Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Contoh Teks MC Seminar

3 min read

Contoh Teks MC Seminar – acara seminar merupakan sebuah acara yang biasa di adakan dengan cara Online atau yang kita kenal dengan Webinar. Dalam sebuah acara webinar tentunya kita memerlukan MC atau seorang pembawa acara yang dapat mengantur dan memandu dari jalan-nya suatu acara.

Menjadi seorang mc atau seorang pembawa acara memang tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan, karena menjadi seorang MC juga harus memiliki mempersiapkan diri atau mental yang cukup.

Agar ketika kita berdiri diatas panggung tidak salah dalam mengucap maupun menyampaikan dari isi susunan acara seminar tersebut. Berikut akan kami berikan contoh teks MC untuk seminar beserta Tips menjadi seorang MC yang baik dan professional, diantaranya.

Tips Menjadi Seorang MC untuk Seminar

Contoh Teks MC Seminar

Untuk menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara webinar, maka kita harus memiliki bekal yang cukup. Agar kita tidak salah dalam menyapaikan dari isi acara webinar tersebut.

Sebelum acara seminar atau webinar di mulai, maka lebih baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatakan teks MC atau jika perlu menghafalkan-nya.

Supaya ketika acara dimulai kita tidak salah dalam menyampaikan-nya dan acara dapat jalan dengan lancar.

Contoh Teks MC Pengajian

Tips Menyampaikan Susunan Acara Seminar (Webinar)

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan seminar yang baik dan jelas, Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tenang dan santay (Kuasai suasana panggung)
  2. Tidak usah kaku dalam menyampaikanya
  3. PD (Percaya Diri) saja (Anggap panggung milik sendiri)
  4. Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai
  5. Catat jika perlu

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita pakai dalam menyampaikan susunan acara seperti seminar, halal bihalal, pengajian, rapad, dan lain-nya.

Contoh Teks MC Seminar

Contoh Teks MC Seminar Nasional

Berikut contoh teks MC untuk seminar, yang dapat dipakai dalam memandu suatu kegiaatan acara diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh MC Acara Halal Bihalal

Contoh Naskah MC Seminar Formal

Bismillah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  1. Selamat Siang untuk semua
  2. Salam sehat
  3. Salam bahagia
  4. Dan salam sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillahirobbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin syaidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du.

  1. Yang terhormat kepada Bapak Prof…… selaku Direktur Pascasarjana Univ. Semarang
  2. Yang terhormat kepada Ibu Dr…… selaku kaprodi ……. Pascasarjana Univ. Semarang
  3. Dan yang terhormat kepada seluruh para narasumber yang sudah hadir di dalam acara Seminar ………..
  4. Serta yang terhormat kepada Bapak/Ibu peserta webinar series yang Insya Allah berbahagia ini.

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya.

Sehingga pada kesempatan yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih dipertemukan di tempat yang Insya Allah berkah ini. Amiin Amiin Ya Robbal Alamin.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabihullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabat-nya.

Kerena berkat beliaulah kita dapat menikmati kehidupan yang penuh dengan kemuliaan ini, Amiin Ya Robbal Alamin.

Untuk mempersingkat waktu, sebelum acara seminar hari ini dibuka, Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan-sunanan acara kali ini yakni.

Acara yang pertama:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Univ. Semarang
  3. Sambutan-sambutan
  4. Pemaparan isi materi sekaligus diskusi dan tanya jawab
  5. Doa
  6. Penutup

Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu marilah kita buka acara hari ini dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan membaca Surat Al-fatihah.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Acara selanjutnya yakni menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang akan dipandu oleh Hymne Univ. Semarang, waktu dan tempat kami persilahkan.

Sambutan-sambutan

Acara selanjutnya yakni sambutan yang akan di sampikan oleh Bapak Prof, ……….. kepada beliau, waktu dan tempat Kami persilahkan.

Acara Inti

Acara yang selanjutnya, acara yang kita nanti-natikan yakni isi materi sekaligus diskusi dan Tanya jawab, Kepada Bapak Drs, ……….. kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Doa

Alhamdulillah acara demi acara sudah selesai, selanjutnya doa yang akan di pimpin oleh Bapak Drs, …….. kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Alhamdulillah semoga dari doa bersama kita tadi dapat mempermudah dalam menangkapan, pemahaman, serta dalam mengamalkan-nya atas ilmu dan pengalaman yang sudah kita dapat. Amiin Amiin Ya Rabbal Alamin.

Penutupan

Untuk yang terakhir penutupaan, sebelum kita tutup bersama saya selaku MC pembawa acara pertemuan seminar hari ini. Memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata yang kurang dikenan di hati Bapak/ibu serta seluruh para peserta webinar.

Sekian mari kita tutup bersama acara webinar kali ini dengan bacaan Hamdallah dan doa Kafa’ratul Ma’jelis.

“Alhadulillahi Rabbil Alamin, Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilia”, Sekian.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Teks MC Seminar Nasional

Contoh Teks MC Seminar Nasional online

Untuk naskah atau teks MC seminar nasional sama dengan yang sudah kita jelaskan diatas, jadi pada dasarnya isi dari MC atau pembawa acara susunan sama saja meski beda Tema.

Contoh Teks MC Perpisahan

Kita hanya perlu sedikit mengubah sesuai kebutuhan dan keperluan saja. Kuncinya hanya disitu saja, pkoknya jangan dibuat repot santai dan tenang. Insya Allah acara seminar, pengajian dan lain-nya dapat berjalan dengan lancar.

Nah, itu dia contoh Naskah Teks MC untuk seminar yang dapat kita terapkan pada diri kita dalam memandu suatu acara. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima Kasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu