Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Jumlah Pemain Bola Basket

4 min read

Jumlah pemain bola basket – yang pada dasarnya berjumlah 5 pemain dari setiap tim masing-masing, atau dapat dikenal dengan sistem 5×5 (5 lawan 5).
Namun, terkadang ada pula yang memakai dengan sistem 3 lawan 3, atau 3 pemain dari setiap tim masing-masing, sistem ini dikenal dengan three on three.

Dalam jumlah pemain bola basket yang telah ditetakan aturannya oleh FIBA. Hal ini bertujuan untuk menjaga jalanya dari sebuah permainan dan juga menyesuaikan ukuran lapangan basket.

Berikut penjelasan mengenai para pemain basket yang lebih jelasnya lagi.

Apa Itu Basket?

Basket merupakan sebuah jenis permainan olahraga yang biasa dimainkan 5 orang dalam setiap Team-nya, jadi dalam permainan olahraga basket memiliki jumlah 5 orang yang terdiri dari penyerang dan menjaga pertahanan.

Olahraga basket sendiri berasal dari America sehingga tidak heran jika di benua America basket sering sekali di pertampilan dalam ajang-ajang terntentu.

Jumlah Pemain Basket

Pada umumnya dalam setiap pertandingan satu tim memiliki 10 orang pemain. Dalam sebuah pertandingan bola basket memiliki jumlah pemain yang dibagi menjadi dua, 5 pemain sebagai pemain inti dan 5 pemain sebagai pemain cadangan.

Tapi, dalam sebuah pertandingan besar, terkadang pemain cadangan ditambahkan menjadi 7 orang. Sehingga jumlah pemain basket dalam satu tim ada 12 orang.

Dalam 5 orang pemain basket biasanya akan dipimpin oleh 1 pemain yang kita kenal dengan kapten. Ada juga seorang pelatih dan asisten pelatih yang akan mengatur tim tersebut.

Selain itu, dalam peraturan bola basket membolehkan 5 pemain lainya untuk duduk di bangku cadangan. Ke-5 pemain ini biasanya mempunyai peranan khusus, contoh seperti manager, psikolog, dokter, penerjemah dan pencatat statistic permainan.

Jumlah & Posisi Pemain Basket

Pemain Basket dan Tugasnya
sportku.com

Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain yang bermain di lapangan. Ada juga beberapa pemain yang duduk dibangku cadangan. Setiap pemain mempunyai tugas masing-masing berdasarkan posisi yang mereka tempati. Berikut adalah tugas-tugas dari pemain bola basket diantaranya:

  1. Point Guard

Point guard (PG) adalah posisi yang diisi oleh seorang pemain yang pembawa bola utama dalam tim, peran ini biasanya mengaharuskannya kita menjadi playmaker utama dalam tim. Agar dapat menjadi point guard yang baik dan sempurna, seorang pemain bola basket harus memiliki kemampuan dribel, akurasi umpan, dan serangan mendadak yang baik dan sempurna.

  1. Shooting Guard

Shooting guard (SG) adalah posisi yang disebut dengan nama wingman atau seoranga pemain sayap. Sebutan ini karena seorang shooting guard bermain di daerah kiri atau kanan pertahanan lawan.

Jika ingin menjadi shooting guaard yang baik, seorang pemain basket harus memiliki akurasi menembak bola yang tinggi. Bukan hanya itu, posisi ini juga mengharuskan pemain mempunyai kemampuan defense yang baik pula.

  1. Center

Center (C) adalah posisi yang biasa diisi oleh seorang pemain yang paling tinggi dalam tim. Tugas utama dari posisi ini adalah melindungi pertahanan area di bawah ring.

Selain dari tugas utama tersebut, ada beberapa center yang ahli dalam merebut bola dan mencetak angka skor poin. Biasanya seorang center akan lebih sering berada di tengah-tengah area permainan.

  1. Small Forward

Small forward (SM) adalah posisi pemain yang tugas utamanya mirip dengan shooting guard. Selain itu, dalam posisi ini memiliki skill menembak yang baik.

Karena posisi ini juga ikut menjaga atau menyerang area bawah ring. Biasanya pemain ini memiliki tubuh yang cukup tinggi dan berisi, tapi tetap memiliki pergerakan yang cepat.

  1. Power Forward

Power forward (PF) adalah posisi pemain yang dimana pemain harus memiliki skill melompat yang tinggi dan hebat. Kareana skill melompat ini sangat berguna ketika rebound atau merebut bola yang gagal masuk ke ring.

Dalam permainan 5×5 atau 5 lawan 5, pergantian pemain dilakukan oleh wasit ketika memberi isyarat untuk memasuki lapangan. Selain dari itu, pergantian pemain dilakukan ketika time-out, daat bola tidak aktif atau jeda permainan.

Sistem Permainan 5×5

Dalam sistem permainan 5 lawan 5 pertama kali diselenggarakan di sebuah pertandingan NBA pada tanggal 1 November 1946 tempatnya di Canada. Walaupun pada awalnya sudah ada pembagian posisi untuk setiap tim.

Namun, karena adanya perkembangan strategi dalam permainan bola basket, sehingga terciptalah strategi 5 posisi baru. Untuk ke-5 pembagian dalam posisi ini masih sering digunakan hingga sampai saat ini.

Dalam jumlah kelima pemain basket ini dibagi menjadi 5 posisi, diantaranya adalah:

  1. Point Guard (PG)
  2. Shooting Guard (SG)
  3. Center (C)
  4. Small Forward (SF)
  5. Power Forward (PF)

Kelima posisi ini memiliki dua kombinasi bertahan dan menyerang. Kombinasi pertama adalah dari dua pemain baik penjaga atau guard, mereka biasa disebut dengan nama duo backcourt.

Sebutan tersebut karena mereka berdua memulai serangan dari belakang lapangan.

Sedangkan kombinasi lainnya terdiri dari 3 pemain yang disebut sebagai frontcourt. Selain kedua kombinasi tersebut, setiap posisi memiliki tugas utama yang berbeda-beda.


Teknik Dasar Bola Basket


 

Sistem Permainan 3×3

Walaupun permainan ini di terapkan dari permainan bola basket jalanan. Namun, sekarang permainan bola basket dengan sistem 3 lawan 3 sudah semakin banyak digemari.

Awal mula sistem permainan 3 lawan 3 ini sebenarnya kurang jumlah pemain dalam lapangan. Akhirnya kini muncul inisiatif guna untuk membuat permainan bola basket yang hanya membutuhkan sedikit pemain saja yaitu 6 pemain dalam satu lapangan.

Karena hanya terdiri dari 3 orang setiap timnya, sistem ini hanya memakai setengah lapangan saja. Apabila dari salah satu tim berhasil merebut bola.

Maka dialah yang harus membawa bola tersebut keluar dari lapangan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah permainan bola basket dapat dilanjutkan lagi.

Walaupun pada awalnya permainan ini hanya untuk olahraga ringan atau hiburan semata. Namun, sekarang FIBA sudah melaksanakan sistem ini dalam acara turnamen.

Turnamen iotu sendiri berlangsung untuk level U-15, U-20 dan U lainnya.

Karena sudah diselenggarakan turnamen, tentunya sistem permainan bola basket 3 lawan 3 ini juga membutuhkan peraturan baru. Hal ini karena jumlah pemain  dan lapangan yang digunakan berbeda.


Peraturan Bola Basket


Durasi Waktu Bermain

Dalam dunia basket bal setiap pemain memiliki aturan dan batas bermain yang berbeda-beda, untuk batas durasi batas permainya adalah sebagai berikut ini:

Untuk total 12 pemain termasuk pemain inti dan cadangan biasanya akan mendapatkan waktu bermain yang berbeda-beda.

  1. Untuk permaian Starter, biasanya akan mendapatkan jatah bermain 30-40 Menit, dengan catatan apabila aturan bermain 4×12 Menit, atau setara (48 Menit).
  2. Untuk pemain scorer, biasanya akan mendapatkan waktu bermain hingga sampai selesai.
  3. Untuk pemain cadangan biasanya akan mendapatkan jatah bermaian yang bervariasi atau six man yang mencapai 20-25 Menit, namun ada juga yang hanya mendapatkan 3 Menit saja (Khusus pemain terakhir).

“Durasi waktu bermaian diatas biasanya disesuaikan dengan permainan atau kualitas peserta serta strategi dari pelatih sendiri. Untuk sebutan pemain cadanganya yakni sebaga role player.

Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan permainan bola basket. Sebenarnya secara umum jika kita berolahraga tujuannya adalah untuk mendapatkan kebugaran agar kesehatan tetap terjaga.

Dalam hal bermain bola basket, secara khususnya yang mungkin sudah menjadi sebuah tujuan dari permainan bola basket tersebut adalah untuk berolahraga sehingga tubuh kita akan merasa lebih sehat dan bugar, dapat menambah tinggi badan, dan dapat melatih kedisiplinan.

Tujuan permainan bola basket memang tidak melulu untuk alasan kesehatan, permainan bola basket adalah cabang olah raga yang dipertandingkan di ajang-ajang tertentu seperti Sea Games dll.

Jadi prestasi juga menjadi salah satu dari alasan tujuan bola basket tersebut.

berhubungan dengan peraturan permainan bola basket, dalam setiap pertandingan bola basket pastinya dimainkan oleh dua tim yang masing- masing tim terdiri atas lima orang pemain.

Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari poin atau angka sebanyak-banyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke ring atau keranjang lawan.

Dan tujuan dari permainan bola basket itu sendiri adalah untuk memasukkan bola basket kedalam ring basket dan mencetak angka sebanyak-banyaknya mungkin sesuai dengan peraturan permainan bola basket yang telah ditetapkan.

Induk Organisasi Bola Basket

Federasi Bola Basket Internasional
wikipedia.com

Tiga Induk Organisasi Bola Basket yang perlu kita ketahui diantaranya:

  1. FIBA (Federation Internationale de Basketball Amateur) Induk organisasi bola basket internasional.

  2. PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). Adapun daftar ketua PERBASI sebagai berikut :

  • Tony Wen 1952 – 1956
  • Sutiyoso 2002 – 2006
  • Noviantika Nasution 2006 – 2010
  • Anggito Abimanyu 2010 – 2015
  • Danny Kosasih 2015 – sekarang
  1. NBA (National Basketball Association) Induk organisasi bola basket Amerika Serikat.

Demikianlah penjelasan singkat kali ini mengenai jumlah pemain basket, jenis-jenis posisinya, serta sistem permainan 5 lawan 5 dan 3 lawan 3. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kita seputar dunia bola basket, sekian semoga bermanfaat dan Tarima Kasih.

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Sejarah Lari Jarak Pendek

Admin
6 min read

Pengertian Lompat Jauh

Admin
4 min read

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Admin
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *