Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Uang Mainan

7 min read

Mahar pernikahan dalam bentuk uang emang umum banget ditemui. Biasanya mempelai pria memberi mahar uang dalam jumlah unik yang dikreasikan menjadi hiasan unik juga.

Namun, kini peraturan melarang kreasi mahar ini dan memaksa pengrajin mahar untuk membuat kerajinan dari uang mainan.

Meski kerajinan mahar dibuat dari uang mainan, namun itu gak mengurangi sahnya pernikahan lho, karena uang asli tetap diberikan kepada mempelai wanita.

Di samping itu, kerajinan mahar ini sama cantiknya dengan yang dibuat dari uang asli.

Apa itu Mahar dan Kerajinan Mahar Uang Mainan?

Kerajinan dari Uang Mainan

Jika kamu akan melangsungkan atau membantu berlangsungnya pernikahan secara Islam, penting sekali buatmu untuk memahami arti mahar dan mengetahui tentang kreasi atau kerajinan mahar.

Terutama yang berkaitan dengan kerajinan mahar uang mainan.

Jadi, pernikahan itu gak cuma sah, tapi juga memorable. Nah, yuk cek dulu pengertian mahar dan kreasinya.

1. Apakah Itu Mahar?

Mahar, atau yang juga disebut mas kawin, adalah harta yang diberikan kepada mempelai wanita oleh mempelai pria. Hukum pemberian mahar ini adalah wajib.

Namun, agama Islam tidak membatasi bentuk mahar yang diberikan oleh pengantin pria.

Jadi bentuknya bisa apa saja, misalnya uang, seperangkat alat sholat, perhiasan emas, sebutir kurma, dan bahkan segelas air putih.

Di sisi lain, agama Islam tidak mengharuskan mempelai wanita untuk menerima mahar yang diberikan pihak pria.

Ia boleh menolaknya jika memang bentuk mahar ini tidak ia sukai. Namun, mempelai wanita dianjurkan untuk memudahkan maharnya.

Karena, Baginda Nabi mengajarkan bahwa mahar adalah simbol kewajiban pria menafkahi wanita, bukan simbol nilai wanita.

Sejak zaman dahulu, uang sering dijadikan sebagai mahar. Sebagian pihak mempelai wanita hingga saat ini bahkan juga masih menetapkan mahar dengan nilai uang tertentu kepada pihak mempelai pria.

Akan tetapi, beberapa pergeseran trend pemberian uang mahar telah terjadi. Saat ini, banyak pasangan yang menetapkan mahar dengan nilai unik yang disesuaikan dengan tanggal spesial mereka.

Selain itu, uang mahar ini juga diberikan dalam bentuk kerajinan yang dibingkai.

2. Mahar Berbentuk Kerajinan dari Uang Mainan

Sejak beberapa tahun lalu, kerajinan mahar uang mainan mulai digunakan. Jumlah nominal uang mainan ini gak selalu sama seperti jumlah nominal uang asli yang diberikan kepada mempelai wanita oleh mempelai pria.

Jadi, kerajinan mahar dari uang mainan hanya merupakan simbol seserahan dan hiasan unik saja.

Walaupun cuma simbol, kreasi ini bisa membuat pernikahan semakin tak terlupakan, apalagi jika kamu menggantungnya di salah sau ruangan di rumahmu.

Mengapa Menggunakan Uang Mainan?

Mengapa Menggunakan Uang Mainan

Beberapa calon pasangan pengantin mungkin bertanya-tanya mengapa uang asli gak boleh digunakan untuk kreasi kerajinan mahar.

Pada tahun 2011, pemerintah mengeluarkan UU nomor 7 tahun 2011 yang berisi pelarangan bagi masyarakat untuk merusak uang kertas.

Mereka yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap UU tersebut akan dikenai sanksi penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal 1 miliar rupiah. Bank Indonesia sendiri sempat giat melakukan sosialisasi tentang peraturan ini.

Mereka menganjurkan para pengrajin mahar untuk memakai uang mainan saja. Dengan adanya peraturan ini, itu artinya uang asli tidak lagi bisa digunakan untuk kreasi mahar karena sama saja merusak uang kertas.

Sebagai alternatif, pengrajin mahar tetap bisa membuat simbol mahar uang dalam bentuk kerajinan dari uang mainan.

Walaupun hanya replika, namun kerajinan mahar uang mainan tetap terlihat menarik dan seperti uang asli.

Manfaat Kerajinan dari Uang Mainan

Manfaat Kerajinan dari Uang Mainan

Penggunaan uang mainan untuk kerajinan mahar dapat memberi beberapa keuntungan bagi pengrajin maupun pasangan pengantin.

1. Menghindarkan Semua Pihak yang Terkait dari Sanksi Hukum

Kreasi mahar dari uang mainan tidak membahayakan pengrajin maupun pengantin secara hukum penjara dan denda.

Karena kreasi ini aman digunakan, maka kebahagiaan pengantin tidak akan terganggu oleh hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut.

2. Lebih Terjangkau

Kerajinan uang mahar mainan biasanya dijual dengan harga paling murah 250.000 rupiah. Jika uang asli yang digunakan untuk membuatnya, pasti harganya jauh lebih mahal.

Jadi, dengan memberikan kerajinan uang mainan ini, pengantin pria dapat menghemat budget seserahan.

3. Dapat Dijadikan Hiasan

Saat kamu memilih desain kreasi mahar uang mainan ini, kamu bakal menemukan desain-desain kerajinan yang menarik. Ada yang dirangkai menjadi pohon, masjid, bunga, jam, dan bahkan pakaian siluet/miniatur pengantin.

Semua kerajinan tersebut ditata dengan apik pada sebuah bingkai 3D yang gak kalah elegan dan ditutup dengan kaca.

Jadi, kreasi ini dapat dijadikan sebagai hiasan dinding. Ruangan di rumahmu pasti akan terlihat lebih menarik jika dihias dengan kerajinan mahar ini.

4. Dapat Dijadikan Kenang-kenangan

Kerajinan mahar uang ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, bingkai 3D dan kaca akan melindunginya dari debu dan kelembapan udara yang dapat merusak kreasi uang mainan di dalamnya.

Sehingga, kreasi mahar dari uang mainan ini dapat dijadikan kenang-kenangan oleh para pengantin.

Dengan adanya kenang-kenangan ini, diharapkan mereka akan selalu ingat janji suci mereka, tanggal pernikahan, dan kebahagiaan yang dirasakan saat melangsungkan akad nikah.

5. Uang Mahar Asli Tetap Bisa Dipakai

Karena yang dikreasikan hanyalah uang mainan, maka mempelai wanita tetap dapat membelanjakan uang mahar asli yang ia peroleh dari suaminya.

Coba bandingkan jika kerajinan ini dibuat dari uang asli, pasti ia tidak bisa membelanjakan semua mahar uang yang didapatnya.

Contoh dan Cara Membuat Kerajinan dari Uang Mainan

Uang mainan dapat disulap menjadi kerajinan mahar pernikahan yang cantik-cantik.

Untuk memperoleh bahannya, terutama uang mainan ini, kamu bisa membelinya di berbagai lapak online. Harga uang mainan ini sangat terjangkau dan tersedia dalam semua nominal uang rupiah.

Kalau kamu pengen membuat kreasi mahar uang sendiri, kamu bisa pilih salah satu dari ide kerajinan mahar uang mainan di bawah ini.

1. Kerajinan Kipas Uang Mainan

Kerajinan Kipas Uang Mainan

Buat kamu yang masih pemula, cara membuat kerajinan dari uang mainan ini tidak terlalu sulit. Kamu bisa membuatnya dalam gaya sederhana atau sedikit rumit.

Kalau kamu pilih cara yang sederhana, kamu hanya perlu menyusun lembaran uang kertas, tanpa melipatnya, menjadi berbentuk kipas pada bingkai 3D. Bingkai yang digunakan adalah yang berukuran 30×40 cm.

Lalu tempelkan hiasan di bagian tengah bawah kipas dan bunga, lace, nama pengantin, serta tanggal pernikahan di sekeliling kipas. Sehingga, mahar uang mainan ini akan terlihat memukau.

Kalau pengen yang lebih rumit, uang kertas yang kamu gunakan perlu digulung atau dilipat dengan cara tertentu sebelum disusun menjadi kipas. Setelah itu, kamu bisa menghiasnya dengan pernak pernik seperti di atas.

Agar uang dan pernak-pernik tetap berada pada tempatnya, kamu perlu menempelkan mereka pada bingkai 3D menggunakan lem tembak.

Jumlah lembar uang yang dipakai pada kreasi ini bebas dan begitu pula jenis nominalnya, boleh seragam maupun tidak

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek video tutorialnya di bawah ini:

Selain video tersebut, ada juga video cara membuat mahar uang mainan bentuk kipas lain yang bisa kamu tonton.

2. Kerajinan Buket Bunga Uang Mainan

Kerajinan mahar bentuk buket bunga ini sangat manis dan romantis. Jadi, kreasi seserahan ini sangat pas buatmu yang ingin terlihat sedikit romantis.

Cara membuat kerajinan bunga dari uang mainan ini agak sedikit menantang bagi pemula.

Kamu bisa cek tutorialnya dibawah ini ya:

Atau kamu bisa lihat video lain yang ada di YouTube. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat mahar uang mainan bentuk buket bunga adalah:

  • Uang mainan kertas
  • Bingkai 3D ukuran 40×60
  • Lem tembak
  • Kain goni
  • Selotip
  • Pita
  • Daun merambat dari plastik
  • Lace

Selain dibentuk menjadi buket, bunga uang kertas mainan ini juga bisa dirangkai menjadi garland yang cantik.

3. Kerajinan Burung Merak Uang Mainan

Burung merak yang cantik juga dapat dijadikan sebagai inspirasi membuat mahar uang mainan. Tingkat kesulitan kerajinan ini bisa dibilang tingkat medium. Bagian yang agak sulit adalah membuat bagian paruh dan badannya.

Sedangkan pembuatan ekornya tidak terlalu sulit. Jika kamu ingin membuat ekor ini terlihat warna-warni seperti ekor burung merak asli, maka kamu harus membuatnya dari berbagai jenis nominal uang kertas.

Setelah setiap helai ekor dibuat, susunlah membentuk seperti kipas dan tempelkan pada bingkai 3D dengan menggunakan lem tembak.

Setelah itu tempel bagian paruh dan badan. Kamu dapat menghiasi ekor merak dengan manik-manik agar burung ini terlihat semakin cantik.

Selanjutnya, kamu dapat menghias mahar ini dengan berbagai hiasan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin melihat video tutorialnya, kamu dapat melihatnya dibawah ini:

4. Kerajinan Pohon Uang Mainan

Kerajinan Pohon Uang Mainan

Mahar uang berbentuk pohon punya makna yang mendalam.

Akar pohon yang kuat bisa melambangkan kekuatan cinta mempelai pria dan rindangnya daun dapat melambangkan keinginan untuk menyejukkan hati dan melindungi mempelai wanita.

Cara membuat kerajinan mahar ini sangat mudah jika menggunakan uang koin. Namun, uang koin tersebut biasanya adalah koin kuno bukan uang kertas mainan.

Jika kamu ingin menggunakan uang kertas mainan, maka uang tersebut harus dibentuk menjadi daun dan bunga.

Untuk batang dan cabang-cabangnya, kamu bisa membelinya dari lapak online. Jadi, nanti kamu tinggal menempel uang pada cabang-cabangnya. Setelah itu, kamu dapat menghiasnya dengan rumput plastik, ornamen sudut, dsb.

5. Kerajinan Kapal Uang Mainan

Kreasi uang mahar lainnya yang punya makna mendalam adalah mahar uang berbentuk kapal atau bahtera.

Semua pasti tahu bahwa pasangan yang menikah akan mengarungi bahtera rumah tangga dimana seorang suami sebagai nahkoda dan penjamin keselamatan ‘penumpang’.

Cara membuat kerajinan dari uang mainan ini cukup sulit. Meski demikian, kamu dapat mempelajari berbagai tutorialnya di YouTube, misalnya dibawah ini:

Selain membutuhkan uang kertas mainan dan bingkai 3D, kamu juga memerlukan tiang kecil untuk layar, rantai atau benang, dan pernak-pernik lain untuk menunjang suasana lautan.

Untuk ombaknya, kamu dapat membuatnya dari uang kertas yang dibentuk bergelombang.

6. Kerajinan Masjid Uang Mainan

Kerajinan Masjid Uang Mainan

Kreasi uang mahar berbentuk masjid cukup populer di antara para pengantin. Bentuk mahar ini cocok bagi pengantin yang ingin menunjukkan sisi religius atau menumbuhkan sikap religius yang kuat di dalam pernikahan.

Untuk pemula, kamu dapat menggunakan satu set kubah masjid yang sudah jadi. Selanjutnya, kamu tinggal membuat tiang-tiang masjid dengan cara menggulung uang kertas.

Namun, jika kamu ingin sedikit tantangan, maka kamu harus membuat kubah masjid dari uang kertas.

Pernak-pernik yang biasa digunakan adalah mutiara renteng lada, kubah kecil, tulisan arab dengan lafal ‘Allah’ atau ‘bismillah’, bintang, bulan, dsb.

Beberapa kreasi bahkan dilengkapi dengan lampu dan jam. Jika kamu penasaran dengan cara pembuatannya, cek saja di YouTube.

7. Kerajinan Lingkaran Uang Mainan

Kerajinan Lingkaran Uang Mainan

Bentuk kerajinan mahar ini sangat sederhana namun maknanya jauh dari kata sederhana lho. Lingkaran uang tersebut melambangkan roda kehidupan yang terkadang ada di bawah dan kadang di atas.

Ini artinya, mempelai pria ingin agar mempelai wanita bersedia menjalani roda kehidupan bersamanya. Cara membuat lingkaran uang ini cukup mudah jika dilakukan menggunakan uang koin.

Namun, kalau kamu ingin membuat lingkaran ini terlihat lebih warna-warni, kamu harus membuatnya dari uang kertas.

Lipatlah uang ini lalu susun menjadi lingkaran uang yang menarik. Kemudian, tempel hiasan di tengah lingkaran, misalnya tulisan Arab atau miniatur buku nikah.

8. Kerajinan Siluet Pengantin

Kerajinan Siluet Pengantin

Uang mahar berbentuk siluet pengantin juga cukup populer. Untuk membuatnya, kamu perlu membeli siluet pengantin yang sudah jadi, bingkai 3D, lem, dan tentu uang kertas mainan.

Setelah memperoleh semua bahan, kamu perlu melipat uang kertas dan menyusunnya sehingga membentuk gaun cantik bagi siluet wanita.

Untuk membuat mahar ini semakin cantik, kamu dapat menghiasnya dengan bunga uang mainan, renda, pita, ornamen sudut, dsb.

9. Kerajinan Jam Uang Mainan

Kerajinan Jam Uang Mainan

Kalau kamu pengen kerajinan mahar yang fungsional, kamu harus pilih mahar berbentuk jam dinding.

Untuk membuatnya, kamu perlu mesin jam. Mesin ini dapat kamu beli di lapak online. Selain itu, kamu juga perlu uang mainan kertas, bingkai 3D, lem, maupun pernak-pernik.

Uang mainan ini pertama-tama dibentuk menjadi bunga. Setelah itu, bunga uang mainan itu disusun melingkari jam tersebut. Tambahkan pernak-pernik mahar dan nama pengantin serta tanggal pernikahan agar lebih menarik.

10. Bentik Hati dari Uang Mainan

Bentik Hati dari Uang Mainan

Untuk kamu yang ingin menyatakan betapa besar cintamu pada pasangan, memberikan mahar uang bentuk hati atau Love adalah pilihan yang paling tepat. Ada berbagai kreasi bentuk hati dari uang mainan yang dapat kamu pilih.

Salah satunya adalah kreasi bentuk hati yang full terbuat dari bunga uang mainan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih mahar Love yang berupa rangkaian bunga uang di bagian tepi saja, sedangkan bagian tengah berisi nama pengantin dan tanggal pernikahan.

Agar lebih cantik kerajinan mahar uang mainan ini harus dihiasi dengan pernak-pernik, misalnya mutiara, miniatur buku nikah, lafal Allah dan Muhammad SAW, lace, dsb.

Mahar berbentuk kerajinan dari uang mainan memang menarik, sampai membuat hampir semua calon pengantin terpikat untuk menggunakannya dalam seserahan.

Hal ini tentu menjadi peluang bisnis bagi kamu yang kreatif. Untuk memperoleh peluang ini, kamu harus belajar membuatnya terlebih dahulu.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

 

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Limbah Kayu

Admin
7 min read

Kerajinan Tangan dari Woll

Admin
7 min read

Kerajinan dari Undangan Bekas

Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *