Kerajinan dari Kain Flannel

Kerajinan dari Kain Flannel – Tahukah anda? Bahwa kain flanel merupakan kain yang dapat dijadikan bahan untuk kerajinan tangan. Kain flannel memiliki sifat bahan yang teksturnya lembut dan memiliki warna yang menarik, unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan seni kerajinan.

Selain itu, kain flannel biasanya dapat dengan mudah di temukan di toko mana saja, mungkin kesempatan ini lah yang dapat anda manfaatkan untuk membuka sebuah usaha kerajinan yang berbahan dasar kain flannel.

Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan dibawah ini

Daftar isi

Pengertian Kerajinan dari Kain Flannel

Kerajinan dari kain flanel

Kain flanel merupakan suatu bahan kain yang biasa sering digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan. Kain flannel memiliki sifat yang teksturnya lembut dan memiliki banyak warna menarik.

Selain itu, pengertian dari kerajinan kain flannel sendiri merupakan suatu kegiatan dalam tujuan untuk membuat sebuah kerajinan dengan bahan dasar dari kain flannel.

Teknik Kerajinan dari Kain Flannel

Berikut cara yang mungkin berbeda dalam membuat sebuah kerajinan dari kain flannel. Sehingga Anda dapat memotong bahan kerajinan kain flanel sesuai dengan seleranya.

Dari beberapa ide kreatif kerajinan kain flannel ini, juga ternyata tidak memerlukan jahitan, namun hasil tetap dapat terlihat sempurna, untuk selengkapnya anda bisa simak dibawah ini, mengenai ide kreatif kerajinan dari kain flannel.

Ide Kreasi Kerajinan Bunga dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel bunga

Berikut merupakan ide-ide kreasi kerajinan kain flannel yang berbentuk bunga, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bunga Mawar dari Kain Flanel

Kerajinan bunga dari kain flannel merupakan hasil kerajinan tangan yang berbahan utama dari kain flannel. Kerajinan bunga mawar ini memiliki keunikan tersendiri, bagaimana tidak?

Karena biasanya kerajinan bunga hanya berasal dari plastic, namun untuk yang satu ini berasal dari kain flannel, bukankah sangat berbeda dan unik bukan.

  1. Hiasan Bunga dari Kain Flanel

Selain dapat dijadikan sebagai kerajinan biasa, ternyata hasil dari kerajinan bunga juga dapat dijadikan sebagai salah satu benda hias terutama untuk mempercantik ruangan rumah.

Kerajinan bunga ini juga memiliki keunikan dan ketertarikan sendiri, selain bahannya yang lembut ternyata bahan dari kain flannel juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan-kerajinan lain.

  1. Bros Bunga Kain Flanel

Kerajinana bros Bunga dari Kain flanel juga memiliki kesempurna dan keunikan tersendiri. Apalagi kerajinan yang satu ini memanfaatkan beberapa potongan bekas dari kain flannel, sangat kreatif bukan?

Biasanya kerajinan bros bunga ini sering digunakan untuk menambah kemewahan pada suatu benda yang biasa di pakai seperti contoh topi, jaket, dan masih banyak lagi.

  1. Hiasan Bantal Berbentuk Bunga Mawar

Biasanya kerajinan bantal yang satu ini lebih banyak kita temukan di dalam rumah-rumah. Ya, tentu anda sudah tahu itu masak kita tidur tidak menggunakan bantal gimana rasanya? Mungkin sangat tidak enak bukan.

Namun kali ini kerajinan bantal dengan bentuk bunga mawar memiliki keunikan dan ketertarikan yang terbilang banyak peminatnya. Apalagi kerajinan yang satu ini berasal dari kain flannel, yang memiliki tekstur lembut. Sehingga kerajinan yang satu ini sangat enak jika digunakan untuk tidur anda.

  1. Kerajinan Bunga Melati dari Kain Flanel

Kerajianan bunga melati merupakan salah satu kerajinan yang juga banyak diminati oleh banyak orang, salah satunya kerajinan bunga melati ini sering digunakan untuk hiasan-hiasan atau benda kebutuhan lainnya.

Kerajinan Dari Rotan

Ide Kreasi Kerajinan Boneka dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel boneka

Berikut merupakan hasil kerajinan-kerajinan boneka yang berasal dari bahan utama kain flannel, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Boneka dari Kain Flanel

Mungkin sangat cocok jika kerajinan boneka dari bahan kain flannel ini, untuk dijadikan sebagai hadiah untuk adek atau untuk orang tersayang anda. Apalagi kerajinan boneka ini memiliki keunikan tersendiri.

Ada banyak sekali kerajinan-kerajinan boneka yang anda dapat dijadikan sebagai salah satu hadiah special untuk orang tersayang.

  1. Boneka Lucu dari Kain Flanel

Kerajinan boneka lucu merupakan salah satu kerajinan yang sangat cocok untuk dijadikan seperti teman tidur, hadiah special, dan masih banyak lagi. Apalagi boneka lucu ini juga banyak peminatnya terutama pada kalangan wanita dan anak-anak.

Mungkin anda tidak salah jika memilihkan boneka ini untuk jadikan sebagai hadiah special untuk orang tercintamu.

Ide Kreasi Kerajinan Hiasan dari Kain Flanel

Berikut merupakan hiasan-hiasan dari hasil kerajianan kain flannel, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Hiasan dari Kain Flanel

Ada banyak sekali manfaat dari kain flannel, selain dapat dijadikan untuk kerajinan tangan biasa, ternyata kain flannel juga dapat dijadikan untuk kerajinan hias. Seperti kali ini kerajinan hias yang berasal dari kain flannel.

Bentuk yang rapi, unik, dan manarik membuat hiasan ini cocok untuk di gunakan pada rumah-rumah, tujuannya sendiri untuk menambah suasana kecantikan pada isi rumah.

  1. Hiasan Wadah Botol Dengan Kain Flanel

Hiasan wadah botol dari kain flannel adalah salah satu kerajinan yang terbuat dari bahan kain flannel. Kerajinan yang satu ini biasanya akan digunakan pada rumah-rumah tujaunnya sendiri untuk mempercantik pada ruangan rumah.

Hiasan kerajinan ini anda dapat membuatnya dengan cara memanfaatkan bahan lain seperti stoples, wadah-wadah bekas, dan kain flannel. Sangat mudah dibuat bukan? Apalagi hasil dari kerajinan ini pun terbilang menarik dan unik.

  1. Bantal Hiasan dari Kain Flanel

Ide kreatif bantal hias dari kain flannel adalah salah satu ide kreatif yang menarik untuk di coba. Apalagi bentuk dan hasilnya pun terbilang menarik dan unik. Seperti halnya dengan kerajinan yang satu ini, dengan bentuk dan warna yang menarik sehingga untuk kerajinan yang satu ini banyak disukai.

  1. Hiasan Kemeja dari Kain Flanel

Kemeja biasanya sering dipakai untuk salah satu kebutuhan kita baik untuk keperluan seperti hajatan, kencan, dan pertemuan-pertemuan lainnya. Namun, kali ini ada yang menarik dan unik karena kemeja tersebut berasal dari bahan kain flannel. Bahan yang tidak seperti biasa digunakan.

  1. Hiasan Handuk dari Kain Flanel

Hiasan handuk dari kain flannel merupakan hasil kerajinan tangan yang berasal dari kain flannel, biasanya handuk digunakan untuk pengering ketika kita habis selesai mandi.

Namun untuk handuk yang ini memiliki keunikan dan kelembutan yang istimewa. Karena bahan yang digunakan kali ini berasal dari bahan kain flannel yang sifatnya lembut dan enak digunakan.

  1. Hiasan Gantung dari Kain Flanel

Gantungan dari kain flannel, pada kerajinan yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti telur. Biasanya untuk kerajinan yang satu ini sering digunakan untuk sebagai media mendekorasi pada rumah-rumah.

  1. Tulisan Hiasan dari Kain Flanel

Tulisan merupakan salah satu sebuah hasil karya tulis yang juga memiliki nilai seni tersendiri. Selain seni kerajinan juga dapat di buat diatas kain flannel seperti contoh pada kerajinan yang satu ini.

Contoh Kerajinan dari Tekstil

Ide Kreasi Kerajinan Aksessoris dari Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel aksesoris

Berikut merupakan ide-ide dari hasil karya kerajinan dengan bahan dasar kain flannel dan berbentuk berbagai model aksessoris. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tempat Hp dari Kain Flanel

Kalian dapat menciptakan kerajinan dari kain flanel dengan bentuk tempat hp yang sangat cocok untuk digunakan pengaman telepon kalian. Sehingga telepon milik kalian akan menjadi lebih aman.

  1. Tempat Pensil dari Kain Flanel

Kalian dapat membuat kerajinan tempat pensil yang berbahan dasar dari kain flannel. Selain bahan yang dapat dengan mudah untuk ditemukannya, juga untuk pebuatannya pun terbilang mudah.

Kalian hanya perlu sedikit skill khus saja. Dengan modal itulah kalian sudah dapat membuat kerajinan unik tempat pensil, sangat cocok untuk digunakan seperti alat-alat sekolah kalian.

  1. Kalung Marmer

Kalung marmer merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar dari kain flannel, biasanya kalung ini sering digunakan sebagai salah satu benda hadiah special seperti untuk kado ulang tahun, atau yang lainnya.

  1. Gantungan Pegangan Tas

Gantungan pegangan tas, sebenarnya memiliki manfaat sebagai kunci dan mempunyai saku rahasia, sehingga membuat pada kerajinan yang satu ini terlihat sempurna, apalagi dapat menyimpan uang ketika kalian melakukan perjalanan.

Untuk membuat kerajinan ini, kalian hanya perlu membutuhkan bahan dasar kain flannel. Dengan jumlah terbilang tidak begitu banyak.

  1. Kalung dari Kain Flanel

Kerajinan kalung Liontin yang satu ini dapat dibuat dengan cara memmanfaat kain flannel yang ada. Biasanya kerajinan kalung dari kain flannel ini lebih sering digunakan untuk sebagai salah satu hadiah.

Sedangkan untuk membuatnya Anda hanya memerlukan rantai kalung, dan bahan-bahan lain, untuk membuatnya pun terbilang mudah dan simple.

  1. Taplak Meja dari Kain Flanel

Taplak meja merupakan sebuah hasil kerajinan tangan yang biasanya digunakan untuk pelapis pada meja, tujuannya sendiri yakni untuk mempercantik meja.

Selain itu taplak meja pun sudah termasuk salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus sudah ada. Kerna kerajinan ini juga merupakan hal yang penting.

  1. Tempat Kacamata dari Kain Flanel

Mungkin kita akan bingung jika pada sebuah kaca mata tidak memiliki tempat yang khusus, oleh sebab itulah mengapa kerajinan yang satu ini dibuat khusus untuk tempat kaca.

Tujuannya sendiri yakni sebagai tempat khusus agar kaca mata bisa lebih aman. Untuk membuatnya sendiri anda hanya perlu membutuhkan bahan utama kain flannel dan sedikit benang saja.

  1. Dompet dari Kain Flanel

Sebuah dompet seperti biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan penting, misal uang, atm, ktp, dan masih banyak lagi. Kerajinan dompet dari kain flannel ini merupakan salah satu kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan flannel.

Untuk membuatnya anda cukup mempersiapkan bahan utama yakni kain flannel, benang, dan lainnya. Lalu anda tinggal membentuk sesuai dompet pada umumnya lalu tinggal menjahit saja. Maka jadilah kerajinan dompet dari kain flannel.

  1. Tas Peralatan Sekolah dari Kain Flanel

Tas peralatan sekolah adalah sesuatu hal yang penting terutama bagi kalian yang masih sekolah. Ada banyak sekali bahan yang dapat dijadikan sebagai salah satu alat sekolah, diantaranya bisa berupa bahan kain atau benang, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah anda? Bahwa pada kerajinan yang satu ini terbuat dari bahan kain flannel. Ya kain flannel pada dasar juga ternyata dapat di jadikan salah satu kerajinan unik apalagi bahan ini memiliki sifat yang halus dan lembut.

  1. Gantungan Kunci dari Kain Flanel

Gantungan kunci umumnya terbuat dari bahan kayu, namun pada kali ini gantungan kunci terbuat dari bahan kain flannel, yang tuntunya hasil yang di dapat juga terbilang sangat menarik dan unik.

Apalagi pada bahan kain flannel itu sendiri memiliki sifat yang teksturnya lembut dan halus, sehingga membuat kerajinan yang satu ini menjadi indah dan sangat menarik.

  1. Tempat Pensil Dari Kain Flanel

Mungkin kerajinan yang satu ini, sangat cocok jika dijadikan sebagai hadiah untuk anak anda terutama bagi anak anda yang masih duduk di bangku SD. Sehingga dengan adanya kerajinan yang satu ini, anak anda akan jadi lebih mudah dalam menyimpan peralatan sekolah.

  1. Gelang Kepang dari Kain Flanel

Biasanya pada kerajinan yang satu ini sering digunakan oleh anak-anak muda sebagai salah satu gelang yang penuh berharga. Bagaimana? Tidak, karena biasanya kerajinan yang berupa gelang kepang yang berasal dari bahan kain flannel ini sering dijadikan sebagai hadiah ulang tahun.

  1. Tempat Tisu dari Kain Flanel

Tempat tisu umumnya terbuat dari bahan plastik, namun pada kerajinan yang satu ini berbahan dasar dari bahan kain flannel yang tentunya tidak kalah menarik dan uniknya dengan kerajinan lainnya.

Kerajinan dari Kain Perca

Ide Kreasi Kerajinan Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel unik

Nah, berikut merupakan ide-ide kreasi kerajinan dari bahan utama yakni bahan kain flannel, yang tentunya dapat dijadikan sebagai bahan untuk seni kerajinan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kain Bordir Flanel

Tahukah? Anda, bahwa kain bordir dari kain flannel dapat dijadikan sebagai salah satu kerajinan untuk bahan aksessoris. Salah satunya untuk pakaian yang biasa anda pakai. Terutama yang terhadapat hiasan dari bordir.

  1. Selimut Bayi dari Kain Flanel

Kerajinan selimut bayi dari kain flannel adalah satu hal terpenting untuk sikecil tercinta, karena dengan adanya selimut ini membuat sikecil menjadi nyaman serta hangat ketika dipakai dimalam hari.

Jenis kerajinan kain flannel merupakan jenis kerajinan yang baik karena sifat dan warnanya yang begitu memukau. Bahan yang lembut serta warna yang menarik membuat anak menjadi menyukainya.

  1. Penutup Kasur dari Kain Flanel

Selain dapat dijadikan sebagai bahan untuk kerajinan selimut banyi, kain flannel juga dapat dijadikan menjadikan sebuah penutup Kasur, yang tentunya memiliki kelembutan dan kenyamanan yang tidak kalah dengan lainnya.

  1. Kain Kasur Cover Bingkai dari Kain Flanel

Ide yang kreatif selain dapat dijadikan berbagai kerajinan lain, kain flannel juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat Kasur cover bingkai, yang tentunya pada kerajinan ini juga di buat dengan memanfaatkan bahan-bahan dari kain flannel.

Ide yang termasuk kreatif, unik, dan menarik hanya dengan satu bahan anda sudah dapat membuat banyak kerajinan. Anda hanya cukup membutuhkan skill seni kerajinan saja, dengan itu maka anda sudah bisa membuat berbagai jenis kerajinan.

Kerajinan dari Kain Flanel Untuk Anak SD

Berikut adalah kerajinan-kerajinan yang berbahan dasar dari kain flannel untuk anak SD. Bagi kalian mungkin ini dapat di manfaatkan sebagai salah satu sumber ide kreatif kerajinan dari kain flannel. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Sabuk Anak-anak dari Kain Flanel

Dengan memanfaatkan potongan kain sisa kain flannel dan sebuah gelang dengan berbentuk cincin D. Maka anda sudah dapat membuat kerajinan tangan yang berupa sabuk yang unik dan lucu.

Sehingga kalian tidak perlu bingung untuk mencarinya. Dengan bekas sisa kain seadanya anda sudah cukup bisa membuat kerajinan sabuk untuk anak-anak.

  1. Pembatas Buku Dengan Kain Flanel

Dengan adanya pembatas buku dari bahan kain flannel, maka anda sudah terbantu dalam membaca pada setiap harinya. Sehingga anda bisa membaca dan bisa meneruskan bacaan-bacaan yang kemarin yang belum selesai.

Untuk membuatnya sendiri, anda hanya perlu memanfaatkan sisa-sisa bahan dari kain flannel. Sangat mudah dan menarik bukan?

  1. Pita Rambut dari Kain Flanel

Dengan busur rambut dan potongan kain flannel, maka anda sudah cukup bisa membuat kerajinan pita rambut dari kain flannel. Untuk membuatnya anda hanya perlu menggunakan potongan-potongan kecil dari bahan kain flannel.

  1. Dasi Lucu untuk Anak

Dengan dasi lucu yang anda gunakan, maka sudah membuat anda menjadi tampak keren. Untuk membuatnya dasi lucu dari kain flannel ini. Anda hanya cukup memanfaatkan potongan-potongan kain flannel saja, maka anda sudah bisa membuatnya.

  1. Ikat kepala dari Kain Flanel

Dengan adanya sebuah potongan-potongan kain flannel yang sedikit panjang, maka anda sudah dapat membuat kerajinan pada yang satu ini yakni kerajina jenis ikat kepala yang unik dan keren.

  1. Kerajinan Tempat Permen dari Kain Flanel

Anda dapat membuat kerajinan tempat permen dari bahan kain flannel. Untuk membuatnya anda hanya perlu menggunakan potongan-potongan kain flannel dan sebuah tempat bekas seperti toples atau yang lainnya, maka anda sudah membuat kerajinan tersebut.

  1. Kerajinan Toples dari Kain Flanel

Banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dari bahan kain flannel, salah satunya juga bahan kain flannel dapat dijadikan sebagai kerajinan toples.

Untuk membuatnya anda hanya perlu mempersiapkan potongan bekas kain flannel beserta toples bekas, lalu anda cukup membungkusnya saja sesuai keinginan anda.

Manfaat Kain Flanel Dalam Kehidupan

Banyak sekali manfaat-manfaat dari kain flannel dalam kehidupan ini, diantaranya kain flannel juga dapat dimanfaat dalam berbagai bidang baik dalam bidang industri maupun dalam kerajinan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Manfaat Kain Flannel Dalam Bidang Industri

  • Dapat dijadikan sebagai pembungkus bus
  • Dapat dijadikan sebagai pembungkus palu timpani
  • Dapat dijadikan sebagai pembungkus drum

Manfaat Kain Flannel Dalam Bidang kerajinan

  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk boneka
  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk pin rambut
  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk bando
  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk bross
  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk jepitan rambut
  • Dan masih lagi

Pola Kerajinan Kain Flanel

Berikut pola kerajinan dari kain flannel, simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Flanel

  1. Cara Membuat Tempat Pensil

Berikut cara membuat tempat pensil dari bahan kain flannel, pertama siapkan seperti dibawah ini:

Bahan-bahan Kerajinan Tempat Pensil

  • Siapkan Kain flanel dengan tekstur agak tebal
  • Pembolong kertas
  • Pita
  • Mesin jahit
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Pin
  • Pensil

Langkah-langkah Kerajinan Tempat Pensil

Apabila dari semua alat dan bahan kerajinan sudah ada, selanjutnya lihat langkah dalam pembutanya seperti dibawah ini:

  • Potong dua kain flannel, dengan bentuk persegi panjang.
  • Tandai satu kain flannel dari segi tepi kain tersebut dengan pembolong kertas dengan ukuran ½ inch.
  • Lalu, kasihkan tanda bolongan pada bagian atas dan pada bagian bawah garis, dengan jarak ¾ inch.
  • Pastikan bahwa pada bolongan tersebut dapat berakhir dengan titik yang juga berjarak ½ inch pada setia dari tepi kain flannelnya.
  • Lalu ambil kain flanel yang belum ada lubangnya
  • Lalu tumpuk dengan kain flanel yang telah dilubangi tersebut
  • Jangan lupa jahit pada masing-masing tepi ke-2 pada kain flanel tersebut. Agar dari sisi satu sama lain dapat menempel
  • Jahit lagi pada garis lurus pada bagian sampingnya. Garis tersebut akan menjadi garis yang dapat memisahkan satu pensil dengan pensil lainnya.
  • Kalau semua sudah selesai, maka jadilah kerajinan tempat pensil tersebut.

Nah, begitulah pembahasan kali ini mengenai kerajinan dari kain flannel. Pada dasarnya kain flannel dapat dijadikan berbagai kerajinan lainnya seperti contoh seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Kerajinan dari Wadah Oli

Avatar Dee
5 min read

Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bikin Sukses

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial adalah mendirikan perusahaan. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan diperlukan persiapan yang sangat matang. Salah satunya yaitu...
Avatar Dee
9 min read