Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Macam-macam Energi Alternatif

5 min read

Macam-macam energi – Manusia hidup membutuhkan energi, misalnya untuk bergerak membutuhkan energi otot dan untuk menggunakan alat elektronik membutuhkan energi listrik.

Oleh karena itu keberadaan energi tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dalam sehari-hari. Energi sendiri merupakan suatu kekuatan yang memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat dari energi sendiri mampu mengubah suatu benda, misal dari benda A menjadi benda B dengan manfaat yang berbeda-beda.

Adapun macam-macam dari energi adalah sebagai berikut ini:

Apa Itu Energi?

Berbicara tentang energi mungkin ada banyak sekali pendapat yang berbeda, namun semua itu masih tergolong energi meskipun itu beda jenis dan beda pendapat.

Sedikit saya akan menjelaskan Apa itu energi? Energi merupakan suatu kekuatan yang mampu mengubah benda, entah benda alam maupun benda buatan.

Energi sendiri memiliki banyak manfaat terutama pada kehidupan kita sebagai manusia. Lantas apa saja manfaatnya? Salah satu manfaatnya seperti:

  1. Energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.
  2. Lalu energi listrik dapat di manfaatkan berbagai kebutuhan, terutama untuk membantu pekerjaan kita.
  3. Dan masih banyak lagi.

“Masih banyak lagi sumber dan manfaat energi bagi kita, diatas hanya sebagian dari salah satu contoh saja”.

Pengertian Energi

Secara umum pengertian energi adalah daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi. Pemanfaatan energi pun terus dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya lewat pembangkit listrik dengan berbagai jenis tenaga

Energi Menurut KBBI

Pengertian energi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika). Bisa juga diartikan sebagai daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari).

Definisi Energi Secara Umum

Pengertian energi secara umum adalah suatu kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan.

Macam-macam Energi Dan Manfaatnya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ada banyak sekali macam-macam sumber energi beserta manfaat. Semua energi tersebut memiliki manfaat yang berbeda dan berasal dari sumber yang berbeda.

Adapaun macam-macam dan manfaatnya adalah sebagai berikut ini:

Contoh Energi Alternative

Energi adalah sesuatu yang memang sangat dibutuhkan manusia, energi digunakan dalam berbagai macam hal, seperti salah satunya listrik. Berikut adalah beberapa energi alternative :

1. Energi Surya

Energi surya atau matahari adalah sumber energi paling kuat dan paling besar persediaanya.

2. Energi Angin

Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika terdapat udara hangat dan udara dingin. Energi angin sudah digunakan sejak berabad-abad tahun silam.

Terutama untuk menjalankan kapal layar dan kincir angin guna untuk menggiling gandum. Dan untuk sekarang, energi angin digunakan untuk membangun listrik dengan menggunakan turbin angin.

Energi angin sendiri sangat tergantung pada keadaan angina itu sendiri.

3. Energi Hydropower

Air yang mengalir dari hulu ke hilir. Energi hydropower sangat bergantung dengan curah hujan. Seperti yang kita ketahui, panas matahari menyebabkan air di danau dan lautan menguap dan membentuk awan.

Pengertian Perubahan Energi

Air kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, dan mengalir ke sungai dan sungai yang mengalir kembali ke laut.

Air yang mengalir ini dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator yang dapat menghasilkan listrik.

4. Energi Biomassa

Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput, limbah pertanian dan kehutanan, residu, komponen organik dari limbah kota dan industri, bahkan gas metana dari tempat pembuangan sampah.

Biomassa juga dapat digunakan sebagai penghasil listrik, atau sebagai bahan bakar transportasi dan lain-lain.

Namun, tentu dampak negatif dari energy biomassa itu sendiri adalah akan menghasilkan energi listrik namun berbau tidak sedap.

5. Energi Gas Hidrogen

Gas hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal.

Hidrogen adalah elemen paling umum di bumi. Air merupakan dua-pertiga bagian dari hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya.

Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menghasilkan listrik.

Hidrogen dapat dicampur dengan gas alam dan menciptakan bahan bakar untuk kendaraan.

6. Energi Panas Bumi

Energy panas yang berasal dari dalam bumi yang berupa uap dan air panas yang tentunya,  dapat digunakan sebagai energy pembangkit listrik dan tentunya akan menghasilkan listrik. Hal ini sama seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri.

7. Energi Gelombang Air Laut

Laut mempunyai berbagai bentuk energi terbarukan, yang masing-masing pada dasarnya didorong oleh kekuatan yang juga berbeda.

Baik dari energi dari gelombang laut atau dari energi pasang surut laut. Hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Dan pada sebuah energi termal laut dari panas yang tersimpan di dalam dasaran air laut juga dapat diubah menjadi energy listrik.

8. Energi Ethanol

Energy ethanol adalah salah satu termasuk bahan bakar berbasis alkohol yang difermentasi tanaman, contoh seperti jagung, gandum dan lainya.

Untuk bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin guna  meningkatkan kadar oktan serta kualitas emisi. Akan tetapi, energi Ethanol sendiri memiliki dampak negatif terhadap harga pangan dan ketersediannya.

9. Energi Gas Alam

Gas alam sudah banyak digunakan di berbagai negara yang biasanya untuk bidang yang cukup besar seperti properti dan bisnis.

Jika digunakan untuk kendaraan, polusi yang dikeluarkan akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak.

Namun, efek rumah kaca yang dihasilkannya adalah 21 kali jadi lebih buruk, karena metana yang dihasilkan dari energi gas alam tersebut.

10. Energi Propana

Propana (LPG) adalah salah satu produk pengolahan gas alam dan minyak mentah. Sumber tenaga ini banyak digunakan untuk sumber bahan bakar.

Propana menghasilkan polusi lebih sedikit dibandingkan bensin, namun penciptaan metananya lebih buruk 21 kali lipat yang dapat menyebabkan meningkatnya efek rumah kaca.

11. Energi Biodiesel

Biodiesel adalah salah satu energi yang berasal dari tumbuhan dan lemak hewan. Biodesel yang murni atau campuran dapat digunakan sebagai energi untuk menggerakan kendaraan.

Biodiesel mampu mengurangi polusi yang ada, akan tetapi terbatasnya produk dan infrastruktur menjadi masalah pada sumber energi ini.

12. Energi Methanol

Methanol atau (alcohol) pada sebuah kayu juga dapat menjadi energi alternatif pada sebuah kendaraan.

Energi Methanol akan menjadi energi alternative, yang mungkin akan menjadi energy penting di masa depan nanti, karena hidrogen yang dihasilkanya mampu berubah menjadi energi.

Akan tetapi, untuk sekarang ini kendaraan-kendaraan tidak lagi menggunakan bahan bakar methanol.

13. Energi P-series

P-series adalah salah satu gabungan dari ethanol, metyhlte trahydro furan, dan gas alam. P-series sangat efektif dan efisien karena pada oktan yang dikandung sangatlah cukup tinggi.

Untuk penggunaannya juga mudah, apabila kita ingin mencampurkanya tidak harus ada proses dengan menggunkan teknologi lain.

Namun, hingga pada saat ini belum ada seorang pun yang mampu menciptakan kendaraan dengan bahan bakar se-fleksibel ini.

14. Energi Piezoelektrik

Piezoelektrik adalah salah satu sistem yang mampu mengubah gaya mekanik, terutama khususnya gaya tekanan yang menjadi energi listrik.

Piezoelektrik umunya digunakan untuk mengbangkitkan sebuah listrik di tempat-tempat umum contoh : Di stasiun kereta Jepang dan Disco House di London.

Jadi piezoelektrik ini mengunakan gaya tekanan yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di area tersebut.

Namun, sampai saat ini penggunaan energi piezoelektrik belum sepenuhnya di aplikasikan di seluruh dunia.

Poster Hemat Energi

Macam-macam Energi Potensial

Energi pontensial merupakan suatu energi yang sifatnya memamfaatkan kekuatan energi alam. Adapun macam-macam energi potensial adalah sebagai berikut ini:

  1. Energi potensial elastis
  2. Energi potensial gravitasi
  3. Energi potensial kimia
  4. Energi potensial elektris
  5. Energi potensial nuklir

Macam-macam Energi Listrik

Energi Listrik merupakan suatu energi yang memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik kebutuhan dalam pekerjaan maupun kebutuhan dalam urusan dapur rumah tangga.

Adapun macam-macam energi listrik dan asal sumbernya adalah sebagai berikut ini:

  1. Nuklir
  2. Minyak
  3. Energi Gelombang
  4. Sumber Energi Angin
  5. Batu Bara
  6. Hidro Elektrik
  7. Panas Bumi
  8. Tenaga Surya
  9. Energi Pasang Surut
  10. Biomass

Macam-Macam Energi

Terdapat beberapa jenis dan macam-macam energi berdasarkan klasifikasinya. Berikut merupakan macam-macam energi dan pengertiannya lengkap.

  1. Energi listrik, yakni energi yang timbul jika adanya perpindahan muatan listrik.
  2. Energi panas, yakni bentuk energi yang berubah menjadi kalor.
  3. Energi kinetik, yakni energi yang dimiliki oleh benda disebabkan gerakannya.
  4. Energi bunyi, yakni energi yang dihasilkan oleh getaran atau gesekan sebuah benda.
  5. Energi kimia, yakni bentuk energi yang timbul karena reaksi kimiawi.
  6. Energi nuklir, yakni energi yang muncul karena adanya reaksi fusi di dalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium.
  7. Energi potensial, yakni energi yang dimiliki oleh benda karena letak atau kedudukan benda tersebut.
  8. Energi cahaya, yakni jenis energi yang timbul karena pancaran sinar atau cahaya.
  9. Energi otot, yakni energi yang berasal dari tubuh manusia.
  10. Energi ionisasi, yakni energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron dari tiap mol spesies dalam keadaan gas.

Manfaat Energi

Terdapat banyak fungsi dan manfaat energi bagi kehidupan manusia. Berikut merupakan beberapa manfaat energi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup.
  2. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  3. Untuk menunjang sarana transportasi.
  4. Sebagai alat penerangan.
  5. Sebagai penunjang media hiburan.
  6. Untuk keperluan medis dan kesehatan.
  7. Untuk keperluan komunikasi dan informasi.

Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai referensi macam-macam, pengertian energi menurut para ahli beserta arti dan definisi energi secara umum. Yang dijelaskan pula beserta manfaat energi bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Boleh Copas…

Wajib Terakan Sumber!

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Jenis & Sifat-Sifat Magnet

Admin
4 min read

Benda Konduktor Dan Isolator

Admin
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *