Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan dari Limbah Kayu

7 min read

Zaman sekarang, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membuat suatu usaha sendiri dibandingkan bekerja di bawah tekanan kantor.

Salah satu usaha yang mulai banyak dibangun adalah membuat kerajinan tangan. Contohnya, kerajinan dari limbah kayu.

Indonesia masih memiliki banyak sekali peminat pada hasil produk kerajinan. Tidak heran jika usaha kerajinan ini ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Tidak hanya memperoleh keuntungan, kamu juga bisa nih menyelamatkan alam dari limbah kayu yang diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Pengertian Kerajinan dari Bahan Limbah Kayu

Jika dilihat dari definisi umumnya, kerajinan limbah kayu ini merupakan sebuah kegiatan bernilai seni dalam menghasilkan benda-benda kayu.

Kegiatan ini melibatkan beberapa orang yang ahli di bidangnya. Bahan dasar yang digunakan tentu saja limbah kayu.

Ada banyak aneka kerajinan dari limbah kayu. Hal ini biasanya dibedakan berdasarkan nilai fungsi dan jenis bahan limbah kayu yang dipakai.

Semakin bagus kualitas limbah kayunya, maka akan semakin mempengaruhi kuantitas harga dan permintaan hasil kerajinan tersebut.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda dalam membuat kerajinan kayu ini.

Hasil kerajinan kayu, diutamakan harus mengandung nilai seni yang tinggi. Apalagi peminat kerajinan ini tidak hanya masyarakat lokal, namun juga warga mancanegara.

Manfaat Limbah Kayu Jadi Kerajinan

Pengertian Kerajinan dari Bahan Limbah Kayu

Sebuah kerajinan memang dikenal memiliki satu nilai utama, yakni nilai estetika. Adapun penggunaan limbah kayu sebagai kerajinan, memiliki banyak sekali manfaat. Apa aja sih manfaatnya? Simak beberapa poin penjelasannya berikut ini:

1.   Ramah Lingkungan

Limbah memang memiliki sifat pencemaran. Dengan membuat kerajinan menggunakan limbah kayu, artinya kamu sudah membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Apalagi kita tahu bahwa pembuangan limbah sendiri berpotensi merusak lingkungan di sekitar masyarakat.

Saat sumber bahan kerajinan ini berasal dari limbah, maka tidak ada alasan pembuangan limbah secara sembarangan karena semua limbah akan terpakai ulang.

Dengan alasan ini, tidak heran jika penggunaan limbah kayu ini semakin disemarakkan untuk bahan dasar kerajinan kayu.

2.   Lebih Hemat Modal

Tidak hanya menguntungkan lingkungan alam, penggunaan bahan limbah kayu menjadi kerajinan ini juga dapat membawa keuntungan tersendiri untuk para pengrajin kayu tersebut.

Para pengrajin kayu pun jadi lebih hemat dalam mengeluarkan modal, karena bahan dasarnya limbah.

3.   Mudah Dibentuk

Kayu adalah salah satu bahan dasar kerajinan yang cukup mudah untuk dibentuk menjadi berbagai benda kesenian.

Menggunakan limbah kayu akan membuat pengrajin jauh lebih mudah mengolahnya menjadi berbagai bentuk kerajinan.

Baik itu yang siap dijual di pasaran maupun yang dipakai secara pribadi.

Dengan teksturnya yang mudah dibentuk ini, kamu juga bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk kerajinan dari limbah kayu yang unik. Apalagi tidak sedikit peminat benda seni hasil kerajinan kayu.

4.   Melestarikan Budaya Lokal

Indonesia memang sudah dikenal dengan beragam keseniannya, termasuk dalam produksi kerajinan lokal. Sebagian besar kerajinan lokalnya ini dibuat dengan bahan dasar kayu.

Dengan memanfaatkan limbah kayu, maka secara tidak langsung kamu sudah berusaha membantu melestarikan budaya lokal Indonesia.

Dengan berbagai bentuk kerajinan yang bisa dibuat dengan limbah kayu ini, kamu juga bisa sekaligus mengenalkan potensi Indonesia dalam berkreasi melalui benda-benda kerajinan.

5.   Menjadi Sumber Keuntungan Bernilai Ekonomi

Tidak hanya dijadikan sebagai bentuk perkakas rumah tangga, kerajinan berbahan dasar kayu bekas ini juga digunakan untuk membuat berbagai benda seni yang unik.

Salah satunya adalah sebagai souvenir pernikahan atau ulang tahun.

Saat ini banyak orang yang lebih berminat membeli souvenir unik dari kerajinan tangan.

Semakin meningkatnya minat masyarakat akan souvenir kerajinan tangan, maka kamu juga akan berpeluang mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Kerajinan limbah kayu ini memang dibuat dengan bahan modal yang murah. Namun jangan salah, setiap hasil kerajinan yang unik tersebut bisa dihargai dengan nilai rupiah yang cukup tinggi lho.

Kamu pun bisa mendapatkan untung yang jauh lebih banyak dibandingkan modal keluar.

6.   Mengurangi Angka Pengangguran

Ternyata, kerajinan tangan dari limbah kayu ini juga dapat membantu memberikan solusi negara bagi pengangguran lho. Pasalnya, mencari pekerjaan tetap sebagai pegawai kantor tidaklah mudah.

Nah dengan memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan kerajinan, maka kamu bisa membuka lahan bisnis baru dan peluang lowongan kerja baru bagi para pengangguran di Indonesia.

Jika nantinya peminat kerajinan dari limbah kayu ini semakin meningkat, maka kamu bisa membuka cabang usaha baru di lebih banyak tempat. Pengangguran yang begitu banyak pun bisa teratasi dengan lebih baik.

7.   Dapat Menambah Penghasilan Negara

Tidak hanya memakmurkan ekonomi masyarakatnya, penjualan kerajinan tangan dari limbah kayu ini juga dapat menaikkan perekonomian negara.

Hal ini karena setiap produk kerajinan yang telah jadi bisa dijual hingga ke luar negeri, alias diekspor.

Banyak juga mancanegara yang menyukai hasil olahan limbah kayu ini menjadi sebuah benda unik bernilai seni.

Penjualan kerajinan tangan ke mancanegara juga bisa memakan harga yang cukup tinggi, sehingga akan sangat menguntungkan.

8.   Sebagai Bahan Miniatur Perusahaan Besar

Salah satu properti perusahaan besar adalah miniatur bangunan perusahaan itu sendiri. Biasanya, pembuatan miniatur ini membutuhkan bahan-bahan kayu berkualitas agar tampak bagus dan kuat.

Nah kamu bisa memanfaatkan limbah kayu bekas sebagai bahan pembuatan miniaturmu.

Kamu bisa berkreasi sehebat mungkin untuk membuat miniatur yang keren hanya dengan modal limbah kayu. Tentu saja modal ini akan jauh lebih terjangkau dibanding kayu yang dibeli di pasar.

9.   Mainan Anak-Anak

Anak kecil tentu sangat menyukai yang namanya mainan. Beragam mainan saat ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Tak ayal banyak orang tua yang mencari jalan alternatif agar anaknya tidak meminta dibelikan mainan.

Namun kamu juga harus tahu bahwa mainan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan kinerja otak anak. Karenanya, kamu bisa manfaatkan limbah kayu ini sebagai bahan membuat mainan sendiri di rumah.

Dengan menggunakan limbah kayu ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Kamu hanya perlu melatih kreativitas untuk membuat beragam permainan anak menggunakan bahan dasar terjangkau yang satu ini.

10.  Perkakas Rumah Tangga

Selain bisa digunakan untuk membuat mainan anak, kamu juga bisa memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan pembuatan perkakas rumah tangga.

Perkakas yang dimaksud adalah meja, kursi, talenan, centong, kotak bumbu, dan lain sebagainya.

Beberapa Contoh dan Teknik Kerajinan dari Limbah Kayu Bekas

Beberapa Contoh dan Teknik Kerajinan dari Limbah Kayu Bekas

Ada banyak sekali bentuk kerajinan limbah kayu yang saat ini mulai beredar di pasaran. Beberapa kerajinan bentuk kerajinan tersebut dibuat dengan teknik yang berbeda-beda.

Nah untuk kamu yang ingin belajar membuat kerajinan limbah kayu, di bawah ini bisa kamu simak contoh kerajinan dari limbah kayu dan cara pembuatannya:

1.   Kerajinan Kotak Alat Tulis

Kerajinan Kotak Alat Tulis

Aneka kotak alat tulis memang sangat mudah ditemukan di pasaran. Harganya juga tergolong cukup terjangkau. Namun motif dan bentuk kotak tulisnya kebanyakan monoton dan membosankan.

Nah untuk memanfaatkan limbah kayu, kamu bisa berkreasi membuat beragam bentuk unik untuk tempat alat tulismu. Selain dipakai sendiri, kamu juga bisa berkreasi untuk dijual kembali sehingga kamu akan untung.

Untuk teknik pembuatannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah kriteria ukuran kotak alat tulis yang akan kamu buat. Pastikan setiap sisi memiliki ukuran yang seimbang.
  • Aplikasikan ukuran tersebut pada kayu potongan yang kamu miliki. Potong ulang limbah kayu tersebut sesuai dengan angka ukuran kotak alat tulis yang sudah kamu buat.
  • Buat lubang pada beberapa sisi atau bagian sesuai dengan desain kotak alat tulis yang ingin dibuat.
  • Pernis semua bagian kayu yang sudah dibentuk menjadi kotak alat tulis. Hal ini dilakukan agar tidak ada bagian serat kayu yang bisa melukai kulit.
  • Tambahkan engsel kecil sebagai alat buka tutup kotak alat tulis. Untuk tahapan ini lebih opsional, sehingga bisa kamu lakukan jika memang ingin membuat kotak alat tulis buka tutup.

2.   Kerajinan Kalender dari Limbah Kayu

Kerajinan Kalender dari Limbah Kayu

Kebanyakan kalender dibuat dengan bahan kertas. Tentu sangat membosankan bukan?

Jika kamu ingin memiliki kalender yang unik, maka kamu bisa membuat kalender dengan bahan limbah kayu. Kalender berbahan kayu akan terlihat lebih menarik dan unik.

Mungkin di pasaran juga sudah banyak dijual model kalender kayu ini, namun jika kamu ingin memiliki bentuk yang lebih unik dengan warna menarik, maka kamu bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan limbah kayu.

Beberapa tahapan pembuatan kalender kayu bisa kamu simak di bawah ini:

  • Siapkan kayu bekas dengan ukuran 1,4 inchi. Siapkan juga bahan lainnya seperti cat berbeda, gunting, kardus, spidol, dan lem.
  • Warnai 4 balok kayu bekas yang telah disiapkan. Warna masing-masing balok kayunya bisa kamu bedakan untuk hari, tanggal, bulan, dan tahun.
  • Potong kardus yang sudah disiapkan di awal. Potongan kardus yang harus kamu siapkan adalah berukuran 6 x 2,4 inchi sebagai alas.
  • Kemudian buat juga potongan berukuran 6 x 1 inchi sebagai bagian depan, 6 x 2,6 inchi sebagai bagian belakang, dan penyangga dengan ukuran 6 x 1,4 inchi sebanyak 2 potong.
  • Potong kardus lagi menjadi dua bagian sebagai cover penyangga kotak kalender, dan tutup bagian kalender yang masih berlubang. Warnai potongan kardus yang sudah menempel pada kalender, sesuai dengan selera. Jangan lupa tulis angka kalender.
  • Rekatkan tiap kotak kayu berwarna yang sudah terangkai dengan menggunakan lem. Kalender pun siap dipajang.

3.   Kerajinan Asbak dari Limbah Kayu

Kerajinan Asbak dari Limbah Kayu

Bagi kamu yang merupakan perokok aktif, kamu mungkin membutuhkan alat yang satu ini di rumah.

Asbak umumnya digunakan sebagai tempat hasil pembakaran rokok. Buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini bisa kamu catat dengan baik langkah pembuatannya:

  • Siapkan semua bahan dan alat. Bahan yang dibutuhkan adalah kayu bekas dan bambu bekas. Sedangkan alat yang dibutuhkan di antaranya adalah lem kayu, pisau, gergaji, dan gunting.
  • Buatlah kerangka kayu bekas berukuran lebar 2,5 cm dan panjangnya 12 cm.
  • Buat bentuk miring pada tiap ujung potongan papan kayu yang sudah kamu buat kerangka di atas. Buatlah hingga 8 potongan, hingga papan membentuk 2 kotak. Gunakan lem kayu untuk merekatkan tiap kotak kayu tersebut.
  • Bambu yang sudah disiapkan lantas dipotong tipis dengan panjang berukuran 7 cm.
  • Potongan bambu tersebut ditempel pada bagian atas dan bawah secara mengeliling dalam kerangka kayu tersebut. Gunakan lem kayu untuk menempelkannya.
  • Berikan pernis pada setiap sisi kerangka asbak yang telah jadi.
  • Potong lis bambu dan dan tempelkan pada tiap bagian asbak. Kerajinan tangan dari limbah kayu bekas berupa asbak ini, siap digunakan.

4.   Kerajinan Lampu Hias dari Limbah Kayu

Kerajinan Lampu Hias dari Limbah Kayu

Lampu hias yang terbuat dari kayu bekas/triplek ini akan mempercantik isi kamar di rumah kamu. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampu hias ini adalah kayu bekas atau triplek, lampu, dan tempat lampu.

Sedangkan untuk menunjang pembuatannya, kamu perlu menyiapkan alat seperti cutter, paku dan palu, cat, gergaji, lem, bor, dan amplas. Langsung saja, berikut di bawah ini teknik pembuatannya:

  • Siapkan semua bahan dan alat sesuai arahan di atas.
  • Jadikan triplek yang telah disiapkan menjadi 4 potong dengan ukuran masing-masing 30 x 13 cm.
  • Siapkan kerangka lampu dengan membuat potongan triplek menjadi 8 potong, masing-masing berukuran 14 x 3 cm.
  • Buat fitting lampu. Untuk membuat fitting ini, kamu perlu membuat potongan triplek lagi sebanyak 4 potong. Ukurannya sekitar 12 x 3 cm. Buat juga tatakan lampu dengan ukuran triplek 12 x 12 cm.
  • Buatlah lubang pada triplek yang menjadi kerangka lampu, kemudian rekatkan dengan lem kayu.
  • Kamu bisa memaku triplek kerangka yang telah tertempel, tujuannya agar lebih kuat dan tahan lama.
  • Amplas, hingga semua bagian serat kayu menghilang dan kayu menjadi lebih halus.
  • Warnai kerangka lampu hias yang telah jadi, gunakan warna yang sesuai dengan selera. Sebagai saran, sebaiknya berikan warna cat yang sama dengan tema warna kamar.
  • Taruh lampu ke dalam kerangka yang sudah jadi, pasang dan nikmati hasil kreasi kerajinan dari limbah kayu triplek berbentuk lampu hias ini.

5.   Kerajinan Casing HP dari Limbah Kayu

Nama Usaha Kerajinan untuk Pasar Lokal

Limbah kayu atau kayu bekas, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk alat elektronik.

Pasalnya, kerajinan dari limbah kayu dapat berupa casing HP yang unik. Aksesoris ini sudah cukup banyak diminati pengguna smartphone.

Dengan menggunakan casing kayu, kemungkinan HP kamu akan lebih aman saat terbentur atau saat terjatuh. Bahan yang dibutuhkan hanya kayu bekas dan lem kayu jika diperlukan.

Sedangkan alat yang bisa kamu siapkan adalah pemotong kayu/bor dan plitur atau pernis kayu.

  • Pertama-tama kamu perlu menyiapkan kayu dengan kerangka ukuran tempat HP yang sesuai dengan targetmu. Kamu bisa mencari tahu ukuran casing yang biasa digunakan pada beberapa HP.
  • Potong dan bentuk kayu bekas menjadi bentuk casing HP yang sesuai dengan ukuran yang sudah diperkirakan. Buat potongan untuk alas badan HP dan untuk bagian pinggiran HP.
  • Gunakan bor atau pemotong kayu untuk membuat bagian sisi atas, bawah dan samping casing. Gunakan bor juga untuk membuat lubang bagian space kamera pada alas badan HP.
  • Gunakan pernis untuk memperhalus dan mempercantik casing HP yang sudah jadi. Tempelkan potongan kayu alas badan HP dan potongan kayu untuk pinggiran HP, rekatkan menggunakan lem kayu.
  • Untuk menambah kesan indah, kamu bisa tambahkan gambar atau tulisan menggunakan cat dan kuas kecil untuk mengukir gambar dan tulisan.

Berbagai kerajinan kayu dari limbah kayu di atas bisa menunjang kebutuhan kamu sendiri. kamu juga bisa memanfaatkannya untuk ide usaha/bisnis barumu.

Saat ini memang sudah banyak sekali kerajinan yang dibuat dengan kayu, namun peminat kerajinan tersebut juga tidak sedikit.

Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dan menjadikan limbah kayu sebagai bahan terbaik yang bisa kamu gunakan.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kerajinan Tangan dari Woll

Admin
7 min read

Kerajinan dari Uang Mainan

Admin
7 min read

Kerajinan dari Undangan Bekas

Admin
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *