Pengertian Kertas Terlengkap: Sejarah, Jenis, Ukuran, Manfaat,dan Bahanya

Pengertian kertas

Pengertian kertas – Kertas merupakan sebuah benda umum yang sering kita jumpai dalam sehari-hari, baik itu di sekolah, di rumah, di kantor, dan di berbagai tempat lainya. Selain itu kertas telah banyak di gunakan dari malai zaman peradaban mesir kuno.

Namun, masih banyak orang hingga sampai saat ini, yang belum mengerti mengenai pengertian kertas, padahal mereka telah menggunakan kertas tersebut selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.

Pengertian kertas

Kertas merupakan jenis benda material yang berbentuk lembaran-lembaran tipis dan ada juga yang tebal. Bahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan kertas umumnya adalah serat kayu dicampur dengan bahan-bahan kimia sebagai pengisi dan penguat kertas. Selain itu kertas dibuat untuk memenuhi kebutuhan terutama dalam lingkup pelajar dan pekerja kantoran.

Kertas dapat dikenal sebagai media utama dalam penulisan, mencetak dan melukis gambar-gambar lainya, selain itu masih banyak lagi kegunaan lainya seperti sebagai kertas pembersih (tissue) dan lainya.

Pengertian Kertas Menurut Para Ahli

Pengertian Kertas Menurut Para Ahli

“Kertas adalah barang yang berwujud lembaran-lembaran tipis. Adanya kertas adalah merupakan revolusi baru bagi dunia tulis menulis yang mampu menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia”.

Pengertian kertas Hvs

“HVS berasal dari kata Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang memiliki arti kertas tulis bebas dari serat kayu. Kertas HVS adalah kertas tulis yang memiliki kualitas tinggi yang muncul dengan berbagai jenis ukuran. Baik ukuran dimensi (pxl) ataupun ukuran berat”.

Pengertian kertas dan plastik

Pengertian kertas dan plastik

  • Kertas adalah barang yang berwujud lembaran-lembaran tipis namun ada juga yang tebal (semua itu tergantung dengan jenis kertasnya), selain itu bahanya berasal dari kompresi serat atau pulp.
  • Sedangkan pengertian dari plastik adalah plastik merupakan salah satu jenis produk polimerisasi sintetik atau yang dikenalnya dengan produk semi sintetik.

Sejarah Kertas

Dizaman peradaban Mesir Kuno awal masih menggunakan papirus atau yang menjadi media tulis menulis. Penggunaan papirus adalah sebagai media tulis menulis yang sudah digunakan pada peradaban Mesir Kuno yakni dimasa bangsa firaun kemudian tidak lama kemudian kertas tersebut menyebar ke seluruh Timur Tengah hingga ke bangsa Romawi di Laut Tengah dan menyebar ke seantero Eropa.

Dalam sejarah mencatatkan bahwa peradaban Cina adalah negara yang menyumbangkan kertas bagi Dunia. Sedangkan yang menemukan kertas tersebut adalah Tsai Lun yang dulunya kertas berasal dari bahan bambu yang mudah ditemukan di seantero China pada tahun 101 Masehi. Dari penemuan tersebut akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea.

Bahan Pembuatan Kertas

Bahan Pembuatan Kertas

“Bahan pembuatan kertas berasal dari bahan serat kayu (selulosa) yang berjenis pohon tanaman”.

Keterangan :

“Kertas dibuat dari kayu yang berasal dari pohon kayu lunak contoh seperti pahon cemara dan pohon pinus, atau dapat juga dari pohon kayu keras seperti kayu putih, akasia dan aspen”.

Sifat-sifat Kertas

  1. Dapat dibakar dengan mudah
  2. Dapat menyerap air
  3. Dapat dilipat kesegala arah
  4. Dapat dipotong dengan gunting atau pisau
  5. Dapat dirobek
  6. Dapat direkat dengan lem
  7. Dapat ditoreh dengan benda runcing atau tumpul
  8. Dapat digulung dengan mistar
  9. Dapat diremas dengan tangan
  10. Dapat ditusuk denagn jarum atau benda lainnya yang runcing
  11. Dapat disambung dengan stapler
  12. Dapat dijepit dengan kertas
  13. Dapat dilubangi dengan alat khusus

Teknik Pengerjaan Kertas

  1. Teknik Dasar Memotong (cutting)
  2. Teknik Dasar Melipat (folding)
  3. Teknik Dasar Menoreh (scoring)
  4. Teknik Dasar Menyambung (bending)
  5. Teknik Dasar Menggulung (curling)
  6. eknik Dasar Gabungan melipat dan memotong
  7. Teknik Dasar Gabungan meotong, menyambung dan menggulung

Perbedaan Kertas Dengan buku

Perbedaan Kertas Dengan buku

Kertas merupakan bagian dari buku, untuk menyebutkan jumlah kertas biasanya digunakan istilah lembar, sehingga sering sekali kita dengan istilah selembar kertas (yang artinya satu lembar kertas). Sedangkan Buku merupakan Sekumpulan kertas yang dijilid menjadi satu kemudiandiberi sampul untuk membuatnya lebih kuat dan tidak mudah terpisah/lepas.

Manfaat Kertas

Sangat banyak sekali manfaat dari kertas, kertas merupakan benda yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk mencetak buku sekolah, membuat buku tulis, untuk dinding, untuk bungkus dan masih banyak penggunaan lainnya.

Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Kertas

Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Kertas

  1. Kayu
  2. Bambu
  3. Papirus
  4. Kulit Binatang

Pembuatan pulp/bubur kertas

  1. Kayu diambil langsung dari hutan produksi selanjutnya dipotong- potong atau log. Kemudian log tersebut disimpan ditempat penampungan dengan tujuan untuk melunakan log.
  2. Setelah itu dibuang kulitnya dengan mesin pengupas kulit kayu atau yang sering juga dikenal dengan istilah De – Barker.
  3. Kayu dipotong- potong menjadi ukuran kecil (chip) dengan mesin chipping.
  4. Chip dimasak didalam digester guna untuk memisahkan serat kayu (bahan yang digunakan untuk membuat kertas) dengan lignin.
  5. Dalam proses pemasakan tersebut ada dua macam yaitu proses chemical Pulping dan proses mechanical pulping. Dari hasil digester tersebut dapat disebut dengan pulp (bubur kertas).

Proses Pembuatan Kertas

  1. Pulp diolah dibagian Stock Preparation. Pada bagian ini berfungsi untuk menjadikan bahan baku seperti: menambahkan pewarna kertas (dye), menambahkan zat retensi, menambahkan filler, dan lainya. Sedangkan bahan yang keluar dari bagian itu disebutnya dengan stock atau (campuran pulp, bahan kimia, dan air)
  2. Dari stock preparation masuk ke pembersihan dengan alat yang disebut Cleaner.
  3. Dari cleaner stock masuk ke Headbox (pemanas) yang berfungsi untuk membentuk lembaran kertas (membentuk formasi) diatas Fourdinier Table.
  4. Fungsinya untuk membuang air yang berada dalam stock (dewatering). Hasil yang keluar disebut dengan web (kertas basah). Kadar padatnya sekitar 20 %.
  5. Kemudian masuk ke Press Part berfungsi untuk membuang air dari web sehingga kadar padatnya mencapai 50 %.
  6. Terakhir ke Dryer berfungsi untuk mengeringkan web sehingga kadar airnya mencapai 6 %.

Jenis-jenis Kertas

Jenis-jenis Kertas

1. HVS

Kertas hvs memiliki tekstur halus, putih, dan tipis serta memiliki ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm hingga 100 gsm. Kertas hvs biasnya digunakan seperti pada perkantoran, sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, dan dapat juga digunakan sebagai media kertas untuk Buku.

2. Book Paper

Kertas book paper memiliki tekstur sedikit kasar namun cenderung halus, warna kekuningan, ringan dan tipis. Selain itu memiliki ketebalan mulai dari 55 gsm,70, dan 90 gsm. Untuk kegunaannya yakni untuk Buku yang sifatnya teks saja.

3. Art Paper

Kertas jenis art paper memiliki tektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kegunaan kertas art paper umunya untuk digunakan seperti brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian-bagian isi buku yang memerlukan gambar.

4. Art Carton

Kertas jenis carton memiliki tekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Dan mempunyai ketebalan mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kegunaan kertas jenis art carton umunya digunakan seperti Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, Box Produk, dan Undangan.

5. Karton BW

Kertas jenis karton bwi memiliki tekstur halus, putih, selain itu memiliki ketebalan 240 gsm. Kegunaan kertas katon bw, umumnya digunakan seperti Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan masih banyak lagi.

6. Jasmine

Kertas jenis jasmin  memiliki tekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas. Kertas ini biasa umunya digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan.

7. Concorde

Kertas concorde memiliki tekstur kasar namun sedikit halus, serta memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Pada kertas jenis concorde biasanya digunakan seperti Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan masih banyak lagi.

8. Linen Jepang

Kertas jenis linen jepang bersifat yang halus, licin, selain itu memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan. Sertas pada kertas jenis linen jepang memiliki ketebalan 240 gsm, dan untuk kegunaanya dapat seperti pembuatan Sertifikat, dan Kartu Nama karena permukaan kertas ini seperti kain.

9. Buffalo

Kertas jenis buffalo memiliki sifat yang halus, licindan tebal, selain itu memiliki tekstur seperti guratan kayu. Pada kertas jenis buffalo biasanya lebih banyak digunakan seperti cover jilid, dan beberapa untuk map, dan untuk kartu iuran.

10. NCR

Kertas jenis ncr memiliki tekstur yang halus, tipis, dan mempunyai partikel karbon. Kertas jenis ncr biasanya digunakan unutk Nota, Bon, Struk,Faktur, Surat Jalan dan masih banyak lagi.

11. Stiker Cromo

Kertas jenis stiker cromo memiliki tekstur lincin, halus, mengkilap, dan terdapat lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Jenis kertas stiker cromo biasanya digunakan seperti media promosi yang dapat ditempel pada tempat-tempat tertentu.

12. Stiker Vinyl

Kertas jenis stiker vinyi merupakan jenis kertas hasil sintetis, dengan ciri yang licin, halus, mengkilap, lentur dan terdapat lapisan lem pada permukaan belakang. Jenis kertas vinyi biasanya banyak digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan masih banyak lagi.

Ukuran-ukuran Kertas

Ukuran-ukuran Kertas

Ukuran kertas dengan Seri A, A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10.

[su_table responsive=”yes” fixed=”yes”]

Kertas Seri A Mm Cm Inchi
A0 841X 1189 84,1X 118,9 33,11X 46,81
A1 594X 841 59,4X 84,1 23,39X 33,11
A2 420X 594 42,0X 59,4 16,54X 23,39
A3 297X 420 29,7X 42,0 11,69X 16,54
A4 210X 297 21,0X 29,7 8,27X 11,69
A5 148X 210 14,8X 21,0 5,83X 8,27
A6 105X 148 10,5X 14,8 4,13X 5,83
A7 74X 105 7,4X 10,5 2,91X 4,13
A8 52X 74 5,2X 7,4 2,05X 2,91
A9 37X 52 3,7X 5,2 1,46X 2,05
A10 26X 37 2,6X 3,7 1,02X 1,46

[/su_table]

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai pengertian kertas, sejarah, jenis, ukuran, manfaat, dan bahan-bahan kertas yang digunakanya, sekian semoga bermanfaat Terima Kasih.

Catatan : dari pembahasan di atas sebenarnya masih banyak lagi, ulasan-ulasan yang harus kita ketahui baik mengenai pengertian kertas, contoh bahan tekstil, dan lainya. Yang tentunya semua itu memiliki Bahan campuran kimia.

Tinggalkan Balasan