Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Pecahan Kaca

7 min read

Seringkali sampah pecahan kaca hanya dibuang langsung ke tempat sampah.

Padahal kalau kamu memiliki sedikit saja ide kreatif dan inovatif, maka pecahan kaca justru akan menjadi suatu seni kerajinan bagus.

Kerajinan dari pecahan kaca tidak hanya menghasilkan nilai kegunaan saja melainkan juga uang.

Uang yang akan kamu peroleh dari kegiatan asyikmu dalam membuat kerajinan pastinya bisa digunakan untuk banyak keperluan. Kamu bisa membeli apa saja yang dimau.

Menariknya lagi, saat mengolah sampah pecahan kaca ini maka kamu juga ikut serta mendukung wacana go green!

Apa Sih Kerajinan dari Pecahan Kaca?

Sebetulnya ada begitu banyak jenis dan cara buat kerajinan dari pecahan kaca yang bisa kamu coba buat untuk memperkaya pundi-pundi rupiah.

Jika kamu hanya ingin menjadikannya sekedar hobi saja juga tidak masalah. Salah satu referensi material kerajinan tangan yang bisa kamu coba ialah pecahan kaca.

Seringkali jika memecahkan barang yang terbuat dari kaca, kamu justru akan langsung membuangnya ke tempat sampah.

Alih-alih membuangnya kamu kini bisa menjadikannya barang kerajinan tangan yang sangat bermanfaat dan bernilai tinggi.

Kerajinan dari pecahan kaca ini merupakan jenis kerajinan yang terbuat dari pecahan kaca, yang sangat bermanfaat untuk hiasan ruangan.

Tahukah kamu bahwa belum lama ini tersiar kabar tentang pengrajin pecahan kaca yang terbilang cukup sukses?

Pengrajin asal Medan ini berhasil membuat miniatur cantik dari pecahan kaca dan menjualnya dengan harga sekitar Rp800.000,00.

Hasil yang sungguh fantastis untuk limbah pecahan kaca, bukan? Lalu, kenapa kamu masih tidak mau mencobanya? Barangkali kunci suksesmu adalah menjadi wirausahawan.

Daur Ulang Limbah Kaca

hasil limbah kaca

Limbah sejatinya merupakan barang sisa kegiatan tertentu yang sudah kehilangan fungsinya, seperti limbah pecahan kaca.

Jika tidak dapat diberi perlakuan secara benar, maka limbah kaca hanya akan merusak lingkungan.

1.     Daur Ulang Menjadi Kaca Lain

Pecahan kaca ternyata juga bisa didaur ulang menjadi kaca lain. Daur ulang semacam ini sangat digemari oleh industri karena sangat hemat energi.

Tidak perlu lagi memberikan material pembuatan kaca baru seperti silika, natrium maupun kalsium karbonat.

Menariknya lagi, kaca yang dibuat dari hasil daur ulang cenderung sama kualitasnya dibanding kaca baru. Kaca daur ulang dari kaca bekas ini pastinya mampu meningkatkan kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitar.

2.     Daur Ulang Menjadi Barang Kerajinan

Daur ulang kaca juga bisa dikreasikan ke dalam bentuk barang kerajinan yang bernilai seni tinggi, mulai dari vas bunga, hiasan meja, pajangan tembok dan sebagainya.

Bukan hanya mampu memberikan nilai seni yang bagus, akan tetapi juga mampu dijadikan penambah pundi-pundi penghasilan.

Contohnya seperti pengusaha kerajinan dari pecahan kaca asal Bantul, Pak Sapto Daryono. Keuletannya dalam membentuk berbagai macam barang kerajinan dari limbah pecahan kaca kini membuahkan hasil yang manis.

Hingga saat ini usaha yang ditekuni dengan modal dua puluh juta rupiah itu, akhirnya mampu membuahkan keuntungan sampai delapan ratus juta rupiah dalam satu bulan.

Hasil yang cukup fantastis untuk keuletan dan kerja kerasnya selama ini. Mungkin saja, kamu mau meniru kesuksesan Pak Sapto.

Kamu bisa memulainya dengan kerajinan yang sederhana dan dijual secara online maupun membuka toko kecil.

Terlebih saat ini pemasaran barang-barang semacam ini bisa dilakukan melalui berbagai macam situs marketplace. Pemasaran yang sangat mudah ini juga dapat menjangkau prospek konsumen luas.

Ide Kreatif Kerajinan dari Uang Kertas

Teknik Kerajinan dari Pecahan Kaca

Kerajinan kaca atau seni kaca sebetulnya lebih menonjolkan kepada kreativitas tiap-tiap individu.

Pengaplikasiannya sangat beragam mulai dari karya-karya yang bersifat monumental, hiasan, perhiasan kaca sampai aksesoris dekorasi ruangan.

Awalnya kerajinan seperti ini dikembangkan di negara Asiria dan Mesir. Penciptanya adalah bangsa Fenisia pada abad pertengahan yang mengedepankan orang-orang Romawi.

Lalu, karya seni pecahan kaca apa saja sih yang populer di dunia pada masa itu?

Contoh populer seni kerajinan dari limbah kaca di antaranya St. Clair, Correia Art Glass, Parabelle Glass, Lundberg Studios hingga Orient and Flume.

Contoh hasil karya seni tersebut juga dibuat menggunakan teknik yang amat beragam, mulai dari ditiup, klin casting, slumping, fusing, flame working dan lainnya.

1.     Meniup

Proses pembuatan kerajinan dari pecahan kaca dengan teknik meniup begitu populer pada tahun 300 SM di Timur Tengah.

Menariknya, produk-produk yang dihasilkan akan menjadi suatu barang penting yang kegunaannya tidak bisa terlepas dari aktivitas harian.

Teknik meniup dalam pembuatan kerajinan ini terdiri atas dua macam. Pertama ialah lamp working. Teknik ini menggunakan semacam obor las dengan bantuan bahan bakar berupa oksigen.

Berikutnya ialah off hand. Teknik ini memakai pipa logam dengan rongga guna memanipulasi kaca air sebelum dikumpulkan.

2.     Klin Casting

Secara singkat maksud klin casting bisa dijelaskan sebagai teknik pengecoran. Biasanya untuk membuat kerajinan dengan teknik ini bisa memakan waktu cukup lama.

Namun, hasil kerajinan yang kamu peroleh bisa begitu luar biasa cantiknya.

3.     Slumping

Produk kerajinan dari limbah pecahan kaca banyak menghasilkan bentuk-bentuk yang beragam dan begitu cantik.

Salah satunya dengan menggunakan teknik slumping. Teknik ini memungkinkan barang kerajinan dibentuk dalam klin yakni di atas cetakan bersuhu tinggi. Sudah bisa kamu bayangkan?

Teknik slumping sudah ada sejak masa Romawi dan marak dipakai untuk membuat semacam bejana.

Selain menggunakan cara slumpling, orang-orang Romawi pada masanya juga menggunakan teknik tambahan lain, khususnya dalam pembuatan mangkuk berpilar khas bangasa Romawi.

4.     Fusing

Teknik pembuatan kerajinan yang perlu kamu tahu berikutnya ialah fusing.

Fusing memungkinkan pengrajin untuk merekatkan komponen kecil kaca pada media menggunakan tambahan bahan pelapis tertentu agar lebih kokoh dan kuat.

5.     Flame Working

Ini adalah jenis teknik yang cukup populer dan tentunya tidak akan asing didengar telingamu.

Ini adalah teknik yang diterapkan dengan metode pelelehan limbah kaca menggunakan suhu panas dengan tujuan untuk membentuknya menjadi barang kerajinan tertentu.

6.     Hot Sculpting

Teknik 3D ini memungkinkan limbah kaca untuk dikreasikan ke dalam karya seni patung yang artistik.

Saat menggunakan teknik ini biasanya para pengrajin juga akan menggunakan teknik gabungan lainnya, seperti pengelasan, pencetakan, pembuangan atau penembakan.

7.     Cold Working

Tidak jauh berbeda dengan namanya, teknik cold working memungkinkan limbah kaca dibentuk menjadi berbagai macam karya seni dengan pengerjaan dalam kondisi dingin.

Pengerjaan ini menggunakan temperatur di bawah rekristalisasi sehingga mampu menghasilkan produk yang begitu cantik.

Apa Saja Manfaat Kerajinan dari Limbah Pecahan Kaca?

kerajinan limbah kaca

Barang kerajinan tangan yang terbuat dari berbagai macam jenis pecahan kaca ternyata bisa banyak mendatangkan manfaat. Lalu, apa sajakah manfaatnya?

1.     Dapat Dijadikan Hiasan

Kerajinan yang terbuat dari pecahan kaca ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan interior hunian.

Misalnya miniatur masjid, miniatur candi, figura foto dan sebagainya. Pastinya ruanganmu akan terasa kian cantik dengan menambahkan barang kerajinan ini.

2.     Bisa Dijadikan Media Tanam

Pecahan kaca merupakan jenis limbah anorganik yang bisa dimanfaatkan menjadi barang kerajinan. Seperti halnya pot bunga.

Saat menjadi pot bunga, maka pecahan kaca ini bisa berperan sebagai media tanam. Bonusnya, pot bunga dari bahan ini mempunyai tampilan yang cantik sekaligus unik.

3.     Membuatmu Semakin Kreatif

Membuat kerajinan dari pecahan kaca ternyata bisa menjadikanmu semakin berpikir kreatif.

Barang yang semula sudah tidak terpakai itu, akhirnya bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam barang kerajinan multifungsi yang cantik. Dengan begini, limbah tersebut bisa tetap dimanfaatkan dalam bentuk berbeda.

4.     Menambah Penghasilan

Saat menjadikan pecahan kaca sebagai barang kerajinan, tentunya hal ini bisa membuatmu lebih banyak mendapatkan penghasilan.

Syukur-syukur uang jajanmu bisa bertambah lewat kerajinan tangan seperti ini. Untuk itu, kamu juga perlu pintar-pintar memasarkan barang kerajinanmu.

Kerajinan Unik dari Tutup Botol

Contoh Kerajinan dari Pecahan Kaca dan Teknik Pembuatannya

Kerajinan dari Limbah kaca

Ada begitu banyak contoh kerajinan dari limbah pecahan kaca. Pilihan kerajinan ini cukup bervariasi bergantung dari tujuan pembuatan atau kegunaannya.

Begitupula teknik pembuatannya. Walaupun terbilang cukup mudah, akan tetapi kamu tetap memerlukan kesabaran dan ketekunan dalam pembuatannya.

Beberapa kerajinan dari pecahan kaca dan cara pembuatannya berikut kiranya bisa menjadi inspirasimu.

Nggak sulit, kok! Kamu bisa memulainya dengan beberapa langkah awal yang mudah. Apakah kamu sudah penasaran? Yuk, langsung saja dilihat.

1.     Pajangan Tembok

Limbah pecahan kaca ternyata bisa dikreasikan menjadi pajangan tembok yang luar biasa menarik. Pajangan tembok dari pecahan kaca bisa menghadirkan nuansa berbeda dalam rumahmu.

Nggak cuma bagus, tapi juga unik. Tentunya bisa membuat siapapun yang singgah akan berdecak kagum seketika.

Hanya saja kamu perlu sedikit cermat dalam mendesain pola. Misalnya, dalam membuat pajangan tembok berbentuk gitar, sepeda motor dan mobil.

Jangan cemas, jika kamu sabar dan cukup telaten pasti semua akan terasa mudah.

Teknik pembuatannya cukup sederhana. Begitu juga dengan bahan-bahan pembuatannya.

Kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan seperti untuk membuat pajangan berbentuk gitar. Misalnya, pecahan kaca, lem, triplek, cat warna serta alat pemotong.

Bagaimana caranya?

  • Buatlah dahulu desain pajanganmu.
  • Potong triplek sesuai keinginan.
  • Potong juga limbah kaca yang berasal dari pecahan dengan warna atau corak beragam.
  • Tempelkan pecahan-pecahan kaca tersebut pada triplek yang sudah kamu desain sebelumnya. Rekatkan pecahan-pecahan tersebut dengan lem yang sudah disiapkan.
  • Lakukan langkah tersebut dengan sabar dan hati-hati.
  • Terakhir, kamu bisa melakukan finishing, yakni dengan memberikan cat vernis atau sejenisnya.
  • Bentuk kerajinan dari pecahan kaca berbentuk pajangan tembok siap dipakai dan dipasarkan.

2.     Hiasan Khusus untuk Meja

Pernah melihat meja tamu dengan tampilan elegan? Nah, itu sudah biasa. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika kamu menghias meja ruang tamumu dengan limbah pecahan kaca?

Pasti akan menjadi sebuah karya seni yang luar biasa indahnya.

Hiasan meja yang terbuat dari limbah kepingan kaca pasti termasuk jenis hiasan yang anti mainstream. Tentunya ini bisa mendongkrak nilai jual.

Kamu bisa untung banyak dengan mengkreasikan limbah tidak terpakai ini menjadi karya seni bernilai. Caranya juga relatif begitu mudah.

  • Siapkan bahan-bahan yang kamu butuhkan terlebih dahulu yaitu limbah pecahan kaca, lem serta cat.
  • Desain model hiasan terlebih dahulu.
  • Padupadankan pecahan-pecahan kaca tersebut dengan lem agar membentuk pola hiasan yang kamu mau. Misalnya, hiasan bunga, dedaunan, dunia satwa dan sebagainya.
  • Lakukan berulang sampai motif atau model yang kamu mau selesai.

3.     Souvenir

Jangan salah, limbah yang berasal dari pecahan kaca juga dapat dijadikan sebagai berbagai macam souvenir yang cantik.

Cocok sekali bagi kamu yang ingin memberikannya sebagai buah tangan di gelaran pesta terbaikmu. Misalnya, resepsi pernikahan, acara ulang tahun dan syukuran lainnya.

Teknik pembuatannya mudah saja, kok. Saat membuat souvenir semacam ini, maka kamu perlu menyiapkan sejumlah bahan-bahan sederhana. Sudah mulai mau mencobanya? Coba saja simak tata cara berikut.

  • Siapkan bahan-bahan seperti pecahan kaca, alat pemotong kaca dan lem.
  • Susun pecahan kaca membentuk souvenir yang kamu inginkan. Pastikan kamu melakukannya dengan sabar dan hati-hati.
  • Kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan modelnya di laman internet.
  • Ingatlah, setiap kali kamu menyusun pecahan kaca maka perlu langsung direkatkan.
  • Setelah selesai, kamu akan melihat betapa bagusnya souvenir ini.

4.     Vas Bunga

Vas bunga pasti menjadi contoh benda kerajinan yang terbuat dari pecahan kaca terkesan.

Dengan vas bunga cantik ini, maka interior hunianmu akan terasa kian cantik dan hidup. Kamu bisa coba membuatnya sekarang karena caranya amat mudah.

Penasaran?

  • Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu untuk membuat vas bunga dari pecahan kaca. Misalnya, cat warna, pecahan kaca/botol kaca dan selotip/perekat lain.
  • Satukan pecahan kaca atau botol kaca yang retak menggunakan selotip. Bentuklah motif sesuai yang kamu mau.
  • Berikan cat ke seluruh vas bunga dan tunggulah sampai mengering.
  • Kalau cat sudah benar-benar mengering, maka berikutnya kamu bisa melepas selotip yang menempel di vas bunga buatanmu.
  • Vas bunga impianmu sudah siap digunakan. Langsung saja letakkan bunga apa yang kamu mau dan penuhi vas bunga dengan air.

5.     Frame Lampu

Macam-macam kerajinan dari pecahan kaca selanjutnya ialah frame lampu. Barang kerajinan ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai hiasan sekaligus pemanis tampilan interior rumah.

Kesan eksotis sekaligus hangat akan terpancar apabila kamu menggunakan frame lampu dari pecahan kaca/botol kaca bekas.

Kerajinan Unik dari Sisik Ikan

Membuat barang kerajinan seni satu ini relatif begitu mudah. Termasuk menyiapkan bahan apa saja yang bisa kamu pakai untuk menyulapnya menjadi sebuah frame lampu.

Sudah nggak sabar, nih? Langsung saja simak cara-cara berikut:

  • Siapkan material pembuatan frame lampu lebih dulu seperti kawat besi, tang, lampu, plastik atau gabus penyumbat dan tentu saja botol maupun pecahan kaca.
  • Potong botol kaca secara rapi. Jika kamu menggunakan pecahan kaca, maka kamu bisa menyusunnya membentuk ukuran setengah botol.
  • Berikutnya kamu bisa langsung memasukkan lampu yang sudah disiapkan.
  • Sumbat bagian ujung dengan gabus atau plastik.
  • Frame lampu berdesain simple sudah siap digunakan.

Kerajinan dari pecahan kaca memang memiliki nilai seni yang sangat bagus sekaligus unik. Hanya saja jika kamu mau menekuninya, maka perlu memiliki kesabaran dan keuletan.

Nggak susah, kok. Hanya dua poin itu saja kuncinya. Kamu harus mau belajar dan terus berkreasi tanpa batas.

Kamu bisa melihat berbagai macam contoh dan cara membuat kerajinan dari pecahan kaca beserta gambarnya melalui laman internet.

Bahkan di YouTube kamu bisa menjumpainya dengan sangat mudah. Jadi, bukan perkara sulit untuk mencobanya!

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *