Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Jenis Kolam Renang

4 min read

Jenis Kolam Renang – kolam renang tidak hanya ditemukan didalam tempat wisata air saja, kolam renang juga semakin mudah ditemukan di setiap rumah. Sebagai sarana olahraga yang menyehatkan dan mampu melepas kejenuhan.

Saat ini mungkin memang banyak orang yang memilih untuk menghadirkan kolam renang pribadi. Dari setiap ketersediaan kolam renang masing-masing memiliki kategori dan fungsi yang berbeda-beda.

Berikut adalah macam macam dan jenis kolam renang beserta fungsi yang berbeda-beda.

Apa Itu Jenis Kolam Renang?

Jenis kolam renang merupakan bentuk dari suatu kolam dengan gaya, ukuran, dan kedalaman yang berbeda-beda. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali bentuk kolam renang.

Yang semua itu memiliki keunikan dan bentuk yang berbeda-beda, selain itu kolam renang sendiri terbagi manjadi beberapa kolam serta memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda.

Adapun penjelasanya simak terus ulasanya.

Jenis Kolam Renang

Jenis kolam renang pada dasarnya ada banyak sekali bentuknya, mulai dari bentuk yang panjang, hingga bentuk yang menyerupai danau.

Selian itu jenis kolam renang tersebut memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda. Untuk jenis-jenisnya adalah sebagai berikut ini:

1. Jenis Kolam Renang Indoor

Kolam renang indoor dibangun di dalam area rumah. Umunya tujuan dari pembangunan kolam renang ini adalah agar dari pemilik rumah dapat salalu menikmati aktifitas berenang.

Meskipun cuaca sedang tidak mendukung. Misalnya saja karena hujan dan cuaca yang terlalu terik di siang hari. Dengan memiliki kolam renang indoor, aktifitas berenang dapat dilakukan kapan saja bahkan pada malam hari.

2. Jenis Kolam Renang Outdoor

Jenis kolam renang outdoor. Kolam renang outdoor umumnya dapat dibangun dalam bentuk yang jauh lebih luas lagi dibandingkan dengan kolam renang indoor.

Jenis kolam ini biasanya dapat ditambahkan aksesoris taman di pinggiran kolam renang mulai dari lampu, kursi malas, payung, dan aksesoris lainnya guna untuk memperindah kolam renang tersebut.

Banyak orang yang lebih ingin membangun kolam renang outdoor karena biaya untuk membangunnya terbilang lebih sedikit.

Pada dasarnya dari kedua kolam renang indoor maupun outdoor sebenarnya merupakan kolam renang yang pada hakikatnya mempunyai fungsi yang sama. Berikut adalah beberapa macam macam kolam renang beserta fungsinya.


Ukuran Kolam Renang


3. Jenis Kolam Renang Lap Pool

Jenis kolam renang yang pertama adalah lap pool. Lap pool merupakan kolam renang biasa yang dibangun dengan bentuk yang memanjang dan sedikit sempit.

Kolam renang ini biasanya dibangun bagi orang yang memiliki masalah kesehatan. Dengan membangun kolam renang dengan model memanjang dan sedikit menyempit, sehingga menjadikan seseorang dapat melakukan olahraga renang dengan waktu yang intensif.

Jenis kolam renang ini umunya dilengkapi dengan arus yang dibuat dengan memekai mesin khusus. Keberadaan arus sangat menguntungkan karena dapat digunakan sebagai tempat santai.

4. Jenis Kolam Renang Overflow

Jenis kolam renang Overflow ini memiliki batas air yang cukup tinggi hingga ke dinding kolam. Untuk jenis kolam ini yang dapat dirasakan adalah air yang sangat melimpah dan menyegarkan.

5. Jenis Kolam Renang Exercise Pool

Jenis kolam renang selanjutnya exercise pool atau kolam renang latihan. Sesuai dengan namanya, jenis kolam ini tentu memiliki fungsi untuk melakukan sebuah latihan renang.

Bentuk dari kolam renang latihan ini, mungkin lebih sedikit kecil dari pada kolam renang lainya. Jenis kolam renang ini terdapat sistem penggerak guna untuk menciptakan arus. Adanya arus menyebabkan para perenang hanya dapat berada di tempatnya.

6. Jenis Kolam Renang Play Pool

Jenis kolam renang selanjutnya adalah kolam renang paly poll ataun kolam bermain. Kolam renang ini memiliki ketinggian air yang rendah.

Play pool diperuntukkan untuk anak-anak. Desain warnanya biasanya mencolok untuk menggambarkan perasaan anak-anak yang selalu ceria.

Jenis kolam ini biasanya terdapat banyak tempat untuk bersantai, yang biasanya berada di sekeliling kolam renang. yang dapat digunakan oleh orang tua guna untuk mengawasi anak-anak saat waktu bermain.

7. Jenis Kolam Renang Private Pool

Private pool atau kolam renang pribadi. Jenis kolam renang pribadi ini biasanya memiliki desain yang tidak terlalu besar layaknya seperti kolam renang umum.

Tujuan dari pembangunan kolam renang pribadi ini umunya sebagai tempat keluarga untuk berkumpul bersama, berenang bersama, dan agar dapat menikmati kebersamaan keluarga.

Jenis kolam renang privat pool ini biasanya dibangun dengan menggunakan desain yang sesuai dengan diinginkan kita. Dan biasanya kolam ini dapat dibangun di belakang rumah maupun disamping rumah sesuai dengan keinginan kita.

8. Jenis Kolam Renang Free Form

Selanjutnya ada jenis kolam renang yang bernama free form memiliki bentuk yang tidak ditentukan. Jenis kolam ini umunya dibangun dengan bentuk yang mungkin tidak beraturan sehingga dapat menciptakan nuansa yang lebih natural.

Tujuan dari pembangunan jenis kolam renang ini memang untuk memberikan kesan yang dekat dengan alam.

9. Jenis Kolam Renang Geometris

Jenis kolam renang terakhir adalah jenis kolam renang geometris. Kolam renang geometris adalah kebalikan dari jenis kolam renang free form.

Dalam pembangunan jenis kolam renang geometris ini biasanya memiliki tujuan untuk mendapatkan kesan formal.

Untuk jenis kolam renang ini biasanya tidak banyak diterapkan di rumah, melainkan di di tempat kompetisi renang. Kolam renang geometris yang biasa disebut dengan kolam renang yang formal.

Khusus jenis kolam ini tidak memerlukan aksesoris lainya guna untuk penghiasan.

Macam Macam Bentuk Kolam Renang Lainya

rumahsehat.com

1. Bentuk Rectangular

Kolam renang bentuk rectangular berbentuk kotak atau persegi panjang.

2. Bentuk Circular

Kolam renang bentuk circular dengan bentuk lingkaran, jenis ini sangat cocok untuk kolam renang anak.

3. Bentuk Oval

Kolam renang bentuk oval berbentuk bulat telur lonjong, Ini juga akan menyisakan beberapa lahan yang lebih, sama halnya dengan bentuk circular.

4. Bentuk L Pool

Kolam renang bentuk L Pool berbentuk hurul L, Ini akan sangat memaksimalkan sudut yang berada pada sebuah area atau lahan.

5. Bentuk Kidney

Kolam renang bentuk kidney ini hampir sama dengan bentuk sebuah ginjal manusia. Jenis kolam renang ini biasanya, pada sisi area ada beberapa kursi malas dengan payungnya, tujuan tersebut adalah guna untuk beristirahat dan bersantai.

6. Bentuk Double Roman

Kolam renang bentuk double roman ini memiliki unsur budaya Romawi yang menjadi satu ciri khasnya.

7. Bentuk Paradise

Kolam renang bentuk paradise ini mengadopsi bentuk Roman, hanya saja penempatan bentuk lengkungannya lebih besar (3/4 lingkaran) dan diletakkan pada salah satu sudutnya.

8. Bentuk Sorento

Kolam renang bentuk sorento ini mirip dengan bentuk Rectangular, hanya saja terdapat perbedaan pada sedikit penambahan bentuk trapesium yang terkesan menempel kemudian menyatu dengan kolam utama pada salah satu sisi yang mendekati sudut kolam.

9. Bentuk Greecian

Kolam renang bentuk greecian ini bertolak belakang bentuknya dengan bentuk sebelumnya. Kolam renang jenis ini menganut unsur budaya Yunani.


Sejarah Berenang


Sistem Kolam Renang

1. Sistim Sirkulasi Over Flow.

Sistem sirkulasi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang dimana air kolam renang mengalir dengan melimpah disemua sisi bibir toping kolam renang.

Berikutnya menuju gutter atau selokan over flow dan menuju ke balancintank ditruskan ke isapan pompa, ke filter dan kembali ke kolam renang.

2. Kolam Renang Semi Over flow

Sistem sirkulasi semi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang dimana air kolam renang mengalir melimpah sebagian sisi bibir kolam renang pergerakan air sama halnya dengan sistem over flow.

Yaitu air mengalir ke salah satu sudut over flow, menuju saluran drainase selanjutnya ke balancintank diterukan ke mesin, filter dan kembali ke kolam.

Ukuran Kolam Renang Minimalis

3. Kolam Renang Skimmer

Sitem sirkulasi kolam renang skimmer merupakan sitem kolam renang yang paling simple, mudah dan tidak membutuhkan space lahan yang luas, karena sisitem ini hanya dibantu dengan sebuah skimmer dan 1 buah lubang.

4. Kolam Renang Untuk Latihan

Exercise Pool (kolam renang untuk latihan)

Ukuran kolam renang jenis ini mungkin lebih kecil dibandingkan dengan yang lain, biasanya berukuran antara 2,5m x 5m.

Dan jenis kolam renang ini biasa sudah dilengkapi dengan pendorong air buatan sehingga air seperti mengalir dan perenang sendiri hanya dapat berenang ditempat.

Instalasi Kolam Renang Skimmer

Instalasi Kolam Renang Skimmer
nurmadi.com

Berikut adalah Cara Instalasi kolam renang skimmer yang baik dan benar.

Memilih jenis skimmer box yang baik

  • Pilih skimmer box yang memiliki ukuran agak besar, jangan terlalu kecil.
  • Pilih skimmer box yang memiliki output 2 fungsinya yaitu output 1 untuk ke pompa dan output 2 sebagai stabilizer biasanya sambung ke maindrain bawah atau bisa juga sambung ke diding kolam, Apa Funsgi stabilizer pada skimmer box ini ? yaitu sebagai penyemimbang level air disamping itu juga sebagai Anti masuk Angin atau ngempos pada mesin kolam.

Nah, itu dia macam macam dan jenis kolam renang lengkap beserta bentuk, dan fungsinya.

Untuk fungsi kolam renang rumah umunya guna untuk memperindah rumah, atau dapat dijadikan sebagai sarana olahraga keluarga, atau guna untuk menghibur diri saat di rumah.

Tidak hanya itu saja tapi dari renang juga dapat menjaga kesehatan kita, semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan Anda. Sekian Terima Kasih.

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Sejarah Lari Jarak Pendek

Admin
6 min read

Pengertian Lompat Jauh

Admin
4 min read

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Admin
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *