Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Wadah Rokok

6 min read

Bungkus atau wadah rokok adalah salah satu penyumbang sampah besar di negeri ini. Jutaan perokok dapat ditemukan di Indonesia.

Jika mereka menghabiskan 1 bungkus rokok perhari, bayangkan berapa sampah yang dihasilkan.

Untuk menguranginya, kamu bisa membuat kerajinan dari wadah rokok. Beberapa orang mungkin gak menyadari bahwa wadah rokok dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan.

Padahal, sebenarnya banyak kerajinan tangan yang bisa dihasilkan oleh sampah ini. Yuk kepoin di sini untuk cari tahu lebih banyak tentangnya.

Apa Sih Wadah Rokok Itu?

Semua orang pasti tahu bahwa wadah rokok adalah kemasan yang biasanya berbentuk persegi panjang dan berguna sebagai tempat membungkus rokok.

Bungkus ini biasanya terdiri dari kertas yang di dalamnya dilapisi dengan aluminium foil sedangkan di bagian luarnya dibungkus plastik kedap udara.

Wadah rokok memiliki beragam warna dan desain tergantung pada brand rokok menjualnya.

Selain itu, ukuran bungkus juga beragam karena perusahaan menjual rokok dalam kemasan 12 batang, 16 batang, atau 20 batang per bungkus.

Di samping bungkus rokok persegi dari kertas, ada juga wadah rokok yang berupa kaleng. Namun, hanya rokok-rokok tertentu saja yang dijual dalam wadah kaleng, misalnya Djarum Super dan Gudang Garam Surya.

Manfaat Kerajinan Bungkus Rokok Bekas

Manfaat Kerajinan Bungkus Rokok Bekas

Membuat kerajinan dari bungkus rokok bisa memberimu beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Jumlah Sampah Bungkus Rokok

Seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, jumlah sampah bungkus rokok sangat banyak di bumi ini.

Namun, dengan memanfaatkan sampah tersebut sebagai bahan kerajinan, kamu bisa mengurangi jumlah sampah bungkus rokok yang ada.

Kerajinan Unik dari Ranting Kayu

Dengan berkurangnya jenis sampah ini, bumi akan menjadi lebih bersih dan nyaman dihuni. Di samping itu, dengan menyulap bungkus rokok bekas menjadi kerajinan, kamu berarti telah menerapkan pola hidup 3R.

2. Meningkatkan Nilai Manfaat Bungkus Rokok

Bungkus rokok yang sudah gak dipakai memang tidak ada manfaatnya. Namun, jika kamu memakainya sebagai bahan kerajinan, bungkus rokok akan memiliki nilai manfaat yang lebih baik.

Berbagai jenis kerajinan dari bungkus rokok bekas akan memberimu berbagai manfaat. Salah satunya adalah asbak dari bungkus rokok yang dapat berfungsi dengan baik sebagai asbak.

Di samping itu, ada juga tempat pensil yang dapat membuat meja belajarmu lebih rapi.

3. Meningkatkan Nilai Keindahan dari Bungkus Rokok

Wadah rokok bekas tentu saja tidak terlihat indah dan menarik. Tapi, jika sudah menjadi kerajinan, jenis sampah tersebut akan menjadi suatu benda yang unik dan menarik.

Jadi, pembuatan kerajinan ini akan meningkatkan nilai keindahan wadah rokok bekas.

Salah satu contoh kerajinan bungkus rokok bekas yang terlihat menarik adalah miniatur rumah. Miniatur ini terlihat unik jika dijadikan hiasan. Dengan hiasan ini, interior rumahmu pasti akan terlihat keren.

4. Mengasah Keterampilan dan Kreativitas

Pembuatan kerajinan tangan dari wadah rokok tidak selalu mudah untuk dilakukan. Kamu perlu menggunakan keterampilan DIY dan kreativitas.

Cara membuat beberapa kerajinan bungkus rokok ini cukup menantang kedua skill tersebut.

Jadi, ketika kamu membuatnya, kreativitas dan keterampilan DIY yang kamu miliki akan semakin terasah. Alhasil, kamu pun akan menjadi pribadi yang lebih kreatif dan terampil.

Contoh dan Cara Membuat Kerajinan dari Wadah Rokok

Contoh dan Cara Membuat Kerajinan dari Wadah Rokok

Kalau kamu merasa tertantang untuk membuat kerajinan bungkus rokok bekas, kamu bisa mencoba untuk membuat satu kerajinan ini terlebih dahulu.

Tapi, perlu diingat bahwa kamu memerlukan bungkus rokok yang masih dalam keadaan baik untuk membuatnya sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Bagi para perokok, mengumpulkan bungkus rokok bekas yang masih bagus merupakan masalah mudah. Tapi, kamu yang tidak merokok mungkin akan sedikit kesulitan untuk melakukannya.

Oleh karena itu, kamu perlu minta tolong keluarga atau teman yang merokok untuk memberimu bungkus rokok mereka. Di bawah ini beberapa contoh kerajinan yang dapat kamu buat.

1. Kerajinan Asbak Rokok

Apakah kamu atau anggota keluargamu sering bingung mencari asbak ketika merokok? Terkadang, benda yang satu ini sulit dicari karena orang lain memindahkannya tanpa sepengetahuanmu.

Untuk mengatasi masalah sepele tapi menjengkelkan ini, kamu bisa membuat asbak sebanyak-banyaknya dari bungkus rokok dan menaruhnya di setiap ruangan rumahmu.

Dengan membuat asbak ini, rumahmu pasti akan bebas dari abu rokok yang bertebaran.

Kerajinan dari bungkus rokok bekas ini cukup mudah dilakukan oleh para pemula lho. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 5 bungkus rokok dari merk yang sama (agar ukurannya seragam dan mudah dibuat)
  • Kertas karton tebal atau kardus
  • Lem fox
  • Gunting

Cara Membuat Asbak dari Rokok

  • Tautkan satu bungkus rokok pada bagian dalam bungkus rokok lainnya sehingga berbentuk segi lima dengan bagian tutup mencuat keluar.
  • Setiap menautkan bungkus-bungkus rokok tadi, jangan lupa untuk mengelemnya dengan lem fox agar asbak ini kuat dan tidak mudah lepas.
  • Potong karton atau kardus sesuai dengan ukuran dan bentuk asbak bungkus rokok. Potongan karton ini nantinya berfungsi sebagai alas asbak.
  • Tempelkan karton pada bagian bawah asbak dengan lem fox.
  • Jika kamu ingin asbak ini terlihat lebih menarik, kamu dapat melapisinya dengan kertas kado atau pernak-pernik lainnya.
  • Asbak siap dipakai.

2. Kerajinan Tempat Pensil

Tempat pensil adalah kerajinan yang bisa dibuat dari berbagai macam barang bekas, termasuk wadah rokok.

Kerajinan bungkus rokok bekas ini mudah dibuat dan sangat fungsional karena bisa membuat ruangan terlihat lebih rapi.

Untuk membuat tempat pensil ini, kamu bisa memilih untuk membuatnya dari kaleng rokok atau bungkus rokok biasa.

Jika kamu memilih cara pertama, kamu memerlukan kaleng rokok, lem tembak, kain flanel dalam berbagai warna, dan gunting.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kaleng Rokok

  • Pastikan bahwa kaleng rokok dalam keadaan bersih.
  • Potong kain flanel sesuai ukuran kaleng rokok, buat bagian tinggi sedikit lebih panjang.
  • Selimuti seluruh permukaan luar kaleng rokok dengan kain flanel dan rekatkan dengan lem tembak. Tekuk sisa kain pada bagian atas ke arah dalam kaleng dan rekatkan.
  • Potong kain flanel lain sehingga membentuk pola-pola tertentu, misalnya bunga, daun, telinga kelinci, dan mata kelinci.
  • Tempelkan hiasan flanel tersebut pada kaleng yang tadi telah diselimuti kain flanel.
  • Jika kamu memiliki dua atau tiga kaleng, lakukan hal yang sama pada kaleng tersebut dan rekatkan semua kaleng menjadi satu sehingga kamu memiliki tempat pensil serba guna. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di.

Jika kamu tidak memiliki kaleng rokok, kamu bisa memilih untuk membuatnya dari bungkus rokok biasa.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari wadah rokok adalah 8 bungkus rokok, lem, karton, dan pernak-pernik sesuai selera.

Kerajinan Unik dari Wadah Jelly

Cara Membuat Tempat Pensil dari Bungkus Rokok Karton

  • Susun 4 bungkus rokok dengan cara menautkan satu bungkus ke bagian dalam bungkus lainnya sehingga berbentuk kotak. Bentuk yang kamu dapat akan mirip seperti asbak yang sebelumnya telah dibuat. Jangan lupa rekatkan keempat bungkus tadi dengan lem.
  • Ulangi langkah di atas dengan 4 bungkus lainnya.
  • Tumpuk kotak pertama dan kedua lalu rekatkan dengan lem.
  • Buat alas dari karton, sesuaikan dengan ukuran kotak yang telah dibuat. Rekatkan alas pada kotak.
  • Hiasi tempat pensil dengan pernak-pernik yang kamu inginkan.
  • Tempat pensil siap dipakai.

3. Kerajinan Miniatur Rumah Rokok

Bungkus rokok yang banyak jumlahnya dapat dijadikan hiasan berupa miniatur rumah. Hiasan ini benar-benar unik dan cocok diletakkan di sudut ruangan.

Agar hasilnya maksimal, kamu perlu mendesainnya sekreatif mungkin, misalnya menambahkan teras atau membuatnya bertingkat.

Bahan yang diperlukan adalah:

  • Bungkus rokok dari merk yang sama, sesuaikan jumlahnya dengan desain dan ukuran yang kamu inginkan
  • Kardus
  • Lem
  • Cat air warna merah

Cara Membuat Rumah dari Bungkus Rokok

  • Buat alas rumah dari bungkus rokok dan rekatkan dengan lem. Bidang alas ini sebaiknya lebih luas dari luas bidang rumah.
  • Susun bungkus rokok ini menjadi tembok dan sesuaikan desainnya seperti yang kamu inginkan.
  • Gunting bungkus rokok menjadi 2 segi Tempelkan pada bagian atas kanan dn kiri susunan bungkus rokok.
  • Belah kardus menjadi dua bagian. Cat bagian yang bergelombang dengan cat air warna merah.
  • Tempelkan kardus pada bagian atas susunan bungkus rokok dengan bagian bergelombang menghadap ke atas.
  • Miniatur rumah siap dijadikan hiasan.

4. Rumah Kucing atau Anjing

Bentuk kerajinan bungkus rokok ini hampir seperti miniatur rumah. Bedanya, rumah kucing atau anjing ini memiliki bukaan besar di bagian depan dan jendela di sampingnya, tidak tertutup seperti miniatur.

Jadi, hewan peliharaan milikmu dapat masuk ke rumah ini dengan mudah.

Untuk membuat rumah anjing atau kucing ini, kamu perlu cukup banyak bungkus rokok dan lem yang kuat. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dari proses pembuatan miniatur rumah.

  • Buat alas rumah hewan peliharaan dengan cara menempelkan banyak bungkus rokok. Pastikan bahwa alas ini cukup besar buat hewan peliharaanmu untuk berbaring.
  • Susun dan tempel bungkus rokok pada sisi kiri, kanan, dan belakang untuk dinding. Tinggi susunan rokok ini lebih tinggi dari tinggi hewan peliharaanmu. Jangan lupa untuk membiarkan beberapa bagian susunan ini bolong untuk jendela.
  • Buat atap dari bungkus rokok lalu pasang dan rekatkan pada rumah hewan.
  • Latih kucing atau anjingmu untuk beristirahat di rumah bungkus rokok ini.

5. Lemari Make Up plus Kaca

Jika kamu memiliki banyak make up dan pernak-pernik, kamu harus memiliki lemari make up dari bungkus rokok.

Lemari kecil ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis produk make up, bros, peniti, dan benda kecil lainnya.

Kerajinan dari bungkus rokok bekas tersebut bentuknya seperti rak laci susun. Pada bagian atas sendiri ditambah dengan cermin kecil untuk berkaca.

Kamu membutuhkan cukup banyak bungkus rokok, lem tembak, kardus, dan cermin kecil untuk membuatnya.

Ketika membuat lemari make up ini, kamu perlu:

  • Membuat bagian-bagian dari 3 susun rak. Tiap susun terdiri dari 2 dinding bungkus rokok @4 bungkus rokok yang disusun horizontal 2×2. Alas terdiri dari 10 bungkus dengan susunan 4 vertikal, 4 vertikal, dan 2 horizontal.
  • Potong kardus menjadi dua bagian sesuai ukuran.
  • Tempel dinding rak pada alas lalu atapi dengan potongan kardus. Lakukan hal yang sama dengan bagian rak lain. Rak paling atas tidak perlu diberi potongan kardus
  • Buat 2 Laci. Tiap laci terdiri dari 2 susunan @3 bungkus rokok yang disusun vertikal dan 2 susunan @4 bungkus rokok yang disusun vertikal. Alasi laci dengan potongan kardus.
  • Masukkan laci pada rak ke-2 dan ke-3.
  • Buat dinding untuk bagian belakang rak paling atas dan pasang cermin.

6. Bunga Alumunium Foil Bungkus Rokok

Selain memanfaatkan bungkus rokok secara penuh, kamu juga bisa memilih untuk memanfaatkan alumunium foil-nya saja. Bagian ini dapat disulap menjadi bunga berkilauan yang menarik.

Kerajinan Unik dari Kulit Salak

Untuk membuat bunga, kamu perlu memotong alumunium foil dalam ukuran 3×5 cm. Pembuatan kerajinan ini memerlukan keahlian melipat. Cara melipat alumunium bungkus rokok menjadi bunga dapat kamu lihat di.

7. Truk Bungkus Rokok

Jika kamu memiliki anak atau keponakan, kamu bisa membuatkan mereka mainan truk dari bungkus rokok. Pembuatan mainan atau miniatur truk ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bungkus rokok.

Dalam proses pembuatan kerajinan dari bungkus rokok bekas ini, kamu juga memerlukan lidi, 4 tutup botol untuk roda, gunting, dan lem tembak. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Susun 6 bungkus rokok menjadi bak truk.
  • Gunakan 4 bungkus rokok untuk membuat bagian depan truk. Sebelum dilem, potong salah satu bungkus rokok pada bagian belakang agar muka truk terlihat seperti muka truk beneran.
  • Lem bagian muka dan bagian bak.
  • Tempelkan dua batang lidi pada bagian bawah dan selipkan tutup botol di ujung-ujungnya.
  • Truk mainan siap untuk dimainkan.

8. Kerajinan Rak Dinding Rokok

Kerajinan tangan dari wadah rokok yang cukup fungsional adalah rak dinding. Tapi, karena rak dinding ini hanya terbuat dari karton bungkus rokok.

Maka kamu harus selektif dalam memilih barang yang akan diletakkan di dalamnya.

Rak ini lebih pas jika digunakan untuk meletakkan boneka, action figure, dan hiasan ringan lainnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah:

  • Bungkus rokok
  • Lem tembak
  • Kertas kado untuk menghias rak
  • Gunting
  • Doubel tip
  • Paku

Untuk membuat kerajinan tangan dari wadah rokok tersebut, kamu hanya perlu menyusun bungkus-bungkus rokok menjadi dinding rak.

Sebelum dinding rak tersebut disatukan dan membentuk rak, kamu perlu membungkusnya dengan kertas kado.

Setelah itu, tempelkan dinding rak yang satu dengan dinding rak lainnya sehingga membentuk rak.

Lalu, tentukan di mana rak ini mau dipasang dan paku tembok yang akan digunakan untuk menggantungkannya. Gantung rak dan letakkan hiasan di dalamnya.

Bungkus rokok yang selama ini dianggap tidak bermanfaat ternyata memiliki banyak manfaat jika dibuat kerajinan.

Di samping itu, kerajinan dari wadah rokok ini juga mudah banget dibuat. Jadi, kamu pasti gak akan kesulitan dalam membuatnya.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

 

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Limbah Kayu

Admin
7 min read

Kerajinan Tangan dari Woll

Admin
7 min read

Kerajinan dari Uang Mainan

Admin
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *