Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Contoh Sifat Benda Cair

5 min read

Sifat benda cair – terbagi menjadi tiga jenis benda diantaranya adalah benda padat, benda cair dan benda gas. Yang setiap macam benda tersebut memiliki sifat dan ciri-ciri yang mungkin berbeda.

Tidak jauh dari kehidupan kita berikut adalah beberapa contoh benda cair di sekitar kita diantaranya seperti air mineral, alkohol, bensin, cat air, tinta, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Jika dilihat lebih luas, beberapa unsur geografi seperti laut, sungai, danau atau air tejun juga terdiri dari air yang merupakan contoh benda cair.

Nah, untuk selengkapnya kita akan membahas mengenai sifat zat cair dan ciri-ciri benda cair lengkap beserta penjelasannya.

Apa Itu Benda Cair

Bagi kalian yang mungkin belum mengerti apa itu benda cair? Maka saya akan sedikit menjelaskan mengenai benda tersebut.

Benda cair merupakan suatu benda yang memiliki bentuk cair serta memiliki sifat yang dapat mengalir, dan dapat menyebabkan basah jika terleka benda lain.

Contoh benda cair seperti Es batu, Gas, embun dan masih banyak lagi, benda cair sendiri memiliki beberapa sifat salah satunya benda cair dapat berubah kapan saja.

Adapun lebih jelasnya simak terus ulasanya.

Pengertian Benda Cair

Benda cair seperti namanya merupakan suatu benda yang berbentuk cair, yang mempunyai sifat mengalir, basah, sereta dapat berubah bentuk sesuai dengan tempatnya.

Hal ini karena molekulnya bergerak dengan bebas. Didalam Kamus Bahasa Inggris, benda cair itu sendiri disebut liquid.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian dari benda cair itu sendiri adalah suatu benda yang bersifat seperti air, tidak padat serta tidak berupa gas dan untuk fase zat molekulnya dengan relatif bebas.

Atau dapat berubah kedudukannya dari satu terhadap ke yang lain.

Namun, akan tetapi benda cair tersebut terkendala dengan gaya kohesif untuk mempertahankan volume yang relatif tetap.

10 Contoh Benda Cair

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali contoh benda cair, mulai yang ada di sekitar kita maupun yang tidak ada di sekitar kita.

Aadapun 10 contoh benda cair tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Air minum (air putih)
  2. Susu Murni
  3. Kopi
  4. Sirup
  5. Minyak tanah
  6. Oli
  7. Bensin
  8. Air hujan
  9. Air sungai
  10. Embun

“Diatas merupakan beberapa contoh benda cair yang ada disekitar kita, sebenarnya masih ada banyak contoh lagi”

Beberapa Benda Cair Lain

Adapun contoh beberapa benda cair lain yang ada disekitara kita adalah sebagai berikut ini.

  1. Air Kelapa
  2. Santan
  3. Madu
  4. Kecap
  5. Saus
  6. Kuah
  7. Sabun cair
  8. Minyak wangi
  9. Air sumur
  10. Air Laut

“Mungkin itu saja beberapa contoh beda cair yang dapat saya sebutkan”

Sifat Benda Cair

Pengertian Benda Cair

Seperti pada halnya benda padat dan benda gas, benda cair pun juga memiliki sifat sifat yang perlu kita ketahui. Berikut sifat-sifat benda cair:

1. Bentuk Yang Tidak Tetap

Bentuk benda cair mempunyai ciri bentuk yang tidak tetap dan berubah-ubah, sesuai dengan tempat wadahnya. Apabila dimasukkan ke dalam gelas maka bentuk air tersebut akan mengikuti bentuk dari gelas itu sendiri.

Begitu pula sama dengan air yang dimasukkann ke botol, maka dengan demikian air tersebut akan berubah sesui dengan bentuk botol itu sendiri.

2. Mengalir Ke Tempat Yang Lebih Rendah

Sifat dari salah satu benda cair adalah air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.

Hal ini mungkin sama halnya dengan gaya gravitasi Bumi yang terjadi pada benda-benda lainnya yang ada di Bumi, yakni berpindah dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah.

Untuk membuktikannya kita bisa dengan mudah melihat contoh dari fenomena air terjun atau air di sungai dimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

3. Menekan Kesegala Arah

Sifat benda cair yang selanjutnya adalah air dapat mengalir ke segala arah. Contoh saja ketika ada air yang tumpah dari ke atas permukaan, maka air tersebut akan menyebar ke segala arah, baik ke kanan, kiri, depan, dan ke belakang.

Air memiliki tekanan, semakin rendah suatu tempat  maka tekanan air pada tempat tersebut semakin besar. Selain itu, tekanan air menekan tidak hanya satu arah saja, melainkan ke segala arah.

Sebagai contoh adalah, jika pada sebuah ember kamu lubangi bagian atas dan bawah, maka pancaran air dari lubang yang bawah tampak lebih jauh.

Dan jika ember tadi kamu lubangi dengan arah yang berbeda-beda, disitu dapat kita jumpai bahwa air akan keluar dari semua lubang.

4. Meresap Melalui Celah Celah

Benda cair memiliki sifat meresap melalui celah-celah kecil. Molekul-molekul yang dimiliki oleh air yang kecil dapat meresap di tempat yang berlubang kecil dengan lubang yang lebih besar.

Contoh, ketika kita melakukan atau menuangkan air pada permukaan tanah yang kering, tentu tidak lama kemudian air tersebut akan cepat habis.

Hal ini karna di dalam tanah tersebut terdapat celah-celah kecil, sehingga dengan demikian air akan cepat meresap.

5. Memiliki Sifat Kapilaritas

Kapilaritas merupakan sebuah gaya yang terdapat pada air. Air dapat menuji ke atas melawan gaya gravitasi Bumi melalui gaya kapilaritas. Gaya pada air yang melawan gravitasi bumi bisa disebut dengan kapilaritas.

Sebagai contoh adalah, jika pada ujung kain terkena air, maka lama kelamaan air tersebut akan membasahi bagian kain yang lainnya, meski ditempat yang lebih tinggi.

Contoh lainnya adalah suatu benda yang terjadi pada minyak lampu, sumbu lampu yang terbakar ini karena adanya minyak di bagian dasar wadah yang terangkat ke bagian ujung sumbu. Hal ini karena adanya sebuah gaya kapilaritas.

6. Permukaan Tenang Atau Datar

Bentuk permukaan benda cair yang tenang, namun berbeda dengan bentuk benda cair yang sedang bergejolak.

Disaat ketika tenang, maka pada permukaan benda cair tersebut akan selalu datar walaupun tempat atau wadahnya dimiringkan.

7. Volume Benda Cair

Sifat benda cair yang berikutnya adalah benda cair yang mempunyai volume tetap. Meskipun bentuk benda cair tersebut dapat berubah-ubah mengikuti bentuk dari wadah itu sendiri, akan tetapi volume benda cair tersebut akan terus selalu sama dan tidak berubah.

8. Melarutkan Zat

Sifat unik yang dimiliki benda cair tersebut adalah air mampu melarutkan beberapa zat, warna pada benda cair. Sehingga mampu berubah-ubah menjadi warna tertentu sesuai dengan zat yang terlarut pada air tersebut.

Contohnya saja ketika air dalam sebuah botol ditambahkan serbuk teh atu yang lainya, maka warna air tersebut tentu akan berubah menjadi coklat dan agak kekuning-kuningan.

9. Gerak Antar Partikel Bebas

Gerak antar partikel penyusun pada benda cair agak bebas dan renggang. Pada partikel zat cair ini mungkin lebih bebas dibanding zat padat, akan tetapi tidak sebebas seperti zat gas.

10. Gaya Antar Partikel Cukup Kuat

Selain gerak antar partikel, gaya antar partikel dapat penyusun pada benda cair yang cukup kuat, namun gaya partikel ini tidak sekuat partikel yang terdapat pada benda padat.

Contoh Perubaham Fisika Dan Kimia

Perubahan Wujud Benda Cair

Zat Cair

Berikut adalah perubahan wujud yang terjadi pada benda cair diantaranya :

1. Benda Cair ke Padat (Membeku)

Benda cair dapat berubah menjadi benda padat yang kita sebut dengan adanya sifat pembekuan. Pada umumnya perubahan wujud membeku ini disebabkan oleh suhu yang rendah.

Contoh : air yang dimasukkan ke dalam kulkas atua freezer maka dengan waktu tertentu air tersebut akan menjadi es batu.

2. Benda Cair ke Gas (Menguap)

Selain dapat membeku, benda cair juga mampu berubah wujud menjadi benda gas. Perubahan pada wujud benda cair menjadi gas ini disebut dengan adanya penguapan. Atau perubahan wujud menguap ini dikarenakan adanya suhu yang tinggi.

Contoh: ketika kita memasakan air, disaat air sudah mendidih itu disebut dengan perubahan air menjadi uap.

Zat Cair

Zat cair digambarkan sebagai zalir (fluida). Zalir adalah zat dengan molekul-molekul yang bergerak bebas saling melewati, sehingga zalir menyesuaikan bentuk wadahnya. Zat cair juga sulit untuk dimampatkan.

Pada zat cair, molekul-molekul tersusun cukup rapat. Namun demikian, partikel-partikel tersebut memiliki cukup energi untuk mengatasi sebagian dari tarik-menariknya dengan molekul di dekatnya dan bergeser saling melewati.

Sifat-Sifat Benda Gas

  1. Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Ketika kita meniup balon, maka dengan begitu kita sudah memasukkan udara ke dalam balon tersebut. Semakin kuat kita meniupnya, maka akan semakin banyak pula udara yang masuk ke dalam balon. Sehingga dari tiupan itu, balon menjadi mengembang. Karena hal tersebut udara telah mengisi seluruh ruang dalam balon. Hal ini disebut dengan benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
  2. Benda gas menekan ke segala arah. Balon dan kantong plastic dapat mengembang ke seluruh bagian jika ditiup. Bahwa hal tersebut menunjukkan udara menekan ke segala arah.
  3. Benda gas terdapat di segala tempat. Mungkin tanpa kita sadari bahwa benda gas selalu ada di sekitar kita yakni gas yang berupa udara. Tentu di semua tempat ada udara. Bahkan wadah yang terlihat kosong dan sepi pun ternyata juga berisi udara.

Contoh Sifat Benda Gas

Sifat Benda Pedat

Pada dasarnya benda-benda yang ada di sekitar kita memiliki wujud padat, cair, dan gas. Masing-masing fasa benda memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh manusia.

Benda padat, benda cair dan benda gas memiliki sifat dan bentuk yang masing-masing berbeda

Contoh benda padat

Kita dapat menemukan dengan mudah benda-benda yang memiliki sifat padat. Contoh benda padat yang mungkin tanpa kita sadari benda tersebut ada di keliling kita misalkan batu, kayu, besi, beton, dan masih banyak lagi.

Pengertian Benda Padat

Pengertian benda padat adalah benda yang memiliki wujud padat serta memiliki bentuk tertentu. Contoh benda padat seperti batu, besi, beton, kertas, logam, kayu dan masih banyak lagi.

Sifat Benda Padat

Berikut adalah sifat dan ciri benda padat, baik dari bentuk, volume, jarak partikel dan gaya tarik penyusunnya diantaranya.

  1. Bentuknya padat
  2. Tidak dipengaruhi wadahnya
  3. Memiliki volume yang tetap
  4. Jarak antar partikel sangat rapat
  5. Gaya tarik antar partikel kuat
  6. Partikel zat padat tersusun secara teratur
  7. Bisa diubah dengan perlakuan tertentu
  8. Menempati ruang

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai benda cair beserta sifat – sifatnya. Dengan sudahnya kita dalam mempelajari tentang benda cair.

Semoga dengan demikian mampu memberikan ilmu dan pengetahuan bagi kalian. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Yuukk pelajari juga penjelasan yang lengkap mengenai benda padat , benda gas dan bagaimana 6 perubahan wujud benda.

Boleh Copas…

Wajib Terakan Sumber !!!

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Jenis & Sifat-Sifat Magnet

Admin
4 min read

Benda Konduktor Dan Isolator

Admin
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *