Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

4 min read

Kelebihan dan Kekurangan Shopee – Seiring perkembangan jaman, di Indonesia saat ini banyak sekali “Marketplace” yang bermunculan dengan layanan yang berbeda-beda.

Sebuah perusahaan toko online ini bergerak di bidang dunia internet marketing.

Dengan system layanan jual beli online, jadi buat kalian yang ingin mencari susuatu misal baju, celana, handphone, dan lain-lain kalian cukup pesan melalui Handphone kalian saja.

Kalian pesan maka barang akan langsung di kirim sampai rumah, tanpa kalian harus kelur dari rumah.

Tentu setiap toko online atau “Marketplace” memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing baik dari segi harga atau dari segi layanan jual beli barang.

Salah satunya seperti “Shopee”. Untuk kelebihan dan kekurangan dari “Shopee” adalah sebagai berikut ini.

Apa Itu Shopee?

Cara Jualan di Shopee Lewat HP

Shopee” merupakan “toko online” atau “Marketplace” yang ada di Indonesia, shopee sendiri memiliki fitur layanan jual beli barang sesuai kebutuha masyarakat Indonesia dengan system pelayanan jual beli online.

Jadi kalian hanya cukup pesan di rumah melalui HP dan tanpa harus keluar dari ruamah, lalu pesanan akan langsung di kirim sesuai alamat rumah kalian.

Layanan ini sangat memudahkan kalian dalam melakukan jual beli barang. Selain harga yang di tawarkanya pun memang terbilang murah-murah, hal ini dapat kalian bandingkan di pasar atau toko-toko biasa.

Daftar Marketplace di Indonesia

Ada banyak sekali toko online atau “Marketplace” di Indonesia dengan fitur dan layanan berbeda, adapun toko online tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Blibli
  • Mataharimall
  • Elevenia
  • Dan masih banyak lagi

“Diatas merupakan daftar marketplace yang ada di Indonesia”

Namun, pada kali ini saya akan sedikit membagiakan kekurangan dan kelebihan dari toko online Marketplace dari Shopee. Simak terus ulasan dibawah ini.

Baca Juga → Cara Daftar Akun Shopee

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Setiap toko online atau marketplace tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masih-masing contoh seperti shopee yang salah satunya akan saya jelaskan mulai dari satu persatu.

1. Kelebihan Belanja Di Shopee

Shopee merupakan platform belanja online yang mampu memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat dan pelanggan. Oleh sebeb itu jangan heran jika jenis platform ini memiliki ribuan pengunjung dalam setiap harinya.

Adapun kelebihan dari shopee adalah sebagai berikut ini:

  1. Memiliki Aplikasi Yang Mudah Digunakan

Salah satu keinginan masyarakat adalah dapat membeli sesuatu dengan cepat, mudah, dan tidak ribet seperti Shopee yang ada di saat ini.

Shopee” sendiri memiliki fitur aplikasi yang dapat kalian “Download” di “Play Store” melalui HP kalian.

Fitur ini memiliki banyak layanan salah satu ketersediaan barang yang dibutuhkan semua ada mulai dari jenis pakaian, HP, Laptop, dan masih banyak lagi.

Selain itu fitur Shopee sendiri memiliki jaminan harga termurah yang dapat kalian bandingan dengan harga pasaran biasa. Sehingga tidak heran jika Shopee memiliki ribuan pelanggan atau pengunjung dalam setiap harinya.

  1. Cara Pembayarannya Beragam

Selain memberikan layanan aplikasi yang mudah digunakan, Shopee sendiri masih menyediakan berbagai cara pembayaran yang memudahkan kalian untuk melakukan pembayaran.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan pembayaran diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Melalui kartu kredit seperti, transfer Bank atau Antar ATM
  2. Melalui Indomart
  3. Melalui Alfamart
  4. Melalui Shopeepay
  5. Melalui Shopee Paylater
  6. Melalui OneKlik
  7. Melalui Kredivo
  8. Melalui Cicilan kartu kredit
  9. Dan layanan COD (Cash on Delivery).

“Fitur layanan pembayaran tersebut dapat kalian pilih sesuai keinginan, caranya kalian cukup pilih “Motede Pembayaran” nanti akan mucul secara otomatis pilihan pembayaran yang dapat kalian pilih.

Jika sudah Oke, pembayaran selesai dan kalian tinggal Transaksi saja.

  1. Mempunyai Fitur COD (Cash on Delivery)

Selain dengan cara online, Shopee masih menyediakan layanan pembayaran dengan system COD (Cash on Delivery). Tujuan ini untuk lebih memudahkan dalam melakukan pembayaran.

Selain itu dengan adanya system COD juga ternyata dapat menambah kepercayaan pelanggan terutama dalam melakukan pembelian di Shopee. Sehingga masyarakat tidak takut tertipu atau yang lainya.

Fitur layanan COD sekarang ini, berdasarkan faktanya banyak sekali dipakai oleh masyarakat atau pelanggan dalam melakukan pembelian di Marketpalce di Shopee.

Jadi bagi kalian yang masih ragu untuk melakukan pembelian di Shopee, maka saya sarankan lebih baik lakukan pembayaran dengan system COD.

Terus untuk masalah biaya ongkos kirim harga sama saja dengan pembayaran melalui Onlione.

  1. Sering Memberikan Promo Menarik

Untuk yang selanjutnya dari banyaknya layanan fitur Shopee, Shopee sendiri masih memberikan kejutan yang special yakni Promo yang menarik dengan harga termurah.

Mulai dari Diskon-diskon besar, Gratis ongkir, dan potongan-potongan harga lainya.

Toko online Shopee ini biasanya akan memberikan promo besar di hari-hari tertentu misal di hari special hari minggu, hari peringatan, hari tahun baru, dan hari-hari lainya.

Bahkan hampir setiap bulanya Toko online shopee ini selalu memberikan promo, sehingga tidak heran jika jenis Marketplace ini banyak di sukai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

  1. Pembeli Bisa Mendapatkan Uang

Pembeli bisa mendapatkan uang layanan ini merupakan sebuah layanan special dari Shopee, karena pembeli masih akan diberikan uang yang nantinya dapat kalian gunakan untuk keperluan kalian sendiri.

Biasanya layanan ini akan di pakai oleh seseorang yang menjadi “Dropshipnya Shopee” yang maksudnya mereka akan mengambil barang dari shopee dengan system “Dropshiper” lalu meraka akan menjual lagi di tempat yang bisa berbeda atau yang sama.

Fitur shopee ini merupakan fitur yang dapat dijadikan sebagai salah satu usaha kalian, selain dapat membeli kalian juga masih dapat menjual lagi dengan harga yang berbeda. Dan keuntungan pun langsung masuk ke dompet kalian sendiri.

“Itulah keuntungan dari Fitur layanan Shopee”

Baca Juga → Cara Belanja di Shopee

2. Kekurangan Belanja Di Shopee

Kekurangan Belanja Di Shopee

Ada keuntunga tentu ada kekurangan hal ini memang sudah sewajarnya, sama seperti dunia perbisnisan misal seperti platform toko online atau tempat dimana kita dapat melakukan belanja melalui online seperti Shopee.

Setelah kita mengulas tentang beberapa keuntunganya, maka selanjutnya saya akan memberikan sedikit kekurangan dari shopee berdasarkan faktanya, adapun penjelasanya adalah sebagai berikut ini:

  1. Customer Service Lambat Membalas

Kekurangan yang pertama, biasanya di Customer Service Shopee terbilang lama dalam membalasnya sehingga tidak banyak jika pelanggan complain.

Karena berdasarkan faktanya setiap pelanggan ingin sekali dapat di layanai dengan cepat.

Namun dalam hal ini kalian tidak perlu menguatirkanya karena seiring meningkatnya pelanggan dan banyaknya yang komplain.

Kini shopee sudah memperbaiki kekurangan tersebut, sehingga saat ini shopee dapat dikatakan sudah cukup baik dalam segi pelayananya.

  1. Ketentuan Promo Gratis Ongkir Yang Ribet

Kekurangan kedua, yakni ketentuan promo ongkir yang memang agak ribet, ini merupakan kekurangan dari shopee. Yang biasanya banyak masyarakat atau pelanggan mengeluh dalam hal itu.

Biasanya promo gratis ongkir hanya akan berlaku terhadap orang-orang yang biasa belanja sama, bagi mereka mungkin sedikit mudah untuk menikmati gratis ongkir tersebut, namun bagi pembali yang biasa beli tidak banyak.

Biasanya meraka akan mengalami kesulitan dalam menikmati promo gratis ongkir tersebut. Itu kekurangan dari shoppe dalam hal ketentuan promo gratis ongkir.

“Hal tersebut mungkin sudah biasa di dunia perbisnisan, sehingga bagi kalian yang belum tau, jangan kaget ya”

  1. Sering Menemui Penjual Yang Kurang Baik

Untuk hal ini kalian harus benar-benar dapat memilih penjual yang baik sesuai harapan kita.

Karena di semua penjual di Shopee sendiri itu tidak semua berasal dari asli perusahaan Shopee, karena kebanyakan penjual tersebut berasal dari luar atau lokal.

Kebanyak meraka hanya nitip atau nebeng saja dengan system sewa lapak. Iabaratkan di mall kan itu ada banyak sekali penjual mulai dari makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain. Mereka itu hanya nitip atau sewa lapak saja.

Jadi intinya sama dengan yang ada di lapak online Shoppe, dari sekian persen mereka berasal dari penjual luar, sehingga bagi kalian harus pandai-pandai dalam memilih penjual. Keran beda penjual maka beda orang pula.

Kira-kira begitu kelebihan dan kekurang dari Shopee

Namun Merketplace tersebut tetaplah aman dan terpercaya untuk melakukan perbelanjaan.

Baca Juga → Cara Mengaktifkan Shopeepay

Kesimpulan

Setelah kalian dapat mengetahui sekilas tentang kelebihan dan kekurangan Shopee, maka selanjutnya keputusan untuk melakukan pembelian atau yang lainya bisa di tentukan oleh diri sendiri.

“Namun ingat ya, bahwa setiap marketplace memiliki  kelebihan dan kekurang sendiri-sendiri baik itu marketplace, Blibli, Mataharimall, Elevenia, Shopee Tokopedia, Bukalapak

Jadi kalian tidak perlu merasa heran atau kaget.

Nah, demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan belanja di Shopee. Karena di shopee sendiri memiliki banyak pengunjung dalam setiap harinya maka jangan pernah heran.

Cukup pembahasan diatas di jadikan bahan referensi saja. Sekian semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *