Ide-ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Usaha Rumahan – Dapat dipastikan bahwa setiap orang pekerja pasti pernah punya rasa ingin memiliki bisnis sendiri. Namun dalam hal itu terkadang kita mungkin masih belum dapat menemukan ide yang cocok dan tepat untuk dijadikan bisnis pribadi kita.

Sebenarnya, dalam berbisnis itu ada begitu banyak pilihan ide serta peluang-peluang yang dapat dijadikan sebagai salah satu usaha bisnis kita. Apalagi dengan seiringnya kemajuan teknologi internet ini.

Maka, dapat kami katakan bahwa jumlah peluang usaha atau bisnis yang ada saat ini semakin meludak banyak.

Walaupun itu disebut dengan usaha rumahan, namun, bukan lagi tidak mungkin bahwa usaha rumahan justru mampu menjadi salah satu usaha yang besar dan mampu menyukseskan anda.

Faktanya?

Mungkin sudah terbukti banyak yang dapat kita lihat pada saat ini, dimana usaha rumahan mampu menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan serta mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

“Jiwa seorang pengusaha adalah mereka yang mampu berfikir dengn cara luas, terarah, jelas, dan memiliki jiwa yang berfinansial serta mampu mencapai titik kesuksesan dengan cara terterget”.

Nah, berikut merupakan dari beberapa cara yang harus kita fahami sebelum mendirikan usaha rumahan.

Tips Membangun Usaha Rumahan

Tips Membangun Usaha Rumahan

Inilah salah satu Tips & Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya:

  1. Mempelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik
  2. Jangan Takut Gagal
  3. Memilih Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Passion
  4. Menghitung Modal yang Dibutuhkan
  5. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Rumahan
  6. Mencari Strategi Promosi yang Tepat
  7. Tentukan Visi dan Misi

“Menentukan visi dan misi adalah hal terpenting dalam membangun bisnis rumahan, yang akan dapat membantu Anda menentukan tujuan dan arah bisnis rumahan yang sedang Anda bangun.”

“Dengan tujuan tersebut, Anda akan bisa mendapatkan tujuan yang tepat pada target sesuai dengan perencanaan ketika mencapai titik keberhasilannya. Sehingga bisnis Anda dapat dicapai dengan cepat dan jelas.”

“Jika kamu tidak bisa memikirkannya, tidak mungkin anda bisa dengan benar-benar mengerti apa yang telah anda lakukan selama ini.”

Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan & Menguntungkan

Ada banyak peluang-peluang bisnis rumahan yang anda dapatkan serta menguntungkan. Berikut beberapa peluang-peluang usaha rumahan yang tidak tidak ada habisnya serta terbilang menjanjikan.

Baca Juga: Ide-ide Bisnis Anak Muda Jaman Now

  1. Berjualan Camilan/Makanan

Berjualan makanan atau camilan merupakan usaha yang terbilang tepat dan menjanjikan apalagi usaha ini termasuk peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya.

Dengan modal yang terlalau besar, maka diperlukan juga sedikit riset agar nantinya usaha ini dapat berjalan dengan lancar. Berikut beberapa opsi usaha kuliner yang dapat anda coba di rumah.

Berjualan Aneka Kue

Seperti kebanyakan orang, masyarakat Indonesia sangat senang sekali dengan makanan jenis camilan. Camilan yang sangat disukai orang masyarakat Indonesia antara lain:

  • Brownies kukus
  • Donat
  • Kue Bolu
  • Kue Lapis
  • Risoles

Selain di atas, masih ada banyak lagi jenis kue yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

“Pekerjaan ini sangat nyaman jika rumah Anda berada di lokasi yang ramai, seperti dekat kampus, kantor, sekolah, dll.”

  1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Dengan zaman yang semakin maju, telepon genggam kini sudah menjelma menjadi sebuah komonitas utama bahkan telephone gengang kini sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dipungkiri lagi.

Melihat kondisi tersebut, dengan berjualan pulsa elektrik pastinya akan dapat menjadi salah satu ide bisnis yang tidak bisa ditinggalkan lagi. Selain itu ide bisnis rumahan ini juga ternyata tidak memerlukan modal cukup besar.

Hal yang anda perlukan, hanya cukup dengan bermodal telepon genggam saja guna untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.

Untuk memulai bisnis rumahan yang satu ini, anda cukup mendaftarkan diri anda pribadi sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet yang ternama, serta anda dapat mencarinya melalui internet, cukup mudah bukan.

  1. Jasa Penjahit Pakaian

Jika anda memliki bakat menjahit, maka anda dapat menekuni bisnis tersebut dirumah. Mungkin bisnis ini sangat terdengar ketinggalan zaman.

Namun, jangan salah!

Karena pada dasarnya usaha ini merupakan usaha yang termasuk sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Selaian itu usaha ini juga termasuk usaha yang memiliki banyak peluang dan manfaat.

Coba anda bayangkan saja, seberapa banyak orang dalam setahun membutuhkan pakaian-pakaian model baru bahkan dalam sebulanya manusia lebih banyak sering ganti-ganti pakaian.

  1. Jasa Laundry Kiloan

Orang zaman sekarang lebih banyak senang dengan malakukan hal yang praktis dan mudah serta siap pakai. Oleh karena itulah kesibukan dalam setiap harinya memang sudah tidak bisa dihindari lagi dengan mudah.

Dengan waktu yang mungkin lebih banyak dihabiskan di dalam pekerjaan atau kantor, maka banyak orang yang lebih memilih untuk “membeli” waktu orang lain guna untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Salah satunya yakni dengan mencuci baju. Dengan peluang seperti inilah, maka dapat kita lihat seberapa besar peluang yang di dapat dari bisnis tersebut. Coba jadikanlah usaha laundry kiloan ini menjadi salah satu usaha rumahan anda.

Dengan lokasi dan target yang tepat serta strategi pemasaran yang matang, maka usaha rumahan ini akan segera bisa memberikan sumber income anda.

  1. Rental Play Station

Dunia geming akan terus mengalami kemajuan seiring berkembangnya teknologi. Maka akan banyak anak-anak muda yang tidak ingin ketinggalan dengan permainan masa kini terutama untuk mencicipi kesenangan yang sudah dicicipi oleh konsol.

Jika lokasi rumah anda berada dalam tempat yang ramai oleh masyarakat atau perkumpulan anak-anak muda, maka anda dapat mencobanya membuka usaha rumahan yang satu ini yakni dengan mendirikan hiburan Gaming atau Paly Station.

Anda hanya bermodal 2 TV dan 2 Play Station 4, maka anda sudah dapat membuka rental di rumah senidri.

Meskipun modal yang dibutuhkan terbilang cukup besar, namun bisnis ini termasuk bisnis yang cepat balik modal. Apalagi mengingat masyarakat Indonesia sangat mencintai Dunia Gaming terutama pada anak-anak remaja masa kini.

  1. Jasa Tempat Cuci Motor

Berikut merupakan salah satu usaha rumahan yang juga termasuk sangat menjanjikan serta sangat menguntungkan, apalagi usaha ini dapat dilakukan di rumah anda sendiri. Bagaimana tidak?

Coba anda perhatikan saja, tempat cuci motor mana yang ada dan terlihat selalu sepi.

Belum lagi ketika masuk musim hujan, biasanya para pelanggan dengan motor yang mungkin terbilang kotor, biasanya akan terus semakin bertambah.

Apalagi usaha ini hanya cukup bermodal yang tidak sampai dengan 8 juta, maka anda sudah dapat membangun usaha ini.

  1. Jasa Foto dan Video

Usaha rumahan yang satu ini merupakan usaha yang termasuk usaha yang terbilang dapat menjadi peluang yang juga menjanjikan dan menguntungkan.

Semua orang tentunya dapat mengambil gambar maupun merekam video dari berbagai sumber asalkan kita memiliki teknik khusus, namun dalam hal ini biasanya tidak semuanya orang dapat melakukannya dengan cara profesional.

Inilah saat-saat yang tepat buat anda untuk mengisi “gap” yang mungkin belum terisi ini.

Jasa foto dan video yang anda dirikan coba lengkapi dengan cara melayani bermacam-macam keperluan seperti dengan acara penikahan, acara foto wisuda, dan acara-acara lainnya.

Modal yang anda butuhkan cukup ruangan yang dapat dipakai khusus studio, kamera, dan komputerguna untuk editing.

  1. Membuka Warung Kopi

Kopi merupakan hal yang sudah melekat dihati masyarakat Indonesia. Dengan hal ini anda dapat memanfaatkan dengan medirikan usaha kafe yang juga menawarkan berbagai jenis kopi khas pecinta masyarakat indonesia.

Dengan modal cukup kecil yakni seperti teras dan mesin kopi, maka anda sudah dapat membuka kedai sendiri. Namun perlu anda ingat dalam membuat kopi anda perlu faham dalam mengelolaanya serta pembuatanya, agar ciri khas kopinya memiliki keistimewaan sesuai pencinta kopi indonesia.

Jika anda mampu mengelola dengan baik, maka anda akan memiliki peluang usaha yang berkelanjutan yakni akan akan mampu membangun usaha kopi di masa depan yang juga sangat menjanjikan ini.

  1. Produksi Makanan Ringan (Snack)

Usaha snack dapat dijadikan sebagai salah satu usaha anda, apalagi usaha ini juga termasuk sangat menjanjikan. Tidak percaya, anda dapat melihatnya dengan melihat banyaknya bukti dimana para pengusaha snack mamapu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat besar dala setiap bulanya.

Tentunya setiap orang pasti suka snack. Apalagi snack memiliki sajian yang lengkap serta enak dimakan bersama keluarga, menonton televisi, dan lainnya.

Bahkan Anda juga dapat menerapkan strategi marketing ini dengan mudah yakni dengan meng-Online-kan lewat sosmed. Agar nantinya produk snack Anda dapat tersebar luas, dengan begitu usaha ini akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

  1. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang mampu membuahkan pasif income yang cukup besar. Apalagi teknologi zaman sekarang ini sudah sangat mendukung usaha yang satu ini.

Affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang berbasisi sistem komisi. Jika seandainya Anda mampu menjual produk, maka Anda akan mendapatkan komisi khusus dari supplier langsung.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Sama seperti model bisnis dropshiper diatas, Anda tidak perlu modal besar. Anda cukup berbekal laptop atau smartphone serta dapat terkoneksi jaringan internet.

Namun, agar hasil ini dapat lebih maksimal, Anda dapat membangun website khusus Anda pribadi, guna untuk tools atau alat yang nantinya dapat mendukung bisnis affiliate Anda ini.

Baca Juga: Ide-ide Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

  1. Usaha Desain Grafis Rumahan

Sekarang ini, sedang trend-trendnya dengan bisnis desain grafis yang sedang mengalami peningkatan pesat. Salah satunya yang menjadi faktornya adalah perkembangan teknologi yang lebih modern.

Apalagi masyarakat jaman sekarang ini, banyak yang beralaih ke hal yang praktis-praktis, sehingga membuat usaha desain grafis ini berubah menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk anda.

Ada banyak jenis-jenis usaha Desain Grafis yang ada perlu tahu, berikut adalah beberapa contoh usaha desain grafis yang tentunya dapat Anda coba, guna untuk dijadikan sebagai salah satu bisnis anda:

  • Desain gambar Tshirt
  • Desain web atau blog
  • Desain animasi 3D
  • Desain logo, kartu nama, banner iklan
  • Dan lain sebagainya
  1. Konter Pulsa dan Paket Internet

Penggunaan handphone kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seluruh masyarakat. Hampir semua masyarakat, pada umunya memiliki handphone sendiri guna untuk membantu dalam kegiatan sehari hari.

Nah, dengan banyaknya pengguna tersebut. Maka akibatnya munculah sebuah peluang usaha rumahan yang baru serta sangat menjanjikan salah satunya yakni membuka konter pulsa.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Untuk modal yang dibutuhkan usaha pulsa ini terbilang sangatlah kecil yakni anda hanya cukup butuh dana sebesar 500.an saja. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk deposit awal pulsa Anda.

Jadinya anda, tidak hanya bisnis pulsa saja, namun anda dapat juga menjual paket internet, aksesoris bahkan hingga service hp sekirangnya ringan-ringan saja. Sangat menarik dan menguntungkan bukan?

  1. Guru Private

Apakah Anda sangat meyukai anak kecil serta senang berbagi? Nah, peluang usaha rumahan inilah yang anda dapat manfaatkan sebagai salah satu bisnis tambahan anda. Yaitu dengan menjadi guru les private.

Banyak orang tua yang pada saat ini sibuk dengan pekerjaanya, sehingga para orang tua banyak yang mencari guru les private guna untuk mendidikan dan membimbing anak-anak mereka.

Selain itu, setiap orang tua tentunya sangat menginginkan pada anaknya agar bisa mendapatkan pelajaran tambahan ekstrakurikuler yang mampu mendukung pendidikan formal bagi mereka.

Usaha ini sangat cocok sekali, apabila dijalankan pada daerah-daerah yang memiliki penduduk dekat deng perkotaan, seperti daerah kompleks karyawan, daerah komplek industri atau perusahaan serta lainnya.

  1. Air Minum Isi Ulang

Bisnis air minum isi ulang merupakan bisnis yang terbilang bisnis yang menjanjikan. Karena trend-nya masyarakat zaman sekarang ini, masyarakat lebih banyak yang memilih yang serba praktis.

Coba Anda rintis dan lakukan analisa dalam hal satu ini, agar anda mampu membangun bisnis yang terbilang menjanjikan ini.

Untuk sistem penjualan, Anda dapat menerapkan dengan sistem berlangganan atau dengan menitipkan barang atau air minum di warung-warung sembako.

  1. Agen PPOB

Peluang usaha rumahan yang juga terbilang menjanjikan dan menguntungkan adalah salah satunya dengan menjadi agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking).

Apa saja yang bisa dilayani?

Dengan menjadi agen PPOB resmi, Anda akan dapat melayani pembayaran seperti dibawah ini:

  • Pembayaran Listrik
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Tv Berlangganan
  • Tagihan Telepon dan Internet
  • Pembelian Tiket Pesawat hingga Kereta Api
  • Semua proses pembayaran bisa Anda lakukan dari rumah.

Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Sebaiknya Anda belajar dan memahami terlebih dahulu apa saja syarat-syarat dan tata cara menjalankan bisnis PPOB ini.

  1. Bisnis Dari Rumah Dengan Model Reseller

Usaha rumahan yang juga termasuk sangat menjanjikan dibidang jual beli salah satunya yakni bisnis dengan sistem reseller. Anda dapat merealisasikan dengan sistem online atau offline.

Reseller merupakan sebuah bisnis yang cara kerjanya yakni dengan menjual produk yang telah dibeli dengan tujuan lain yakni untuk mendapatkan keuntungan kembali. Bisnis reseller ini mewajibkan anda harus mempunyai stok barang dulu.

Berbeda dengan dropshop. Jika di dropship stok barang yang menyediakan adalah bagian suplier, sedangkan untuk sistem reseller, Anda diharuskan memiliki stok produk guna untuk dijual kembali.

“Dalam bisnis ini, anda bebas menjalankan dimana saja, dan kapan saja, bisa juga dijalankan dirumah-rumah” Sangat menyenangkan buka?

  1. Membuka Pertamini di Depan Rumah

Jika rumah Anda berposisi pas di pinggiran jalan, serta ramai dengan kendaraan, maka anda dapat mencobanya dengan membuka usaha pertamini yang sangat menjajikan in.

Coba manfaatkan peluang besar tersebut untuk membangun usaha rumahan anda, apalagi zaman sekarang ini masyarakat lebih bermiant beli BBM di pertamini dari pada beli yang botolan.

Peluang usaha rumahan tersebut sangat terbilang layak dan menjanjikan untuk dijalankanya, terutama bagi Anda yang rumahnya berada dalam posisi yang ramai oleh kendaraan.

Berikut hanyalah gamabaran besar rincian modal usaha pertamini diantaranya:

  • Harga pertamini = Rp : 7.000.000
  • Modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp 7500 = Rp 750.000
  • Biaya listrik selama per bulan = +/- Rp 50.000
  • Portable pemadam kebakaran = Rp 140.000
  • Biaya tambahan = +/- Rp 1.500.000
  • Total kebutuhan = Rp 7.460.000

“Jadi berapa besar keuntungan anda yang di dapat selama sebulan, apalagi bisnis tersebut tidak adan matinya” Sangat menjanjikan bukan?

  1. Jualan Es Krim

Peluang usaha jualan es krim. Meski sangat terlihat sederhana, namun jangan pernah dianggap remeh. Coba saja anda lihat ada banyak orang diluar sana yang sukses dengan berdagang es krim. Silahkan Anda lihat di internet.

Para pedagang es krim yang sukses, mereka adalah yang bisa membuat ide inovasi yang baru. Inovasi tersebut bisa dari pemasaran, variasi produk dan model penjualan yang mereka ciptakan.

Contohnya saja, jika Anda pandai membuat es krim dengan model baru dan berbeda, maka Anda tentu bisa membangun bisnis model franchise.

  1. Jualan Bubur Ayam

Ayam bubur adalah salah satu usaha yang juga dapat anda coba, apalagi seperti di Indonesia salah satunya di perkotaan besar. Biasanya sangat menyukainya dengan dagangan ayam bubur ini.

Apalagi anda berada dalam area yang padat dengan penduduk serta masih jarang ada penjual ayam bubur. Maka itulah salah satu peluang anda untuk mencoba membangun usaha tersebut.

Biasanya ayam bubur sering dijadikan sebagai santapan utama di pagi hari. Nah, untuk Anda mungkin bisa mencoba mendirikan usaha rumahan yang satu ini.

Salah satu kunci utama keberhasilan dalam berdagang makanan adalah rasa dan pelayanan yang memuaskan. Semakin baik kualitas maupun kuantitas layanan serta produk Anda, maka dengan begitu sudah dipastikan usaha anda akan terjamin laris manis.

  1. Toko Kelontong

Apakah Anda berada dalam area komplek yang padat dengan penduduk? Terutama komplek yang dekat dengan karyawan? Jika iya, maka cobalah anda bangun usaha rumahan yang satu ini, yakni usaha kelontog. Apalagi usaha ini sangat cocok untuk dijaikan sarapan pagi.

Warung kelontong.

Siapa coba yang tak kenal dengan kelontong, pada dasarnya rata rata semua orang sangat menyukai dengan makan khas yakni makanan kelontong yang biasanya jenis makan ini sering dijadikan sebagai makanan pagi.

Selain itu anda dapat juga membuat variasi baru, selain kelontong, Anda juga bisa berjualan kue basah atau minuman kopi, apalagi masyarakat Indonesia banyak yang menyukai cemilan-cemilan.

  1. Usaha Rumahan Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan nasi yang biasanya disajikan ketika saat malam hari, biasanya nasi ini sering kita temukan di pinggir jalan terutama di kota-kota besar. Namun, usaha yang satu ini tidak ada salahnya jika Anda mencoba mendirikan warung nasi uduk di depan rumah sendiri?

Biasanya ada banyak jenis lauk pauk yang terdapat pada nasi uduk ini, misalkan saja seperti ayam goreng, ikan lele, ikan nila dan masih banyak jenis lauk lainya.

Biasanya nasi uduk yang paling banyak dicari adalah rasa sambal. Jadi untuk anda, ciptakan sambal nasi uduk dengan rasa se-enak dan senikmat-nikmat mungkin. Agar nantinya anda dapat kebanjiran orderan.

  1. Usaha Warung Angkringan

Orang-orang muda akhir-akhir ini suka nongkrong di gerai Angkringan, terutama untuk siswa dan lajang. Tidak hanya itu, bahkan orang yang sudah menikah pun masih suka makan di gerai Angkringan.

Karena, selain harga bersahabat, suasana santai dan selera yang baik membuat bisnis ini sangat dibutuhkan.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mengatur pekerjaan ini di depan rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di jalan utama.

  1. Jualan Bakso

Bisnis memasak rumahan berikutnya adalah menjual bakso. Anda pasti tahu apa itu bakso. Ya, perdagangan bakso sangat cocok untuk operasi di daerah padat penduduk, atau di tengah keramaian. Anda dapat membuka bisnis ini jika rumah Anda berlokasi strategis.

Jangan salah, ada banyak cerita sukses dalam berbisnis bakso. Ini mungkin tampak sederhana, tetapi untuk keuntungan atau omset bagi mereka sangat menjanjikan.

  1. Jualan Produk Sitem Pre order

Jika Anda tidak memiliki produk, Anda dapat mencoba berdagang dengan sistem pre-order. Pekerjaan ini dapat dianggap sebagai bisnis rumahan yang merupakan paling terpopuler lo. Contoh saja lihat halaman beranda pada media sosial olshop, rata-rata yang menajalankanya adalah ibu rumah tangga.

Baca Juga: Ide Nama-nama Olshop Bisnis

Sistem pre-order, yakni barang yang dipesan terlebh dahulu. Setelah itu, hanya akan diproduksi atau diimpor dari pemasok lain.

Agar bisnis Anda berjalan dengan lancar, manfaatkan Internet untuk dipromosikan. Misalnya, gunakan media sosial, blog pribadi, atau buka toko online di pasar. Produk yang dapat dijual menggunakan sistem pre-order yang mirip dengan:

  • Produk Fashion
  • Produk Kuliner
  • Produk Kerajinan
  • Produk elektronik
  • Dan lain lain

Nah, itulah beberapa ide dan peluang usaha rumahan yang anda dapat coba. Sebenarnya masih banyak ide-ide bisnis lainnya yang ada dapat lirik di luar sana.

Silahkan anda explore sendiri ide-ide tersebut. Dapatkan peluang usaha yang ramai saat ini dan jangan lupa, dalam membangun sebuah usaha fikirkan juga untuk nama-nama bisnis anda sepeti nama olshop berikut ini.

“Sukses adalah hak miliki bagi semua orang. Meskipun kata sukses tidak dapat langsung instan. Tetapi jika Anda berani mempraktekanya, tentunya jembatan untuk menuju kesuksesan justru sudah semakin dekat”.

Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bikin Sukses

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial adalah mendirikan perusahaan. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan diperlukan persiapan yang sangat matang. Salah satunya yaitu...
Avatar Dee
9 min read

Kerajinan dari Rantai Bekas

Avatar Dee
7 min read