Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Uang Kertas

5 min read

Kerajinan dari uang kertas nggak jauh beda dengan keterampilan melipat kertas yang biasa disebut origami. Tapi, uang kertas yang digunakan bukan asli ya.

Karena ada aturan pemerintah yang melarang merusak uang atau sekedar mencoret-coretnya, jadi kamu hanya boleh menggunakan uang kertas mainan.

Dari uang kertas ada banyak sekali manfaatnya selain hanya untuk sebagai alat transaksi pembayaran yang sah. Uang kertas pun dapat dijadikan sebagai kerajinan unik.

Salah satu hasil kerajinan dari uang kertas yang memiliki nilai tinggi yakni kerajinan unik yang biasa dijadikan sebagai mahar untuk pernikahan.

Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasanya dibawah ini dengan seksama.

Apa Itu Uang Kertas?

Sebelum belajar membuat prakarya, cari tahu dulu yuk apa pengertian sebenarnya dari uang kertas.

Menurut BI (Bank Indonesia), uang kertas adalah uang yang terbuat dari bahan kertas dan memiliki nilai tukar atau nominal yang tinggi.

Tapi, bahan kertas yang digunakan bukan kertas biasa seperti buku tulis atau buku gambar ya.

Karena bahan-bahan ini nggak akan bisa awet dan cepet banget rusak kalau terkena air, sering dilipat, dan bahkan tulisannya lebih cepat pudar.

Ternyata, bahan uang kertas yang selama ini kamu pegang adalah kertas khusus yang diimpor langsung dari Perancis, Inggris, Belanda, dan Jerman lho.

Sedangkan proses cetak dari uang kertas dilakukan oleh PERURI (Perum Percetakan Uang Republik Indonesia).

Dibanding uang koin dan jenis alat pertukaran/pembayaran lain, uang kertas memiliki beberapa kelebihan seperti berikut:

  • Lebih ekonomis karena nominalnya lebih besar dari nilai intrinsik. Biaya produksinya juga lebih kecil dari pada bentuk uang lainnya.
  • Lebih elastis, karena suplai bisa dikontrol dengan mudah. Dengan kata lain, pemerintah bisa mengatur produksinya sesuai dengan kebutuhan perekonomian negara.
  • Kestabilan harga: jenis alat tukar ini membawa stabilitas harga yang lebih tinggi dalam suatu perekonomian daripada yang lain. Manfaat stabilitas harga mata uang kertas menunjukkan kesetaraan antara permintaan dan penawarannya.
  • Bebas dari siklus fluktuasi.
  • Bisa dihitung dengan cepat.
  • Ringan, mudah dibawa, dan mudah dipindah dari satu tempat ke tempat lain, karena nggak berat seperti uang koin.

7 Ide Kreatif Kerajinan dari Uang Koin

Manfaat Uang Kertas

Adapun manfaat-manfaat dari uang kertas adalah sebagi berikut ini.

  • Sebagai identitas atau ciri suatu negara.
  • Sebagai alat tukar antara barang dengan uang (atau disebut juga alat pembayaran).
  • Sebagai satuan hitung yang menunjukkan nilai jual dari suatu jasa atau barang yang memang diperjualbelikan.
  • Sebagai satuan hitung besar kecilnya pinjaman dan besarnya kekayaan yang dimiliki seseorang atau suatu organisasi.
  • Merupakan alat untuk menimbun kekayaan, yang biasanya disimpan dalam bentuk deposito, giro, tabungan, atau investasi lainnya.
  • Sebagai salah satu alat untuk membayar hutang.
  • Sebagai alat pemindah asset. Contohnya, kamu punya rumah di daerah A, dan ingin pindah ke daerah B. Maka kamu bisa memindahkan aset ini dengan cara menjual rumah A lalu membeli yang baru di lokasi B.
  • Alat pendorong perekonomian pribadi dan bangsa.

Contoh dan Teknik Kerajinan dari Uang Kertas Mainan

Uang kertas

Inilah sejumlah contoh kerajinan tangan dari uang kertas dan cara membuatnya:

1.     Kerajinan Mahar dari Uang Kertas

Biasa banget kan kalau model mahar zaman sekarang hanya setumpuk uang? Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa membuat aneka bentuk karakter dengan uang tersebut.

Ada banyak sekali desain mahar yang bisa kamu buat, seperti:

  • Mahar bentuk kipas
  • Bentuk burung
  • Inisial nama
  • Bunga mawar
  • Bentuk masjid
  • Menara Eiffel
  • Siluet tubuh mempelai wanita memakai gaun penganting
  • Kaligrafi, dan banyak lagi

Desainnya benar-benar tergantung pada kreativitas dan ketelatenan kamu sendiri.

Tapi biasanya, kebanyakan pengantin lebih memilih untuk membeli, karena membuat sendiri dirasa lebih sulit. Padahal, ada kok desain mahar yang mudah dibuat, contohnya adalah bentuk kipas.

Bahan dan alatnya adalah:

  • Pigura kaca
  • Hiasan bunga kecil tanpa tangkai
  • Uang koin Rp1.000
  • Kain flanel warna hijau
  • Pulpen
  • Lem tembak
  • Tali rami
  • Uang kertas mainan dalam dua warna (misalnya warna merah yang Rp100.000 dan warna biru yang Rp50.000). Untuk jumlahnya tergantung mahar kamu
  • Kertas karton warna hitam dengan ukuran dan bentuk seperti pigura (sebagai alas pigura)
  • Pita warna emas atau manik-manik renteng ukuran kecil warna emas
  • Kertas emas tebal
  • 2 buah buku nikah mini (gambarnya bisa kamu cari di internet dan print dengan kertas A4, lalu gunting)
  • Desain nama kamu dan pasangan + tanggal pernikahan (contoh desainnya ada banyak sekali di internet, print dan gunting)

Cara Membuat Kerajinan Mahar dari Uang Kertas

  • Ambil satu lembar uang kertas yang warna merah dan gulung memanjang dengan menggunakan pulpen agar hasilnya lebih rapi. Tapi gulungnya setengah saja ya, jangan full. Lakukan ini sampai semua uang warna merah tergulung.
  • Jika sudah, satukan gulungan-gulang tersebut seperti bentuk kipas tangan. Gunakan lem untuk merekatkan.
  • Sekarang potong kertas emas dengan bentuk setengah lingkaran, lalu tempel sebagai pegangan tangan pada kipas.
  • Tempelkan pita atau manik-manik emas ke seluruh tepi kipas bagian atas dengan lem.
  • Selanjutnya, ambil uang kertas warna biru dan bentuklah seperti kerucut, gunakan lem untuk merekatkan.
  • Tempelkan kerucut tadi ke bagian bawah kipas (di atas kertas warna emas tadi).
  • Sekarang potong kain flanel hijau dengan bentuk daun, sebanyak 3 buah, lalu rekatkan 3 daun dengan 1 hiasan bunga (bunganya ada di tengah-tengah ya). Ulangi langkah ini sampai kamu mendapatkan 4 bunga.
  • Jika sudah, oleskan lem ke seluruh tepi kertas karton hitam dan tempelkan pita/manik-manik emas mengikuti bentuk karton.
  • Kemudian tempelkan bunga kecil ke setiap sudut karton.
  • Tempelkan kipas di bagian tengah karton, dan uang koin di atas kipas (sebelah kanan dan kiri).
  • Tempel buku nikah di pojok bawah sebelah kiri dan nama kamu + pasangan di pojok kanan bawah.
  • Terakhir, pasang frame kaca dan selesai. Kamu bisa cek totorial videonya di sini ya

2.     Kerajinan Tangan Bunga dari Uang Kertas

Ide kreasi yang satu ini cocok banget nih buat para cowok-cowok yang ingin ngasih bunga ke sang pacar.

Dijamin, pacar kamu bakal langsung bahagia karena mungkin dikira uangnya asli, hehe. Langsung aja yuk cek alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • 3 lembar uang kertas mainan warna merah (Rp100.000)
  • 3 lembar uang mainan Rp50.000
  • 1 lembar uang mainan Rp20.000
  • Kawat tangkai yang sudah dicat warna hijau atau coklat
  • Kawat wire 0,3
  • Kertas tisu
  • Selotip daun
  • Solasi bening
  • Solasi kertas
  • Pita 1 cm

Berhubung cara membuatnya cukup sulit kalau dijelaskan lewat teks, kamu bisa langsung cek panduan video di link ini ya.

3.     Kerajinan Origami Bentuk I Love You

Kerajinan uang kertas dengan bentuk “ I Love You” memang memiliki keunikan dan daya Tarik yang besar, biasanya kerajinan yang satu ini sering digunakan untuk sebagai hadiah ulang tahun atau juga mahar pernikahan.

4.     Kerajinan Bentuk Gitar

Kerajinan uang kertas dengan bentuk gitar biasanya sering digunakan untuk sebagai benda hias pada rumah-rumah. Selain sebagai benda hias kerajinan yang satu ini juga memiliki keunikan dan daya Tarik yang cukup.

Sehingga kerajinan uang kertas dengan bentuk gitar ini dapat kita temukan di took-toko aksessoris yang artinya bahwa kerajinan yang satu ini memiliki pasaran yang tinggi.

Mungkin tidak ada salahnya jika kerajinan dijadikan sebagai bisnis anda.

5.     Kerajinan Uang Kertas Perahu

Anda pasti tahu apa itu perahu, biasanya kerajinan ini sering kita temui di dalam dunia anak-anak. Biasanya kerajinan tersebut berasal dari kertas biasa yang biasa dibuat untuk sebagai salah permainan.

6.     Kerajinan Uang Kertas Pesawat

Anda tahu bukan, apa itu pesawat? Ya pesawat merupakan sebuah kapal terbang yang biasa digunakan untuk sebuah perjalanan jauh antar kota dan negara.

Namun apa jadinya jika pesawat dapat kita buat dengan menggunakan uang kertas yang memiliki keunikan dan daya nilai yang cukup tinggi, selan dapat dijadikan sebagai permainan.

Kerajinan yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai benda hias.

Ide Kerajinan dari Sisik Ikan yang Menguntungkan

7.     Kerajinan Uang Kertas Origami Baju

Uang kertas selain dapat dimanfaatkan sebagai alat tukar juga dapat dijadikan sebagai salah satu kerajinan yang unik dan menarik seperti halnya dengan kali ini.

Uang kertas dapat disulap menjadi kerajinan origami yang unik dan menarik.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan video dibawah ini:

8.     Kerajinan Bentuk Hati

Uang kertas selain dapat dijadikan sebagai kerajinan origami baju, juga kali ini dapat dijadikan sebagai kerajinan yang berbentuk hati.

Untuk lebih jelasnya yuk simak kerajinan yang unik dan menarik dibawah ini:

9.     Kerajinan Kupu-kupu

Kerajinan kupu-kupu memang memiliki banyak peminatnya, biasanya kerajinan kupu-kupu hanya terbuat dari kertas biasanya, namun apa jadikanya jika kerajinan kali ini berasal dari uang kertas.

Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan video dibawah ini:

10.  Kerajinan Cincin

Tidak disangaka bahwa uang kertas juga ternyata dapat disulap menjadi kerajinan cincin yang unik, seperti pada kali ini sebuah cincin yang unik terbuat dari uang kertas.untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan video dibawah ini.

11.  Kerajinan Box Harta Karun

Sebuah box harta karun yang berasal dari uang kertas yang biasa dipakai untuk alat tukar kita dalam sehari-hari. Namun apa jadinya jika box harta karun dapat dibuat dengan menggunakan uang kertas.

Seperti apa hasil jadinya yuk simak ulasan dibawah ini:

12.  Kerajinan Bintang

Kerajinan bintang yang terbuat dari uang kertas memang memiliki nilai daya Tarik yang tinggi, sehingga tidak heran jika kerajinan ini sering digunakan sebagai salah satu mahar untuk pernikahan.

Seperti halnya dengan penjelasan dibawah ini:

13.  Bouqet Bunga Pengantin

Sangat cocok untuk anda yang menginginkan sebuah pengantin menjadi lebih menawan dan berbahagia dengan menggunkan salah satu kerajinan dibawah ini.

Diatas merupakan contoh-contoh ide kerajinan yang dapat dijadikan sebagai mahar untuk pernikahan pada seseorang.

Mungkin anda dapat memilih dari kerajinan diatas yang cocok untuk mahar pernikahan.

Sebenarnya ada banyak sekali ide kerajinan dari uang kertas, tapi beberapa yang paling banyak dibuat adalah daftar di atas.

Kalau tertarik mencoba, bisa langsung praktekkan ya. Siapa tahu keisengan kamu bikin kerajinan tangan ini bisa menghasilkan uang. Lumayan kan buat nambah uang jajan, hehe.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Limbah Kayu

Admin
7 min read

Kerajinan Tangan dari Woll

Admin
7 min read

Kerajinan dari Uang Mainan

Admin
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *