Sumber Energi Alternatif

Sumber Energi Alternatif

Sumber Energi Alternatif – energi alternatif merupakan energy yang biasa digunakan untuk tujuan sebagai pengganti jenis bahan bakar yang berkonvensional.

Dalam hal ini tujuanya sendiri untuk mengurangi pengguna bahan bakar jenis hidrokarbon, yang pada dasarnya jenis bahan bakar tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

Yang diakibatkan oleh Emisi Karbin Dioksida yang tinggi dan berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu energy alternatif adalah sebuah jenis energy atau sebuah elemen yang tergolong sangat penting terhadap berlangsungnya pada kehidupan manusia.

Di Indonesia sendiri saat ini masih mengembangkan energy alternatif ini. Nah, untuk selengkapnya mengenai sumber energy alternatif beserta penjelasanya, yuk simak ulasan dibawah ini:

Sumber Energi Alternatif

Sumber Energi Alternatif matahari

Sumber energy alternatif merupakan sebuah sumber energy yang terbilang sangat penting, karena perannya yang mampu menggantikan sebagai sumber energy pengganti. Dalam pembahasan kali ini kita akan belajar banyak tentang sumber-sumber energy alternative.

Sumber-sumber Energi Alternatif

Berikut merupakan sumber energy yang dapat dimanfaat menjadi berbagai sumber kehidupan pada manusia diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Sumber Energi Biomassa
  • Energi Alternatif Matahari
  • Sumber Energi Alternatif Angin
  • Sumber Energi Alternatif Ethanol
  • Sumber Energi Alternatif Gelombang
  • Sumber Energi Alternatif Geothermal
  • Sumber Energi Alternatif Biofuel
  • Sumber Energi Alternatif Tidal
  • Sumber Energi Alternatif Panas Bumi (Geothermal)
  • Sumber Energi Alternatif Pembangkit Listrik Tenaga Air
  • Sumber Energi Alternatif Gas Alam
  • Sumber Energi Alternatif Hidrogen
  • Energi Alternatif Gelombang Laut
  • Energi Alternatif Energi Nuklir (Uranium)
  • Sumber Energi Alternatif Udara

“Bahkan, ada begitu banyak sumber energi yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber kehidupan manusia, salah satunya adalah arang, kotoran hewan, daun, dll”.

Gambar Energi Alternatif

Sumber Energi Alternatif angin

  1. Sumber Energi Biomassa

Sumber energy biomassa, merupakan jenis sumber energy yang termasuk terbarukan, atau sebuah energy yang berasal dari bahan alami seperti kelapa sawit, batang padi, ampas tebu, dan limbah-limbah pertanian lainnya.

“Keuntungan energi biomassa, mampu menyediakan energy yang sifatnya berkelanjutan, sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang”.

  1. Energi Alternatif Matahari

Sumber energi matahari, merupakan sumber energy alternatif yang terbilang terbesar di muka bumi ini, jenis sumber energy matahari termasuk jenis sumber energy panas yang mampu diubah menjadi berbagai energy, salah satunya energy listrik panel surya.

Dengan cara mengkonversikan cahaya panas matahari menjadi energy listrik, dengan mengubah sel panel surya dan dengan bantuan elemen semikonduktor seperti lapisan tipis elemen konduktor.

Contoh Perubahan Energi

“Manfaat sumber energy matahari lainnya, dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghangat pada tubuh manusia, dapat membantu proses pertumbuhan pada tanaman, serta mampu membantu pekerjaan manusia salah satunya untuk pengering”.

  1. Sumber Energi Alternatif Angin

Energy angin atau energy potensial merupakan salah satu sumber energy yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya energy alam ini mampu dimanfaatkan sebagai sumber energy listrik.

Dengan cara menggunakan sebuah kincir angin, sehingga mampu menggerakan generator yang sudah terhubung dengan kincir angin tersebut. Dengan begitu makan terciptalah energy listrik tenaga angin.

“Manfaat lain pada angin yakni mampu membantu peyerbukan pada tumbuhan serta mampu memberikan oksigen alami bagi kita munusia”.

  1. Sumber Energi Alternatif Ethanol

Ethanol merupakan sumber energy dengan berbasis jenis alcohol yang berasal dari bahan alami yakni tanaman yang sudah difermentasi, contoh seperti tanaman gandum, jagung, tetes tebu, dan masih banyak lagi.

Selain itu jenis bahan bakar ethanol ini dapat dicapurkan dengan bahan lain seperti bensin yang tujuanya untuk meningkatkan Oktan dan Kualitas Emisi.

  1. Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut

Sebuah gelombang laut, merupakan salah satu energy yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy alternatif yang mampu diubah menjadi energy listrik, namun dalam pembangunan ini memang dapat memakan biaya yang cukup besar guna untuk membangun sebuah reactor listrik.

  1. Sumber Energi Alternatif Geothermal

Geothermal merupakan sumber energy alernatif yang berasal dari enegi alam dengan memanfaatkan energy dari panas bumi seperti uap panas bumi, air panas bumi, dan betuan-batuan kering.

Kelebihan energy alternatif ini mempu menggandakan 2×4 dari jumlah listrik biasanya, jenis sumber energy ini dapat kita temui dipegunungan-pegunungan, salah satunya di daerah Dieng Wonosobo (Jawa Tengah).

  1. Sumber Energi Alternatif Biofuel

Sumber energi alternatif biofuel, merupakan jenis energi yang berasal dari bahan tanaman. Seperti jarak, jagung, padi, tetes tebu, dan lainya. Energi ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar, yang disebutnya dengan Bioful.

Namun jenis energy ini hanya dapat dimanfaatkan untuk energy peganti bahan bakar motor minyak saja, selain itu jenis energy ini tidak cocok untuk kendaraan yang membutuhkan kecepatan tinggi.

  1. Sumber Energi Alternatif Panas Bumi (Geothermal)

Panas Bumi merupakan sebuah sumber energy alternatif yang dapat dimanfaat sebagai salah satu pembangkit energy listrik dengan jangka panjang. Sumber energy panas bumi ini timbul karena adanya aktivitas dari gunung berapai.

Jenis energy ini mengandung tiga sumber energy alam yakni air bebatuan panas, uap panas, dan udara yang panas. Dari masing-masing ini sama dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy alternatif untuk pembangkit listrik dan lainnya.

  1. Sumber Energi Alternatif Gas Alam

Gas alam meruapakan salah satu gas yang keluar dari bumi, gas alam ini juga ternyata dapat dimanfaat sebagai salah satu sumber energy alternatif, dengan kata lain energy gas alam tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energy pembangkit listrik dan lainnya.

Pada dasarnaya gas alam terdiri atas campuran Hidrokarbon, yang mempunyai sebuah tekanan yang tingggi. Contoh saja seperti gas alam yang sudah jadi seperti LPG atau yang dikenalnya dengan gas yang biasa dipakai untuk memasak.

Selain itu gas alam pun dapat diamanfaatkan sebagai sumber energy untuk menyalakan mesin, serta sebagai sumber energy pembangkit listrik.

Contoh Sumber Energi Terbarukan
  1. Sumber Energi Alternatif Hidrogen

Hidrogen merupakan salah satu sumber energy alternatiif yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar pengganti untuk mesin sepeda motor atau yang dikenalnya dengan BBM.

Selain itu jenis energy hidrogen dapat diajadikan sebagai sebagai sumber untuk menggerakan dynamo mesin yang mampu mengolah menjadi tenaga listrik.

  1. Energi Alternatif Energi Nuklir (Uranium)

Energy nuklir adalah sebuah energy yang mampu menghasilakan berbagai energy lainnya. Seperti halnya dengan listrik yang juga berasal dari energy nuklir namun masih banyak lagi.

Energy nuklir mampu menghasilkan energy listrik melalui reaksi besar yang berasal dari sebuah bahan energy redioaktif yang timbul di dalam reactor, energy ini memang energy yang memang sangat besar dan laur biasa.

Dalam hal ini 1 gram dalam bahan radioaktif mampu menghasilkan energi listrik sebesar 50.000 kwh / jam. Sebab itulah nuklir sangat baik untuk membangkitkan listrik.

  1. Sumber Energi Alternatif Udara

Udara merupakan sumber energy yang tentunya dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk membangkitkan Listrik tenaga udara.

Manfaat lain sumber energy udara adalah sebagai berikut ini:

  • Udara atau angin mempu menggerakan turbin hinga menghasilkan listrik.
  • Dapat dimanfaatkan untuk pengering alami pada pakaian.
  • Mampu menjalankan perahu layar dengan tanpa menggunakan mesin canggih.
  • Dan masih banyak lagi

“Sifat angin sendiri yakni memiliki sifat yang mampu berubah-ubah dalam setip detik atau waktu”

Manfaat Energi Alternatif

Ada banyak manfaat yang berasal dari sumber energy alternatif, salah satunya energi ini sangat bermanfaat bagi manusia. Seperti yang telah disebutkan di atas, sumber energi alternatif memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat energi alternatif ini secara umum adalah sebagai berikut:

  • Energi alternatif dapat digunakan sebagai pengganti dari sumber listrik utama.
  • Energi alternatif dapat menghasilkan listrik, sehingga mampu dimanfaatkan bagi manusia.
  • Energi alternatif juga dapat diperbarui, contoh saja seperti bahan bakar minyak atau Bensin.
  • Energi alternatif dapat menggerakkan pada sebuah kendaraan yang biasa dipakai oleh manusia.
  • Mampu menggantikan penggunaan bahan bakar fosil yang dapat habis dan menyebabkan pemanasan global menggunakan energi biomassa.
  • Bahan kimia dapat dikonversi menjadi energi listrik.
  • Pemeliharaan teknologi juga menjadi lebih mudah.
  • Ini dapat digunakan untuk menghemat bahan nutrisi menggunakan energi matahari.

Contoh Energi Alternatif

Jika ditampilkan dengan contohnya, energi alternatif terbagi menjadi banyak jenis serta semua itu dapat dimanfaatkan oleh semua manusia dibumi. Untuk selengkapnya seperti dibawah ini:

  • Panas matahari sebagai sumber energi alternatif terbarukan
  • Energi panas bumi menjadi pembangkit listrik
  • Energy Angin sebagai sumber energi terbarukan
  • Energy air sebagai salah satu sember pembangkit listrik tenaga air
  • Energi alternatif untuk gas alam
  • Energi hidrogen alternatif
  • Biomassa untuk energi alternatif
Contoh Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

Keuntungan Energi Alternatif

Berikut merupakan keuntungan-keuntungan energy alternatif yang digunakan pada manusia, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Sumber energi alternatif dapat diperbarui serta tidak akan mudah habis, tidak seperti bahan bakar fosil yang dapat digunakan serta dapat habis.
  • Sumber energi alternatif lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi seperti bahan bakar fosil.
  • Pengembangan dan penggunaan sumber energi membuka banyak fungsi.
  • Sumber energi alternatif dapat menghemat biaya.
  • Sumber energi alternatif dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Jenis Energi Alternatif

Berikut adalah jenis beserta sumber-sumber energy alternatif yang semua ini dapat digunakan oleh semua manusia dibumi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Panas Matahari
  • Panas Bumi (Geothermal)
  • Angin
  • Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  • Gas Alam
  • Hidrogen
  • Biomassa
  • Sumber Energi Alternatif Tidal (Gelombang Bawah Laut)
  • Energi gelombang laut
  • Biodiesel
  • Etanol
  • Metanol
  • Piezoelektrik (energi mekanik)
  • Piezoelektrik (energi mekanik)

Definisi Sumber Energi Alternatif

Energi alternatif merupakan sebuah istilah yang mengacu pada semua sumber energi yang dapat digunakan oleh manusi, yang tujuanya untuk sebagai peganti bahan bakar konvensional tanpa bahan yang diharapkan darinya.

Kesimpulan

Ada banyak sumber energi alternatif di dunia ini. Dengan mempelajari dan memahami energi alternatif, kita dapat menjadi manusia yang lebih bijak, dan kita akan dapat menggunakan lebih banyak energy.

Untuk mengingat! Energi yang digunakan saat ini tidak sepenuhnya tersedia dan dapat digunakan jika manusia terlalu rakus untuk menggunakannya.

Untuk oleh itu marilah kita bersama belajar bersama mengenai energy alternatif, agar nantinya kita bisa dan mampu menciptakan energy yang baru.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai sember energy alternatif beserta contoh energy alternatif, sekian semoga bermanfaat Terima Kasih.