Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Jenis Usaha Peternakan

3 min read

Jenis Usaha Peternakan – berbicara tentang usaha memang tidak ada habisnya. Apalagi di dunia ini banyak sekali jenis usaha yang dapat kita jalani, salah satunya usaha peternakan yang memang memiliki keuntungan besar.

Peternakan merupakan suatu usaha yang biasa dijalankan oleh sekelompok atau secara perorangan untuk jenisnya ada banyak. Untuk selengkapnya yuk simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Usaha Peternakan

Usaha peternakan merupakan suatu aktivitas manusia yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan ternak yang hewan tersebut ada manfaatnya bagi kebutuhan kita. Salah satunya dapat diambil susunya, daging dan telur.

Jenis Usaha Peternakan

Jenis usaha peternakan merupakan suatu kegiatan ekonomi dalam sector peternakan atau sumber daya alam hayati. Biasanya jenis usaha ini dilakukan oleh perorang ataupun sekelompok orang yang tujuanya untuk mencari keuntungan.

Peternakan Di Indonesia

Acara Rapat Perusahaan

Adapun peternakan di Indonesia yakni terbagi menjadi tiga jenis, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Jenis Peternakan Besar

Jenis peternakan besar merupakan suatu kegiatan usaha yang berkatan dengan pemelihaan hewan yang berjenis besar, contoh jenis hewan peternakan tersebut seperti Kuda, kerbau, sapi, dan kambing.

Biasanya jenis peternakan ini dimanfaatkan untuk diambil susu, kulit, dan dagingnya, yang pada jenis tersebut memiliki manfaat dan kasiat tersendiri terutama dalam kebutuhan sehari-hari kita.

Bahkan hasil dari kotoran peternakan pun dapat dimanfaatkan salah satunya adalah untuk dijadikan bahan pupuk untuk tanaman-tanaman pertanian.

  1. Jenis Peternakan Kecil

Jenis peternakan kecil merupakan suatu kegitan yang berkaitan dengan pemelihaan hewan yang tergolong sedang atau kecil. Contoh hewan sedang adalah seperti hewan ambing, domba, kelinci, dan lainnya.

Pada jenis peternakan ini biasanya akan dimanfaatkan untuk sebagai bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari seperti daging dan lainya.

  1. Jenis Ternak Unggas

Jenis ternak unggas merupakan suatu peternakan yang hanya memelihara hewan jenis ungas atau hewa yang bersayap saja.

Baca =>> Pengertian Badan Usaha

Jenis peternakan ini memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan pada manusia serta sebagai salah usaha untuk mencukupi kebutuhan kita dalam sehari-hari.

Bisnis Peternakan yang Mudah Dikembangkan

Adapun peluang bisnis peternakan yang terbilang mudah dikembangkan meski modal tidak terlalu besar namun mampu menghasilkan keuntungan yang besar adalah sebagai berikut ini.

  1. Beternak Ayam

Memulai usaha beternak ayam dapat diawali dengan dengan modal kisaran 20jt saja. Dengan modal segitu kalian sudah mampu mengembangkan usaha tersebut dengan waktu 3-4 bulan saja.

Untuk untung yang didapat pun juga terbilang cukup besar, apalagi jenis usaha ternak ini memiliki potensi atau keuntungan yang mudah di dapat.

  1. Beternak Burung Puyuh

Beternak burung puyuh merupakan salah satu ide yang terbilang baik, apalagi jenis usaha ini juga memiliki potensi keuntungan yang besar. Biasanya jenis usaha ini akan dimanfaatkan pada telurnya.

Yang nantinya akan dikirim ke restoran-restoran atau warung-warung yang membutuhkan telur burung puyuh. Selain itu telur puyuh pun memiliki daya Tarik pembeli   yang terbilang lumayan besar.

  1. Beternak Ikan Lele

Beternak ikan lele merupakan salah satu ide bisnis yang terbilang cukup familiar. Apalagi jenis usaha ini memilik daya Tarik masyarakat yang terbilang besar peminatnya.

Biasanya ikan lele akan selalu disajikan ditempat seperti warung pinggiran jalan, restoran, dan tempat-tempat makan lainnya.

  1. Beternak Bebek

Beternak bebek merupakan salah satu ide yang tepat, apalagi bebek sendiri sangat mudah mengahasilkan telur. Dalam setipa harinya bebek sendiri dapat bertelur hingga puluhan.

Selain telur bebek sendiri memiliki banyak kasian terhadap kita sehingga tidak heran jika banyak orang menjadikan telur bebek sebagai obat alami.

  1. Beternak Kelinci

Usaha peternakan kelinci adalah salah satu ide usaha yang tepat. Sebab jenis usaha ini memiliki peluang yang menjanjikan ditambah lagi omzet.nya pun terbilang cukup besar. Sedangkan untuk hasil olahanya dapat dimanfaatkan untuk bahan abon, sate, nugget dan lainnya.

Selain itu hasil  olahan kelinci sendiri memiliki daya Tarik yang tinggi terutama pada masyarakat luar, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang suka dengan jenis usaha yang satu ini.

  1. Beternak Kambing

Mengawali usaha beternak kambing dapat diawali dengan cara membeli bibit kambing yang masih kecil, jadi kalian dapat membesarkan habis itu bisa dijual lagi dengan harga 3×4 dari hari waktu awal kita beli.

Apalagi jenis kambing merupakan hewan yang sangat mudah sekali untuk dikembangkan dan hasil yang di dapat pun terbilang mudah.

  1. Beternak Udang

Beternak udang merupakan salah satu usaha yang terbilang menggiurkan, karana udang sendiri memiliki harga yang memang tinggi. Selain itu udang sendiri memiliki daya Tarik yang besar sehingga tidak heran jika udang menjadi salah satu makanan favorit.

Selain itu udang sendiri biasanya diajadikan untuk bahan makanan khas daerah contoh seperti crispy udang, udang resto, dan masih banyak lagi.

  1. Beternak Belut

Belut merupakan salah satu hewan sawah yang memiliki banyak peminatnya. Sehingga tidak heran jika jenis hewan ini sering disajikan ditempat-tempat makan. Mulai dari warung-warung, restoran, dan tempat lesehan sekalipun.

Jenis ini biasanya dijadikan sebagai makan khas yang biasa di olah menjadi bahan abon, kerupuk, keripik, rending, sate, dan jenis makan lainya.

  1. Beternak Ikan Hias

Beternak ikan hias merupakan salah satu ide yang terbilang sangat menguntungkan. Sebab ikan hias sendiri memiliki daya Tarik yang sangat besar sehingga banyak sekali pengusaha yang mendalami  dunia peternakan ikan hias.

Baca =>> Jenis Usaha Ekonomi

Untuk harga ikan hias sendiri biasanya bisa mencapai puluhan juta dalam perekornya. Salah satu ikan hias yang memiliki harga tinggi seperti ikan nirwana, ikan nila, dan masih banyak lagi.

Tujuan Usaha Peternakan

Tips Memilih Nama Usaha Restoran

Tujuan Usaha Peternakan selain untuk mencukupi kebutuhan manusia juga untuk mencari keuntungan dari hasil peternakan itu sendiri.

Di Indonesia sendiri banyak sekali pengusaha ternak yang sukses di dunianya sebab jenis usaha peternakan sendiri memiliki peluang besar dalam dunia usahanya. Selain itu jenis usaha peternakan pun terbilang usaha yang sangat menggiurkan.

Baca =>> Pengertian Usaha

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha peternakan yang juga memiliki peluang keutungan yang besar salah satunya sepeti diatas. Nah, demikianlah pembahasan kali ini semoga apa yang kita bahas diatas dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Admin Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *