Gambar Lapangan Bola Voli

Gambar Lapangan Bola Voli : Beserta Ukuranya

Gambar Lapangan Bola Voli – Dalam permainan bola voli pastinya anda tidak mengamati dengan detail berapa ukuran Lapangan bola voli? Karena yang lebih anda fokuskan yaitu pemainnya dan permainannya bukan?

Padahal mengetahui dan memahami Lapangan bola voli itu penting juga, karena Lapangan bola voli itu sangat berhubungan dan berpengaruh besar dalam permainan bola voli ini. Tanpa Lapangan bola voli tidak akan bisa terlaksana, dan karena semua permainan olahraga rata-rata diadakan di Lapangan. Berikut adalah contoh gambar lapangan bola voli beserta ukuranya:

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukuranya

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukuranya
markijar.com

Ukuran Lapangan Bola Voli :

  • Lebar : 9 m
  • Panjang : 18 m
  • Panjang Garis Serang : 3 m
  • lebar garis : 5 m

Ukuran Net Bola Voli :

  • tinggi net putra : 2,43
  • tinggi net putri : 2,24
  • jarak tiang dengan garis tepi :0,5 m – 1m
  • mata jala net : 5 cm

Gambar Dan Bentuk Lapangan Bola Voli

Dalam permainan olah raga bola voli terdapat beberapa Sarana dan Prasarana permainan seperti Lapangan permainan, bola, net dan lainya. Berikut adalah gambar bentuk lapangan bola voli.

Gambar Dan Bentuk Lapangan Permainan Bola Voli

Gambar Dan Bentuk Lapangan Bola Voli
perpustakaan.id

Gambar Dan Bentuk Net

Gambar Dan Bentuk Net
wikipedia.com

Ukuran Lapangan Voli Pantai

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Skalanya

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Skalanya
volimaniak.com

 

Ukuran Lapangan Bola Voli Putra Dan Putri

Ukuran Lapangan Bola Voli Putra Dan Putri
percepat.com
  1. Panjang lapangan : 18 meter.
  2. Lebar lapangan : 9 meter.
  3. Lebar garis serang : 3 meter.
  4. Daerah clearance : 3-5 meter.
  5. Ukuran lebar net : 1 meter.
  6. Tinggi net untuk putra : 2,43 meter
  7. Tinggi net untuk putri : 2,24 meter.
  8. Jarak tiang net dengan garis samping lapangan : 0,5 – 1 meter.
  9. Pita tepian samping net : 5 cm.
  10. Panjang pita net : 1 meter.
  11. Pita tepian atas net : 5 cm.
  12. Mata jala net : 10 cm.

Selengkapnya: Baca Teknik Dasar Bola Voli


Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukuran Dan Posisi Pemain

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukuran Dan Posisi Pemain
ragaminformasi

Dalam sebuah permainan bola voli tentunya ada pemain bola voli yang mempunyai tugas dan fungsi yang setiap masing-masing berbeda-beda. Sesuai dengan posisi dan formasinya saat bermain bola voli. Berikut adalah gambar lapangan bola voli beserta ukuran dan posisi pemain.

Posisi Servis

Servis adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis nomor 1 Pada posisi ini setiap pemain akan bergantian melakukan servis. Setelah melakukan servis sang pemain kembali lagi ketengah lapangan dan berubah posisi menjadi tosser (set-upper) atau spiker. Servis sendiri adalah sama hanya dengan sebuah penyajian bola pertama dalam permainan ketika mau dimulai.

Posisi Spiker  (Smasher)

Posisi Spiker 
kabarbee.com

Smasher atau Spiker adalah posisi yang sangat vital untuk tim dalam memperoleh poin, pada posisi spiker posisi nomor 2 dan 4 pemain berada di dekat net dan tosser baik di belakang maupun depan tosser.

Tugas utama Spiker yaitu melakukan serangan terhadap lawan sehingga mendapatkan poin. Selain itu Spiker sendiri harus mampu dapat melakukan blocking karena posisi spiker sendiri ada di berada paling depan. Sehingga dengan demikian tugas Spiker atau Smasher yaitu melakukan serangan sekaligus melakukan pertahanan.

Posisi Set-Upper (Tosser)

Posisi Set-Upper
imdb.com

Tosser atau Set-Upper adalah posisi pemain yang berperan mengatur serangan tim dan pengumpan bola untuk smasher. Sehingga tugas dari tosser atau set-upper sendiri adalah sebagai seorang yang mengatur serangan yang biasa dilakukan oleh tim. Jadi dari tosser sendiri berhak memberi komando dan menentukan ingin melakukan sebuah jenis serangan.


Cara Bermain Bola Voli


Posisi Libero (Defender)

Posisi Libero Defender
bebasketik.com

Defender atau Libero adalah posisi pemain bola voli yang mempunyai tugas sebagai pemain bertahan, pemain yang menempati posisi sebagai libero wajib tahu arah datangnya serangan lawan, serta harus benar-benar menguasai teknik passing bawah dan teknik passing atas. Tugas utama dari seorang libero adalah menjaga agar serangan lawan dapat ditahan atau dikembalikan bola.


Semua gambar lapangan bola voli beserta penjelasan dan ukuran yang sudah dijelaskan di atas merupakan gambar dan ukuran yang benar-benar mementingkan pertimbangan dan musyawarah bersama yang sampai saat ini sesuai Induk organisasi bola voli nasional di Indonesia atau PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) atau juga tingkat internasional FIVB (Federation Internationale de Volleyball) jadi gambar dan ukuran ini menjadi hal umum dalam permainan bola voli.


Baik dalam standar nasional bahkan dalam standar internasional, ukuran ini umum digunakan bersama. Sekian semoga dapat bermanfaat dan Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *