia.

Peta Indonesia

Sejarah Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan benua yang masuk dalam kawasan yang kaya dengan berbagai sumber daya alam yang dimilikinya. Salah satunya negara yang masuk dalam benua asia tenggara yakni seperti Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang termasuk kawasan Asia Tenggara. Negara ini memang kaya dengan berbagai sumber seperti rempah-rempah, logam, tambang, minyak, dan sumber daya alam lainnya.

Latar belakang Asia Tenggara dulu sempat mengalami penjajahan dari negara barat atau yang kita kenal dengan Negara Eropa, tujuan meraka datang berawal dari tujuan untuk mencari rempah-rempah.

Namun, karena kawasan asia tenggara memiliki berbagai sumber maka datanglah orang-orang barat dengan tujuan sama yakni ingin menjajah dan menguasai berbagai kekayaan alam yang ada.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Berikut adalah latar belakang berdirinya ASEAN, yang bertuang deklasi Bangkok. Untuk lebih jelasnya mengenai latak belakang berdirinya ASEAN adalah sebagai berikut :

  • Letak Geografis: Karena letaknya yang berada dalam kawasan Asia Tenggara.
  • Kebudayaan: budaya yang sama sebagai sesama rumpun Melayu Austronesia.
  • Rasa Senasib Dan Sepenanggungan: maksudnya memiliki kesamaan salah satunya dulu negara-negara jajahan Inggris dan sekutunya menimbulkan rasa senasib dan sepenanggungan.
  • Kepentingan: Memiliki kepentingan yang sama untuk memajukan perekonomian negara sekawasan.

Itulah persamaan yang menjadikan latar belakang terbentuknya ASEAN oleh negara-negara yang ada di peta Asia Tenggara ini. Lalu ada berapa negara dan negara apa saja yang berada di Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN, di bawah ini ulasannya.

Negara Asia Tenggara

Negara Asia Tenggara

Berikut adalah Negara-negara Asia Tenggara atau yang dikenalnya dengan anggota ASEAN yang terdiri atas 10 Negara. Selain itu Asia Tenggara terbagi menjadi 2 wilayah diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Asia Tenggara Daratan (ATD)
  • Asia Tenggara Maritim (ATM)

Negara maritim merupakan wilayah yang teritorial lautnya lebih luas dibandingkan dengan teritorial darat. Dan berikut adalah negara-negara yang masuk dalam wilayah daratan dan meritim diantaranya sebagai berikut :

  1. Negara Asia Tenggara Daratan

Berikut negara-negara yang masuk dalam wilayah Daratan Asia Tenggara yang terdiri atas :

  • Kamboja
  • Laos
  • Myanmar
  • Thailand
  • Vietnam
  1. Negara Asia Tenggara Maritim

Berikut adalah negara-negara Asia Tenggara Maritim yang terdiri atas negara sebagai berikut ini.

  • Brunei
  • Filipina
  • Indonesia
  • Malaysia
  • Singapura
  • TimorLeste

Pembagian wilayah daratan Asia Tenggara dan Asia tenggara Maritim, dibuat berdasarkan data letak geografis yang merupakan bagian dari wilayah tesebut.

Selain itu, peru kita tahu? Bahwa, di Asia Tenggara ada wilayah yang apabila dilihat dari peta asia tenggara, wilayah tersebut masih masuk dalam wilayah Asia. Sedangkan jika dilihat secara politik dan administrasi wilayah tersebut masuk dalam wilayah lain.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dari masing – masing negara berikut ini :

  1. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan kota dan budaya. Sedangkan untuk Ibu Kotanya sendiri berada dalam Kota besar yakni DKI Jakarta.

DKI Jakarta merupakan pusat atau Ibu Kotanya Indonesia pada saat ini, namun ada rumor lain yang mengatakan bahwa Ibu Kota Indonesia tidak lama lagi akan berpindah tepatnya yakni berada di Pulau Kalimantan. Namun, itu masih tahap perencanaan.

Selain itu Indonesia memiliki luas wilayah mencapai 1.904.000 Km persegi, dan sebagian besar wilayah Indonesia masuk dalam wilayah kelautan. Sehingga dengan demikian Indonesia memiliki banyak ragam kekayaan alam seperti berbagai jenis pertanian, tambang, laut, dan flora fauna.

  1. Singapura

Singapura merupakan negara dengan wilayah yang dimilikinya hanya mencapai 62 Km persegi, atau setara dengan wilayah Ibu Kota Indonesia yakni DKI Jakarta. Sehingga dengan demikian ini Negara Singapura memiliki perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat ketimbang Indonesia.

Selain itu Negara Singapura berdasarkan Peta Asia Tenggara berbatasan langsung dengan wilayah seperti Johor, Selat Karimata, Selat Malaka, dan Selat Singapura.

  1. Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara kecil yang termasuk negara termaju di Asia Tenggara, selain itu negara Malaysia ini memiliki wilayah dengan keluasan mencapai 5.765 Km persegi.

Sedangkan untuk penduduk Malaysia sendiri mayoritas berasal dari Suku Melayu dan China, untuk agamanya sendiri penduduk Malaysia rata-rata beraga Islam, sebagian pula beragama seperti Budha, dan Kristen, Kong Hu Cu.

Pada dasarnya Malaysia merupakan negara yang termasuk pecahan dari Indonesia, jadi dengan demikianlah adat Malaysia baik budaya, Bahasa, dan lainnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Karena Malaysia sendiri asal-usulnya berasal dari Indonesia.

  1. Thailand

Thailand merupakan negara yang masuk dalam Benua Asia Tenggara, negara Thailand ini adalah negara satu-satunya yang belum pernah terjajah itulah salah satu keistimewaan dari Thailand. Selain itu Thailand memiliki ibu kota yang terletak di kota Bangkok.

Sedangkan untuk wilayah luas yang dimiliki Thailand sendiri yakni mencapai 512.820 Km persegi. Dan untuk pemerintahanya adalah berbentuk kerajaan yang konstitusi kepala negaranya biasa disebutnya dengan Raja. Sedangkan untuk kepala pemeritahanya dipimpin oleh perdana menteri.

  1. Filipina

Filipina merupakan negara yang masih ikut dalam benua Asia Tenggara, Filipina ini memiliki keluasan mencapai 300.322 Km persegi. Sedangkan untuk pemerintahanya yakni berbentuk Republik, untuk perbatasanya sendiri yakni sebagai berikut :

  • Bagian Selatan berbatasan dengan Taiwan
  • Untuk bagian laut selatan berbatasan dengan Selawesi
  • Bagian barat berbatasan dengan laut China
  • Dan pada bagian timur berbatasan dengan Samudera Pasifik
  1. Brunai Darussalam

Brunai Darussalam merupakan negara benua Asia Tenggara dengan wilayah luas yang dimilikinya mencapai 5.765 Km persegi, negara ini berbatasan dengan Malaysia dan berbatasan dengan Laut China Selatan.

Dinegara Brunai ini memiliki penghasilan utama dari sumber munyak bumi sedangkan untuk mata uangnya menggunakan Dollar.

  1. Kamboja

Kamboja atau yang dikenalnya dengan Phon Phen merupakan negara yang memilki wilayah luas mencapai 181.035 Km persegi. Negara Kamboja ini berbatasan dengan wilayah Laos dan Thailand.

Untuk pemerintahan Kamboja sendiri berbentuk Kerajaan yang pimpin oleh Raja dengan kepala pemerintahanya yakni perdana Menteri.

  1. Laos

Laos merupakan Negara yang masuk dalam Benua Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Vietnam pada bagian Timur, untuk bagian Selatan berbatasan dengan wilayah Kamboja dan Thailand, sedangkan pada bagaian barat berbatasan dengan Myanmar.

  1. Vietnam

Vietnam atau kota yang dikenal dengan Hanoi merupakan negara yang masuk dalam Benua Asia Tenggara. Negara ini memiliki berbagai suku salah satunya seperti suku champa dan montagnard, Moung Tay dan Nung, Khamer dan China.

Sedangakan untuk sumber penghasilanya sendiri yakni bertani dan bertambang batu bara, untuk mata uangnya sendiri menggunakan mata Uang Dong.

  1. Myanmar

Myanmar atau ibu kota yang dikenalnya dengan Naypyitaw merupakan Negara Benua Asia Tenggara. Negara Myanmar ini memiliki wilayah dengan luas mencapai 978.036 Km persegi. penduduk Myanmar berasala dari suku Tibet Birma, Suku Shan Karen, dan Kachin. Untuk hasil alam yang dihasilkanya berupa gandum, padi, jagung, dan kayu jati.

  1. Timor Leste

Timor Leste merupakan negara yang dulunya masih dalam lingkup Indonesia, namun kini Timor Leste sudah perpisah dengan Indonesia.

Negara ini memiliki Ibu Kota yang berada dalam Kota Dilli. Penduduk Timor Leste dulunya berasal dari suku tetum, Timor, dan Galo.

Sedangkan kepala pemerintahanya di pimpin oleh perdana menteri dengan menggunakan Bahasa portugis dan tetum. Untuk mata uangnya sendiri menggunakan Dollar.

Letak Astronomis Indonesia

Sebutkan Daftar Negara di Asia tenggara?

Seperti yang kita ketahui, bahwa wilayah Negara Asia Tenggara terbagi menjadi dua diantaranya adalah Nagara Asia Tenggara daratan dan Negara Asia Tenggara Maritim. Untuk daftar negaranya adalah sebagai berikut :

  1. Negara Asia Tenggara Daratan

Berikut daftar negara yang masuk dalam Benua Asia Tenggara Daratan, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Kamboja
  • Laos
  • Myanmar
  • Thailand
  • Vietnam
  1. Negara Asia Tenggara Maritim

Berikut daftar negara yang masuk dalam Benua Asia Tenggara Maritim, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Brunei
  • Filipina
  • Indonesia
  • Malaysia
  • Singapura

Sebutkan luas wilayah Asia Tenggara?

Nah, menganai luas wilayah Asia Tenggara, yakni luasnya mencapai 4.479.210,5 km² persegi. sedangkan untuk kepadatan penduduknya berkisar sekitar  153/Km persegi. Sedangkan untuk populasi Asia Tenggara pada bulan April 2019 berjumlah 661.202.160 Jiwa.

Gambar Bendera Asean

Gambar Bendera Asean

Gambar Lambang Asean

Gambar Lambang Asean

Berikut adalah gambar beserta lambang Asean untuk selengkapnya lihat dibawah ini :

  • Lambang ASEAN, biasa gunakan untuk lambang resmi ASEAN
  • Lambang ASEAN, memiliki simbol perdaiman, persatuan, kemantapan, serta dinamik ASEAN.
  • Warna-warna lambang, biru, merah, putih dan kuning adalah warna-warna yang di gunakan dalam berbagai bendera negara-negara anggota ASEAN.
  • Warna yang terkandung dalam Asean memiliki berbagai makna yang berbeda.
  • Sepuluh batang padi, melambangkan sepuluh dari negara anggota ASEAN. Tujuan ini melambangkan harapan bagi pendiri ASEAN, yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
  • Lingkaran yang berarti melambangkan persatuan ASEAN
  • Hak cipta yang berarti lambang ASEAN yang di miliki oleh ASEAN

Arti Warna Lambang Asean

  • Warna Biru, yang berarti perdamaian dan stabilitas
  • Warna Merah, yang berarti Semangat dan kedinamisan
  • Warna Putih, yang berarti Kesucian
  • Warna Kuning, yang berarti Kemakmuran

Negara Anggota Asean

  • Filipina (Negara pendiri ASEAN)
  • Indonesia (Negara pendiri ASEAN)
  • Malaysia (Negara pendiri ASEAN)
  • Singapura (Negara pendiri ASEAN)
  • Thailand (Negara pendiri ASEAN)
  • Brunei Darussalam bergabung (7 Januari 1984)
  • Vietnam bergabung (28 Juli 1995)
  • Laos bergabung (23 Juli 1997)
  • Myanmar bergabung (23 Juli 1997)
  • Kamboja bergabung (16 Desember 1998)

Letak Geografis Asean

Berdasarkan letak geografis, ASEAN berada diantara dua samudra yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, dan berada dalam dua benua yakni Benua Asia dan Benua Australia.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Peta Asia Tenggara lengkap beserta kawasan, asal usul, dan letak-letak geografis, dan gambarnya. Sekian semoga dari pembahasan diatas dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Jumlah Pulau di Indonesia

Avatar Dee
9 min read

Letak Astronomis ASEAN

Avatar Dee
6 min read

Letak Astronomis Indonesia

Avatar Dee
6 min read