Sumber Energy Yang Dapat Diperbaharui

Sumber Energy Yang Dapat Diperbaharui

Sumber energy yang dapat diperbaharui – suatu benda yang mampu mengubah sifat energy menjadi energy lain, untuk dijadikan sumber energy yang bisa dimanfaatkan banyak orang, seperti halnya kayu bakar dan batu bara merupakan asset dari alam yang sumber energinya diubah kebentuk lainya agar bisa bermanfaat bagi orang.

Perlu kita ketahui bahwa energy akan selalu perubahan bentuk kala dipakai, seperti halnya dalam pembangkitan tenaga air (PLTA) manusia menciptakan pembangkit listrik tenaga air agar bisa menjadikan air menjadi sumber energy dengan memanfaatkan energy gerak yang bersumber dari air.

Energy adalah salah satu manfaat dari alam yang penggunaanya untuk menghasilkan energy ada proses – prosesnya,  dan sumber energy sendiri juga dibagi menjadi dalam dua kelompok, apa saja dua kelompok itu?

Yaitu sember energy yang bisa diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Nah kali ini kita akan belajar untuk membahas tentang sumber energy yang bisa diperbaharui.

Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

Sumber energy terbaru bisa digunakan tanpa harus khawatir kehabisan energy tersebut, karena sumber energy yang bisa diperbarui bisa dipulihkan dalam waktu / masa yang cukup singkat, dan biasanya energy ini memiliki stok energy yang cukup banyak dan melimpah, seperti tenaga air (karena adanya siklus air), bukan hanya itu karena masih ada energy panas bumi dan sinar matahari. Mari kita simak contoh – contoh sebagai berikut:

Contoh Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

  1. Matahari
  2. Angin
  3. Air
  4. Tanah
  5. Tumbuhan
  6. Hewan Darat
  7. Hewan Air
  8. Ombak
  9. Pasang dan Surut Air Laut
  10. Biomassa
  11. Geotermal
  12. Nuklir

“Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang mampu meperbaharui diri sendiri atau memiliki kuantitas yang tidak terhingga, sehingga dapat di pakai terus menerus”.

Contoh Perubahan Energi

Sumber energy pada alam juga bisa dimanfaatkan menjadi sumber energy untuk kebutuhan manusia tersebut, jadi sumber daya alam bukan hanya dijadikan sumber energy alternative / pegganti. Berikut adalah 12 contoh dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui.

  1. Matahari

Sinar matahari merupakan sumber daya energy yang bisa digunakan terus menerus dikarenakan jumlah frekuensi panasnya yang sangat banyak atau tidak terbatas sehingga tidak akan terjadi kehabisan sumber energinya. Dan matahari merupakan pusat dari seluruh galaksi.

Panas matahari juga sering digunakan untuk manusia mendidihkan air atau juga digunakan untuk pemansan ruangan. Seiring bertambahnya waktu yang dilengkapi fasilitas alat-alat modern, sinar matahari dimanfaatkan menjadi sumber eneri listrik dan mempunyai keunggulan dalam jumlah yang banyak dan ramah lingkungan.

  1. Angin

Angin juga bisa dikatakan udara bergerak, dengan kata lain manusia juga sering memanfaatkan angin sebagai sumber energy alternative seperti halnya energy pembangkit listrik tenaga kincir angin dan juga bisa digunakan sebagai alat pengairan.

Angin merupakan salah satu dari sumber daya alam yang banyak bermanfaat bagi manusia dan memilik kuantitas yang tidak terhingga. Sehingga angina jug bisa dikatan sumber daya energy yang murah dan ramah lingkungan.

  1. Air

Air merupakan sumber energy yang mempunyai jumlah yang sangat banyak / melimpah. Di Indonesia sendiri, air juga sering dimanfaatkan sebagai sumber energy pembangkit listrik. Air juga bisa dikatan sumber kebutuhan bagi setiap makhluk yang bernyawa.

  1. Tanah

Tanah juga merupakan sumber daya alam yang mempunyai jumlah yang melimpah (Baca: Manfaat Air Tanah bagi Kehidupan Manusia). Manfaat tanah sendiripun bisa digunakan sebagai ladang pertanian, perkebunan, dan juga pembangunan.

Tanah atau juga bisa disebut pasir merupakan sumber daya alam yang juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk memasak. Diberbagai tempat perdesaan di Indonesia tanah atau pasir biasanya juga digunakan sebagai pengganti minyak tanah hingga bisa digunakan menggoreng krupuk yang minyaknya berasal dari tanah.

Dan masih banyak sekali manfaatnya seperti pada masyarakat Madura yang memanfaatkan tanah sebagai tempat tidur dikarenakan dianggap lebih Nyaman dan sehat.

  1. Tumbuhan

Tumbuhan juga merupakan  salah satu makhluk hidup di bumi dan juga disebut salah satu sumber daya alam. Tumbuhan sendiri bisa berkembang biak sendiri atau juga dikembang biakkan manusia.

Tumbuhan juga merupakan salah satu sumber enery yang bisa diperbaharui karena tumbuhan bisa berkembang dengan sendurinya ataupun juga bisa dikembang biakan dengan bantuan manusia.

  1. Hewan Darat

Hewan darat merupakan jenis hewan yang hidupnya hanya di darat saja. Ada banyak manfaat dari hewan darat bisa digunakan sebagai sumber protein, juga bisa digunkan sebagai alat transfortasi, dan alat untuk membantu manusia seperti halnya sapi yang digunakan manusia untuk membajak sawah.

Sama seperti tumbuha, hewan darat juga termasuk energy yang dapat diperbaharui dikarenakan bisa berkembang biak sendiri dan juga bisa dikembang biakan oleh manusiaa.

  1. Hewan Air

Hewan air merupakan jenis hewan yang hanya hidup di air. hewan air dibedakan menjadi dua kelompok air tawar dan air asin. Hewan air juga termasuk sumber daya alam yang manfaatnya sangat banyak, sampai juga bisa digunakan menjadi obat penghilang penyakit.

Sama seperti hewan darat hewan air juga merupakan sember energy yang bisa diperbaharui karena bisa berkembang biak sendiri ataupun juga dikembang biakan oleh manusia.

  1. Ombak

Ombak merupakan aliran air dilaut yang berguling-guling akibat dari tiupan angina dan ketidak samaan tekanan air laut. Ombak juga merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah atau stok yang tak terbatas. Manfaat dari ombak bisa dipakai sebagai sumber daya listrik dan juga selain itu ombak juga digunakan sebagai sumber daya listrik mercusuar yang berada pada tebing.

  1. Pasang dan Surut Air Laut

Apakah itu pasang surut air laut, pasang surut air laut adalah naik dan turunya permukaan pada air laut. Dan juga bisa dijadikan sebagai sumber energy listrik. Walau metode tersebut belum yang mengetahui dan belum juga dipakai oleh negar-negara di dunia.

Namun, pasang surut air laut sudah banyak digunakan untuk para nelayan sebagai pembangkit listrik karena belum mendapatkan bantuan listrik dari pemerintahan tersebut.

  1. Biomassa

Biomassa adalah sisa  dari setiap makhluk hidup yang telah mati akan tetapi jasadnya masih bisa dimanfaatkan seperti halnya serbuk kayu dan sisa kulit kayu yang digunakan kembali dalam perakitan mebel.

Bukan hanya itu saja ketika rumput sudah kering juga bisa dimanfaatkan untuk dijaikan menjadi pupuk kompos. Sisi dari kotoran hewan juga dimanfaatkan menjadi sumber energy alternative gas, atau juga yang disebut biogas.

  1. Geotermal

Geothermal merupakan energy yang memanfaatkan panas bumi. Manusia biasanya menggunkan energy ini untuk dijadikan pembangkit listrik alternative dan dan memiliki sumber daya yang bersih dan ramah lingkungan. Akan tetapi pada umumnya manusia belum menggunakan energy geothermal dikarenakan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Nuklir

Nuklir adalah sumber energy alam yang penciptaanya berasal dari pemecahan atom. Manfaat dari nuklir sendiri bisa dijadikan sumber energy listrik dan salah satu negara yang menggunakan energy nuklir adalah jepang.

Naman harus kita ketahui nuklir juga bisa dijadikan senjata yang mematikan hingga berhentinya perang dunia kedua dikarenakan efek dari nuklir yang cukup luas.

Contoh Sumber Energi Listrik
  • Sampah Organik

Sampah organik adalah suatu jenis sampah yang diuraikan oleh mikroorganisme yang nantinya akan menghasilkan sebuah sumber energy biogas untuk energy listrik (PLTG) dan energy panas (kompor gas).

Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber energy tidak dapat diperbarui adalah sumber energy yang bila mana dipakai akan mengalami kehabisan bahan dan tidak dapat dibentuk kembali. Contoh:

1.Minyak bumi

Minyak bumi merupakan sumber energy yang tidak bisa diperbarui, meski begitu minyak bumi bisa dikatakan sebagai sumber daya yang sangat dibutuhkan manusia.

Manfaat dari olah minyak bumi bisa digunakan menjadi macam-macam seperti menggerakan dan menjalankan sepeda bermotor, menyalakan mesin pabrik, dll. Namun jumlahnya sangat terbatas dan sangat sulit untuk diperbarui.

2. Batubara

Batubara juga merupakan sumber energy karena bisa digunakan bahan bakar kerata api dan kapal laut. Prosentase dari jumlah karbon batubara sendiri sangatlah tinggi, hingga karbon tersebut bisa diolah menjadi sumber energy.

3. Gas Bumi

Sumber energy gas bumi juga memiliki manfaat yang banyak karena banyak manusia yang menggunakan gas bumi seperti halnya memasak menggunakan bahan bakar gas bumi. Bukan hanya untuk digunakan sebagai bahan bakar memasak tapi juga bisa digunakan sebagai bahan bakar penggerak mesin, namun jumlah dari gas bumi yang sangat terbatas akan menimbulkan kehabisan sumber daya tersebut dan juga tidak bisa diperbarui.

Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber Energi Tak Terbarukan

Untuk sumber energy tak bisa diperbarui ini merupakan sumber energy yang terbatas dan beresiko kehabisan stok energy, namun ada kemungkinan bisa diperbarui tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Contoh Sumber Energi Alternatif

Pada umumnya sumber energy ini adalah sumber energy utama yang banyak penggunanya meskipun begita beberapa orang sudah beralih menggunakan sumber energy alternative. Contoh dari sumber energy tak terbarukan:

Sumber Energi Yang Berasal dari Fosil

Sumber energy dari fosil sebenarnya bisa diperbarui akan tetapi membutuhkan waktu yang sangat panjang hingga bisa jutaan tahun lamanya, sumber energy ini berasal dari makhluk hidup yang mati dan terpendam tanah sampai jutaan tahun lamanya. Contoh seperti minyak bumi dan batu bara.

Sumber Energi Yang Berasal dari Mineral Alam

Mineral juga salah satu sumber kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan melalui beberapa tahap atau proses agar menjadi sumber energy. Contoh uranium yang bisa menghasilkan nuklir.

Energi Ramah Lingkungan

  • Energi Matahari
  • Panas Bumi
  • Panas Bumi
  • Tenaga Air
  • Biogas

Demikianlah pembahasan dari artikel ini mengenai beberapa sumber daya yang dapat diperbaharui, sekian semoga bermanfaat Terima Kasih.

Sumber-sumber Energi Listrik

Avatar Dee
3 min read

Contoh Sumber Energi Terbarukan

Avatar Dee
4 min read

Sumber Energi Alternatif

Avatar Dee
5 min read

Tinggalkan Balasan