+1001 Keistimewaan Sketsa Gambar Burung

Sketsa gambar burung

Sketsa gambar burung – Seperti pada hewan lainnya, menggambar burung merupakan hal yang memang tidaklah sulit jika kita melakukannya dengan baik, benar, dan hati-hati.

Untuk menghasilkan lukisan yang maksimum, kita tentunya membutuhkan sebuah sketsa yang menjadi langkah awal pertama dalam membuat sketsa.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit pembahasan mengenai sketsa gambar burung lengkap dengan berbagai jenis dari Burung seperti burung elang, burung hantu, burung nuri, burung merpati, hingga burung merak yang lengkap beserta penjelasan dan gambarnya.

Berikut penjelasanya mengenai berbagai jenis sketsa gambar burung!

Sketsa Gambar Burung

Gambar burung merupakan salah satu pilihan terfavorit bagi para pecinta gambar. Karena gambar burung sendiri dapat menghasilkan karakteristik akan keindahanya yang dapat di pajang rumah-rumah kita.

Sketsa gambar burung memang pada dasarnya banyak yang menjadikan sebagai benda hias dalam rumah kita, jadi tidak heran jika kita sering menemui sketsa gambar burung ada pada ruangan-ruangan atau pada dinding-dinding tertentu.

Biasanya burung yang paling sering di jadikan gambar sketsa adalah burung garuda, burung hantu, burung elang, burung merpati dan lainya. Karena burung inilah memiliki nilai atau simbolis tertentu.

Maka oleh sebab itu sangat menarik banyak orang yang membuat sketsa gambar dengan ide utama gambar burung.

Kunci Utama Membuat Sketsa Burung

Perlu kita ketahui kunci utama membuat sketsa burung adalah menggambar sketsa tidak perlu terlalu artistik. Yang paling terpenting adalah sketsa gambar tersebut dapat mewakili berbagai ciri secara detail, contoh seperti ukuran, bentuk, panjang paruh, warna, bulu, kaki, dan berbagai ciri khas lainya.

Kunci utama ketika membuat sketsa burung diantaranya:

  • Postur tubuh burung tegak atau datar
  • Leher burung panjang atau pendek
  • Ekornya panjang atau pendek
  • Kaki
  • Dan Bagaimanakah ciri khas pada tubuh burung

Sketsa Gambar Burung Hantu

Sketsa Gambar Burung Hantu

Burung hantu merupakan salah satu jenis hewan satwa yang trmasuk terpopuler sejak lama dan satwa ini selalu dikaitkan dengan berbagai mitos dan dunia magis.

Hal terunik dari karakteristik burung hantu ini adalah bahwa burung dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat karena burung hantu sendiri memiliki 14 vertebrata pada bagian lehernya.

Selain itu burung hantu juga merupakan burung yang termasuk kedalam kelompok ordo strigiformes. ordo strigformes yakni burung yang memiliki ciri berkepala yang cukup besar.

Dan jenis burung hantu ini tergolongan binatang buas atau karnivora, dan ia juga masuk kedalam kelompok nokturnal, yaitu yang hidup di malam hari.

Namun burung hantu ini memiliki keunikan tersendiri, maka oleh sebab itu tidak heran jika banyak orang yang menjadikan burung tersebut sebagai bahan contohan dalam membuat sketsa burung.

Sketsa Gambar Burung Garuda

Sketsa Gambar Burung Garuda

Burung Garuda merupakan jenis burung yang memang tidak asing lagi di negara kita. Karena burung garuda ini sudah dijadikan sebagai lambang atau symbol dari pancasila.

Bahkan gambar burung garuda ini sering kita jumpai di sekolah-sekolah atau gedung-gedung pemerintahan yang ada.

Karena burung garuda menjadi simbol dari negara kita, maka sangat malu sekali jika kita tidak dapat menggambar burung kebanggaan negara kita sendiri.

Namun jika seandainya kita mengalami kesulitan dalam membuat sketsa gambar burung garuda, maka jangan khawatir, karena dibawah ini ada berbagai sketsa gambar burung garuda yang dapat kita tirukan dengan mudah.

Sketsa Gambar Kupu-kupu

Sketsa Gambar Burung Elang

Sketsa Gambar Burung Elang

Burung Elang merupakan jenis burung yang memiliki simbol kekuatan dan perlindungan. Hal ini dikarenakan elang memiliki bentuk postur tubuh yang bagus dan ideal sehingga burung elang diajdikan sebagai symbol tersebut.

Hal menarik dari burung elang. Bahwa burung elang memiliki kemampuan dalam penglihatan yang super tajam, bahkan saking tajamnya burung elang mampu mengincar mangsanya dengan keterbangan ketinggi 30 meter dari atas udara.

Keistimewaan burung elang juga termasuk jenis hewan yang sangat setia terhadapat pasangannya. Selain itu burung elang akan memilih jomblo ketika kekasih atau pasanganya mati.

Dan Selain itu burung elang mempunyai paruh yang memang amat kuat. Burung elang juga termasuk burung yang mempunyai badan yang besar di antara burung lain.

Ciri-ciri Burung Elang

  • Bertelur.
  • Paruh Tidak Bergigi.
  • Predator.
  • Memiliki Penglihatan yang Tajam.
  • Memiliki kaki yang Kuat.
  • Memiliki Jantung Seperti Manusia.
  • Memiliki pernapasan yang Baik.

Sketsa Gambar Burung Merak

Sketsa Gambar Burung Merak

Burung merak merupakan jenis burung yang tercantik di dunia karena burung merak memiliki bulu yang begitu indah dan menawan bahkan sangking indahnya bulunya pun memiliki nilai harga jual yang tinggi.

Selain itu kecantikan dari burung merak ini akan terlihat indah ketika burung merak melebarkan sayapnya. Jadi tidak heran jika burung merak ini banyak dijadikan sebagai bahan contohan dalam membuat gambar sketsa.

Sebenarnya pada bulu-bulu cantik yang dimiliki oleh burung merak ini hanyalah sehelai bulu halus tanpa warna. Namun lebih Uniknya lagi, ketika bulu menyatu dan mekar, disitulah akan terlihatlah aneka warna yang begitu menajubkan.

Dan ditambah lagi, jika kita melihatnya dari kejauhan, kecantikannya akan semakin lebih mengagumkan.

Selain itu untuk habitat burung merak ini ada ada di hutan. Bahkan Kelompok satwa ini bisa dijumpai di berbagai daratan india, nepal, pakistan, srilangka dan bhutan. Namun untuk sekarang ini keberadaan jenis satwa ini hampir punah sehingga sulit untuk ditemukan.

Sketsa Gambar Burung Cendrawasih

Sketsa Gambar Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih merupakan jenis burung yang dikelompokan kedalam keluarga burung jenis paradisaedidae.

Jenis burung cendrawasih ini hanya bisa ditemukan di Indonesia bagian timur seperti, Australia dan Papua Nugini. Dan tahukah kalian? bahwa sebagian dari masyarakat Papua, ada menyebutkan pula bahwa burung cendrawasih diyakini sebagai titisan dari surga.

Sketsa Gambar Ikan

Sketsa Gambar Burung Nuri

Sketsa Gambar Burung Nuri

Burung nuri merupakan jenis burung yang memiliki warna yang indah dan memiliki paruh bengkok namun berbeda dengan burung paruh bengkok lainnya. Pada burung nuri ini tergolong memang langka. Sehingga cukup sulit untuk ditemukanya.

Sketsa Gambar Burung Merpati

Sketsa Gambar Burung Merpati

Burung merpati merupakan jenis burung yang kehidupanya tidak jauh dengan manusia. jadi heran jika burung merpati ini sanagt dekat dengan manusia. Bahkan sangking dekatnya burung merpati ini juga lebih memilih hidup di rumah-rumah manusia.

Selain itu ada keistimewaan yang dimiliki oleh burung merpati ini. Salah satunya yakni jika burung merpati ini di dilepas dari tempat yang jauh dengan mata tertutup, burung merpati ini tidak akan kesulitan untuk menemukan jalan pulang. Karena pada dasarnya burung ini memiliki daya ingat dan insting yang cukup kuat.

Fakta Unik Burung Mepati

Burung merpati merupakan jenis burung yang dikenal sangat setia terhadap pasangan hidupnya. Jadi tidak heran jika burung merpati ini lebih sering dijadikan sebagai simbol acara pernikahan. Karena simbol kesetiaannya.

Fakta Tentang Burung Merpati

  • Merpati bisa menemukan sarangnya dengan akurat.
  • Burung merpati dapat menghasilkan susu palsu.
  • Merpati merupakan hewan yang kuat.
  • Kecerdasan burung merpati yang tidak biasa.
  • Berperan penting dalam perang dunia.

Sketsa Gambar Burung Kakak Tua

Sketsa Gambar Burung Kakak tua

Burung kakak tua merupakan jenis burung yang memiliki paruh yang special, yakni memiliki bentuk paruh yang melengkung, dan itulah yang salah satunya yang membuat burung kakak tua dapat membawa, mengunyah, menjempit, dan mengendalikan makanan yang ada di dalam mulutnya dengan mudah.

Selain itu apabila burung kakak tua ini dipelihara dari kecil, maka burung kakak tua tersebut akan dapat mempunyaii hubungan yang kuat terhadap majikannya. Selain itu burung kakak tua juga akan menjadi sering bertengger di tangan, kepala, dan pundak manusia.

Sketsa Burung Di Atas Pohon

Sketsa Burung Di Atas Pohon

Burung merupakan jenis hewan yang kehidupanya tidak jauh dari pepohonan, karena pada dasarnya burung itu sendiri memang memelukan pohon yang sebagai tempat tinggalnya dan bertahan hidup bagi mereka.

Sehingga tidak heran jika burung-burung selalu ada pada pepohonan contoh seperti gambar diatas. Yang melambangkan kehidupan burung dengan sebuah pohon.

Sketsa Gambar Bunga

Teknik Cara Mengambar Burung

Teknik Cara Mengambar Burung

Selanjutnya, setelah kita banyak mengenal sketsa gambar burung dan penjelasanya, maka selanjutnya kita akan belajar menggambar burung dengan menggunkan alat tulis yang berupa pensil dan lainya.

Untuk kalian dapat juga menggambar berbagai jenis burung dengan baik dan benar, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Membuat Sketsa Tubuh dan Sayap Burung

Untuk langkah pertama

  • Gambar oval pada bagian tengah kertas
  • Kemudian gambar segitiga di bagian bawah oval untuk ekor burungnya
  • Setelah selesai, kalian buat dua garis lengkung yang nantinya sebagai sayapnya
  • Sekarang sayap dapat menyerupai seperti dua daun, maka jadilah sayapnya

Perjelas Bagian Tubuh Burung

Tahap selanjutnya pastikan kalian dapat menggambar dengan hati-hati agar nantinya hasil paruh yang didapat bisa tepat dan sesuai.

Terakhir gambarlah kerangka burung. Lalu lengkapi dengan bentuk akhir dada, punggung, sayap, dan ekor di kedua sisinya.

  1. Berikan Garis Untuk Bulu Burung

Selanjutnya tahapan yang paling penting adalah menggambar bulu burung. Pada tahap ini memang membutuhkan waktu yang memang cukup lama. Karena kita harus bisa membentuk setiap bulu dengan baik dan benar.

Dalan setiap bulu harus ditarik ke luar hingga menjadi tipis dan lebih kecil di bagian atas. Dan mita dan menambahkan bulu lembut di bawah sayap. Agar nantiny dapat terlihat seperti nyata.

Setelah selesai semuanya mualai dari bentuk tubuh, sayap, dan ekor. Maka selanjutnya jangan lupa untuk memberikan kaki dan cakar agar nampak terlihat lebih keren.

Demikian pembahasan kali ini mengenai berbagai sktesa burung serta cara menggambarnya. Selain sajian informasi sketsa gambar burung, jangan lupa pelajari juga sketsa kupu-kupu dan sketsa ikan.

Sekian semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan khususnya untuk adik-adik yang ingin menggambar sketsa burung, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan