Jenis-jenis Usaha Perseorangan

Jenis Usaha Perseorangan – Jenis usaha perseorangan adalah suatu badan usaha komersial atau perusahaan yang dimiliki oleh seorang pengusaha perorangan.

Usaha perseorangan umunya hadir dalam jumlah skala yang kecil ataupun besar, mulai dari Usaha yang Kecil dan Menengah (UKM) hingga menjadi suatu Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Untuk keterangan lebih lanjut simak ulasan dibawah ini:

Jenis Usaha Perseorangan

Berdasarkan dari bentuk pengelolaannya, suatu usaha perekonomian memang terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok usaha ekonomi yang umumnya di kelola dengan secara sendiri atau perseorangan.

Sementara tahap selanjutnya adalah bisnis ekonomi yang dikelola sebagai grup, apa interpretasi dari masing-masing bisnis ekonomi ini, mari kita perhatikan penjelasan berikut:

Model Bisnis Ekonomi Mandiri (Individual)

Biasanya modal yang kecil atau relatif terbatas untuk bisnis ekonomi yang dikelola sendiri secara individu, dan di bawah ini adalah ilustrasi jenis bisnis ekonomi yang dikelola sendiri atau dikelola secara individual.

  • Usaha Jasa
  • Usaha Pertanian
  • Usaha Perdagangan
  • Industri Kecil

Contoh Usaha Perseorangan

usaha perseorangan merupakan suatau usaha yang dikelola dengan cara sendiri dan berskala kecil. Untuk contohnya sebagai berikut ini:

  1. Usaha Jasa

Banyak sekali usaha jasa yang biasanya dikelola dengan cara sendiri atau dengan cara perorangan, misalnya saja seperti usaha Jasa angkut, membuka bengkel, Jasa penitipan, Jasa sewa proporti dan lainya.

  1. Usaha Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian lebih banyak dikelola dengan cara perorangan.

  1. Usaha Perdagangan

Umumnya usaha perdagangan lebih banyak dikerjakan dengan cara perorangan dan jenis usaha ini juga memiliki skala kecil dan sedang. Misalnya saja seperti usaha perdagangan warung sembako, warung makan, warung kelontong serta toko-toko online seperti bukalapak, tokopedia, dan lainya.

  1. Industri Kecil

Sebuah sektor industri umumnya dikelola perorangan yang merupakan salah satu jenis industri rumahan. Contoh jenis usaha industri rumahan antara lain seperti usaha kerajinan tangan yang berupa seperti pembuatan keramik, souvenir, anyaman, mebel dan lainya.

Baca Juga: Ide-ide Bisnis Anak Muda Jaman Now

Contoh Usaha Kelompok

Contoh Usaha Kelompok

Usaha kelompok merupakan suatu usaha yang umunya dikelola oleh dua orang atau bisa juga lebih, dan usaha kelompok ini memiliki skala besar. Contoh saja seperti usaha besar seperti dibawah ini:

  1. Firma

Firma umunya didirikan oleh dua orang, yang biasanya mereka sudah saling mengenal baik dengan satu sama lain atau bisa juga karena mereka sudah bersahabat baik.

Biasanya setiap anggota firma mempunyai kebijakan dan tanggung jawab masing-masing atas nama firma.

Anggota Usaha dalam bentuk firma umumnya beroperasi di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

  1. Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) umunya didirikan oleh dua orang atau bisa juga lebih. CV biasanya terdapat dua jenis sekutu yakni ada sekutu aktif dan sekutu pasif.

Sekutu aktif merupakan sekutu yang berperan sebagai investor atau sebagai penyuplai dana serta pengelola CV.

Sedangkan sekutu pasif umumnya berperan sebagai investor yang umunya tidak terlibat dalam pengelolaan CV.

  1. Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) merupakan suatu usaha yang bermodal saham. Saham itu sendiri diartikan sebagai bukti atas kepemilikan dari suatu perusahaan dengan atas penyetoran modal tersebut.

Pemilik saham umumnya akan bisa mendapatkan keuntungan yang berupa dividen. Deviden merupakan suatu pembagian laba keuntungan terhadap pemegang saham, atas dasar dari banyaknya saham yang mereka dimilikinya.

  1. Koperasi

Koperasi merupakan suatu badan usaha ekonomi dengan berupa sebuah lembaga keuangan. Umumnya usaha ini didirikan oleh perseorangan atau bisa juga didirikan melalui lembaga pemerintah dengan alasan kekeluargaan.

Tujuan dari adanya koperasi ini yakni untuk meningkatkan suatu kesejahteraan ekonomi rakyat dan ikut dalam membangun ekonomi nasional.

Contoh Jenis Usaha Perseorangan yang Bisa Dijalankan di Rumah Masa Kini

Berikut merupakan ide bisnis perseorangan yang dapat anda jalankan dirumah. Jadi anda tidak perlu repot-repot keluar dari rumah yang tentunya akan membuat pengeluaran anda menjadi berlipat ganda, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Dropshipper
  • Jual Pulsa & Paket Pulsa
  • Kerajinan tangan
  • Air minum isi ulang
  • Cuci motor
  • Dan lainnya

Pengertian Usaha Perorangan

Pengusaha perorangan merupakan pengusaha dengan pemilik perorangan itu sendiri. Seseorang dapat membuat entitas bisnis individual yang dibuat tanpa izin dan tanpa melalui prosedur khusus.

Bahkan hampir setiap orang memiliki kebebasan untuk tumbuh untuk menjalankan bisnis pribadi tanpa memaksakan pembatasan modal untuk mendirikan usahanya tersebut. Sementara itu, masing-masing perusahaan biasanya hanya dimiliki oleh satu pemilik.

Perusahaan Perorangan

Perusahaan perorangan merupakan jenis perusahaan yang biasanya dikelola oleh satu pemilik. Pemilik tersebut memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas.

Badan usaha yang mengelola perusahaan tersebut, disebut dengan entitas bisnis perorangan, yang didefinisikan oleh masyarakat umum sebagai perusahaan perorangan.

Ciri- ciri dari perusahaan tersebut adalah:

  1. Dimiliki perseorangan (individu atau perusahaan keluarga)
  2. Pengelolaannya sederhana
  3. Modalnya relative tidak terlalu besar
  4. Kelangsungan usahanya tergantung pada para pemiliknya
  5. Nilai penjualannya dan nilai tambah yang dibuat dengan relative kecil.

Kelebihan dan Kelemahan Perusahaan Perseorangan

Berikut Kelebihan dan Kelemahan dari suatu badan perusahaan perseorangan.

Kelebihan Perusahaan Perseorangan

  1. Perseorangan tidak dikenai pajak perusahaan contoh seperti PT atau Partnership (Firma).
  2. Dalam manajemen perusahaan, pemilik juga menjadi bagian dari manajemen sehingga mengelolaan internal tidak terlalu rumit dan pemilik dapat dengan mudah memantaunya.
  3. Biaya rendah dalam manajemen, karena karyawan yang bekerja untuk seorang individu tersebut adalah pemilik bisnis.
  4. Tidak melalui proses administrasi hukum yang sangat rumit, biasanya hanya ke notaris, dan menyatakan tempat tinggal dari desa.

Anda tidak harus melalui proses pembuatan SIUP atau TDP atau memerlukan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

  1. Proses pembentukan yang sangat cepat.
  2. Dalam hal terjadi tindakan perseorangan, kerugian dapat dimasukkan dalam akun pajak pemilik.
  3. Seluruh laba untung menjadi miliknya. Bentuk dari perusahaan perseorangan sanagat memungkinkan pemilik bisa menerima 100% laba untung yang dihasilkan dari perusahaanya tersebut.
  4. Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pemimpin merupakan alasan baik untuk membuat suatu keputusan.
  5. Kebebasan dan Fleksibilitas. Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu untuk berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil suatu keputusan.
  6. Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu membuat laporan keuangan atau suatu informasi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tidak dapat dieksploitasi oleh pesaing.
  7. Peraturan minim. Jika persekutuan dengan firma, kemitraan terbatas, PT, atau peraturan pemerintah yang diperlukan yang harus dipenuhi, hanya ada beberapa perusahaan individu yang memerlukannya.
  8. Dorongan perusahaan. Pengusaha perseorangan biasanya selalu berusaha dengan sekuat tenaga. Sepaya perusahaannya bisa mendapatkan keuntungan tanpa haru meunggu waktu bekerja dalam perusahaan.
  9. Lebih mudah memperoleh kredit. Perusahaan perseorangan biasanya sangat mudah dalam mendapatkan suatu kredit. Karena dalam hal itu untuk tanggung jawab atau jaminannya memang tidak terbatas. terutama pada modal usahanya itu sendiri dan untuk kekayaan pribadi juga memiliki resiko kredit yang lebih kecil.

Kelemahan Perusahaan Perseorangan

  1. Tanggung jawab pemilik memang tidak terbatas.
  2. Sumber keuangan terbatas.
  3. Kesulitan dalam manajemen.
  4. Kelangsungan usaha kurang terjamin.

Contoh Badan Usaha Perseorangan

Berikut contoh dari perusahaan perseorangan yang mempunyai usaha kecil (UKM) seperti:

  • Laundry
  • Bengkel
  • Rumah makan
  • Salon kecantikan
  • Persewaan komputer serta internet dll.

Baca Juga: Ide-ide Usaha Tanpa Modal yang Menguntungkan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Perusahaan Negara atau BUMN adalah perusahaan yang modal seluruh milik Negara, dalam hal ini terdapat tiga bentuk perusahaan negara dengan jenis BUMN. Diantaranya adalah Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Jawatan (Perjan), dan Perusahaan Umum (Perum).

  1. Perusahaan Daerah

Perusahaan daerah merupakan suatu perusahaan yang di kelola oleh pemerintah daerah tersebut dengan modal dari pemerintah daerah itu sendiri, sedangkan tujuan dari berdirianua perusahaan daerah tersebut adalah sebagai upaya untuk mengembangan sebuah ekonomi di daerah itu sendiri.

Selain dapat berkontribusi dengan keberhasilan pembangunan ekonomi nasional, di samping itu, perusahaan daerah biasanya memiliki misi dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Selain itu juga pemerintaha daerah memiliki tujuan lain seperti untuk menciptakan lapangan kerja dalam maksud agar masyarakat bisa adil dan makmur.

  1. Jenis Usaha Koperasi

Koperasi merupakan usaha dengan system bersama dalam bidang perekonomian, atas kerja sama usaha koperasi itu sendiri.

Selain itu usaha koperasi memiliki prinsip yakni saling gotong royong atau saling membantu dalam memenuhi suatu kebutuhan ekonomi dengan sesama anggota koperasi tersebut.

Di Negara Indonesia sendiri terdapat lima bentuk koperasi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Koperasi Konsumsi
  2. Koperasi Simpan Pinjam
  3. Koperasi Produksi
  4. Koperasi Jasa, dan
  5. Koperasi Serba Usaha.

Badan Usaha dan Badan Hukum

Badan Usaha dan Badan Hukum

Badan usaha merupakan sebuah fondasi yang sangat penting jika kita ingin berbisnis. Selain itu badan usaha juga memiliki badan hukum yang diterapkan oleh setiap perusahaan, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah atau besar.

Tujuanya sendiri yakni untuk melindungi perusahaan dari semua klaim, dengan konsekuensi yang menjalankan perusahaan.

Badan Usaha Hukum

badan usaha yang merupakan badan hukum contohnya seperti dibawah ini:

  1. Rumah sakit
  2. Penyelenggara satuan pendidikan formal
  3. Bank
  4. Dan lainnya

Suatu badan usaha adalah sebuah kesatuan yuridis serta ekonomis yang terkait oleh faktor-faktor peroduksi serta memiliki tujuan untuk mencari keuntungan.

Badan usaha juga dapat dikatakan ibarat rumah tangga ekonomi dengan tujuan untuk mencari sebuah keuntungan dengan melalui faktor-faktor produksi.

Baca Juga: Ide Nama-nama Olshop Untuk Bisnismu

Selain itu bisnis atau usaha perseorangan juga dapat dikatakan suatu badan yang berbadan hukum jika apabila mempunyai “Akte Pendirian” yang disahkan oleh notaris dengan di tanda tangani diatas matarai.

Sebenarnya saat ini ada banyak sekali jenis-jenis usaha yang ada di Indonesia baik perorangan maupun yang kerja sama, salah satunya sudah dijelaskan seperti diatas. Sekian semoga bermanfaat Terima Kasih.

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca – pastinya sebagian dari anda sudah mengetahuai apa itu kain perca? Ya, kain perca dapat berasal bahan apa saja. Karena...
Avatar Dee
13 min read

Kerajinan dari Kain Flannel

Kerajinan dari Kain Flannel – Tahukah anda? Bahwa kain flanel merupakan kain yang dapat dijadikan bahan untuk kerajinan tangan. Kain flannel memiliki sifat bahan...
Avatar Dee
9 min read

Kerajinan dari rotan

Kerajinan dari rotan – Rotan merupakan salah satu bahan baku alami yang berasal dari tumbuhan hutan, yang biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat suatu...
Avatar Dee
7 min read