Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Teknik Mudah Dasar Renang

8 min read

Teknik dasar renang – renang merupakan olahraga yang biasa di perlombangan dalam ajang Olimpiade, dalam perlombaan renang sendiri lebih banyak mengutamakan gaya dan kecepatan.

Gaya-gaya renang yang diperlombakan yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya punggung. Dan setiap perenang wajib tahu teknik dasar renang.

Perenang yang mampu menang dalam lomba adalah perenang yang dapat menyelesaikan jarak lintasan tercepat.

Sama hanya dengan loncat indah, renang indah, polo air, dan renang periaran terbuka, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia yang bernama Federasi Renang Internsaional (FINA).

Dan Induk organisasi cabang di Indonesia adalah PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia), berikut adalah teknik-teknik dasar renang simak selengkapnya.

Apa Itu Renang?

Renang merupakan sebuah olahraga air yang banyak dilakukan oleh semua manusia yang hidup di dunia. Renang sendiri memiliki berbagai gaya.

Adapun gaya renang terbagi menjadi 4 jenis diantaranya ada gaya renang bebas, renang gaya kupu-kupu, renang gaya punggung, dan renang gaya katak.

Dari 4 jenis renang tersebut memiliki keunikan dan keindahan masing-masing dan biasanya jenis olahraga air tersebut sering di adakan pada acara Olipiade maupun Sea Games.

Pengertian Renang

Berdasarkan menurut para ahli bahwa renang merupakan sebuah olahraga air yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pada kita, namun ada 2 pendapat yang mengemukakan bahwa:

  1. Menurut Ama Abdoelah (1981)

Menurut ama abdoelah mengungkapkan bahwa renang merupakan jenis olahraga air yang dapat dilakukan dimana saja, baik di kolam maupun di laut atau pantai.

  1. Menurut Budiningsih (2010)

Sedangkan menurut Budiningsih, bahwa renang merupakan suatu olaharga air yang melibatakn gerakan badan di dalam atau permukaan air dengan cara menggerakan tangan dan kaki.

Sehingga menyebabkan tubuh dapat mengapung dan dapat berjalan dengan atas permukaan.

Teknik Dasar Renang Untuk Pemula

Meluncur

Sebelum memulai mempelajari gaya-gaya renang, alangkah baiknya kita terlebih dahulu memahami bentuk-bentuk dan pengenalan air.

Karena hal ini juga sangat di perlukan terutama bagi kita yang mungkin sebagian ada yang kurang berani untuk masuk ke dalam air. Atau anak-anak yang masih berumur di bawah 10 tahun.

Berikut adalah teknik-teknik dasar renang untuk pemula yang harus dipalajari diantaranya adalah:

  1. Teknik pernafasan
  2. Teknik meluncur
  3. Teknik mengapung

Sejarah-sejarah renang


Teknik Dasar Renang

Sebelum berenang maka alangkah baiknya jika kita mau belajar dan mau mengenal bagaimana cara berenang dengan baik dan benar.

Khususnya bagi kita yang belum pernah berenang. Maka sebaiknya fahami dan kenali beberapa teknik dasar renang yang akan saya jelaskan secara Detail

Adapaun penjelasanya adalah sebagai berikut ini:

1. Teknik Pernapasan

Teknik yang pertama dalam berenang yakni mengenal teknik pernafasan, teknik ini merupakan teknik yang harus kita fahami, karena dalam berenang ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Untuk cara melakukanya kalain dapat ikuti isyarat dari saya:

  1. Tarik napas melalui mulut
  2. Tahan hingga beberapa saat
  3. Masukan kepala ke dalam air
  4. Lalu embuskan secara berlahan melalui hidung

“Lakukan latihan pernafasan ini sebanyak 15 hingga 20 kali dalam setiap latihan, supaya kalian bisa terbiasa dan memiliki nafas yang panjang”

2. Teknik Mengapung

Tekni yang kedua yakni teknik dasar renang mengapung, teknik ini merupakan teknik yang perlu kita fahami terlebih dahulu sebelum melakukan renang.

Teknik mengapung ada dua posisi, yakni teknik

  1. Teknik posisi mengembang telentang
  2. Teknik posisi mengambang berdiri

Untuk teknik melentang, memiliki gaya bdan lurus kaki menginjak dasar kolam dan kepala sambil menghadap keatas. Tarik badan dengan perlahan sambi menghadap ke belakang dan tangan posisi lurus.

“Lakukan teknik 15-20 kali dalam setiap latihan”

Teknik berdiri, memiliki gaya badan menyelam ke dalam air dengan tangan berpegang tepi kolam. Jangan lupa sambil lakukan pernafasan.

Caranya tarik nafas sedalam-dalam, tahan lalu dorong badan kita agar dapat menjauhi tepi kolam. Untuk kaki lakukan seperti gaya renang dada.

3. Teknik Meluncur

Untuk teknik ketiga yakni teknik meluncur yang merupakan salah satu teknik yang perlu kita faham dalam melakukan dasr berenang.

Teknik ini memiliki gaya tubuh horizontal dibawah permukaan air, untuk cara melakukanya kalian cukup turun ke kolam lalu berdiri sambil membelakangi dinding kolam.

Jika sudah selanjutnya tempelkan telapak kaki kalian dengan dinding tepi kolam. Teknik ini merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan tolakan sebelum memulai berenang dengan jara jauh.

“Lakukan teknik ini sebanyak 15-20 kali dalam setiap latihan, supaya kalian memiliki teknik yang sesuai”

Macam Macam Gaya Renang

Pernafasan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali gaya berenang, diantaranya ada gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya katak, dan gaya renang bebas.

Dari empat gaya renang tersebut memiliki keunikan dan teknik yang berbeda. Untuk lebih jelasnya maka akan saya jelaskan seperti dibawah ini.

1. Gaya Katak (Gaya Dada)

Gaya renang yang pertama yakni gaya katak atau gaya dada yang merupakan gaya dengan menyerupai seperti katak yang sedang beranang.

Gaya katak ini merupakan gaya yang memiliki keunikan dan termasuk gaya terpopuler di antara gaya renang lain. Biasanya gaya ini sering di pertunjukan dalam lomba-lomba tertentu.

Adapun untuk gayanya, posisi tubuh agak merangkah dan menghadap pada permukaan air lalu untuk kepala agak digerakan naik turun dan mata sambil menghapap kedepan.

Sebenarnya gaya dada atau gaya katak hampir sama dengan gaya bebas. Lantas untuk perbedaanya ada pada tubuh yang posisin ya tetap sama.

2. Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan gaya renang yang memiliki gaya yang tidak beraturan gaya ini biasanya sering dipakai oleh seorang perenang pemula.

Keunikan gaya bebas memiliki gaya dengan badan agak melengkung sedangkan wajah dan badan berposisi menghadap ke bawah permukaan air. Sedangkan tangan dan laki bergerak bebas dengan ayunan naik, turun, dan maju.

Posisi tangan tersebut memiliki peran untuk mendorong kita hingga tubuh kita dapat bergerak maju sampai tepi atau batas kolam.

3. Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan gaya renang dengan posisi tubuh menghadap ke permukaan air dan tubuh sambil telentang. Posisi ini memililiki tujuan untuk memudahkan kita dalam bernafas.

Selain itu gaya ini merupakan gaya yang tertua dibanding gaya renang kupu-kupu, bahkan gaya renang ini sering sekali dipertunjukan di acara Olimpiade dan Sea Games.

4. Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu merupakan gaya yang memang sulit untuk dipelajari sehingga tidak semuanya bisa dilakukan, biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukanya.

Gaya kupu-kupu sendiri memiliki gerakan lengan yang membentang sehingga gaya ini sangat mirip dengan kupu-kupu.

Selain itu gaya kupu-kupu sering sekali dipakai oleh atletik renang yang tujuanya untuk mencari kemenangan atas keindahan gaya yang dimilikinya.

Sarana Prasarana Olahraga Renang

Adapun sarana prasana atau alat yang dibutuhkanya dalam berenang terutama untuk perlombaan resmi seperti ajang Olimpiade dan lainya adalah sebagai berikut ini.

1. Pakaian Renang

Pakaian renang merupakan pakaian yang wajib digunakan oleh setiap atletik perenang, tujuanya sendiri untuk memenehui persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Pelampung

Untuk pelampung ada dua bentuk yakni bentuk papan dan bulat seperti ban. Untuk kedua jenis papan ini memiliki fungsi yang berbeda diantaranya untuk meluncur di atas air dan untuk berlatih mengambang.

3. Kacamata Renang

Kacamata renang merupakan salah satu alat yang biasa digunakan perlombaan renang atletik dalam rangka ajang Olimpiade. Fungsi kacamata sendiri yakni sebagai pelindung mata terhadap air.

4. Kolam Renang

Kolam renang merupakan tempat yang sebagaimana untuk melakukan perlombaan resmi. Kolam renang sendiri harus memiliki beberapa persyaratan sesuai ketentuan.

Syarat yang pertama harus memiliki panjang kurang lebih 50 Meter(Untuk lintasan panjang), namun untuk lintasan pendek harus meiliki panjang 25 Meter.

Sedangkan kedalamanya yakni kisaran 1.35 Meter serta lengkap dengan Blok Start.

5. Lintasan

Sesuai peraturan perlombaan kolam renang harus memliki lintasan lebar 2,5 M dengan jarak tepi 0,2 M. Sedangkan lintasan harus memiliki batas tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan kolam renang.

6. Pecatat Waktu

Dalam ajang perlombaan internasional, sesuia persyarat yang sudah di perlakukanya setiap ruang kolam renang harus memiliki papan pencatatan waktu.

Papan pencatat waktu sendiri memiliki fungsi sebagai pencatat start dan finis pada suatu perlombaan renang.

7. Balok Start

Balok start merupakan tempat dimana untuk melakukan persiapan sebelum memulai perlombaan. Balok Start sendiri memiliki ukuran 0,5 x 0,5 Meter.

Sedangkan untuk tingginya memiliki ketinggian 0,5 Meter hingga 0,75 Meter diatas permukaan air.

Selain itu Balok Start terdapat suara yang berfungsi untuk membunyikan suara pistol atau yang menandakan bahwa perlombaan sudah dimulai.

Peraturan Renang

Dalam setiap perlombaan tentunya terdapat peraturan-peraturan yang harus di taatinya oleh setipa peserta maupun kepada juri.

Adapun peraturan-paraturannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Peraturan yang pertama setiap peserta harus sudah naik di atas balok start ketika wasit sudah memberikan aba-aba.
  2.  Setiap peserta harus sudah siap dengan posisi yang sama ketika wasit memberikan aba-aba.
  3. Ketika bunyi pistol ditembakan maka peserta harus sudah meloncat ke dalam kolam renang.
  4. Peserta harus berada dalam lintasan masing-masing sesuai hasil undian yang di dapat.
  5. Di larang melakukan kecurang apapun itu alasanya.
  6. Jika ada yang melakukan kecurangan apapun alasanya maka peserta tersebut akan langsung di kualifikasi.
  7. Setiap peserta perlombaan harus dapat menyelesaikan semua lintasan tanpa ada yang memotong dan lainya.

Nomor Perlombaan Renang

Setiap perlombaan renang memiliki beberapa nomor yang berbeda. Nomor perlombaan renang sendiri biasanya ditentukan sesuai jarak tempuh serta jenis kelaminya.

Adapun nomor perlombaan renang untuk putra dan putri adalah sebagai berikut ini:

  1. Gaya bebas putra jarak lintasan: 50 m, 100 cm, 200 m, 400 m, 800 m, hingga 1500 m.
  2. Gaya bebas putri jarak lintasam: 50 m, 100 cm, 200 m, 400 m, dan 800 m.
  3. Gaya kupu-kupu jarak lintasan: 100 m, 200 m
  4. Gaya punggung jarak lintasan: 50 m, 100 m, 200 m
  5. Gaya dada jarak lintasan: 100 m, 200 m
  6. Gaya ganti perorangan jarak lintasan: 100 m, 200 m, 400 m
  7. Gaya ganti estafet jarak lintasan: 4 x 100 m
  8. Gaya bebas estafet jarak lintasan: 4 x 100 m, 4 x 200 m

“Jarak lintasan tersebut merupakan jarak yang biasa dipakai dalam ajang perlombaan. Sedangkan nomor perlombaanya disesuaikan dengan jarak lintasanya”

Teknik Dasar Renang yang Perli Kita Pelajari

Jika kalian ingin  berlatih gaya dalam sebuah teknik renang, ada beberapa teknik dasar yang perlu kita kuasai. Teknik ini memang akan sangat membantu  kita, terutama dalam mempelajari sebuah gaya berenang.

Didalam teknik renang ini ada 3 teknik dasar yang perlu kita fahami yaitu  Pernafasan, Meluncur dan Mengambang.

1. Pernafasan

Salah satu dari sebuah keberhasilan dalam berenang kita dapat mengatur nafas dengan baik dan teratur. Pertama berdirilah dipinggir kolam dengan rendah dan wajah kalian tetap dipermukaan air.

  • Tarik nafas melalui mulut tahan beberapa saat dan kemudian masukkan kepala kalian ke dalam air dan hembuskan nafas kalian melalui hidung.
  • Lakukan latihan ini secara perlahan sebanyak 10 sampai 15 kali setiap kalian selesai melakukan gerakan atau latihan. Ulangi latihan tersebut sehingga menemukan irama kalian sendiri.

2. Meluncur

Teknik meluncur merupakan salah satu gerakan tubuh dengan cara horizontal dibawah permukaan air.  Dalam teknik ini

  • Tempelkan dari salah satu telapak kaki kita baik (kanan atau kiri) pada dinding kolam dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah, nantinya sebagai tolakan dalam melakukan terknik peluncuran.
  • Kedua dorong badan sekuat-kuat mungkin melalui tolakan kaki, usahakan meluncurlah sejauh mungkin dan posisi tangan sejajar di depan.
  • Usahakan kepala masuk dalam air, dan kuping posisi sejajar dengan lengan tangan. Terakhir lakungan gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh.

3. Mengambang atau Mengapung

  • Teknik mengambang terlentang yaitu cara melakukanya dengan cara tarik ke belakang sampai kuping terendam air.
  • Selanjutnya regangkan kedua tangan menjadi bentuk siku-siku. Namun pergelangan tangan tetap lurus dan rileks.

4. Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal

Mengambang tegak lurus secara vertical biasanya paling lazim digunakan untuk gerakan tubuh dengan posisi tubuh tegak lurus dibawah permukaan air.

  • Untuk kepala masih tetap diatas permukaan air sebatas dagu.
  • sedangkan untuk gerakan tangan dan kaki digerakan guna untuk keseimbangan tubuh. Agar tubuh dapat melayang dipermukaan air dengan baik.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Teknik Dasar Renang Gaya Dada
tribunews.com

Renang gaya dada atau Breast stroke biasa disebut dengan renang gaya katak. Disebut dengan nama demikian karena gaya renang ini sangat mirip dengan cara katak saat berenang. Berikut adalah beberapa teknik dasar renang gaya dada atau gaya renang katak diantaranya:

1. Latihan Teknik Gerakan Meluncur

Meluncur merupakan gerakan paling dasar dari berenang. Gaya meluncur sendiri biasa dipakai oleh teknik renang manapun termasuk salah satunya renang gaya dada. Langkah ini juga sangat penting untuk dikuasainya. Agar kita tidak takut ketika berenang. Cara Meluncur Saat Berenang diantaranya:

  • Berdiri dan tempelkan pada tepi kolam renang dengan satu kaki menempel pada dinding kolam.
  • Posisi badan membungkuk sejajar dengan permukaan air seperti ketika rukuk dan posisi tangan lurus kedepan mengapit kedua daun telinga.
  • Dorong badan kuat-kuat dengan kaki yang menempel pada dinding kolam, lalu tubuh kalian akan meluncur ke depan.
  • Posisikan tangan, kaki dan tubuh lurus menghadap kedepan dan sejajar dengan permukaan air, selanjutnya tetap fokus jaga keseimbangan badan.

2. Latihan Teknik Gerakan Kaki

  • Posisi badan terlungkup sejajar dengan air.
  • Berpegangan pada dinding kolam renang.
  • Kepala berada pada permukaan air (bisa bernafas)
  • Tarik kedua kaki ke arah samping, setelah itu luruskan kembali seperti katak saat berenang di air.
  • Buat lecutan ketika kaki akan menutup.
  • Lakukan dengan kondisi kaki rileks.
  • Ulangi berulang kali sampai gerakan menjadi sempurna.

3. Latihan Teknik Gerakan Tangan

  • Posisikan kaki menempel pada dinding kolam renang.
  • Luruskan kedua tangan dan kepala terlihat jelas dari atas permukaan air.
  • Tarik kedua tangan ke dada dengan cara bersamaan. Sambil telapak tangan tetap mendayung.
  • Latihan ini dapat kalian gunakan dengan bantuan papan seluncur.

4. Latihan Mengambil Nafas

Pernafasan dalam renang gaya dada dilakukan pada saat tangan ada ditarik ke samping lalu angkat kepala kalian ke atas sambil mengambil udara. Kepala harus menghadap ke bawah, karena jika menghadap ke depan dapat membebani leher kalian. Lalu keluarkan udara secara perlahan di dalam air.

Pernafasan dilakukan bisa setiap 2 kali gerakan atau 4 kali gerakan. Perenang juga dapat melakukan dalam 8 gerakan.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas
satujam.com

Tanpa menggunakan teknik renang yang baik, kalian bisa saja terkena cedera atau kram. Untuk itu, sebelum kalian berenang gaya bebas, ada baiknya kalian paham dulu cara penggunaannya.

Gerakan Kaki

  • Gerakan kaki ke air seperti orang sedang berjalan kaki atau mencambuk air. Posisi kaki dan paha harus lurus dengan dengkul tidak boleh ditekuk.
  • Selama menggunakan gerakan ini, kaki(dengkul ke bawah) tidak boleh ditekuk, jadi yang bergerak adalah pangkal paha.

Gerakan Tangan

  • Kedua tangan lurus sejajar di sebelah kepala, kedua telapak tangan berdekatan namun jangan sampai menempel
  • Tarik bagian tangan kanan ke bawah dengan jari-jari posisi rapat seperti selaput pada tangan dan kaki katak. selanjutnya tarik tangan sampai kebelakang sambil mendayung.
  • Selanjutnya tarik tangan kiri ke belakang dengan gerakan yang sama persis dengan tangan kanan. Lali selanjutnya ulangi gerakan berikut dengan terus menerus.
  • Gerakan tangan selanjutnya dimulai ketika tangan satunya sudah kembali ke posisi awal (lulus kedepan sejajar dengan kepala).

Manfaat-manfaat Dari Olahraga Berenang


Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki Dan Mengambil Nafas

Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki Dan Mengambil Nafas
materiku.com

  • Pada saat renang gaya bebas, kaki dan tangan terus menerus digerakan tanpa henti sampai ketempat tujuan (pinggir kolam renang).

  • Pengambilan nafas dilakukan dengan cara menoleh kesamping kiri atau kanan.
  • Jika kalian ingin mengambil nafas ke arah kanan, lakukan ketika tangan kanan sedang berada di atas(di ayunkan ke depan).

Rangkaian Teknik Dasar Renang

Rangkaian Teknik Dasar Renang
narmadi.com
  1. Posisi tubuh di kolam
  2. Latihan meluncur
  3. Gerakan kaki
  4. Gerakan tangan
  5. Pernapasan
  6. Koodinasi gerakan kaki dan lengan
  7. Koordinasi gerakan lengan dan pernapasan
  8. Koordinasi tehnik dasar renang

Nah, itu dia ulasan-ulasan hari ini mengenai tentang teknik-teknik dasar renang lengkap beserta contoh gerak renang lainya. Sekian semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan kita semua khusunya bagi kita yang belum faham tentang teknik berenang, atas semuanya saya ucapkan Terima Kasih.

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Sejarah Lari Jarak Pendek

Admin
6 min read

Pengertian Lompat Jauh

Admin
4 min read

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Admin
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *