Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan Tangan dari Woll

7 min read

Apakah kamu saat ini sedang bingung mencari kegiatan untuk mengisi waktu luangmu? Kalau begitu, mending kamu belajar membuat kerajinan dari woll. Benang woll, yang terkadang juga disebut benang wool atau wol, adalah bahan kerajinan tangan yang sangat mudah diperoleh.

Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk memperolehnya. Di samping itu, benang woll juga dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan. Sebagai seorang pemula, kamu dapat memulai dengan kerajinan tangan dari woll yang sederhana dan mudah dilakukan.

Pengertian Benang Woll

Benang woll tentu merupakan benang yang berasal dari bahan woll. Bahan tersebut dibuat dari rambut atau bulu binatang dari family Caprinae, contohnya domba. Rambut binatang tersebut lalu diproses sehingga menjadi benang yang beraneka warna.

Jenis benang ini memiliki karakteristik khusus, contohnya elastis, halus, menyerap air, dan dapat menahan suhu panas dengan baik. Jadi, tak heran jika produk ini sering ditenun menjadi kain wol untuk selanjutnya dijadikan sweater atau jaket.

Benang woll biasanya dijual dalam berbagai pilihan ketebalan, dari yang tipis hingga yang super tebal. Selain itu, benang ini juga dijual dalam pilihan gulungan besar maupun kecil. Beberapa penjual tidak mencantumkan ukuran panjang dan memilih mencantumkan ukuran berat tiap gulung benang.

Ketika kamu membeli benang woll, kamu akan menemukan bahwa beberapa produk ditulis dengan keterangan ‘benang woll akrilik/siyet’. Itu artinya, benang ini bukan terbuat murni dari bulu domba, tapi dari bahan sintetis yang disebut akrilik.

Benang woll akrilik memiliki tampilan yang sangat mirip dengan woll asli, tapi teksturnya lebih kaku dan tidak terlalu nyaman jika digunakan untuk membuat pakaian. Namun, hal ini gak masalah kalau kamu mau membuat hiasan, topi, gantungan kunci, atau taplak meja.

Mengapa Berkreasi Menggunakan Benang Woll?

Mengapa Berkreasi Menggunakan Benang Woll

Benang woll patut dipilih menjadi bahan kerajinan karena:

1. Murah

Benang woll, terutama yang jenisnya akrilik, dijual dengan harga yang murah. Jadi, kamu dapat berkreasi tanpa menghabiskan banyak uang. Benang woll yang tipis biasanya dijual dengan harga yang lebih murah lagi, tapi pemula mungkin akan kesulitan berkreasi dengannya.

2. Tersedia dalam Berbagai Warna

Pilihan warna benang ini ada banyak banget. Satu warna saja, misalnya ungu, tersedia dalam setidaknya 5 shade. Warna-warna benang ini menarik semua sehingga kreasimu pasti juga akan terlihat menarik. Selain itu, kamu juga dapat memilih benang dengan warna gradasi.

Karena banyaknya pilihan warna ini, kamu harus pastikan bahwa kamu membeli benang dengan seri warna yang sama jika tiba-tiba kehabisan benang saat berkreasi. Jadi, kerajinan tangan yang dihasilkan akan memiliki warna yang pas dan seragam.

3. Mudah Ditemukan

Jenis benang ini banyak dijual di toko bahan kerajinan dan lapak-lapak online. Jadi, kamu gak akan kesulitan untuk membelinya. Beberapa seller menjualnya dalam bentuk bijian maupun paketan berisi beberapa gulung benang.

4. Dapat Dikreasikan dalam Berbagai Kerajinan Tangan

Dengan menggunakan benang ini, kamu bisa membuat bermacam-macam kerajinan tangan. Sehingga, kalau benangmu masih sisa banyak, kamu dapat menyulapnya menjadi kreasi-kreasi lain yang menarik.

Manfaat Kerajinan dari Bahan Woll

Membuat kerajinan tangan ini bisa memberi banyak manfaat buatmu, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengisi Waktu Luang

Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luangmu. Salah satunya adalah dengan cara membuat kerajinan dari benang woll. Proses pembuatan kerajinan ini cukup menyita waktu, apalagi jika kreasimu berukuran besar atau cukup rumit untuk dilakukan.

Menghabiskan waktu luang dengan cara membuat kerajinan ini sangat menyenangkan. Jadi, waktu luangmu tak terasa membosankan lagi. Saking asyiknya, kamu bahkan mungkin sampai lupa waktu.

2. Mengasah Kreativitas

Kalau kamu ingin menjadi pribadi yang kreatif, kamu perlu mengasah kreativitasmu dengan cara membuat kerajinan dari jenis benang ini. Beberapa kreasi dari woll ini membutuhkan kreativitas dan imajinasi dalam proses pembuatannya.

Jadi, kreativitasmu pasti akan benar-benar terasah setelah rajin membuat kerajinan ini. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini juga dapat membuatmu merasa lebih rileks.

3. Mendatangkan Penghasilan Tambahan

Kalau kamu sudah pandai membuat kerajinan ini, kamu pasti bisa menghasilkan kreasi woll yang sangat menarik dan memiliki daya jual. Jadi kreasi itu bisa kamu jual untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Salah satu kerajinan dari woll yang memiliki nilai jual tinggi adalah boneka amigurumi. Boneka yang dibuat dari benang woll akrilik ini dijual dengan harga ratusan ribu meski ukuran panjangnya hanya sekitar 20-30 cm.

4. Memperindah Interior

Kreasi dari benang woll ini memiliki tampilan menarik dan dapat digunakan untuk menghias ruangan. Dengan hiasan ini, interior rumahmu pasti akan terlihat lebih indah daripada sebelumnya.

Contoh dan Teknik Membuat Kerajinan dari Benang Woll

Contoh dan Teknik Membuat Kerajinan dari Benang Woll

Ketika kamu mendengar tentang kerajinan tangan dari woll, kamu mungkin akan berpikir bahwa teknik pembuatan kerajinan ini berkaitan dengan teknik merajut. Well, pada kenyataannya, kamu bisa lho membuat kerajinan woll tanpa merajut.

Jadi, kamu tetap dapat belajar membuatnya meski belum bisa merajut. Merajut sebenarnya tidak sulit jika kamu mau mempelajarinya. Di samping itu, banyak banget konten tutorial yang dapat membantumu mempelajari teknik merajut.

Sebagai pemula, kamu sebaiknya merajut kerajinan dari benang woll tebal. Keuntungan menggunakan benang ini adalah simpul rajut jelas terlihat dan rajutan cepat selesai.

Di bawah ini ada beberapa contoh kreasi benang woll yang bisa kamu coba.

1. Bunga Dandelion dari Woll

Bunga Dandelion dari Woll

Kerajinan bunga dari woll adalah salah satu kerajinan yang sangat populer. Kreasi ini dapat digunakan untuk menggantikan bunga segar yang kamu gunakan untuk menghias rumahmu. Selain itu kerajinan bunga juga dapat digunakan untuk menghias kerajinan lain.

Salah satu bunga dari woll yang paling mudah dibuat adalah bunga dandelion. Bentuk bunga ini tidak memiliki kelopak namun tetap terlihat unik dan menarik. Untuk membuatnya, kamu memerlukan:

  • Benang woll kuning (atau warna lain) dan hijau
  • Selotip daun
  • Kawat
  • lem
  • Garpu
  • Gunting

Cara Membuat Kerajinan

  • Tutup permukaan kawat dengan selotip daun. Nantinya, kawat ini akan berfungsi sebagai tangkai bunga.
  • Letakkan kawat dan garpu secara sejajar.
  • Lilitkan benang woll kuning pada garpu dan kawat sebanyak kurang lebih 30 lilitan.
  • Bengkokan kawat tangkai bunga ke samping.
  • Ambil sehelai benang woll berwarna hijau dan gunakan untuk mengikat lilitan benang woll kuning. Ikatan ini dilakukan di dekat pangkal tangkai.
  • Setelah diikat, kamu dapat mengeluarkan gulungan benang ini keluar dari garpu. Lakukan dengan pelan-pelan agar hasilnya sempurna.
  • Potong benang woll hijau lain sepanjang 20 cm. Olesi benang ini dengan sedikit lem.
  • Lalu, lilitkan benang tersebut mulai dari pangkal tangkai.
  • Gunting gulungan benang woll kuning pada bagian tengah dan rapikan agar bunga terlihat mekar.
  • Bunga dandelion dari woll siap ditaruh ke dalam vas.

2. Bunga Mawar dari Woll

Bunga Mawar dari Woll

Jika bunga dandelion tadi mudah banget dibuat, bunga mawar ini agak sedikit lebih menantang untuk pemula. Kamu akan memerlukan beberapa bahan untuk membuatnya, seperti berikut ini:

  • Benang woll berwarna cerah untuk kelopak bunga dan warna hijau untuk daun.
  • Kawat spiral
  • Kawat biasa
  • Putik bunga yang sudah jadi
  • Gunting

Untuk membuan kerajinan bunga dari woll ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Ikatkan benang woll dengan kuat pada ujung kawat spiral.
  • Lilitkan benang pada kawat hingga semua bagian kawat spiral tertutup oleh benang woll.
  • Lengkungkan kawat sehingga membentuk kelopak bunga dan ikat ujungnya.
  • Gunakan benang woll untuk menutupi kelopak tersebut. Caranya adalah dengan mengaitkan benang secara melingkar mulai dari bagian tengah kelopak bunga kemudian secara bergantian lilitkan ke kiri dan kanannya. Lakukan langkah ini hingga seluruh permukaan kelopak bunga tertutup.
  • Lakukan langkah 1 dan 2 menggunakan benang woll warna hijau untuk membuat daun
  • Gunakan benang woll untuk menutup daun. Caranya, kaitkan benang secara spiral dari bawah ke atas. Setelah itu, tarik sisa benang pada bagian tengah sampai membentuk daun dan ikat benang dengan kuat.
  • Rangkai kelopak bunga menjadi bunga. Caranya, ikat putik bunga pada ujung kawat lurus. Susun 4 kelopak bunga di sekeliling putik lalu ikat.
  • Ikat daun pada kawat lurus.
  • Lilitkan benang hijau pada kawat lurus agar kawat tersebut tidak terlihat.
  • Bunga siap disusun.

Jika kamu membutuhkan tutorial video untuk membuat bunga mawar tersebut, kamu bisa melihatnya dibawah ini:

3. Bunga Pom-Pom dari Woll

Bunga dari benang woll lain yang bisa kamu buat adalah bunga pom-pom. Setiap pengrajin benang woll harus tahu cara membuat pom-pom karena kreasi ini dapat digunakan untuk membuat banyak kerajinan.

Pom-pom bentuknya bulat seperti bola bulu dan dapat dibuat dengan beberapa cara. Untuk membuatnya menjadi bunga, kamu perlu menyiapkan bahan berikut:

  • Benang woll (warna sesuai selera)
  • Lidi
  • Gunting

Langkah Membuat Kerajinan

  • Siapkan sehelai benang woll yang nantinya digunakan untuk mengikat.
  • Lilitkan benang woll lain pada dua jari (jari tengah dan telunjuk) sebanyak 150 kali.
  • Potong benang pada lilitan terakhir.
  • Keluarkan benang dengan perlahan dan hati-hati dari jarimu agar gulungannya tidak rusak.
  • Ikat gulungan benang ini pada bagian tengah dengan benang yang tadi sudah disiapkan.
  • Potong helaian benang di sisi samping dan rapikan sehingga berbentuk bulat pom-pom.
  • Tancapkan pom-pom pada sebatang lidi.
  • Ulangi langkah-langkah di atas hingga kamu memperoleh beberapa bunga pom-
  • Bunga pom-pom siap ditata di dalam vas.

Jika cara pembuatan pom-pom membuat jarimu terasa pegal, kamu bisa menggunakan bantuan kardus atau karton dalam melakukannya. Kamu bisa lihat dibawah ini:

Begitulah cara dan teknik dalam pembuatanya.

4. Bunga Crochet dari Woll

Kamu yang ingin belajar merajut benang woll, kamu bisa memulainya dengan membuat bunga crochet. Kreasi ini bisa digunakan untuk membuat bros bunga, jepit rambut, atau menghias kreasi lain. Untuk membuatnya, kamu memerlukan:

  • Benang woll setidaknya dalam 2 warna yang berbeda.
  • Hook atau Hakpen (pastikan bahwa ukuran hook sesuai dengan tebal benang)
  • Gunting

Proses pembuatan bunga crochet ini dimulai dengan membuat magic ring dan dilanjutkan dengan membuat rajutan ganda ke dalam ring. Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa cek dibawah ini:

Hasil dari kerajinan ini berupa bunga crochet yang bagian tengahnya memiliki warna yang berbeda dari bagian kelopak. Pembuatan bunga crochet ini ada beberapa cara. Jika kamu ingin mengetahui cara lainnya, kamu bisa cek video tutorialnya di YouTube.

5. Keset dari Woll

Kalau ingin membuat kerajinan dari bahan woll yang fungsional, kamu bisa membuat keset. Keset dari benang woll ini empuk dan lucu sampai-sampai kamu mungkin akan merasa sayang untuk mengotorinya.

Jika hal itu yang kamu rasakan, kamu mending membuatnya dalam ukuran yang lebih besar sehingga keset ini akan menjelma menjadi karpet empuk yang pas buat lesehan di kamar atau ruang keluarga.

Bahan yang diperlukan adalah:

  • Alas dasar keset dengan ukuran sesuai selera (ada banyak di toko peralatan rumah)
  • Benang woll warna-warni
  • Gunting

Langkah Pembuatanya

  • Siapkan sehelai benang woll dengan panjang 20 cm sebagai tali pengikat.
  • Gulung benang woll lain pada empat jarimu sampai terbentuk gulungan dengan ketebalan yang kamu inginkan.
  • Keluarkan jari-jarimu dari gulungan ini secara perlahan.
  • Ikat gulungan benang woll pada bagian tengah dan potong benang-benang yang ada di sisi samping.
  • Rapikan potongan tersebut sehingga membentuk pom-pom.
  • Lakukan langkah-langkah di atas hingga kamu memiliki cukup pom-pom untuk membuat keset.
  • Ikatkan setiap pom-pom pada alas keset yang telah dipotong pada ukuran tertentu, pastikan bahwa kamu mengikatnya dengan jarak yang tepat sehingga alas keset terisi pom-pom dengan sempurna.
  • Keset dari benang woll siap dipakai.

6. Tempat Pensil dari Woll

Tempat Pensil dari Woll

Kreasi dari benang woll ini sangat sederhana namun fungsional. Untuk membuat tempat pensil, siapkan bahan-bahan berupa:

  • Benang woll (warna sesuai selera)
  • 2 kain flanel (warna disesuaikan dengan warna benang woll)
  • Mata boneka
  • Botol air mineral bekas
  • Gunting
  • Lem Uhu
  • Cutter

Cara Membuat Kerajinan

  • Potong botol air mineral bekas dalam ukuran tempat pensil.
  • Lilitkan benang woll pada seluruh permukaan botol memakai lem Uhu.
  • Gunting 2 kain flanel dalam bentuk telinga boneka dengan ukuran 2 telinga besar dan 2 telinga kecil.
  • Tempel 2 telinga besar pada botol lalu tempel telinga kecil pada masing-masing telinga besar.
  • Tempel mata boneka.
  • Tempat pensil siap dipakai.

7. Dekorasi Dinding Sederhana dari Woll

Dekorasi Dinding Sederhana dari Woll

Dekorasi dinding dari benang woll ada berbagai macam bentuknya, misalnya kristik. Namun, pembuatan kristik cukup rumit dan memakan waktu lama. Sehingga, sebaiknya kamu memilih untuk membuat dekorasi dinding sederhana saja.

Pembuatan hiasan ini hanya memerlukan:

  • Benang woll warna-warni
  • Stik kayu atau hoop jika kamu ingin hiasan beraksen lingkaran
  • Gunting

Cara Membuat Kerajinan

  • Anyam benang woll pada stik kayu atau hoop dengan erat. Anyam hingga hampir semua permukaan stik kayu atau bagian bawah hoop tertutup benang dan terbentuk rumbai-rumbai benang woll berwarna-warni.
  • Gunting rumbai agar memiliki panjang yang rata atau memiliki pola tertentu.
  • Buat tali untuk menggantung stik kayu yang sudah dianyam benang woll. Jika kamu menggunakan hoop, kamu tidak perlu melakukannya.
  • Gantungkan hiasan dinding sederhana ini untuk membuat ruangan semakin menarik.

8. Gantungan Kunci Sederhana dari Woll

Gantungan Kunci Sederhana dari Woll

Berbagai kerajinan benang woll, misalnya pom-pom, bunga crochet, dan boneka amigurumi, dapat dijadikan sebagai gantungan kunci. Untuk kamu yang belum belajar merajut, kamu sebaiknya membuat gantungan kunci pom-pom yang imut.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat pom-pom dalam warna dan ukuran yang kamu inginkan. Setelah itu, ikatkan pom-pom pada gantungan kunci dan kreasi ini siap dipakai.

Kerajinan dari woll ternyata mudah dibuat. Jadi, para pemula tidak perlu takut dengan tantangan kerajinan tangan dari woll lagi. Dengan memulai dari yang mudah, lama-lama kamu pasti bisa membuat yang lebih rumit.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

 

Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu