√ 52 Pelukis Terkenal di Dunia dan Hasil Karyanya

Pelukis Terkenal di Dunia

Lukisan merupakan suatu bentuk karya seni rupa dua dimensi yang tentunya memiliki nilai estetika tinggi. Meskipun kita tahu bahwa melukis adalah sesuatu yang mungkin cukup gampang, namun pada dasarnya ketika kita praktek langsung barulah kita akan tahu tingakat kesulitanya dan kerumitanya karena melukis harus dapat menerapkan 8 unsur yang ada.

Selain itu para pelukis juga dapat harus memikirkan aliran apa yang akan dibuat. Di dalam dunia seni lukis terdapat banyak aliran-aliran, misal seperti aliran romantisme, realisme, surealisme, dan lainya.

Selain itu d dunia juga ada banyak tokoh-tokoh terkenal yang sudah membuat karya lukisan hingga karyanya menjadi terkenal dan sangat luar biasa. Nah, berikut adalah tokoh pelukis terkenal di dunia dan hasil karyanya:

Pelukis terkenal dunia

  1. Titian

Titian

Pelukis titian merupakan seorang pelukis yang terkenal akan hasil karyanya hingga membuat siapa pun menjadi terpukau. Karya-karya lukis titian memiliki aliran duniawi, seksual, dan mitologi. Selain itu salah satu hasil karyanya yang paling terkenal yakni Venus of Urbino yang menggambarkan tentyang dewi Venus. Lukisan Venus of Urbino tersebut menggambarkan tentang seorang perempuan yang sedang tidur di kursi dan tidak memakai pakaian.

  1. Pablo Picasso

Pablo Picasso

Pelukis pablo Picasso merupakan seorang yang melegenda di dunia asal negara Spanyol. Aliran yang tekuninya yakni aliran Cubist modern. Sebuah hasil karyanya tidak ada duanya di dunia ini. Dari hasil karyanya tersebut mempunyai nilai yang sangatlah tinggi apabila diperhatikan dengan seksama. Dalam karya seni Pablo Picasso ada 3 hasil lukisan yang memang sangat terkenal yakni seperti lukisanya yang bertema: The Weeping woman, Les Demoiselles d’Avignon, dan Guernica.

  1. Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci

Lukisan Monalisa adalah salah satu lukisan yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci asal Italia. Dari sepanjang hidupnya pada tahun 1452 hingga 1519 Leonardo Da Vinci sudah sangat terkenal dengan lukisan-lukisannya memang sangat luar biasa. Selain lukisan Monalisa, Leonardo Da Vinci juga sudah banyak membuat lukisan seperti The Last Supper, The vitruvian Man, dan Lady with An Ermine.

  1. Michelangelo

Michelangelo

Pelukis michelangelo adalah seorang yang terkenal dengan keahlianya dalam melukis, selain itu Michelangelo juga dikenal sebagai pematung dan arsitek. Pada Ilustrasi cerita alkitab yang terdapat di langit-langit Sistine Chapel di Vatican merupakan salah satu hasil karyanya yang memang termasuk terbesar yang dibuat oleh Michelangelo.

Karya tersebut diciptkan berdasarkan dengan dasar-dasar pada alkitab yang menceritakan tentang kejadian dimana awal mulanya terciptanya manusia dan dunia.


Teknik Menggambar


  1. Rembrandt

Rembrandt

Pelukis Rembrandt adalah seoarang pelukis terkenal yang berasal dari Belanda yang hidupnya di era tahun 1606 hingga 1669. Dari hasil seni yang diciptakan oleh Rembrandt adalah hasil seni yang menggambarkan tentang perpaduan cahaya dan bayangan.

Hasil tersebut menggambarkan tentang sisi terang dan sisi gelap pada seseorang pelukis dalam menjalani hidupnya. Gaya lukis Rembrandt memang hampir mirip dengan Titian. Lukisan yang paling dikenalnya adalah The Jewish Bride.

  1. Raphael

Raphael

Pelukis leonardo Da Vinci, Michelangelo, dan Raphael adalah seorang pelukis yang sangat terkenal asal Italia. Raphael juga merupakan orang yang pertama kali merespon lukisan Monalisa milik seorang bernama Leonardo Da Vinci.

Sebagian orang menyatakan bahwa pencapaian karya lukis Raphael melebihi dari hasil karya Leonardo. Dari beberapa lukisan Raphael yang sangat terkenal yakni Portrait of Maddalena Doni, Mond Crucifixion, dan Wedding of The Virgin. Itulah hasil gambar lukisan Raphael yang paling terkanal Wedding of The Virgin.

  1. Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh

Pelukis vincent van gogh adalah seorang pelukis asal Belanda. Ketika pada tahun 1853 – 1890 pelukis vincent van gogh sangat terkenal dengan berbagai hasil karyanya. Aliran yang dibuat oleh Vincent Van Gogh yakni sebuah aliran impresionis. Lukisan yang termasuk salah satu inspirasi dari para pelukis dunia ketika abad ke 20. Dan lukisan Vincent Van Gogh yang paling sangat terkenal yakni Sunflowers.

  1. Masaccio

Masaccio

Pelukis masaccio adalah seorang pelukis yang terkenal asal Italia. Pada karya lukisan Masaccio yakni menggunakan sebuah hukum ilmu perspektif. Dan seorang pelukis masaccio meninggal dunia ketika menginjak umur 26 tahun, saat itu ketika sedang mengerjakan karyanya yang bertema Brancacci Chapel Frescoes of The Life os St Peter.

Meskipun Masaccio meninggal ketika di usia muda, namun Masaccio sudah menciptakan karyanya yang sangat terkenal seperti karyanya yang bernama: brancacci Chapel, Pisa Altarpiece, dan Holy Trinity.

  1. Paul Cezanne

Paul Cezanne

Pelukis paul cezanne merupakan seseorang pelukis yang terkenal dudunia. Selain itu kata Cezanne is the father of us all yang merupakan sebuah kata yang diberikan khusus untuk Paul sebagai tanda penghargaan atas karyanya yang sangat luar biasa. Dan karya Paul yang paling terkenal adalah Mont Sainte-Victoire seen from Bellevue.

  1. Giotto Di Bondone

Giotto Di Bondone

Pelukis giotto di bondone merupakan seorang pelukis yang pertama kalin dikenal oleh seluruh dunia. Hal ini sudah diungkapkan oleh banyak orang, karena lukisanya yang memang terkenal sangat tua dan alirannya yang disebutnya dengan Byzantine.

Selain di kenal seorang pelukis, Giotto Di Bondone juga terkenal sebagai seoarang pengarsitekan. Dan untuk karyanya yang paling terkenal yakni seperti: Scrovegni Chapel Frescoes dan Campanile.

  1. Claude Monet

Claude Monet

Pelukis claude monet merupakan seorang pelukis yang terkenal dengan hasil lukisanya yakni karikatur-karikatur carchoal yang biasa dipajang dan dijual dengan nilai harga yang sangatlah tinggi.

Pelukis monet ketika itu meninggal pada umur 86 tahun. Selain itu hasil lukisan Monet yang paling terkenal adalah A Path In Monet’s Garden at Giverny.

  1. Salvador Dali

Salvador Dali

Pelukis Salvador Dali merupakan seorang pelukis yang terkenal didunia. Untuk hasil karya lukisan yang paling terkenal yakni yang berjudul The Persistence of Memory yang diciptakan ketika tahun 1931 yang pada saat ini ditampilkan di Museum of Modern Art di New York City (America Serikat).

  1. Affandi

Affandi

Pelukis affandi merupakan seorang pelukis asal Indonesia yang hasil karyanya sudah mendunia. Hasil karyanya yang bersifat abstrak dan memang sangat-sangat luar biasa. Gaya yang lukis yang digunakan Affandi adalah gaya yang belum pernah digunakan oleh para pelukis terkenal lain yakni ekspresionism.

Pelukis affandi juga merupakan seorang pelukis yang memang sangat produktif, dimana ia telah dapat meciptakan lebih dari 2000 lukisanya dan sudah tersebar diseluruh pelosok-plosok dunia.

  1. Rembrandt Van Rijn

Rembrandt Van Rijn

Pelukis Rembrandt Van Rijn yang merupakan sorang pelukis yang terkenal, ia telah menghasilkan karyanya lebih dari 6000 lukisan dan di perkirakan 60 karyanya adalah sebuah lukisan potret.

Selain itu untuk Lukisan Rembrandt yang paling terkenal yakni yang bertema tentang penjaga malam. Pada lukisan tersebut menggambarkan tentang penjaga malam pada penduduk Amsterdam (Belanda).

  1. Wassily Kandinsky

Wassily Kandinsky

Pelukis Wassily merupakan seoarang pelukis yang terkenal dengan karya yang bergaya abstrak dan penggunaanya dengan gaya geometris. Selain itu juga untuk kompisisi dalam setiap lukisan Wassily mempunyai garis yang memang unik dan kompleks. The Blue Rider adalah salah satu karyanya yang paling terkenal.

  1. Henri Matisse

Henri Matisse

Pelukis Henri matisse merupakan seorang pelukis yang sangat terkenal selain itu pelukis henri menggunakan konsep yang lebih modern. Pelukis henri matisse lebih menggunakan warna-warna yang cerah, penggunaan bentuk yang datar, serta paduan garis yang memang sangat terkontrol. Hasil karyanya yang paling terkenal adalah The Goldfish.

  1. Pierre Aguste Renoir

Pierre Aguste Renoir

Pelukis pierre Aguste renior merupakan seorang pelukis terkenal asal Perancis. Karyanya yang paling terkenal adalah Bal Au Muolin de la Gallet yang biasa dijual dengan harga 1,48 triliun sangat fantastic.

Pada lukisan ini menggambarkan tentang kebiasaan seorang warga paris yang biasa menghabiskan waktu dengan cara berdansa, minum, dan memakan khas makanan Perancis yakni Gallete ketika di sore hari.

  1. Gustav Klimt

Gustav Klimt

Pelukis gustav klimt merupakan seorang pelukis yang terkenal dengan karyanya yang berjudul Adele Bloch Bauer, pada kala itu karya tersebut dapat terjaul denga harga 1,63 triliun yang dibeli langsung oleh Ronald Lauder asal New York City. Sedangkan untuk aliran lukisanya adalah simbolisme.

  1. Edvard Munch

Edvard Munch

Pelukis edvard munch merupakan seorang pelukis yang terkenal dengan karyanya yang beraliran ekspresionisme. Hasil karya Edvard yang memang sangat luar biasa selain itu juga memiliki nilai artistik yang sangatlah tinggi.

Untuk karyanya yang paling terkenal adalah The Scream yang mengisahkan tentang seseorang yang ketakutan hingga menjerit-jerit dengan latar belakang cakrawala dan berwarna merah darah serta ada aura kegelapan.

  1. Willem De Kooning

Willem De Kooning

Pelukis willem de kooning merupakan seorang pelukis yang juga terkenal asal (AS) denga gaya alirannya ekspresionis abstrak. Selain itu willem juga sering sekali mendapatkan sebuah penghargaan dari hasil karyanya.

Willem juga termasuk bagian dari kelompok pelukis asal New York yang disebutnya dengan New York School. Selain itu willem merupakan salah satu pelukis yang paling menonjol dalam aliran ekspresionisnya.

Salah satu karya willem yang sangat terkenal adalah Woman III. Pada lukisan yang berjudul Woman III ini terjual dengan harga 1,67 triliun dan berukuran 1,7 m x 1,2 m.


Beragam Hias Flora Fauna


Pelukis Terkenal Di Indonesia

Pelukis-pelukis yang hebat dan terkenal tidak hanya ada diluar saja, di Indonesia sendiri juga sudah banyak bermunculan pelukis-pelukis yang handal dan terkenal dengan gaya aliran masing-masing berbeda-beda. Berikut adalah daftar 10 Pelukis Terkenal di Indonesia dan Alirannya

Inilah Beberapa Biografi Pelukis Terkenal Indonesia

Seperti pada umunya tentunya setiap pelukis memiliki karakteristik dan keistimewaan yang berbeda-beda. Dengan terus mengasah skill kemapuan dan keterampilan maka sebagian dari mereka dapat mengalahkan para pelukis-pelukis International ketika ada ajang pameran. Ingin tahu siapa? Saja, para pelukis tersebut?

  1. Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

Abdullah Suriosubroto

Pelukis Abdullah Suriosubroto lahir di Semarang pada tahun 1878. Abdullah suriosubroto adalah seorang anak angkat dari Dr. Wahidin Sudirohusodo yakni seorang Tokoh Gerakan Nasional Indonesia. Beliau sangat dikenal sebagai pelukis asal Indonesia pada abad 20.

Salah itu pelukis terkenal asal Indonesia ini biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya di bandung, tujuanya yakni agar bisa lebih dekat dengan pemandangan alam, sebelum akhirnya pindah ke Yogyakarta dan beliau meninggal di tahun 1941.

  1. Affandi Koesoema (1907-1990)

Affandi Koesoema

Pelukis Affandi Koesoema merupakan seorang seniman yang berumur panjang. Beliau lahir di Cirebon pada tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1990.

Selain itu affandi sendiri sering digadang-gadang sebagai pelukis asal Indonesia yang paling terkenal di penjuru dunia, berkat gaya yang ekspresionisnya dan romantisme. Di tahun 1950-an beliau banyak mengadakan pameran-pameran tunggal seperti di Amerika Serikat, Inggris, India dan Eropa.

  1. Agus Djaya (1913-1994)

Agus Djaya

Agus djaya adalah seorang pelukis yang terkenal asal Indonesia. Beliau lahir dari keturunana Bangsawan tempatnya di Banten, pada tanggal 1 April 1913 dengan nama aslinya yakni Raden Agus Djaja Suminta.

Dengan latar belakang tersebut, maka tidak heran jika beliau mendapatkan pendidikan yang baik. Setelah lulus dari pendidikan Indonesia Agus Djaja melanjutkan belajarnya di sebuah Akademi Rijks (Academy of Fine Art) Amsterdam (Belanda).

  1. Barli Sasmitawinata (1921-2007)

Barli Sasmitawinata

Pelukis Barli Sasmitawinata adalah seorang maestro seni lukis realis kebanggaan asal Indonesia. beliau lahir pada tanggal, 18 Maret 1921 di bandung, dan beliau wafat di Bandung pada tanggal, 8 Februari 2007.

Barli mulai terjun dalam dunia seni lukisnya pada tahun 1935, ketika kakak iparnya menginginkan belajar melukis di sebuah studio milik Jos Pluimentz, yakni pelukis asal Belgia yang dulunya sempat tinggal di Bandung.

  1. Basuki Abdullah (1915-1993)

Pelukis basuki Abdullah

Pelukis basuki Abdullah adalah seorang pelukis potret yang juga sangat terkenal di mata dunia. Beliau lahir di Surakarta, pada tanggal, 25 januari 1915 dan beliau wefat pada tanggal, 5 November 1993.

Selain itu pelukis yang terkenal asal indonesia ini juga beraliran realis dan naturalis. Selain itu beliau juga pernah diangkat sebagai pelukis Istana Kerajaan Thailand pada tahun 1960-an.

  1. Delsy Syamsumar (1935-2001)

Multitalenta, sebutan yang sangat pantas untuk menggambarkan seorang pelukis yang terkenal asal Indonesia, yang bernama Delsy Syamsumar. Seorang seniman yang digadang-gadang sebagai seorang seniman terterbaik se Asia Tenggara.

Selain itu beliau juga tidak hanya memiliki bakat melukis saja, melainkan juga terkenal sebagai seorang komikus, ilustrator, desainer dan lain lain sebagainya.

Hal ini terbukti ketika beliau mampu memenangkan penghargaan Art Director. Yang terbaik di Asia melalui filmnya yang berthema “Holiday in Bali” dengan sutradaranya yang bernama H. Usman Ismail dalam sebuah Festival Film di Tokyo tahun 1962.

  1. Hendra Gunawan

Hendra Gunawan adalah seorang pelukis yang lahir di tanggal, 11 Juni 1918 di Bandung dan beliau wafata pada tanggal, 17 Juli 1983 di Bali. Selain itu beliau adalah seoranga anak dari Raden Pawiranegara dan Raden Odah Tejaningsih.

  1. Henk Ngantung

Pelukis Henk Ngantung atau yang dikenalnya dengan denga Hendrik Hermanus Joel Ngantung merupakan seorang pelukis terkenal yang lahir pada tanggal, 1 Maret 1921 di Manado, bailau wafat pada tanggal, 12 Desember 1991.

Henk ngantung adalah seorang pelukis asal Indonesia dan beliau juga adalah salah satu Wakil Gubernur pada tahun 1960-1964, dank alai itu juga sempat pernah menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1964-1965.

Kisah perjalanan karirinya, dulunya sebelum menjabat Gubernur, belia adalah seorang pelukis, yang belajar dari sebuah pendidikan non formal bersama Chairil Anwar dan Asrul Sani.

Dalam sejarah kehidupannya memang cukuplah rumit, beliau ditunjuk langsung oleh Presiden Soekarno untuk menjadi Gubernur, tujuanya agar Jakarta dapat menjadi kota Budaya, namun Henk Ngantung tidak berhasil mengubahnya sesuai apa yang harapan presiden soekarno.

  1. I.B. Said

Pelukis ternama di Indonesia berikutnya adalah I.B. Said, yakni seoarang pelukis yang lahir pada tanggal, 28 Agustus 1934.

Pelukis I.B. Said juga pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk melukis para tamu-tamu undangan negara yang berkunjung ke Indonesia, hingga pada akhirnya ini beliau sudah melukis sebanyak 300 wajah.

Tamu yang pertama beliau lukis adalah Presiden Tiongkok yakni yang bernama Liu Shoaqi pada tahun 1963 dan yang paling terakhir adalah Presiden Iran yang bernama Mamoud Ahmadinejad pada tahun 2006.

Nama I.B. Said memang sudah terkenal dikalangan seniman-seniman. Bahkan hingga di usia 74 tahun jasanya masih digunakan di dalam Istana Negara.

  1. Itji Tarmizi

Itji Tarmizi

  1. Dullah Suweileh

Dullah Suweileh


Tabel Pencampuran Warna


Pelukis terkenal dari Yogyakarta

Berikut adalah daftar pelukis yang terkenal dari Yogykata:

  1. Nyi Tjondrolukito

Nyi Tjondrolukito

Nyi Tjondrolukito adalah seorang pesinden dalam genre gamelan Jawa gaya Yogyakarta. Namanya menjadi melegenda dalam kesenian Jawa ketika abad ke-20. Beliau lahir di Sinduadi, yakni tempatnya di Sleman, Yogyakarta, pada tanggal 20 April 1920 dan beliau wafat di Jakarta, pada bulan, November 1997.

  1. Bagong Kussudiardja

Bagong Kussudiardja

Bagong Kussudiardja merupakan seorang koreografer sekaligus seoarang pelukis yang lahir di Yogyakarta pada tanggal, 9 Oktober 1928. Selain itu bagong kussudiardja juga sudah mendirikan padepokan, yang ketika itu didirikan pada tanggal, 5 Maret 1958 hingga kini menjadi Pusat Latihan Tari (PLT).

Selain itu bagong kussudiardja juga memiliki jasa di bidang seni lukis, beliau merupakan salah satu seorang perintis seni lukis batik kontemporer. Dan terakhir beliau pernah terlibat dalam beberapa film antara lain seperti “Kugapai Cintamu”.

  1. Hendra Cipta

Hendara cipta adalah seorang aktor kawakan yang lahir di Yogyakarta, pada tanggal 2 Oktober 1947. Nama beliau menjadai melemabung lantaran film “Mei Lan, atau Aku Cinta Padamu” yang ketika itu di perankan oleh aktris Eva Devi.

Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih sekitar 38 film dan 15 judul sinetron pernah beliau buat. Aktor Hendra cipta meninggal pada tanggal 24 September 2011.

  1. Linus Suryadi AG

Linus Suryadi AG merupakan seorang penyair dan budayawan yang lahir di Yogyakarta, pada tanggal, 3 Maret 1951. Telah terkumpul 11 puisi yang telah beliau ciptakan dan karya terjemahanya. Dan Linus suryadi AG meninggal di Yogyakarta, pada tanggal 30 Juli 1999. Ketiak beluai menginjak umur 48 tahun.

  1. Butet Kertaradjasa

Butet kertaradjas merupakan seorang pemain teater dan pelawak yang lahiran di Yogyakarta, pada tanggal 21 November 1961. beliau merupakan seoarang anak dari Bagong Kussudiardja.

Selain itu butet juga tercatat pernah bergabung dengan Teater Kita-Kita di tahun 1977, Teater SSRI di tahun 1978-1981, Sanggar bambu di tahun (1978-1981), Teater Dinasti di tahun 1982-1985, Teater Gandrik ditahun 1985-sekarang, Komunitas Pak Kanjeng ditahun 1993-1994, Teater Paku ditahun 1994, dan Komunitas Seni Kua Etnika tahun 1995 hingga sekarang.

  1. Djaduk Ferianto

Djaduk ferianto merupakan seorang aktor music yang lahir di Yogyakarta, pada tanggal 19 juli 1964. Dalam bermusik, beliau lebih fokus pada penggalian musik-musik tradisi. Selain itu kelompok rheze yang didirikannya pernah dinobatkan sebagai Juara I Musik Humor Tingkat Nasional.

Sebagai actor music yang hebat, Djaduk juga pernah terlibat dalam film Petualangan Sherina tahun 2000-an, Koper tahun 2006, Jagad X Code tahun 2009, dan Cewek Saweran tahun 2011. Sedangkan untuk musiknya, sudah tercipta 8 album.

  1. Garin Nugroho

Garin Nugroho merupakan seorang sutradara dan prodeser film terkenal dan beliau lahir pada 6 Juni 1961 di Yogyakarta.

Sudah ada 23 film dan berbagai penghargaan sudah beliau diraih. Di antaranya film yang menjadi hasil karyanya yakni seperti film Cinta dalam Sepotong Roti dalam Festival Film Asia Pasifikdi tahun 1992 dan Film paling baik Se-Asia di Osian’s Cinefan pada sebuah Festival ke-7 melalui sebuah film “Rindu Kami Padamu”.

  1. Eross Candra

Eross Candra merupakan seorang pemusik dari group musicnya yakni Sheila on 7. Yup, eross candra adalah seoarang gitaris band asal Yogyakarta. Selain itu eross lahir di Yogyakarta, pada tanggal 3 Juli 1979. Bersama Sheila on 7 beliau sedah menciptakan 10 album. Selain itu beliau juga pernah terlibat dalam beberapa film, di antaranya seperti film yang berjudul Tak Biasa tahun 2004, 30 Hari Mencari Cinta tahun 2004, dan Tanda Tanya tahun 2012.

  1. Noe Letto

Noe Letto merupakan seorang seniman music yang juga terkenal, Noe Letto lahir dengan nama aslinya yakni Sabrang Mowo Damar Panuluh, yang bertempat di Yogyakarta dan lahir pada tanggal, 10 Juni 1979.

Noe juga merupakan anak pertama dari seorang budayawan yakni Emha Ainun Najib dengan Neneng Suryaningsih. Di 2004 Noe membentuk group yang bernama Letto setelah ditawari oleh Musica. Hingga sampai sekarang telah berhasil menciptakan 4 album yang telah di garap bersama Letto.

  1. Pongki Barata

Pongki Barata merupakan seorang musikus yang berasal dari keluarga Yogyakarta. Namun untuk kelahiranya pongki barata lahir di Pontianak (Kalimantan Barat) pada Tahun 1977.

Pongki barata sudah menciptakan album bersama jikustik sebelum beliau memutuskan untuk hengkang. Namun, kini Pongki Barata sudah menjadi personel dari The Dance Company. Dan pongki barata pun sudah berhasil menciptakan 2 album solo.

Pelukis Terkenal Di Bali

Berikut adalah pelukis-pelukis yang terkenal dari bali

  1. Dewa Putu Gingsir (Badung)

Dewa Putu Gingsir merupakan seorang seniman yang berasal dari Banjar Sangiangan, yakni Desa Cemagi, Kabupaten Badung yang sangat terkenal akan keaktifanya dalam menekuni bidang sastranya. Sejak tahun 1980, selain itu beliau sangat kerap sekali meraih prestasi. Berikut adalah prestasi-prestasi beliau:

  • Juara III Lomba Palawakya Tingkat Kabupaten Badung (1989)
  • Juara I Lomba Kekawin Tingkat Kabupaten Badung (1990).
  • Juara II Lomba Kekawin Tingkat Provinsi Bali (1991)
  • Juara I Lomba Palawakya Tingkat Provinsi Bali (1993)
  • Juara II Lomba Membaca Palawakya Utsawa Dharma Gita Nasional (1993)
  1. I Nyoman Sukanta (Bangli)

I Nyoman Sukanta merupakan seoarang seniman yang berasal dari Banjar Pande, yakni kecamatan/Kabupaten Bangli yang sudah menggeluti seni ukirnya. Uniknya, beliau menekuni seni ukir telur. Berkat tangan dinginnya, limbah-limbah kulit telur disulap menjadi karya seni yang bernilai tinggi.

  1. Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun (Buleleng)

Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun merupakan sososk yang dikenal sebagai seniman tari yang berasal dari Bali Utara, Buleleng. Dalam penyerahan penghargaan pengabdi seni beberapa waktu lalu terungkap, rupanya pria yang akrab dipanggil Gung Kak ini ternyata guru seni Gubernur Bali, I Wayan Koster, ketika menempuh pendidikan di SMA Negeri Singaraja.

  1. I Nyoman Suarsa (Denpasar)

I Nyoman Suarsa merupakan seorang yang dikenal dengan seniman tarinya, dalam tarianya di bali sudah tidak bisa diragukan lagi akan senimanya. Seniman asal Wangaya Denpasar Bali sangat dikenal masyarakat dengan sebutan Yang Pung, yang memiliki sebuah kontribusi besar dalam dinamika dan perkembangan tari di Bali

  1. I Wayan Sugita (Gianyar)

Tahun 1980-an, Seni Drama Gong banyak mengalami naik turut. Keberadaannya yang semakin meredup, dan digantikan dengan seni-seni pertunjukan lain. Namun I Wayan Sugita yakni seorang seniman Drama Gong yang sangat terkenal memainkan peran antagonis Patih Agung ini, tidak mau menyerah dengan begitu saja.

Seniman yang berasal dari Banjar Bukit Batu, Samplangan Gianyar terus berusaha berkarya dan terus mempertahankan dan terus melestarikan seni yang sudah membesarkan namanya itu.

  1. I Komang Arsana (Jembrana)

I Komang Arsana merupakan seorang seniman yang berasal dari Kabupaten Jembrana yang sangat aktif di bidangnya yakni Dharmagita. Meskipun usianya yang tidak lagi muda, namun arsana tetaplah masih tekun dalam seni dharmagita khususnya sloka dan kakawin.

Selain itu berbagai prestasi sudah pernah diraihnya karena akan kemampuannya dalam olah vokal dan kecakapannya pada sastra.

  1. Ida Ayu Karang Adnyani Dewi (Karangasem)

Ida Ayu Karang Adnyani Dewi merupakan seorang seniman yang berasal dari kalangan perempuan. Senima ida ayu karang adnyani dewi ini juga pernah menerima sebuah penghargaan.

Dalam Perannya yakni merekonstruksi seni klasik Gambuh dan pencipta karya-karya tari baru hingga menjadi sebuah kebanggaan bagi beliau dalam menjadi seorang senimanya.

  1. Ida Bagus Ketut Wedana (Klungkung)

Bali memang memiliki banyak seniman terutama di bidang pelawak. Salah satunya yakni Ida Bagus Ketut Wedana. Pria yang berasal dari sebuah Desa Cucukan, Selat, Kabupaten Klungkung ini ada henti-hentinya untuk terus mengabdikan dirinya di bidang seni dan budaya khususnya di bidang seni palawakan.

  1. I Ketut Suada (Tabanan)

I Ketut Suada merupakan seoarang seniman arja yang berasal dari Kabupaten Tabanan bali. Beliau sangat di dikenal dalam memerankan sosok seorang Wijil dalam pementasan Arja. Seniman yang berasal dari Banjar Buduk, Desa Bengkel, Kediri, Kabupaten Tabanan ini mengawali karirnya dalam dunia seni Arja dengan bergabung bersama sekaa Arja Bianglala.

  1. I Wayan Gulendra (ISI Denpasar)

I Wayan Gulendra merupakan seorang seniaman yang kini meraih kesuksesan melewati goresan-goresan tangannya pada sebuah kanvas. Seniman lukis yang berasal dari Banjar Patolan, Desa Pering, Blahbatuh Gianyar ini memutuskan untuk dapat pindah ke luar Bali demi memperkuat pengetahuannya di bidang lukis.

Dan beliau juga memilih kuliah di ISI Yogyakarta di tahun 1988 hingga dapat menyelesaikan Pascasarjana di kampus yang sama yakni ISI Yogyakarta pada tahun 2005 silam.

  1. I Wayan Senen (Yogyakarta)

I Wayan Senen merupakan seorang seniaman yang berasala dari Karangasem bali, ketika itu ada perasaan-prasaan bangga karean beliau dapat menjalaninya dalam seni dan budaya hingga ke luar Bali.

Seniman asal Karangasem ini juga sudah banyak berkontribusi atau memajukan seni budaya Bali di tanah Yogyakarta.

Catatan

Esensi dari seni merupakan sebuah sarana guna untuk meluapkan suatu ekspresi atau cita rasa dalam suatu media. Dalam kata media dapat bermakna luas, bisa seperti musik, tari, teater, seni rupa dan lainnya.

Bahkan kita juga dapat menuangkan pada sebuah seni tersebut dengan membuat sebuah tuangan ekspresi pada media lain seperti kaos dan lainya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai seniman-seniman yang terkenal dimulai dari seniman dunia hingga seniman Indonesia. Semoga bermanfaat, Terima Kasih!

Tinggalkan Balasan