Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca – pastinya sebagian dari anda sudah mengetahuai apa itu kain perca? Ya, kain perca dapat berasal bahan apa saja. Karena terbentuknya kain perca bisa berasal dari sisa penggunaan yang sudah tidak terpakai pada sebuah kain pembuatan pakaian.

Sehingga menurutnya bagi perusahaan konveksi atau bagi pabrik garmen, kain perca adalah salah satu jenis limbah yang harus dibuang. Umumnya dengan jumlah yang begitu banyak, sehingga bagi setiap pabrik konveksi atau garmen mengalami kesulitan dalam untuk pengelolaannya.

Namun dalam hal itu ada juga dari beberapa orang yang mampu menganggapnya bahwa kain perca adalah barang yang ekonomis dan mampu memberikan Anda sebuah keuntungan yang begitu besar.

Karena pada dasarnnya kain perca mampu diolah kembali menjadi berbagai kerajinan tangan seperti sofa, bantal, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Selain itu, kain perca juga memiliki motif dan keunikan yang memukau jika dipadukan dengan bahan lain. Seperti apa penjelasannya Yuk, simak ulasan dibawah ini.

Daftar isi

Apa Itu Kain Perca?

kerajinan dari kain perca

Kain perca adalah sebuah kain yang berasal dari potongan-potongan kain besar dengan kata lain atau potongan kain yang sudah tidak terpakai. Bahan kain perca dapat berasal dari jenis bahan apa saja.

Biasanya jenis kain perca pada sebagian orang dimanfaatkan kembali untuk dijadikan bahan kerajinan-kerajinan yang unik. Untuk membuat kerajinan dari kain perca, maka anda juga perlu memahami dalam teknik menjahit kain perca yang benar.

Apabila anda dapat mempelajari teknik menjahit kain perca yang baik dan benar, maka Anda pun sudah dipastikan pasti bisa membuat berbagai kerajinan yang menarik dan unik dari kain perca.

Selain dapat membuat berbagai kerajinan yang unik, maka dengan begitu anda pun sudah melakukan daur ulang pada sebuah limbah kain perca. Sangat menarik bukan? Ide tersebut.

Pengertian Kerajinan Kain Perca

Kain perca adalah satu satu jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat suatu kerajinan yang unik. Biasanya kain perca sangat mudah sekali ditemukan terutama pada tukang jahit atau pada perusahaan konveksi atau garmen.

Kain perca merupakan jenis kain sisa yang berasal dari potongan-potongan kain yang sudah tidak digunakan lagi. Namun dalam hal ini, bukan berarti kain perca sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Namun jika anda mampu memanfaatkan kain sisa tersebut maka hal itulah yang akan bisa menjadikan salah satu peluang usaha bisnis anda. Karena pada dasarnya sebuah kerajinan tangan memiliki harga nilai yang tinggi termasuk kerajinan kain perca ini.

Sejarah Kain Perca

Berdasarkan sejarahnya, bahwa sebuah kerajinan dari kain perca memang sudah ada sejak tahun 5 ribu.an yang lalu. Pada abad 11 s.d 12, banyak orang yang menggunakan kain perca sebagai salah satu bahan kreasi kerajinan untuk kebutuhan dalam sehari-hari seperti halnya dengan selimut, baju, dan jenis pakaian lainnya.

Dan pada abad ke-19 bahwa sejak adanya berkembangnya kerajinan kain perca dari Eropa, Amerika, China, dan Mesir. Kini kerajinan kain perca mengalami perkembangan hingga dengan cepat bisa menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kerajinan Kain Perca

Tahukah anda? Bahwa kain perca adalah kain bekas limbah yang sudah tidak digunakan lagi, biasanya jenis kain perca ini sangat mudah ditemukan teruma pada perusahaan konveksi atau garmen.

Jenis kain perca meski menurutnya seperti bahan sisa yang sudah tidak bisa terpakai lagi. Namun sebenarnya jenis bahan kain perca malah justru bisa dimanfaatkan menjadi berbagai kerajinan-kerajinan lainnya.

Banyak sekali yang dapat anda manfaatkan dari bahan kain perca selain dapat dimafaatkan sebagai salah satu bahan untuk kerajinan. Anda juga dapat menjadikan hal tersebut sebagai salah satu bisnis anda. Apalagi saat ini sebuah kerajinan memiliki nilai harga yang cukup tinggi.

Kerajinan dari Kain Flanel

Contoh Kerajinan Kain Perca

contoh kerajinan dari kain perca

Tentu sudah terbanyang bukan? Untuk seperti apa saja, hasil dari sebuah kerajinan perca. Maka, berikut ini adalah contoh-contoh hasil dari kerajinan yang berbahan kain sisa atau yang dikenalnya kain perca. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kerajinan Selimut Kain Perca

Selimut adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi terutama untuk tidur. Anda dapat membuatnya, dengan cara menggunakan bahan kain perca yang unik sesuai selera anda.

Untuk mencari bahannya, anda dapat mencarinya di sebuah tukang penjahit atau di sebuah tempat konveksi atau garmen. Disitu bisanya banyak ditemukan bahan kain perca yang sudah tidak digunakan lagi.

Dengan bentuk dan motif unik yang dimilikinya, maka hal tersebut dapat membangkitkan rasa mood terutama untuk setiap orang yang menggunakannya. Dengan hal tersebut maka banyak orang yang akan mendapatkan tidur nyaman dan nyenyak.

  1. Kerajinan Kursi Makan Kain Perca

Kursi makan merupakan salah satu hal penting yang harus terpenuhi, jika tidak bagaimana jadinya ketika anda mau makan, pastinya tidak enak bukan? Masak makan sambil berdiri apa jadinya.

Untuk menambah selera dan nuansa maka, tidak ada salahnya jika anda menghadirkan kerajinan kursi makan dari kain perca. Untuk membuatnya anda cukup memanfaatkan kursi biasa saja. Lalu anda hanya cukup sedikit menambahkan kain perca, guna untuk melapisinya.

Maka jadilah sebuah kursi makan yang penuh dengan nuansa yang indah ini.

  1. Kerajinan Bantal Kain Perca

Bantal dengan kain perca merupakan salah satu ide kerajinan yang kreatif. Dengan ini anda sudah dapat membuat kerajinan yang unik dan menarik. Untuk membuat kerajinan bantal dari kain perca.

Maka anda harus mempersiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu. Untuk bahannya anda dapat memanfaatkan kain-kain bekas yang berasal dari potongan-potongan kain besar, biasanya ditempat konveksi atau garmen banyak sekali ditemukan kain-kain tersebut.

  1. Kerajinan Sofa Kain Perca

Sofa merupakan tempat duduk yang terbilang modern, serta nyaman, dan enak ketika didudukinya. Anda dapat membuatnya sofa tersebut dengan menggunakan bahan kain perca.

Anda dapat menyusun dan melapisinya pada luasnya dengan menggunakan kain perca dan tidak lupa tambahkan busa pada bagian sofa tersebut. Agar hasil yang didapat bisa terasa empuk dan nyaman.

Selaian itu bahan kain perca juga memiliki sifat yang lembu, adem, dan bisa menyerap keringat. Dengan begitu sofa dapat selalu dipakai dalam jangka waktu lama dan akan tetap terasa nyaman meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu panjang.

  1. Kreasi Bed Cover dari Kain Perca

Bed cover adalah salah satu komponen yang terbilang penting terutama untuk digunakan pada rumah tangga. Karena motif yang beragam, maka bed cover pun terasa berbeda baik bentuknya maupun kenyamananya.

Untuk membuatnya anda hanya perlu menggunakan bahan kain perca atau bekas kain sisa potongan-potongan yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk mencarinya anda hanya perlu pergi ketempat penjahit atau tempat konveksi, biasanya disitu banyak sekali kain perca yang tidak digunakan lagi.

  1. Kreasi Gorden dari Kain Perca

Sebuah kreasi gorden umumnya banyak sekali peminatnya, karena gorden sendiri memiliki motif yang unik. Dari sebuah keunikan tersebut maka akan membuat tampilan pada rumah Anda semakin terlihat indah dan menawan.

Gorden dari kain perca adalah salah satu jenis kerajinan yang tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis anda.

Hasil kerajinan gorden dari kain perca memang pada dasarnya memang tidak mudah, namun jika apabila anda mampu menyelesaikan kerajinan tersebut, maka dengan demikian hasil dari kerajinan tersebut akan memiliki nilai yang terbilang sagatlah tinggi.

  1. Kerajinan Karpet Kain Perca

Karpet dari kain perca adalah salah satu jenis aksesoris yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Anda dapat menyatukan mulai dari berbagai jenis kain guna untuk menciptakan pola karpet yang menawan.

Motif kain tersebut akan sangat sangat cocok apabila diletakkan di rumah- di rumah karena motif yang dimilikinya memiliki unsur keindahan yang memukau.

Untuk mendapatkan unsur keindahan maka motif karpet harus dapat disesuaikan dengan warna dinding yang digunakannya, tujuan tersebut agar bisa mendapatkan keindahan atau atmosfer yang memukau.

  1. Hiasan Dinding dari Kain Perca

Hiasan dinding adalah salah satu hiasan yang juga cukup menarik perhatian, selain dapat menambah suasana pada rumah juga ternyata dapat menambah kecantikan pada dinding rumah anda, jadi sangat indah jika dipandangnya.

Dalam hal ini anda dapat membuatnya hiasan dinding tersebut dengan menggunakan kain perca. Anda hanya cukup mengumpulkan kain perca serta bahan-bahan lainnya. Untuk membuatnya sendiri anda dapat menyesuaikan sessuai selera anda.

  1. Kerajinan Gantungan Kunci dari Kain Perca

Gantungan kunci merupakan jenis aksessoris yang biasanya banyak digunakan untuk sebagai pembatas, dengan tujuan agar kunci tersebut tidak gampang hilang, selain itu dengan adanya gantungan kunci, kunci pun dapat mudah dikenali dan mudah dibedakan.

Sehingga anda tidak akan kebingungan jika ingin menggunakan dari salah satu kunci yang ada. Supaya nampak unik dan tidak gampang tertukar, maka Anda pun dapat membuatnya dengan bahan yang unik yakni kain perca.

Anda dapat memahaminya dengan cara melipatkan pada sebuah kain perca untuk dijadikan sebagai objek dengan menyerupai segitiga, kotak dan lainnya.

  1. Kerajinan Bandana dari Kain Perca

Sebuah bandana adalah jenis aksessoris yang biasanya digunakan oleh para kaum wanita, yang biasa dipakai pada bagian kepalanya. Untuk membuat kerajinan bandana tersebut, anda dapat menggunakannya dengan bahan kain perca.

Cara membuatnya pun terbilang mudah, Anda cukup melipatkan pada kain perca tersebut menjadi dua bagian. Lalu untuk bagian ujungnya jangan lupa untuk menambahkan karet, supaya dapat menempel pada bagian kepala kita.

Jangan lupa untuk mengukur kepada Anda, supaya nantinya karet tidak kekecilan atau kependekan. Numun, anda dapat juga memakai karet yang berukuran sedikit besar. Agar hasil bandana tersebut dapat awet dan tahan lama ketika dipakainya.

Untuk motifnya biasanya bandana memiliki banyak motif yang begitu beragam. Sehingga bandana memiliki daya Tarik tersendiri terutama pada kaum wanita.

  1. Boneka dari Kain Perca

Boneka merupakan sesuatu yang banyak di sukai oleh kaum wanita, selain disukai, boneka juga bisa membuat nyaman dan juga menggemaskan. Sehingga boneka tersebut memiliki nilai jual yang tinggi tergantung jenis bonekanya juga.

Untuk membuatnya ada bermacam-macam. Namun pada kali ini boneka tersebut terbuat dari bahan kain perca, yang tentunya memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Untuk membuat boneka ini memang sangat membutuhkan waktu yang terbilang lama.

Karena dalam pembuatanya juga memerlukan bahan aksessoris lainnya contoh seperti kancing, bola mata, dan masih banyak lagi.

  1. Kerajinan Tas dari Kain Perca

Tas merupakan salah satu kebutuhan sekolah yang harus dipenuhi, supaya anda tidak kerepotan dalam membawa barang bawaan pada saat sekolah terutama untuk alat-alat sekolah seperti buka, pensil, penggaris, dan masih banyak lagi.

Kerajinan dari tas ini memiliki peluang bisnis usaha yang terbilang sangat menguntungkan jika anda mau membuat tas ini. Apalagi yang membutuhkan tas tidak hanya anak sekolah saja. Namun, dari semua kalangan tentuny sangat memerlukan tas guna untuk membawa barang bawaanya.

Agar Nampak terlihat lebih unik, mungkin anda dapat menciptakan sebuah tas dengan bahan dari kain perca yang tentunya tidak kalah dengan kerajinan lain.

  1. Tas Handphone dari Kain Perca

Pada kenyataanya banyak orang yang sangat membutuhkan tas handphone, apalagi tas handphone merupakan salah satu benda yang termasuk sebagai pelengkap fashion dan juga termasuk tempat organizer.

Dengan terciptanya tas handphone ini. Maka, gaya dalam berpakaian Anda pun terlihat Nampak semakin menawan. Selain Nampak menawan, handphone pun bisa lebih jadi aman dan mudah untuk di bawa kemana-mana.

Tas handphone seperti yang sudah diketahui tentunya memiliki ukuran yang terbilang kecil sehingga Anda pun dapat membuatnya dengan bahan dari kain perca. Selain itu anda pun dapat memadukanya motif kain perca dengan motif lainnya.

Agar tas handphone bisa lebih nampak menarik dan unik. Dan lupa dalam membuatnya untuk menambahkan sebuah tali, agar nantinya dapat digunakan dengan mudah.

Kerajinan dari Tekstil

  1. Kreasi Alat Bantu Masak dengan Kain Perca

Pada umumnya alat bantu untuk memasak terbuat dari kain yang biasa terdapat kain dan busa, hal tersebut agar hasil Nampak lebih tebal.

Biasanya dalam membuat alat bantu masak sangat memerlukan banyak kain, sehingga mungkin kain perca ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan alat bantu masak.

  1. Aneka Kreasi Bros dari Kain Perca

Sebuah kain perca memang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan lainya, hal ini menjadikan kain perca dapat dijadikan salah satu bisnis anda. Ditambah lagi kain perca memiliki harga yang terbilang murah dan mudah untuk ditemukan.

Sehingga anda bisa memanfaatkan kain perca ini dengan modal yang kecil namun tetap menguntungkan, ditambah lagi hasil dari kerajinan kain perca ini terbilang mahal. Jadi sangat besar sekali bukan? Jika anda bisa membuat kerajinan dari kain perca ini.

Salah satunya anda dapat membuat kerajinan bros dari kain perca. Untuk membuatnya anda hanya perlu membutuhkan bahan kain perca serta anda hanya perlu memerlukan sedikit keterampilan saja. Maka dengan begitu anda sudah bisa membuka bisnis yang mudah ini.

  1. Baju Masak dari Kain Perca

Baju masak merupakan baju yang biasanya digunakan untuk keperluan khusus memasak saja. Bisanya baju ini banyak ditemukan di toko-toko atau di pasar-pasar dengan harga yang terjangkau. Untuk membuatnya anda dapat menggunakan bahan kain perca.

Dengan begitu anda sudah dapat membuatnya sendiri. Selain itu anda hanya tinggal membentuk baju yang menyerupai baji masak seperti pada umumnya dan anda hanya cukup sedikit menjahitnya saja. Maka jadilah baju masak yang unik dan menawan yang berasal dari kain perca ini.

  1. Kolase dari Kain Perca

Kolase adalah sebuah kerajinan dengan bentuk objek yang berasal dari bahan tertentu, umumnya sebuah kerajinan kolase dijadikan sebagai salah satu pajangan yang unik. Dan biasanya hasil dari kerajinan kolase tersebut akan dibalut dengan menggunakan bingkai foto yang Nampak menawan.

Kerajinan kolase sendiri terbilang cukup menarik, karena kolase tersebut dapat disusun dengan memanfaatkan bahan-bahan lain termasuk kain perca. Untuk membuatnya anda dapat menyesuaikan sesuai pola yang diinginkan, contoh seperti gambar bunga.

Lalu buatlah satu persatu pada komponennya misal seperti batang, lalu daun, dan susunlah sesuai pola yang sudah ditentukanya. Anda juga dapat menempel kain perca dengan lem biasa.

  1. Kreasi Kalung dari Kain Perca

Kalung merupakan salah satu jenis aksessoris yang biasa dipakai oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Kerajinan kalung tidak hanya dibuat dengan bahan kayu, plastic, dan lainya. Namun kalung juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain.

Salah satunya bahan kain perca, seperti contoh pada kerajinan yang satu ini. Bagi para penggemar kalung, tentunya kalung memiliki daya Tarik sendiri, apalagi kalung juga dapat menjadikan anda menjadi lebih menawan dan bikin keren.

  1. Kerajinan Kaset Lucu dari Kain Perca

Mungkin pada kerajinan yang satu ini mungkin anda sering menemuinya, yak kerajinan kaset lucu yang terbuat dari kain perca biasanya mudah ditemukan pada rumah-rumah anda. Biasanya kerajinan yang satu ini sering dijadikan sebagai kerajinan hiasa pada rumah-rumah.

Untuk membuatnya anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar, anda cukup memerlukan bahan bekas dari kaset dan kain perca yang sudah tidak terpakai. Dengan begitu anda pun sudah bisa membuatnya dengan cara keinginan pola sendiri.

  1. Dompet dari Kain Perca

Tentu anda sudah mengerti apa itu dompet. Ya, dompet merupakan salah satu benda aksessoris yang biasa digunakan untuk menyimpan uang, atm, dan lainnya. Dompet sendiri merupakan hal yang penting untuk dimilikinya.

Bagaimana tidak? Coba bayangkan jika anda tidak memiliki dompet pasti terasa tidak enak bukan. Pastinnya anda akan bingung untuk menyimpan-menyimpang seperti uang dan lainnya, apalagi ketika bepergian.

Selain itu dompet biasanya berasal dari bahan lain seperti kulit dan lainnya. Namun, pada kerajinan yang satu ini dompet terbuat dari bahan kain perca yang memiliki keunikan dan daya Tarik tersendiri, yang tentunya tidak kalah menarik dengan kerajinan lainnya.

Kerajinan Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Berikut kerajinan dari kain perca yang kali ini tanpa menggunakan mesin jahit, untuk lebih jelasnya simak penjelasan tutorial di bawah ini.

Kerajinan dari Kain Perca Batik

Batik merupakan salah satu kerajinan yang terbilang menarik dan banyak peminatnya, sehingga tidak heran jika batik memiliki banyak nilai seni yang tinggi. Seperti contoh pada gambar diatas kerajinan batik dari kain perca yang tentunya memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Kerajinan dari Kain Perca Bunga

Sebuah bunga, adalah salah satu hal yang indah serta banyak sekali yang meminatinya baik dari kalangan anak-anak maupun remaja. Sehingga tidak heran jika sebuah bunga sering dijadikan sebagai salah satu hadiah yang special.

Ciri-Ciri Kain Perca

Ciri-ciri kain perca pada dasarnya memiliki karakteristik tersendiri yang tertentunya berbeda dengan kain biasanya. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan dibawah ini:

  1. Berbentuk Potongan

Seperti yang sudah diketahui bahwa kain perca memiliki bentuk menyerupai potongan-potongan kain sisa yang sudah tidak terpakai. Biasanya kain perca tersebut akan dijadikan salah satu bahan untuk kerajinan tangan.

  1. Berukuran Kecil

Memiliki ukuran kecil, kerena pada dasarnya kain perca berasal dari potongan-potongan kain besar. Sehingga tidak heran jika kain perca memiliki ukuran yang kecil. Meskipun ukuranya kecil kain perca tersebut sangat mudah untuk dijadikan sebagai bahan untuk kerajinan yang unik dan menarik.

  1. Ukuran Tidak Sama Rata

Memiliki ukuran yang tidak sama rata, wajarlah karena pada dasarnya kain perca sendiri berasal dari potongan-potongan kain besar. Sehingga tidak heran jika kain perca memiliki ukuran yang tidak sama rata.

  1. Memiliki Motif yang Tidak Beraturan

Tentunya dalam setiap pabrik konveksi atau garmen akan terdapat kain perca atau kain bekas potongan yang sudah tidak terpakai lagi dengan berbagai ragam motif.

Untuk oleh sebab itu maka anda harus dapat bisa memahami bagaimana cara mengelola kain perca tersebut agar dapat menjadi kerajinan yang unik dan menarik.

Kerajinan dari Akrilik

Manfaat Kain Perca

Banyak manfaat yang didapat dari kain perca, salah satunya dapat dijadikan sebagai usaha atau bisnis anda dalam bidang kerajinan tangan. Dengan modal yang terbilang kecil namun usaha ini memiliki peluang yang terbilang besar dan tentunya menjanjikan.

Untuk menjalankan usaha yang satu ini juga terbilang mudah atau tidak begitu sulit. Anda mungkin menjalankan bisnis ini dengan cepat. Untuk lebih jelasnya simak beberapa penjelasan beserta hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Temukan Ide Kerajinan

Agar hasil kerajinan anda memiliki nilai jual yang tinggi, maka yang pertama anda lakukan adalah harus bisa menemukan ide kerajinan yang menurutnya baik dan banyak peminatnya contohnya seperti kalung, gelang, tas, dan masih banyak lagi

  1. Mengasah Teknik Penjahitan Kain Perca

Apabila anda sudah menemukan ide kerajinan yang ingin dibuat, maka selanjutnya anda harus dapat mengasah kemampuan teknik dalam pembuatan dengan benar.

Karena hal ini, nantinya akan membuat anda mampu berkembang sesuai dengan teknik yang di inginkan. Dengan demikian maka anda akan bisa menciptakan kerajinan yang unik dan tentunya memiliki nilai yang tinggi.

  1. Mempersiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Tentunya supaya ide dapat terwujud, tentu anda harus bisa memenuhi semua perlengkapan yang dibutuhkanya, sesuai dengan ide yang ingin dibuatnya.

Tujuan tersebut agar anda bisa dengan segera membuat kreasi kerajinan yang menjanjikan dan serta memiliki harga jual tinggi, hal tersebut memang sudah menjadi target dari setiap pembuat kerajinan.

  1. Membangun Kerja Sama Antar Sesama Pengusaha

Untuk menjalin kesuksesan maka anda juga harus bisa menjalin hubungan baik dengan sesame pengusaha, tujuan ini agar nantinya bisa dengan mudah membangun bisnis dengan mudah dan bisa saling menguntungkan.

Harga Kain Perca

Setiap daerah tentunya memiliki harga jual kain perca yang berbeda-beda semua tergantung dengan kualitas barang tersebut. Untuk harga pada umumnya yakni kisaran Rp 12.000 – Rp 15.000 / Kilonya.

Kekurangan Kain Perca

Meskipun kain perca ini sering digunakanya, namun kain perca juga mempunyai kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari kain perca. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah kain perca

Dalam hal ini memang membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama, karena anda harus faham dengan pengetahuan lainnya seperti teknik pembuatanya, teknik pemprosesanya dengan baik dan benar, serta mempu mengalisa hasil yang sesuai kebutuhan.

  1. Produktivitas rendah

Memang dalam hasil kerajinan kain perca ini memiliki produktivitas yang terbilang cukup rendah, karena pada dasarnya Anda akan memerlukan waktu yang lama dalam menciptakan kerajinan dari kain perca.

Sehingga dalam waktu tertentu anda hanya bisa membuat kerajinan dari perca yang terbilang hanya beberapa saja. Meskipun begitu namun, anda tetap bisa memakai cara PO dalam pembuatan kerajinannya.

Kelebihan Kain Perca

Setiap bahan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Untuk kelebihanya dari bahan kain perca yakni memiliki keuntungan besar terutama bagi seluruh masyarakat.

Bagaimana tidak? Karena pada dasarnya kain perca dapat dimanfaatkan untuk sebagai salah satu bahan kerajinan tangan. Selain itu dari hasil tersebut juga ternyata ada manfaat lain, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Mengurangi Limbah Pabrik Kain

Dapat mengurangi limbah pabrik, bagaimana? Tidak, dapat anda bayangkan dari bahan yang awalnya mungkin tidak terpakai lalu dibuang. Dengan begitu tentu akan menjadi salah satu masalah bagi pabrik, karena harus membuang limbah pabrik.

Namun, dengan adanya kegiatan kerajinan yang memanfaatkan kain perca atau kain bekas potongan sisa. Sehingga mampu menciptakan kerajinan yang terbilang penuh dengan manfaat. Selain dapat mengurangi limbah juga dapat dijual dipasaran-pasaran.

  1. Mudah Didapatkan

Jenis kain perca memang sangat mudah sekali ditemukan ditempat-tempat tertentu terutama pada perusahaan konveksi atau garmen biasanya disana banyak sekali kain perca. Dengan begitu anda dapat memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Dapat Dimanfaatkan Sebagai Peluang Bisnis

Kelebihan lain dari hasil kerajinan kain perca juga dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk anda. Bagaimana? Tidak, coba bayangkan saja, dari berbagai banyaknya kain perca yang murah dan mudah untuk ditemukan.

Juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk berbagai kerajinan lain. Sudah terbanyang bukan? Apalagi sebuah kerajinan memiliki nilai jual yang tinggi. Dari situlah sudah bisa dibayangkan bahwa kerajinan dari perca memiliki peluang usaha.

Cara Mudah Membuat Kerajinan Kain Perca

Berikut cara membuat kerajinan dari kain perca, untuk lebih lengkapnya anda dapat menyimak sedikit penjelasan seperti dibawah ini:

Kreasi Kain perca Untuk Pemula

Inilah kreasi-kreasi kerajinan dari kain perca untuk pemula, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tas dapat dengan mudah sekali ditemukan dipasar-pasar tradisional maupun pasar modern. Untuk membuat membuatnya kerajinan tas anda bisa menyimaknya seperti dibawah ini.

Bahan-bahan Kerajinan Tas dari Kain Perca

  1. Kain perca
  2. Ritsleting
  3. Mesin jahit
  4. Kain polos untuk furing pada bagian dalamnya

Cara Membuat Kerajinan Tas dari Kain Peca

  1. Ukur dan potong kain perca dua buah dengan ukuran 50×50 cm.
  2. Siapkan pula kain perca dengan berukuran 5×50 cm.
  3. Jahitlah kain perca dengan ukuran 5×50 cm, nantinya ini sebagai bawahan pada tas.
  4. Jahitlah kain polos tersebut, karena nanti jahitan ini akan menjadi sebagai furing terutama pada bagian dalam tas.
  5. Jangan lupa pasang ritsleting untuk bagian atas tas, karena bagian ini akan menjadi penutupnya.
  6. Buatlah tali pada tas caranya dengan menjahit kain perca tersebut. Ukuran tali 100×5 cm atau bisa selera pada bagian sisi kanan dan kiri tas.

Nah, dengan begitu anda sudah dapat membuat tas sesuai dengan selera anda. Untuk membuat hasil yang lebih unik dan menarik anda dapat menambahkan juga aksessoris-aksessoris lainnya.

  1. Cara Membuat Kerajinan Tangan Kolase dari Kain Perca

Berikut contoh cara membuat kerajinan kolase dari kain perca. Untuk cara membuatnya simak ulasan dibawah ini:

Alat dan Bahan Kerajinan Kolase dari kain Perca

  1. Lem
  2. Gunting
  3. Siapkan Penggaris
  4. Kain Perca
  5. Benang dan juga Jarum
  6. Dan Papan.

Langkah dan Cara Membuatnya

  • Siapkan kain perca dengan bentuk lingkaran dan ukuran diameter 5 cm.
  • Jahit pada bagian pinggir kain perca.
  • Tempelkan bulatan-bulatan atau biji-bijian pada papan sesuai bentuk yang diinginkan.
  • Buat daun dan tangkai sesuai dengan keinginan anda, lalu tempelkan hingga menjadi satu.
  • Maka, jadilah kerajinan kolase dengan bentuk bunga dan berasal dari kain perca.
  1. Cara Membuat Boneka dari Kain Perca

Berikut contoh cara membuat kerajinan boneka dari bahan dasar kain perca. Untuk membuatnya simak pada ulasan dibawah ini.

Alat dan Bahan Membuat Boneka dari kain Perca

  1. Siapkan kain perca
  2. Jarum pentol
  3. Lilin tembak
  4. Lem lilin
  5. Dakron
  6. Flanel sebagai hiasan
  7. Spidol, pensil serta penghapus.

Langkah dan Cara Membuatnya

  1. Pertama buatlah pola pada kertas HVS.
  2. Gunting pada kertas tersebut sesuai bentuk yang diinginkan.
  3. Lalu cetaklah pada kain perca tersebut.
  4. Lalu gunting lagi sesuai dengan polanya.
  5. Gunakanlah pola yang sudah dibuatnya lalu cetak pada kain perca tersebut, dan guntinglah sesuai dengan polanya.
  6. Jahitlah sesuai polanya hingga berbentuk boneka.
  7. Kasihkan lubang, tujuanya untuk memasukkan isinya tersebut.
  8. Coba masukkan isi tersebut dengan meggunakan dakron atau dengan menggunakan potongan-potongan kain perca.
  9. Tambahkan seperti mulut, mata, dan lainnya, agar nampak nyata.
  10. Anda juga dapat menambahkan hiasan-hiasan lain seperti kain flannel.

Tips Membuat Kerajinan Kain Perca

Coba gunakanlah pola dan warna kain perca yang memiliki pola dan warna yang berbeda dan menarik. Hal ini agar hasil yang didapat bisa lebih indah dan keren lagi.

Nah, begitulah penjelasan-penjelasan mengenai kerajinan dari kain perca beserta manfaat, dan teknik dalam membuatnya. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Kerajinan dari Wadah Oli

Avatar Dee
5 min read

Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bikin Sukses

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial adalah mendirikan perusahaan. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan diperlukan persiapan yang sangat matang. Salah satunya yaitu...
Avatar Dee
9 min read