Kerajinan dari Akrilik

Kerajinan dari Akrilik – Dengan pesatnya perkembangan zaman kini sudah banyak bermumculan ide kreatif kerajinan yang berasal dari bahan akrilik, yang biasanya kerajinan hanya berasal dari bahan seperti kayu, logam, dan lainnya.

Namun apa jadinya jika kerajinan pada yang satu ini berasal dari bahan akrilik, bikin penasaran bukan? Yuk simak ulasan dibawah ini yang akan kami jelaskan mengenai apa itu akrilik dan kerajinan apa saja yang dapat dijadikanya.

Simak terus ya.

Apa itu Akrilik?

Supaya anda tidak keliru, maka kami akan sedikit menjelaskan sekilas apa itu akrilik?

Akrilik merupakan sebuah lembaran kaca yang memiliki warna transparan, yang biasanya sering dimanfaatkan untuk komponen pada bangunan atau sebagai pembuat furniture.

Berarati dapat kita artikan bahwa akrilik bukan hanya sebuah cat yang biasa digunakan untuk menggambar atau melukis ya Gays.

Pengertian Akrilik

Pengertian akrilik adalah sebuah benda lembaran plastik yang memiliki warna transparan seperti kaca yang biasa digunakan sebagai salah satu komponen pada bangunan atau sebagai salah satu pembuatan furnitur.

Secara ringkasnya bahwa akrilik merupakan bahan dengan tekstur yang memang keras dan berasal dari bahan homopolimer termoplastik, serta memiliki sifat yang bening atau biasa disebutnya dengan “plexiglass”.

Dan pastinya untuk membuat akrilik ini juga terbilang gampang-gampang sulit, karena bahannya juga yang terbilang sulit untuk ditemukan. Sehingga bahan akrilik ini menjadi salah satu faktor tersulit.

Contoh Kerajinan Akrilik

CONTOH kerajinan dari akrilik

Pada saat ini banyak sekali contoh kerajinan-kerajinan akrilik yang bervarian, terutam pada toko-toko bangunan biasanya disana sangat mudah sekali untuk ditemukanya. Seperti apa saja contoh kerajinan akrilik simak terus ya.

Kerajinan dari Kain Perca

Macam Macam Kerajinan dari Akrilik

Berikut macam-macam kerajinan dari akrilik diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kerajinan Kalender Akrilik

Untuk membuat kerajinan kalender dari akrilik, bahan dan alat yang anda perlukan adalah.

  • Dua lembar akrilik yang ukuranya sama
  • Empat sekrup standoff
  • Alat bor
  • Selotip berwarna

Cara Membuat Kerajinan Kalender Akrilik

  • Sebelum membuat kerajinan, kita lubangi terlebih dahulu untuk kedua lembar akrilik tersebut.
  • Ukur pada bagian keempat sisinya tersebut, tujuannya untuk memberi tanda titik mana yang akan dibor.
  • Jangan lupa buka pembungkus akrilik yang baru kita beli ya. Tujuannya agar mudah di lubangi akrilik nanti.
  • Setelah keempat sisi sudah dibor, maka selanjutnya kita sudah bisa membuat tampilan kalendernya.
  • Gunakan selotip warna guna untuk membuat kolom tanggal dan hari.
  • Langkah terakhir adalah menempelkan sekrup standoff ke dalam lembaran akrilik pada dinding. Caranya coba taruh ujung bor pada sisi tengah dari sekrup standoff, lalu pasangkan pada bagian penutup sekrup tersebut ke dalam akrilik, lalu rekatkanlah.
  • Maka jadilah kerajinan kelender dari bahan akrilik.
  1. Kerajinan Bingkai Foto Akrilik

Bingkai foto akrilik tidak hanya sekedar stylish saja, dari transparansi akrilik dapat memberikan sebuah tampilan dengan gaya efek melayang terutama pada foto atau artwork yang kita pajangkan.

Cara membingkainya, sama seperti kita pada saat membingkai foto pigura, anda hanya cukup mengganti dua lapis kaca yang sudah dipakai, guna untuk menggambungkan sebuah foto dengan dua lembar bahan akrilik itu sendiri.

Selain itu bingkai foto akrilik ternyata juga lebih aman dan lebih ringan, sehingga anda akan lebih mudah dalam menata serta dapat dengan mudah dipindah-pindahkan.

Apabila anda ingin menempelkan bingkai foto akrilik dengan hiasan dinding, caranya sama seperti anda memasang kalender dari akrilik.

Namun, untuk hal itu anda harus dapat memastikan dua lembar akrilik tersebut sudah dilubangi secara sejajar, sehingga nantinya pada saat direkatkan dengan sekrup. Maka kedua pelapisnya dapat saling mengapit foto dengan sempurna.

  1. Kerajinan Nampan dari Akrilik

Akrilik umumnya dikenal dengan bahan material utama yang biasa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan, salah satunya seperti tempat menyimpan make-up, alat tulis dan lainnya.

Namun selain itu, anda juga dapat menggunakan akrilik sebagai salah satu kerajinan lain contoh seperti kerajinan nampan akrilik dengan warna transparan.

Hasil kerajinan yang unik, tentunya dengan begitu akan lebih menggagumkan jika hasil kerajinan akrilik ini bisa melayani tamu anda yang datang atau main ke rumah anda. Untuk membuatnya memang susah-susah gampang.

Namun saran kami cukup beli saja, karena di toko-toko sudah dengan mudah dapat ditemukan selain itu pun harga juga terbilang cukup murah. Dengan harga yang pas tentunya akan membuat hati anda senang dengan memiliki kerajinan akrilik nampan ini.

  1. Kerajina Rak Tanaman Hias

Rak akrilik juga termasuk salah satu ide kerajinan yang terbilang cukup mampu memberikan kesan yang memukau, kerajinan rak akrilik ini yang cocok ditaruh dengan berdekatan jendela kerna nantinya akan mampu memberikan kesan yang memukau.

Biasanya rak akrilik ini sangat cocok digunakan untuk sebagai tempat tanaman seperti kusulen, kaktus, dan bunga-bunga lainnya.

Sebenarnya banyak sekali manfaatkan dari kerajinan rak akrilik ini ya, salah satunya sudah kami jelaskan seperti diatas.

  1. Kerajinan Clipboard dari Akrilik

Bagi anda yang mencari gaya interior minimalis anda dapat membuat berbagai gaya ruangan menjadi gaya yang memukau yakni dengan gaya rangakaian clipboard yang stylish dengan bahan utama akrilik.

Untuk mebuatnya Clipboard dari Akrilik

  1. Siapkan binder clip
  2. Pylox emas
  3. Paku kait
  4. Beberapa akrilik yang sudah dipotong seukuran foto polaroid

Untuk cara memasangkanya anda hanya perlu cukup menancapkanya ke tembok-tembok saja. Lalu jangan lupa untuk mewarnai, agar hasil kerajinan tersebut dapat terlihat indah dan memukau.

Kalau semua sudah selesai selanjutnya adalah menggantungkan Clipboard akrilik lalu anda sudah bisa memasangkan apapun itu mulai dari hiasan foto hingga jenis aksessoris lainnya.

  1. Kerajinan Gantungan Kunci Akrilik

Kerajinan gantungan kunci akrilik merupakan salah satu kerajinan yang memiliki keunikan dan daya Tarik tersendiri. Bahan akrilik biasanya digunakan untuk bahan bangunan yang memiliki bentuk seperti kaca dengan bentuk, persegi, bulat, atau memanjang.

Selain itu bahan akrilik juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk kerajinan lain seperti yang satu ini yakni kerajinan gantungan kunci yang sangat cocok untuk digunakan pada sebuah ritsleting tas dan masih banyak lagi.

  1. Kerajinan Plakat Akrilik

Sebuah plakat umumnya digunakan sebagai penghargaan yang biasanya akan diberikan oleh orang yang memiliki jasa terbaik dari sebuah organisasi atau yang lainnya.

Biasanya kerajinan plakat ini akan diberikan seperti pada acara kegiatan seminar, workshop, maupun talkshow. Selain itu ada juga plakat Custom yang juga dapat dimanfaatkan untuk mencetak foto, tulisan buat kenangan, dan hadiah-hadiah lain.

Kerajinan dari Tekstil

Karakteristik Akrilik

kerajinan dari akrilik

Berikut karakteristik akrilik yang sangat disukai oleh banyak orang dan salah satunya juga dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan, diantarannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Memiliki bobot yang sangat ringan
  2. Daya tahan yang kuat
  3. Lentur dan tidak mudah pecah
  4. Mudah dipotong
  5. Mudah dilubangi, misal menggunakan bor
  6. Kejernihannya seperti kaca
  7. Memiliki kesan stylish dan modern

Proses Pembuatan Kerajinan Akrilik yang Mudah

Berikut proses dalam pembuatan kerajinan akrilik yang mudah dan tentunya hasilnya juga terbilang memuaskan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Contoh Cara Membuat Bunga Akrilik Tulip

Berikut cara membuat bunga tulip dari bahan akrilik, sebelum membuatnya jangan lupa untuk mempersiapkan alat dan bahanya dulu iya. Untuk selengkapnya simak ulasan dibawah ini:

Alat Kerajinan Bunga Tulip Akrilip

Berkut alat-alat yang anda perlu siapkan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Tang jepit
  • Tang potong
  • Gunting

Bahan Kerajinan Bunga Tulip Akrilip

Berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Pakailah kelopak pada buah teratai dan cari yang tidak terlalu besar atau kecil
  • Buah corong kecil
  • Buah tetes lavender
  • Gunakan juga tali kenur secukupnya (siapkan ukuran 20cm sebanyak 3 helai)
  • buah kawat tangkai
  • buah kawat stocking

Setelah alat dan bahan sudah siap, selanjutnya buat kerajinan sesuai keingan atau sesuai yang sudah kita tentukan.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Akrilik

Akrilik adalah sebuah bahan yang pada dasarnya memiliki sifat yang tidak mudah pecah, dan ringan. Selain itu akrilik memiliki sifat lain diantarnya sebagai berikut ini:

  • Mudah dipotong
  • Mudah dikikir
  • Mudah dibor
  • Mudah dihaluskan
  • Mudah dikilapkan
  • Mudah dicat

“Akrilik bisa dengan mudah dibentuk baik secara thermal maupun yang lainnya, hingga menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang rumit”.

Sifat-sifat Akrilik

Beberapa sifat yang dimiliki oleh akrilik diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Bening dan transparan
  • Kuat, lentur, dan tahan lama
  • Aman baik untuk makanan karena sudah terjamin mikroorganisme tidak dapat berkembang
  • Dapat dibuat menjadi berbagai bentuk kerajinan.

Kerajinan dari Aqua Gelas

Jenis-Jenis Akrilik

JENIS kerajinan dari akrilik

Berikut jenis-jenis akrilik yang terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Akrilik ekstrusi

Akrilik ekstrusi adalah akrilik yang memiliki sifat yang lembut namun jenis akrilik ini memiliki kekurangan yakni mudah tergores, dan mudah kotor.

  1. Akrilik cetakan

Akrilik cetakan adalah jenis akrilik yang memiliki bahan yang baik ketimbang jenis akrilik ekstrusi, biasanya untuk akrilik yang ini memiliki harga yang mahal. Namun untuk kualitas sudah terjamin baik kekuatan maupun kualitas lainnya.

Keunggulan Akrilik

Untuk keunggulan-keunggulan dari akrilik ini, adalah sebagai berikut:

  1. Lebih ringan dibandingkan kaca
  2. Tahan terhadap cuaca
  3. Dapat didaur ulang
  4. Tahan benturan dibandingkan kaca
  5. Tidak terpengaruh pada sinar matahri
  6. Tahan pada reaksi kimia
  7. Ramah lingkungan
  8. Mudah dibersihkan dan dirawat
  9. Kejernihan akrilik tahan bertahun-tahun
  10. Lebih mudah baik transportasi maupun pemasangan bahan bangunan akrilik

Kekurangan Aquarium Akrilik

Untuk kekurangan dari bahan akrilik, adalah sebagai berikut ini:

  1. Lebih Mudah Tergores
  2. Pembuatannya Cukup Sulit
  3. Harganya terbilang Mahal

Kisaran Harga Akrilik Tahun 2020

Jenis akrilik memiliki banyak jenis baik bentuk maupun ukuran, contoh seperti akrilik warna, akrilik susu, akrilik bening, serta akrilik solid. Untuk harganya sebagi berikut ini:

 

 

 

Diatas merupakan harga kira-kira pasaran, semoga dari itu anda sudah dapat membayangkan sendiri mengenai bahan dan harganya.

Akhir Kata

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa benda apa saja dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan salah satunya bahan akrilik.

Selain itu seiringnya perkembangn zaman kini kerajinan akrilik sudah mengalami perkembangan pesat. Sehingga kerajinan akrilik sangat dibutuhkan untuk suatu kerajinan salah satunya untuk sebagai furtur pada bangunan.

Untuk contoh lain yang dapat dimanfaatkan dari bahan akrilik yakni dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan lampu akrilik, kerajinan akrilik LED, kerajinan bunga akrilik, dan masih banyak lagi.

Demikian lah pembahan kita kali ini, semoga dari pembahasan diatas dapat mudah dimengerti sekian semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Kerajinan dari Wadah Oli

Avatar Dee
5 min read

Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bikin Sukses

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial adalah mendirikan perusahaan. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan diperlukan persiapan yang sangat matang. Salah satunya yaitu...
Avatar Dee
9 min read