Kerajinan Dari Kayu

Kerajinan Dari Kayu – mungkin kerajinan ini terlihat jadul, namun jangan salah bahwa kini kerajinan dari kayu malah banyak diminati oleh banyak kalangan. Bagaimana tidak.

Karena kini, mulai berbagai kreasi dari kerajinan kayu justru bertambah semakin luas, yang pastinya hasil ini merupakan hasil yang kreatif, unik dan estetik.

Bagi anda yang suka dengan hal yang berbau natural, mungkin anda akan bisa menjadi sangat menyukai dari berbagai hasil kerajinan dari kayu.

Apalagi kini barang-barang yang terbuat dari kayu juga memiliki kualitas dan kuantitas yang terbilang alami, dan kuat. Untuk lebih jelasnya mengenai kerajinan-kerajinan kayu simak ulasan dibawah ini.

Daftar isi

Kerajinan Dari Kayu Bekas

Mungkin tidak jarang sekali ditemukan kayu-kayu bekas atau kayu yang dimana tidak digunakan lagi. Ketimbang jadi limbah.

Mungkin alangkah baiknya jika kayu tersebut dapat menjadi sebuah kreasi kerajinan yang unik. Berikut merupakan dari hasil beberapa contoh kerajinan dari kayu bekas diantaranya dibawah ini.

Kerajinan Dari Kayu Sederhana

Kerajinan Dari Kayu Sederhana

Membuat sebuah kerajinan yang berbahan dasar kayu memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, tidak semua begitu.

Ada juga kerajinan yang berbahan dari kayu dapat dibuat dengan waktu yang cukup singkat. Nah, untuk selengkapnya lihat ulasan dibawah ini mengebai kerajinan dari kayu yang sederhana.

  1. Kerajinan Lampu Meja Hias

Hasil kerajinan dari kayu yang paling kreatif, unik dan estetik salah satunya kerajinan lampu meja hias yang terbuat dari kayu. Hasil kerajinan kayu ini merupakan hasil kerajinan yang unik?

Kerana secara keseluruhan hasil kerajinan lampu meja hias ini terbuat dari kayu, sehingga sangat terlihat estetik dan sangat lah unik. Bahkan, jika anda mempunyai sebuah peralatan yang memadai. Anda juga dapat membuat sebuah kerajinan lampu yang terbuat dari kayu alami.

Untuk jenis kayu,nya adalah jenis kayu magohani dan kayu pinus, karena jenis kayu ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat bagus. Namun jika anda bingung dengan bagaimana cara membuatnya.

Maka anda dapat membelinya di tempat-tempat tertentu atau toko yang penjual kerajinan-kerajinan unik lainya. Untuk harga anda cukup mengeluarkan kisaran Rp 100.000 hingga jutaan (Tergantung jenisnya).

  1. Kerajinan Kayu Tatakan gelas

Mungkin terkesan simpel, namun untuk kerajinan dari kayu ini memang memberikan kesan yang sangat natural dan juga estetik. Bagaimana tidak? Coba lihat, kerajinan tatakan gelas dari kayu tersebut, memang terbilang tren, terutama untuk yang pecinta rustik dan vintage.

Kerajinan tatakan gelas yang berasal dari kayu tersebut, umumnya berasal dari sebuah potongan kayu pinus, untuk kerajinan tatanan gelas tersebut, biasanya tidak merubah bentuknya, atau hanya cukup dengan melakukan finishing dan melakukan pengecatan pada lapisan bening saja.

Karena terlihat dari bentuknya sudah terlihat estetik, dan biasnya kerajinan tatakan gelas dari kayu tersebut, sering sekali dipakai pada kafe-kafe, atau restoran, hingga rumah-rumahan. Untuk harganya biasanya mulai kisaran Rp6.000 per buahnya.

  1. Karajinan Kalender Kayu

Umumnya kelender terbuat dari kertas, namun kali ini kalender tersebut malah terbuat dari kayu, untuk kerajinan dari kayu ini, memang sudah terlihat kesan, unik dan estetik.

Bahkan kerajinan kalender kayu tersebut terlihat simpel, karena pada kerajinan tersebut tidak begitu membutuhkan ruang yang begitu banyak. Umumnya kalender kayu tersebut, dipajang di meja-meja.

Dengan bentuk menyerupai kubus, sehingga anda bisa mengubah-ubah angka dengan sangat mudah. Namun, jika anda tidak ingin mengubah tanggal dengan cara manual, mungkin anda bisa membuat kelende digital.

Sehingga mulai hari, tanggal, bulan, dan jam akan dapat berganti dengan cara sendiri, namun kelender tersebut tentunya memerlukan bantuan seperti baterai atau listrik.

Biasanya untuk mengenai harga dari kerajinan kalender kayu tersebut terbilang cukup terjangkau, yakni untuk harga mulai dari Rp50.000 khusus kerajinan kalender kayu manual, sedangkan untuk harga kelender yang digital mulai Rp300.000.an.

Kerajinan Dari Rotan

  1. Kerajinan Alat Makan Kayu

Agar terlihat ramah lingkungan, kali ini ada kerajinan alat makan yang terbuat dari kayu, mungkin kerajinan ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu alat makan yang unik.

Selain ramah lingkungan, kerajinan alat makan yang satu ini juga ternyata terlihat sangat unik. Alat makan yang terbuat dari kayu, bisa berupa sendok, garpu, piring, mangkok, sedotan, nampan dan masih banyak lagi.

Untuk harga kerajinan alat makan dari kayu ini juga terbilang tidak mahal, hanya kisaran Rp10.000 per buah (sendok garpu), dan Rp50.000 (untuk alat makan piring dan mangkok).

  1. Kerajinan Jam Tangan

Kerajinan unik jam tangan yang terbuat dari kayu, memang kini sudah mulai diminati oleh banyak kalangan terutama untuk pecinta kerajinan kayu dan pecinta tema vintage.

Untuk harga, kerajinan jam tangan yang terbuat dari kayu ini memang sedikit lebih mahal, dari pada kerajinan lain. Hal ini karenakan kerajinan jam tangan dari kayu tersebut memiliki kualitas yang baik, dan tahan lama, serta pengerjaannya yang juga terbilang sulit.

Untuk harga kerajinan jam tangan kayu tersebut kisaran mulai dari Rp300.000, bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Umumnya Merek jam kayu yang terkenal, seperti Matoa, Ina Watch, Lanccelot dan lainnya.

  1. Kerajinan Kayu Radio Jadul

Kerajinan radio jadul mungkin jarang digunakanya, karena pada era ini sudah ada teknologi radio yang di aplikasikan di smartphone, namun jangan salah bahwa radio dari kayu tersebut ternyata masih cukup banyak peminatnya.

Karena pasarnya bahwa kerajinan radio dari kayu tersebut memiliki nilai seni yang terbilang tinggi dan mampu memberikan kesan yang antic atau jadul.

Segi bentuknya yang mngkin unik dan terlihat kecil, sehingga membuat kerajinan radio kayu tersebut tidak cuma dijadikan sebagai alat penghibur saja, melainkan juga mampu mempercantik pada sudut rumah anda.

Mengenai harga dari kerajinan radio kayu tersebut, memang saat ini terbilang cukup mahal, hal ini karena kerajinan dari kayu tersebut merupakan hasil kerajinan yang sudah langka, untuk harganya mulai kisaran Rp500.000 hingga bisa jutaan.

  1. Kerajinan Vas Bunga

Kerajinan vas bunga umumnya berasal dari kaca atau keramik, namun tidak semuanya bahwa kerajinan vas bunga terbuat dari kaca, namun ada juga yang terbuat dari bahan kayu. Seperti contoh kali ini.

Kerajinan vas bunga dari kayu memang juga memiliki keunikan yang tidak kalah dengan vas bunga lainnya. Kerajinan vas bunga ini memiliki harga kisaran Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

  1. Kerajinan Dipan Tempat Tidur

Mungkin anda pernah melihat kayu palet bekas yang pengirimannya dari luar negeri, pada dasarnya kayu palet tersebut juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kerajinan dipah atau tempat tidur.

Biasanya jenis kayu palet tersebut merupakan jenis kayu pinus atau yang dikenalnya dengan kayu jati belanda, yang tentunya jenis kayu tersebut mudah untuk dibentuk.

Selain itu hasil dari kerajinan kayu tersebut juga memiliki keunikan tersendiri. Untuk harganya sendiri mungkin kisaran Rp 100.000 hingga ratusan lebih.

  1. Karajinan Cermin Hias

Kerajinan cermin hias merupakan salah satu jenis hasil dari kerajinan yang terbuat dari kayu, untuk kayunya biasanya terbuat dari kayu jati. Selain itu jenis kerajinan cermin hias juga banyak peminatnya sehingga tidak heran jika kerajinan yang satu ini banyak yang mencarinya.

Jenis kerajinan cermin hias memiliki bentuk bulat, dan terbuat dari kayu jati asli. Dengan nilai seni yang terbilang tinggi serta bahan kayu yang sangat berkualitas, maka tidak heran jika harga kerajinan cermin hias tersebut memiliki harga yang sangat tinggi.

Untuk harga kerajinan cermin hias yang terbuat dari kayu jati tersebut dengan berukuran diameter 60 cm biasanya sudah bandrol dengan harga mulai Rp800.000 hingga jutaan lebih.

  1. Kerajinan Standing Hanger

Kerajinan Standing Hanger selain bisa menjadi kerajinan yang estetik, juga ternyata sangat fungsional. Kerajinan dari kayu tersebut juga ternyata tidak kalah banyak peminatnya dari pada kerajinan lainnya.

Untuk harga yang ditawarkan dari sebuah hasil kerajinan kayu tersebut mulai dari Rp300.000 hingga ratusan lebih.

  1. Kerajiana Casing Handphone

Dizaman yang modern, sebuah hasil kerajinan juga banyak bermunculan mulai dari yang biasa hingga yang luar biasa. Kali ini juga ada kerajinan casing handphone yang menyerupuai kayu alami, tujuanya sendiri yakni untuk mempercantik tampilan ponsel.

Meski tidak semuanya berasal dari kayu, tetapi kerajinan casing handphone tersebut mampu membuat keunikan sendiri. Untuk harga yang di tawarkanya yakni mulai Rp 50.000 hingga lebih.

  1. Kerajinan Backdrop Lamaran/Pernikahan

Ketika ingin melakukan lamaran dan pernikahan banyak orang yang menginginkan tema yang rustik dan vintage, sehingga bagi para pengrajin kayu harus bisa malayani banyaknya pesanan.

Apalagi kerajinan tersebut juga terbilang banyak peminatnya. Ada banyak sekali hasil dari desain backdrop yang terbuat dari kayu yang ditawarkannya.

Backdrop lamaran dan pernikahan yang tebuat dari kayu, ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu rekomendasi lamaran dan pernikahan pada saat ini.

Bahkan, pada saat ini ada banyak sekali jasa dekorasi yang sudah bermunculan dan banyak menawarkan backdrop yang terbuat dari kayu, tentunya dengan tema utama rustik dan vintage.

Selain itu anda juga bisa pesan yang tentunya sudah siap dan tinggal pakai, untuk harga yang ditawarkan kerajinan backdrop mulai dari harga Rp 500.000 hingga Rp2 juta-an lebih.

  1. Kerajian Name Signage Kayu

Pasarnya kerajinan dari kayu, memang sudah banyak dicari oleh banyak orang. Salah satunya kerajinan Name Signage yang biasanya banyak dicari oleh calon pasangan ketika menjelang pernikahan.

Biasanya, untuk pesanan kerajinan dari kayu ini dapat berupa nama lengkap dari kedua kedua pasangan, namun ada juga yang memakai nama inisail saja.

Selain itu kerajinan Name Signage, biasanya tidak cuma untuk lamaran atau pernikahan saja, jenis kerajinan tulisan yang terbuat dari kayu tersebut juga ternyata dapat digunakan untuk rumah. Contohnya seperti tulisan no rumah, blok, dan RT/RW.

Untuk harga dari kerajianan kayu tersebut, biasanya mulai ditawarkan mulai harga Rp 100.000 per nama, dengan ukuran 30 cm.

  1. Kerajinan Meja Akar Kayu Jati Abstrak

Buat rumah tangga, tentunya hasil kerajinan yang terbuat dari kayu ini mungkin tidak asing lagi. Jenis kerajinan meja akar kayu jati abstrak, memang banyak sekali yang menacarinya, tujuanya untuk mempercantik rumah.

Kerajinan meja hias ini, memiliki bentuk dari potongan akar karena pasalnya kerajinan ini berasal dari sebuah batang kayu jati yang besar, dan abstrak.

Karena bentuknya yang abstrak, sehingga jenis kerajinan ini memiliki nilai yang tingga. Untuk harga yang ditawarkanya mulai dari Rp500.000 untuk ukuran diameter 50cm, bahkan lebih.

  1. Kerajinan Tempat Roti

Tempat roti, mungkin dapat kita temukan di dapur-dapur. Selain bentuknya yang unik, tempat roti yang terbuat dari kayu ini juga dapat menambah daya Tarik pada dapur kita.

Ruang yang terbilang luas, tempat roti yang terbuat dari kayu ini juga terbilang sangat fungsional. Sedangkan untuk harga kerajinan tempat roti yang terbuat dari kayu ini, biasanya di hargai mulai dari Rp250.000 hingga lebih.

  1. Kerajinan Miniatur Mainan

Bahan kayu selain dapat dijadikan berbagai kerajinan-kerajinan lain, limbah kayu kali ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat miniatur mainan.

Namun, untuk kerajinan kayu kali ini, memang memiliki nilai harga yang terbilang tinggi. Hal ini dikarenakan tinggak pembuatanya yang sangat rumit. Untuk hargany sendiri mulai dari Rp 500.000 hingga lebih.

Kerajinan Dari Akar Bambu

Kerajinan Dari Kayu Jati

Kayu jadi merupakan salah satu kayu yang terbilang sangat kuat baik daya tahannya maupun yang lainnya, sehingga bahan kayu jadi dapat dikatakan sangat furniture. Selain itu kayu jadi juga sangat baik untuk dijadikan bahan dalam pembauatan kerajinan-kerajinan lainnya.

Contoh Kerajinan Dari Kayu

Contoh Kerajinan Dari Kayu

Berikut merupakan contoh-contoh hasil dari kerajinan kayu jati, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tempat Alat Tulis

Tempat alat tulis merupakan salah satu tempat yang penting terutama bagi kalian yang masih dalam pelajar, tentunya sangat membutuhkan tempat alas tulis ini. Kerajinan tempat alat tulis bisa berasal dari macam-macam bahan.

Namun untuk kerajinan alat tulis kali ini berasal dari kayu jati, yang tentunya sangat cocok untuk dijadikan bahan dalam pembuatan kerajinan tersebut. Mengapa? Karena pasalnya kayu jati itu sendiri memiliki daya tahan yang kuat.

Sehingga kayu jati ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan alat tulis. Apalagi kualitasnya juga sangat menjamin.

  1. Asbak

Asbak merupakan hal penting terutam bagi kalian yang suka merokok tentunya sangat memerlukan asbak, guna untuk tempat kotoran rokok itu sendiri.

Asbak sendiri juga dapat dapat berasal dari kayu jati, apalagi kayu jati merupakan kayu yang terbilang kuat. Sehingga akan membuat keawetan pada asbak terbuat.

  1. Kotak Perhiasan

Agar dapat lebih aman, biasanya pada perhiasan akan diletakkan di sebuah kotak. Namun kotak yang dibuat kali ini berasal dari kayu jati yang memiliki kukutan yang elastis dan mampu menahan tekanan lainnya.

  1. Nampan

Nampan merupakan salah satu alat dapur yang biasa dipakai untuk membawa gelas dari dapur ke tempat lain. Contoh untuk menyajikan ketika ada tamu.

Dengan hasil kerajinan nampan yang terbuat dari kayu jati, maka akan membuat kerajinan nampan tersebut menjadi awet beda dengan yang menggunakan plastik.

  1. Mangkuk

Biasanya sebuah mangkuk hanya berasal dari biji keramik atau biji kaca saja, namun apa jadinya bila mangkuk terbut dari kayu jati. Dengan terbuatnya mangkuk yang terbuat dari kayu jati.

Maka mangkuk tersebut akan terlihat ramah lingkungan dan juga hasil dari kerajinan dari kayu jati tersebut juga tidak mudah akan pecah.

Kerajinan Dari Kayu Es Cream

Siapa sangka jika limbah kayu es cream dapat dijadikan sebagai salah satu kerajinan yang sederhana serta unik. Untuk lengkapnya anda bisa simak ulasan hasil dari limbah kayu es cream.

Contoh Kerajinan Dari Kayu Es Cream

Berikut merupakan contoh-contoh hasil dari kerajinan kayu as cream, yang tentunya memiliki keunikan tersediri, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Lampu Hias

Kerajian lampu hias ternyata dapat terbuat dari limbah stik es cream, seperti contoh kali ini kerajinan dari stik es cream yang memiliki keunikan dan daya Tarik tersendiri. Untuk teknik pembuatnya anda cukup mengumpulkan kayu es cream sebanyak-banyaknya dan juga lem. Lalu anda tinggal membentuk sesuai keinginan saja.

  1. Bingkai Foto

Kerajinan bingkai foto kali ini terbuat dari stik kayu es krim, yang tentunya kerajinan ini memiliki nilai seni yang juga cukup tingggi. Untuk pembuatan kerajinan bingkai foto ini, anda hanya cukup membutuhkan bahan utama stik es ktim dan lem saja.

  1. Vas Bunga

Biasanya vas bunga berasal dari biji keramik atau kaca. Namun kali ini juga ternyata vas bunga dapat berasal dari bahan limbah stik es krim.

Contoh Kerajinan Dari Kayu Sederhana

Berikut contoh kerajianan-kerajinan sederhana yang terbuat dari kayu, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tatakan Gelas

Adanya sebuah kerajinan tatakan gelas yang terbuat dari kayu, juga termasuk salah satu ide yang kreatif. Apalagi kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan yang terbilang sederhana karena bahan dasarnya sendiri berasal dari kayu.

Bahan harga yang terjangkau, juga pembuatan yang terbilang memiliki nilai seni yang tinggi.

  1. Gantungan Kunci

Selain bisa untuk dijadikan tatakan gelas, selanjutnya bahan kayu sederhana pun dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk sebuah kerajinan Gantungan kunci.

Gantungan kunci merupakan salah satu hasil kerajinan dapat di artikan seperti aksesoris yang simpel. Selain memiliki bentuk yang simpel, dalam tahap pembuatannya pun terbilang simple sekali.

  1. Tasbih

Dalam islam, tasbih merupakan hal sarana peting guna untuk melakukan dzikir. Sehingga kerajinan yang satu ini juga terbilang banyak orang yang membutuhkannya. Karena kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan yang sudah menjadi kebutuhan untuk beribadah.

Tasbih kayu selain sudah termasuk menjadi salah satu kebutuhan untuk beribadah, ternyata kerajinan kayu juga memiliki keunikan dan daya tahan yang cukup kuat.

Kerajinan Dari Kayu Palet

Kayu palet merupakan salah satu bahan yang baik untuk dijadikan bahan kerajinan yang unik dan menarik. Salah satu kayu palet dapat dijadikan menjadi kerajinan untuk tempat tidur.

Sebuah hasil kerajinan tangan merupakan bentuk dari suatu kreativitas yang memiliki nilai yang tinggi, dan juga termasuk cara kita untuk melestarikan lingkungan. Agar pada anak cucu kita dapat hidup dengan baik.

Cara Membuat Kerajina Kayu Palet

Berikut cara-cara membuat kerajinan dari kayu palet, yang perlu kita persiapkan diantaranya sebagai berikut ini:

Bahan-bahan Kerajinan

  • Kayu palet bekas
  • Paku
  • Palu
  • Sekrup
  • Dan lainnya.

Teknik Pembuatan

  • Satukan palet bekas dengan membentuk tempat tidur sesuai bentuk yang di inginkan.

Manfaat Kerajinan Kayu Palet

  • Dapat dijadikan sebagai alas untuk Kasur
  • Dapat dijadikan tempat penyimpanan.

Dengan hasil diatas anda dapat menyimpan majalah, buku dan barang lainnya pada sebuah ruang yang ada pada palet tersebut, sehingga dengan itu tempat tidur, juga akan terlihat bagus.

Kesimpulan Kerajinan Dari Kayu Palet

Selain dapat dijadikan sebagai tempat tidur, bahan kayu palet bekas juga ternyata dapat dibuat menjadi furnitur lain, contoh seperti dibawah ini:

  • Tempat tanaman
  • Sofa
  • Sekat ruangan
  • Dan lainnya.

Kerajinan Dari Kayu Pinus

Kayu pinus merupakan kayu yang juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk kerajinan yang unik. Salah satunya dapat dijadikan sebagai kerajinan seperti dibawah ini:

  • Peralatan rumah tangga
  • Souvenir pernikahan
  • Mainan anak-anak
  • Dan lainnya.

Mungkin kerajinan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu bisnis anda. Apalagi kerajinan diatas merupakan kerajinan yang juga termasuk banyak peminatnya.

Kerajinan Dari Kayu Mahoni

Kayu mahoni merupakan pohon yang dapat mencapai 40 meter dan diameternya dapat mencapai 100 Cm. Umumnya kayu mahoni biasa sering digunakan untuk bahan pembuatan mebel dan bahan alat-alat olahraga.

Selain itu kayu mahoni juga dapat dijadikan salah satu bahan untuk membuat alat musik dan juga kebutuhan-kebutuhan bangunan lainnya. Namun, jenis kayu ini memiliki kelemahan yakni kurang tahan terhadap waktu.

Contoh Kerajinan Tekstil

Cara Membuat Kerajinan Dari Kayu

Berikut merupakan cara-cara membuat kerajinan dari bahan dasar kayu, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Contoh Cara Membuat Kerajinan Tempat Pensil

  • Potong kayu, lebar dan tinggi sesuai selera
  • Buat lubang di atas kayu (Gunakan bor dan lebungi secara acak)
  • Sudah jadi, anda tinggal masukan saja pensil-pensilnya.
  1. Contoh Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias

  • Siapkan 4 potongan triplek dengan ukuran 30 x 13 cm, (Buat bodi)
  • Potong 8 buah triplek, ukuran 14 x 3 cm, (Untuk lis bodi lampu)
  • Potong 4 triplek ukuran 12 x 3 cm, (Untuk tempat fitting lampu)
  • Potong satu triplek ukuran 12 x 12 cm, (buat tatakan lampu)
  • Selanjutnya lubangilah semua triplek
  • Gabungkan semua bagian dengan menggunakan lem
  • Perkuat pada semua bagian dengan menggunakan paku
  • Amplaslah supaya halus
  • Cat sesuai keinginan
  • Setelah semua jadi, pasanglah lampu
  • Maka kerajinan pun siap dipakai.
  1. Contoh Cara Membuat Kerajinan Mangkuk Buah

  • Belahlah kayu dengan mengambil titik tengahnya.
  • Buat sebanyak dua potongan kayu untuk pegangan mangkuk.
  • Lalu belah potongan yang tadi kamu buat untuk dasar pegangan mangkuk.
  • Ukir potongan kayu menjadi mangkuk dengan pisau pahat.
  • Amplas mangkuk kayu agar hasil lebih halus.
  1. Contoh Cara Membuat Kerajinan Gelang Kayu

  • Pertama masukkan eyepin ke dalam manik-manik, kemudian tekuk dan buat loop pada bahian ujungnya.
  • Ulangi dengan cara yang sama hingga 5 beads.
  • Kemudian semuanya sambung dengan ring. Dalan hal ini anda dapat menambah charm pada bagian ring, agar hasil bisa makin keren.
  • Jangan lupa tambahkan kait udang pada bagian ujung rangkaian gelang.
  • Terakhir produk siap digunakan.
  1. Contoh Cara Membuat Casing Smartphone Kayu

  • Langkah pertama lubangi kayu dengan model smartphone sesuai keinginan.
  • Lapisi kayu tersebut dengan menggunakan double tape busa pada bagian luar.
  • Kemudian campur semua kayu yang telah dilapis dengan busa sterom dan lem
  • Lalu temple dan jepitlah dengan menggunakan binder klip.
  • Apabila semua bagian sudah dilem, maka langkah selanjutnya tinggal mengamplas saja. Agar hasil bisa lebih nyaman apabila dipegang.

Kerajinan Dari Kayu Jati Belanda

Berikut contoh-contoh hasil kerajinan kayu belanda, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Peralatan rumah tangga
  • Souvenir pernikahan
  • Mainan anak-anak
  • Dan masih banyak lagi.

Bahan Dasar Kayu Untuk Kerajinan

Biasanya para pengrajin kayu, lebih memilih kayu yang sebagai bahan utamanya dalam membuat sebuah kerajinan. Untuk bahan yang cocok untuk dijadikan sebagai kerajinan berikut kami rekomedasikan untuk anda.

Jenis Kayu yang Baik Untuk Kerajinan

Tidak semuanya kayu memiliki kualitas baik, untuk membuat suatu kerajinan dari kayu. Maka anda juga perlu pintar dalam memilih kayu yang terbaik. Berikut bahan-bahan kayu yang termasuk baik untuk kerajinan, diantaranya sebagai berikut ini.

Ciri-ciri Bahan Kayu Jati

  • Kuat dan awet, (rajanya kayu)
  • Warna kayu cokelat muda
  • Daya retak renda
  • Memiliki serat yang lurus
  • Tekstur sedikit kasar
  • Sering sekali dijadikan sebagai bahan mebel
  • Mudah ditemukan khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Ciri-ciri Bahan Kayu Pinus atau Kayu Jati Belanda

  • Harganya murah
  • Berbobot ringan
  • Warna kayu terang dan mudah ditimpa dengan warna lain
  • Baik dijadikan sebagai kerajinan kayu
  • Cocok untuk bahan pembuatan perabot minimalis

Ciri-ciri Bahan Kayu Mahoni (Magohani)

  • Biasa dipakai untuk bahan mebel seperti alat olahraga
  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat alat musik
  • Cukup kuat, namun tidak tahan dengan rayap

Ciri-ciri Kayu Trembesi

  • Warna putih pada bagian pinggiran dan ada warna cokelat di tengahnya
  • Biasa digunakan untuk membuat meja
  • Biasanya juga sering dipakai untuk membuat furnitur

Ciri-ciri Kayu Akasia

  • Ciri-ciri mirip kayu jati
  • Berwarna cokelat
  • Mempunyai serat yang menarik dan sangat mudah sekali diproses
  • Rentan terhadap rayap atau jamur
  • Lebih berat
  • Bau seperti bau pesing

Apabila dilihat dari semua jenis kayu di atas, tentu untuk hasil dari kerajinannya dapat menjadi kreatif, unik dan estetik, tinggal pengelolahanya saja apakah mampu menyulap menjadi kerajinan yang biasa atau luar biasa.

Nah, itu dia ulasan mengenai hasil kerajinan yang terbuat dari kayu. Semoga bermanfaat atas informasi-informasi diatas. Sekian, Terima Kasih.

Kerajinan dari Wadah Oli

Avatar Dee
5 min read

Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bikin Sukses

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial adalah mendirikan perusahaan. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan diperlukan persiapan yang sangat matang. Salah satunya yaitu...
Avatar Dee
9 min read