Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Contoh Teks MC Muhadhoroh

5 min read

Contoh Teks MC Muhadhoroh – Muhadhoroh merupakan sebuah kegiatan rutinan yang biasa dilakukan dalam seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Biasanya di pesantren-pesantren akan melaksanakan rutinitas tersebut dalam waktu seminggu sekali.

Tujuan dari muhandhoroh sendiri yakni mengasah kemampuan dan mental para santri-santri dari kehidupan dalam bermasyarakat nanti. Selain itu isi dari muhadhoroh sendiri lebih mirip dengan acara pangajian umumnya.

Dalam kegiatan muhandhoroh sendiri, selain berisi tentang pidato keagamaan juga tentunya kita juga membutuhkan MC atau pembawa acara guna untuk mengatur jalan-nya dari kegiatan muhadhoroh tersebut.

Berikut contoh Teks MC Muhandhoroh dalam pesantren yang dapat kita pakai untuk memandu jalan-nya dari sebuah kegiatan rutinan muhandhoroh tersebut.

Tips Menjadi Seorang MC Muhandhoroh

Untuk menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara, maka kita harus memiliki bekal yang cukup. Agar ketika nanti dalam menyampaikan isi dari acara tersebut dapat dengan mudah difahami oleh semua orang.

Sebelum acara Muhandhoroh di mulai, maka alangkah baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatakan teks MC yang ingin disampaikan-nya nanti.

Sehingga nantinya kita tidak akan salah dalam menyampaikannya isi dari acara Muhandhoroh tersebut. Biasanya sebuah susunan acara akan dibacakan terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

Tips Menyampaikan Susunan Acara Muhandhoroh

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan Muhandhoroh, agar ketika dipanggung tidak salah kaprah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Santay atau tenang
  2. Tidak usah kaku dalam menyampaikanya
  3. PD (Percaya Diri) saja
  4. Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai
  5. Catat Jika perlu

Berikut teks MC Muhandhoroh yang dapat kita gunakan dalam melakukan acara seperti pengajian dan lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Contoh Teks MC Muhadhoroh Pondok Pesantren

Contoh Teks MC Muhadhoroh Pondok Pesantren

Di dalam pesantren tentu tidak jauh dengan kegiatan Muhandhoroh yang biasanya dilaksanakan setiap seminggu sekali. Namun ada juga yang mengadakan setiap sebulan sekali, (beda pesantren beda program).

Contoh Teks MC Pengajian

Di dalam acara muhandhoroh sendiri biasanya tema yang di tampilkan bisa bermacam-macam, mulai dari tentang akad pernikahan, pengajian seperti pada umumnya, dan masih banyak lagi.

Namun dalam suatu acara tentunya kita memerlukan MC atau seorang pembawa acara yang nantinya sebagai pemandu dalam jalan-nya dari sebuah acara. Berikut teks mc muhandhoroh yang biasa ada di pesantren, diantarnya sebagai berikut ini:

Contoh Teks MC Muhadhoroh Pernikahan

Contoh Teks MC Pengajian Pernikahan

Berikut contoh tekc mc mahandhoroh dengan tema pernikahan, yang tentunya dapat kita gunakan dalam mengatur jalan-nya suatu acara, baca dan hafalkan agar kita dalam menyampaikan tanpa menggunakan catatan.

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati kepada Ustad…. selaku pengasuh…
  2. Yang saya hormati kepada ketua pengurus…..
  3. Dan yang saya hormati kepada seluruh santri wan, santri wati yang dirahmati Allah SWT.

Puja dan puji syukur Al-hamdulillah mari kita bersama haturkan kehadirat kepada Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya terhadap kita semua.

Sehingga pada kesemapatan kali ini kita masih diberikan nikmat dan karunia kesehatan hingga kita masih di pertemukan di tempat yang Insya Allah penuh berkah ini.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW.

Yang sebagaimana telah membawa agama kita menjadi agama yang teladan dan agama yang penuh dengan keberkahan yakni agama Islam rahmatalil Alamin, Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Para hadirin-hadirat yang di rahmati Allah SWT, yang pertama-tama saya banyak ucapkan terima kasih atas kehadiran para santri wan, santri wati dalam rangka kegiatan pesantren rutinan yakni Muhandhoroh dengan tema sebuah pernikahan.

Untuk mempersingkat waktu, maka perkenankanlah saya untuk membacakan susunan acara kegiatan Muhandhoroh dengan tema pernikahan.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Hiburan rebana yang akan di bawakan group rebana santri PP …
  4. Masuk acara inti yakni resepsi akad pernikahan
  5. Doa
  6. Penutup

Akhirnya sampai diujung acara Kugiatan rutinan Muhandhoroh dan akan dilanjutkan dengan doa penutup yang akan dipimpin Oleh ustadz…..

Sebelum doa dimulai, saya selaku pembawa acara Muhandhoroh pada kali ini, tutur kata jika terdapat salah kata ataupun sikap yang kurang berkenan di hati santri wan, santri wati pondok pesantren … saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada beliau Ustadz….. untuk memimpin doa bersama, waktu dan tempat kami persilakan dan sekaligus sebagai penutup acara kegiatan Muhandhoroh, Sekian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks MC Muhadhoroh Khitanan

Contoh Teks Mc Pengajian

Pada acara khitanan biasanya tidak sedikit banyak orang yang mengadakan acara pengajian, pengajian tersebut diadakan karena acara tersebut sebagai wujud syukur kita kepada hambanya.

Contoh Teks MC Maulid Nabi

Dalam acara pengajian tentunya kita membutuhkan MC yang nantinya sebagai pemandu dalam acara jalannya pengajian. Berikut contoh teks MC pengajian Khitanan yang dapat kita gunakan dalam menyusun jalanya acara tersebut.

Bismillah

Assalamualaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati kepada bapak Kyai Sholihin selaku pengasuh PP …

yang saya hormati kepada bapak Muhammad Anam, selaku ketua pengurus PP…

Serta yang saya hormarti kepada seluruh santri wan – santri wati yang durut hadir dalam kegiatan rutinan Muhandhoroh Pondok Pesantren…..

Sebagai umat islam yang penuh dengan dimuliaan, yang pertama marilah kita jaga hati kita untuk selalu bersykur atas nikmat yang selalu diberikan oleh Allah SWT.

Sehingga pada pengajian kali ini kita dapat menghadiri acara pengajian Maulid Nabi, dengan keadaan sehat dan tanpa ada suatu halangan apa pun.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kapada nabi kita yakni Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, yang sebagaimana sudah berjuang membawa agama Islam kita menjadi agama yang penuh kemuliaan, dan semoga kita juga bisa mendapatkan syafaatnya di kelak yaumil qiyamah nanti Amiin Ya Robbal Alamin.

Saya selaku pembawa acara di acara Muhandhoroh Pondok Pesantren…., dalam rangka kegiatan rutinan dengan tema utama Khitanan. Maka langsung saja saya akan membacakan susunan-susunan acaranya. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  3. Hiburan Group Rebana Pondok Pesantren …
  4. Sambutan kedua yang akan disampaikan oleh ketua pengurus Pondok Pesantren …
  5. Ceramah yang akan dibawakan oleh bapak kyai Sholihin sekaligus pengasuh Pondok Pesantren ….
  6. Doa bersama
  7. Pengumuman
  8. Penutup

Para hadirin-hadirod yang di muliakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan acara kegiatan rutinan Muhandhoroh yang dilaksanakan dalam seminggu sekali.

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Sekian dari saya.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Nah, itulah beberapa teks MC Muhandhoroh yang biasa dilakasankan dalam waktu seminggu sekali atau sebulan sekali pada Pondok-pondok Pesantren salaf maupun Modern.

Contoh MC Lamaran Pernikahan

Semoga dari perkapan diatas dapat menambah wawasan kita, terutama dalam menjadi MC yang baik dan professional. Sekian semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu