sifat benda gas

√ 7+ Sifat Benda Gas Lengkap: Contoh, Pengertian Dan Penjelasanya

Sifat benda gas – Dalam ilmu fisika dikenal tiga macam fasa zat yaitu zat padat, zat cair dan gas. Tanpa kita sadari bahwa benda yang ada di sekeliling kita pada dasarnya sudah berada dalam salah satu termasuk fasa benda dari benda ketiga tersebut baik benda, benda cair dan benda yang berwujud gas.

Dari ketiga benda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berbeda. Serta sifat-sifat dari ketiga benda tersebut dapat dimanfaatkan dengan oleh manusia.

Pengertian Benda Gas

Pengertian Benda Gas
kalimantan.bisnis.com

Pengertian benda gas adalah suatu benda yang berbentuk gas dan memiliki karakteristik serta memiliki sifat dapat mengisi ruang. Namun sifat gaas tersebut berbeda dengan sifat benda padat dan cair. Bentuk yang dapat berubah-ubah menyesuaikan keadaan / tidak tetap.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mendefinisikan bahwa benda gas adalah zat ringan yang memiliki sifat seperti udara dan memiliki tingkat wujud zat serta  molekul-molekulnya dapat bergerak dengan bebas. Sehingga seluruh massa lebih cenderung mengembang dan mampu menempati seluruh volume pada wadahya / tempatnya.

Tidak seperti benda padat dan benda cair, benda gas sulit untuk diamati namun bisa dirasakan.

Zat Gas

Zat Gas
brainli.com

 

Zat gas merupakan suatu zat benda yang mempunyai volume serta bentuk yang selalu berubah-ubah menyesuiakan wadah atau tempatnya. Partikel pada zat gas posisi letak keberadanya sangat berjauhan serta susunannya tidak teratur. Zat gas mempunyai volume yang selalu berubah-ubah / tidak tetap.

Contoh Sifat Benda Cair

Contoh Benda Gas

Contoh Benda Gas
wikipedia.com

Terdapat banyak contoh contoh benda gas. Contoh benda gas dapat ditemui di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari. Bahkan benda gas selalu ada dimana-mana karena gas adalah udara itu sendiri. Kita juga bisa hidup karena menghirup oksigen di sekeliling kita. Berikut adalah sejumlah contoh bendat gas di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari lengkap. Berikut sejumlah contoh benda gas di sekitar kita :

  1. Udara
  2. Oksigen
  3. Nitrogen
  4. Hidrogen
  5. Uap air
  6. Karbon dioksida
  7. Karbon monoksida
  8. Asap knalpot
  9. Ammonia
  10. Freon
  11. Ozon
  12. Gas alam
  13. Awan
  14. Atmosfer
  15. Detrium
  16. Helium
  17. Neon
  18. Argon
  19. Kripton
  20. Xenon
  21. Radon
  22. Klorin
  23. Florin
  24. Bromin
  25. Metana
  26. Etana
  27. Propana
  28. Butana
  29. Pentana
  30. Heksana
  31. Sulfur dioksida
  32. Sulfur hexaflorida
  33. Nitrogen monoksida
  34. Nitrogen dioksida
  35. Nitrogen triflorida
  36. Benzena
  37. Etilen
  38. Etilen oksida
  39. Vinil klorida
  40. Metil klorida

Sifat-Sifat Benda Gas

Sifat-Sifat Benda Gas
zonareferensi.com

Berikut adalah sifat-sifat yang dimilik benda gas contoh sifat ini memang mirip seperti udara, asap, uap air dan oksigen. Apa saja sifat-sifat benda gas lainya? Berikut adalah sifat dan ciri-ciri benda gas, lengkap beserta bentuk, volume, jarak partikel, dan gaya tarik penyusunnya.

  1. Mengisi seluruh ruangan yang ditempati.
  2. Terdapat di segala tempat.
  3. Menekan ke segala arah.
  4. Memiliki massa atau berat.
  5. Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah.
  6. Susunan partikel benda gas tidak teratur.
  7. Gaya tarik menarik benda gas lemah.
  8. Gerakan antar partikel bebas.

Penjelasan Sifat Benda Gas

1. Mengisi Suluruh Ruangan Yang Ditempati

Mengisi Suluruh Ruangan Yang Ditempati
okezone.com

Sifat benda gas yang paling utama adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Udara adalah campuran berbagai gas yang tidak terlihat, berwarna, dan tidak berbau. Contoh saja seperti oksigen dan nitrogen yang mampu memenuhi ruang di segala bumi ini.

Zat gas memiliki sifat yang mampu memenuhi seluruh ruangan, hal ini dapat kita lihat disaat kita meniup balon, ketika itu kita memasukkan udara ke dalam balon.

Semakin kuat kita meniupnya, maka akan semakin banyak pula udara yang masuk ke dalam balon tersebut. Sehingga balon tersebut akan dapat mengembang, dan dengan begitu maka udara telah memenuhi seluruh ruangan dalam balon tersebut.

2. Terdapat Di Segala Tempat

Terdapat Di Segala Tempat
pixabay.com

Sifat benda gas yang selanjutnya adalah gas yang mampu ada di segala tempat dan dimana-mana. Pada dasarnya, benda gas dalam setiap waktu dapat kita temukan ada dimana-mana baik di rumah, di kamar, di jalan, atau di lingkunangan manapun. Seluruh ruang kosong dimanapun berada, tentu akan ditempati oleh benda gas / udara.

Kita sebagai manusia juga dapat bertahan hidup karena menghirup oksigen. Berbeda dengan benda padat dan cair, benda gas ini lebih sulit untuk diamati. Meski wadah atau tempat terlihat kosong, namun sebenarnya wadah tersebut tetaplah terdapat zat gas atau udara.

Yang tentunya tidak dapat kita lihat dengan mata kepala. Meski tak dapat dilihat dengan mata kepala kita, akan tetapi udara tersebut dapat dirasakan oleh kita.

3. Menekan ke Segala Arah

Menekan ke Segala Arah
pixabay.com

Sifat zat gas merupakan benda gas yang mampu menekan ke segala arah. Zat gas tidak hanya menekan ke satu arah, melainkan mampu menekan ke segala arah.

Sebagai contoh ialah jika kita meniup sebuah balon atau kantong plastik, maka balon atau kantong plastik tersebut akan mengembang ke semua arah, hal ini karena tertekan oleh gas yang ditiupkan ke dalam balon.

4. Memiliki Massa dan Berat

Memiliki Massa dan Berat
beritagar.com

Mungkin benda gas sepertinya tidak memiliki massa atau berat. Akan tetapi sebenarnya benda gas juga memiliki massa dan berat, meskipun pada dasarnya benda gas tidak terlihat dengan mata.

Namun, sebagai contohnya coba kita lihat pada sebuah ban motor yang sudah berisi udara, tentu kita dapat mesakan saat ban di angkat. Pasti ban tersebut akan berubah menjadi sedikit berat dibandingkan ban yang masih kempes.

5. Jarak Antar Partikel Berubah-ubah

Gerak Antar Partikel Bebas
pixabay.com

Sama halnya dengan benda padat dan benda cair. Benda gas juga mempunyai partikel penyusun. Pada benda gas ini, jarak antara partikel penyusun lebih sering berubah-ubah, dan dapat dikatakan bahwa partikel benda gas tersebut tidaklah tetap.

Sehingga hal ini menyebabkan bentuk benda gas yang selalu berubah-ubah / bentuk tidaklah tetap.

6. Susunan Partikel Tidak Teratur

Susunan Partikel Tidak Teratur
pixabay.com

Selain jarak antar artikel yang tidak tetap, susunan antar partikel pada benda gas, juga tidak teratur. Hal ini tidak sama seperti benda padat dan benda cair, partikel penyusun pada benda gas ini, pada dasarnya memang sangat tidak teratur.

7. Gaya Tarik antar Partikel Hampir Tidak Ada

Gaya Tarik antar Partikel Hampir Tidak Ada
pixabay.com

Gaya tarik menarik antara partikel yang terdapat pada benda gas juga cenderung lemah. Bahkan dapat kita katakan bahwa gaya tarik menarik antar partikel benda gas tersebut hampir tidak ada sedikitpun.

Hal tersebut memang berbeda dengan gaya tarik partikel pada benda padat dan benda cair bisa kita katakana memang yang kuat gaya tarikanya.

8. Gerakan Partikel Sangat Bebas

Gerakan Partikel Sangat Bebas
pixabay.com

Sifat benda gas yang terakhir memiliki gerakan partikel yang bebas. Gerakan partikel pada benda gas tersebut memang sangatlah bebas, bahkan dapat kita katakan lebih bebas ketimbang bebasnya gerakan partikel yang terdapat pada benda padat dan benda cair.

Contoh Perubaham Fisika Dan Kimia

Perubahan Wujud Benda Gas

Benda gas mampu dapat berubah wujud menjadi zat lain. Perubahan pada wujud benda gas ini terjadi karena adanya dua hal yaitu :

1. Benda Gas ke Padat (Mengkristal)

Benda Gas ke Padat (Mengkristal)
makintau.com

Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda padat disebut dengan mengkristal. Perubahan yang terjadi pada benda gas yang dapat berubah menjadi benda padat disebabkan karena adanya suhu yang rendah.

Contoh saja: berubah yang terjadi secara alami uap menjadi salju.

2. Benda Gas ke Cair (Mengembun)

Benda Gas ke Cair (Mengembun)
wikipedia.com

Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair disebut dengan mengembun. Perubahan yang terjadi pada benda gas yang berubah menjadi benda cair ini disebabkan karena adanya suhu di sekitar yang rendah.

Contoh : Yang terjadi pada rerumputan atau dedahunan baik di taman maupun di pohon pada pagi hari tentu sering kita ketahui daun tersebut terasa sangat basah.

Nah, demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai pengertian benda gas beserta sifat benda gas dan contohnya. Dari pembahasan diatas semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan untuk kalian semua serta mampu memberikan kemudahan kalian dalam belajar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Boleh Copas…

Mohon Terakan Sumber.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *