Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu

Contoh Teks MC Maulid Nabi

9 min read

Contoh Teks MC Maulid Nabi – Bagi masyarakat umat islam acara pengajian tentu sering sekali diselenggarakan. Biasanya adanya pengajian guna untuk mengisi sebuah acara seperti:

Bulan rajab, Bulan Ramadhan, Bulan Agustusan, Peringatan Maulud Nabi Saw, Muslimat, Fattayat, pengajian rutinin, Khitanan, dan pengajian umum lainnya.

Supaya acara pengajian dapat berjalan dengan lancar, maka kita perlu adanya MC atau sebuah moderator guna untuk mengatur jalanya dari acara tersebut.

Seperti contoh pada kesempatan kali ini kita akan bahas contoh teks MC pengajian yang baik dan benar, yang tentunya dapat kita gunakan untuk menyusun suatu acara pengajian.

Tips Menjadi MC Pengajian

Untuk menjadi seorang MC pengajian yang baik dan profesional, maka kita harus memiliki bekal yang cukup. Agar nanti ketika kita menyampaikan isi dari acara pengajian bisa mudah difahami oleh semua orang.

Sebelum acara pengajian di mulai, maka alangkah baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatakan teks MC yang ingin disampaikan nanti.

Sehingga nantinya kita tidak akan salah dalam menyampaikannya isi dari acara pengajian tersebut. Biasanya sebuah susunan acara akan dibacakan terlebih dahulu sebelum acara pengajian dimulai.

Tips Menyampaikan Susunan Acara Pengajian

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan pengajian, agar ketika dipanggung kita tidak salah kaprah, dalam menyampaikan susunan acaranya. Berikut tips-nya adalah sebagai berikut ini:

  1. Santay dan tenang
  2. Tidak perlu kaku dalam menyampaikanya
  3. PD (Percaya Diri) saja
  4. Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai
  5. Bila perlu lakukan pemanasan

Itulah tips-tips yang dari kami yang perlu kita terapkan dalam ingin menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara pengajian maupun lainnya.

Berikut contoh teks MC pengjian dalam rangka Maulud Nabi Sawa, yang dapat kita gunakan dalam melakukan acara seperti pengajian dan lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Contoh Teks MC Maulid Nabi yang Bagus

Menjadi Mc yang bagus adalah salah satu hal yang banyak di inginkan oleh banyak orang, terutama MC untuk pengajian-pengajian besar seperti :

Pengajian Maulud Nabi SAW, pengajian majelis-majelis Ta’lim, dan pengajian lainya. Biasanya pada momen-momen sepeti ini banyak yang mencari MC atau seorang pembawa acara yang handal dan baik.

Contoh Teks MC Pengajian

Berikut contoh Teks MC pengajian Maulud Nabi SAW, yang dapat kita pakai dalam menyusun serta mengatur dari jalan-nya acara pengajian.

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati bapak ustad…. selaku ketua…
  2. Yang saya hormati kepada seluruh panitia pengurus…..
  3. Beserta para hadirin-hadirin semua yang dirahmati Allah SWT.

Puja dan puji syukur Al-hamdulillah mari kita bersama haturkan kehadirat kepada Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya terhadap kita semua.

Sehingga pada kesemapatan kali ini kita masih diberikan nikmat dan karunia kesehatan hingga kita masih di perkumpulkan di Majelis yang Insya Allah penuh berkah ini.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tahun 1442 Hijriyah. dengan tanpa adanya suatu halangan apapun, Amin Ya Robbal Alamin.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. Yang sebagaimana telah membawa agama kita menjadi agama yang teladan dan agama yang penuh dengan kebenaran yakni agama Islam rahmatalil Alamin, Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Hadirin-hadirat yang kami hormati dan yang saya cintai, yang pertama-tama saya banyak ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari saudara-saudara semua.

Semoga di adakanya acara pengajian dalam rangka Maulud Nabi ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT beserta utusan-nya.

Selanjutnya sebelum acara pengajian Maulud Nabi ini dimulai, maka perkenankanlah saya untuk membacakan susunan acara pada kali dalam rangka Maulud Nabi SAW.

Acara yang pertama :

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Shalawat Nabi
  • Sambutan-sambutan
  • Mau’dah hassanah
  • Doa
  • Penutup

Pembukaan

Kepada bapak/Ibu, dan para hadirin-hadirin yang dimuliakan Allah SWT.

Untuk mempersingkat waktu, marilah acara kita hari ini :

Kita buka bersama dengan bacaan Basmalah…… (Bismillahirohmanirohim) dan dilanjutkan dengan bacaan Suratul Alfatihah…… (Baca Surat Al-fatihah) Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Pembacaan Ayat Suci Al-qur’an

Acara yang kedua, yakni pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an. Kepada saudara……………. waktu dan tempat kami persilahkan.

Pembacaan Sholawat Nabi SAW

Acara yang ketiga, yakni pembacaan Sholawat Nabi SAW, yang akan di bawakan oleh Group Rebana dari….. kepada saudara…… berserta teman-teman, waktu dan tempat kami persilahkan.

Sambutan-sambutan

Acara yang keempat, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan :

1. Sambutan yang Pertama

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia pengajian Maulud Nabi. Kepada Bapak…… waktu dan tempat kami Persilahkan. Terima kasih kepada Bapak…… atas sambutanya.

2. Sambutan yang Kedua

Sambutan yang kedua, akan disampaikan oleh Bapak kepala desa, kepada Beliau Bapak…… waktu dan tempat Kami Persilahkan.

Acara Inti Mau’dah hassanah

Memasuki acara yang kelima, yakni acara inti yang telah kita nanti-natikan MAUHIDOH HASANAH yang juga akan dilanjutkan dengan do’a.

Kepada Bapak. Ustadz Al-karim………. kepada beliau waktu dan tempat Kami persilahakan.

Penutupan

Demikianlah Mauhidoh Hasanah yang disampaikan oleh Bapak Ustadz Al-karim……

Sedikit saya simpulkan : Satu hal yang paling utama dalam sebuah kehidupan, Marilah kita bersama tingkatkan iman dan ketakwaan kita terhadap sang pencipta yakni Allah SWT.

Agar kita dapat terselamatkan baik dunia maupun akhirat, serta semoga kita selalu terlindungi dan dijadikan manusia yang mulia baik di dunia maupun di akhirat nanti. Amiin, Amiin Ya Robbal  Alamin.

Kepada bapak/Ibu, dan seluruh para hadirin-hadirat yang Insya Allah dimuliakan Allah SWT.

Sebelum acara pengajinan saya tutup, maka perkenankanlah saya untuk menyampaikan terimakasih kepada seluruh bapak/Ibu yang hadir dalam rangka pengajian Mulud Nabi SAW yang Ke 10.

Dan apabila saya selaku membawakan acara pengajian Kali ini terdapat tutur kata yang kurang dikenan di hati bapak/ibu dan seluruh para hadirin semua. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Mari kita tutup acara pengajian Maulud Nabi hari ini membaca hamdalah bersama-sama. (Al Hamdulillahirabil Alamin), Sekian.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sampai berjumpa lagi.

  1. Contoh Teks MC Maulid Singkat

Contoh Teks MC Pengajian Maulid Nabi

Singkat, jelas, dan tidak padat adalah salah satu hal yang juga sering di inginkan oleh kita, seperti halnya dengan seorang MC atau seorang pembawa acara entah pengajian ataupun lain-nya.

Contoh Teks MC Muhadhoroh

Seorang mc professional tentunya akan bisa membaca kondisi dari setiap acara. Maka oleh sebab itu bagi kita belum tahu tentang bagaiman menjadi seorang mc atau seorang pembawa acara dalam menyampaikan Teks Mc dengan singkat.

Berikut kami beri contoh teks MC maulud yang singkat dan mudah di fahami, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

  1. Yang saya hormati bapak ustad…. selaku ketua…
  2. Yang saya hormati kepada seluruh panitia pengurus…..
  3. Beserta para hadirin-hadirin semua yang dirahmati Allah SWT.

Puja dan puji syukur Al-hamdulillah mari kita bersama haturkan kehadirat kepada Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya terhadap kita semua.

Sehingga pada kesemapatan kali ini kita masih diberikan nikmat dan karunia kesehatan hingga kita masih di perkumpulkan di Majelis yang Insya Allah penuh berkah ini.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. Yang sebagaimana telah membawa agama kita menjadi agama yang teladan dan agama yang penuh dengan kebenaran yakni agama Islam rahmatalil Alamin, Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Para hadirin-hadirat yang di rahmati Allah SWT, yang pertama-tama saya banyak ucapkan terima kasih atas kehadiran dan para saudara-saudara semua.

Untuk mempersingkat waktu sebelum acara pengajian kali ini mulai, maka perkenankanlah saya untuk membacakan susunan acara pengajian pada kali ini.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Shalawat Nabi
  3. Sambutan-sambutan
  4. Mau’dah hassanah
  5. Doa
  6. Penutup

Akhirnya sampai diujung acara pengajian yakni penutup beserta doa bersama yang akan dipimpin Oleh bapak…..

Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara pengajian Maulud nabi kali ini, tutur kata jika terdapat salah kata ataupun sikap yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan sekalian adek-adek, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada beliau Bapak….. untuk memimpin doa bersama, waktu dan tempat kami persilakan dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian dalam rangka Maulud Nabi.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Salam, sampai berjumpa lagi.

  1. Contoh Teks MC Maulid di Sekolah

Contoh Teks MC Pengajian Akbar

Biasanya di dalam sekolah ketika masuk di bulan Maulid nabi, umumnya akan mengadakan acara pengajian kecil-kecilan dengan dalam ranngka untuk memperingati hari Maulid Nabi atau Hari dimana Nabi Kita di lahirkan.

Di dalam sebuah pengajian tentu kita sangat membutuhkan seorang mc atau seorang pembawa acara yang nantinya akan  menjadi pemandu dalam jalan-nya acara.

Berikut contoh Teks MC Maulid Nabi untuk anak sekolah, yang dapat kita gunakan untuk menyusun atau memandu jalan-nya dari suatu acara.

  1. Contoh Teks MC Maulid di Pesantren

Contoh Teks MC Maulid di Sekolah

Tidak hanya di sekolah-sekolah saja yang dapat memperingati Maulid Nabi, namun di pesantren pun biasanya akan mengadakan pengajian sendiri dengan acara yang besar. Biasanya tamu yang di undang pun berasal dari luar daerah.

Serta ustadz yang di undang untuk mengisi acara pengajian pun tidak tanggung-tanggung, biasanya ustadz yang di undang yakni ustadz yang terbilang sudah terkenal seperti Ustadz K.H Anwar Zaid, Gus Baha, dan masih banyak lagi.

Dalam acara pengajian yang besar tentu kita membutuhkan seorang mc atau seorang pembawa acara yang handal dan professional.

Berikut contoh Teks MC di Pesantren yang bagus untuk dipakai dalam memandu acara-acara pengajian yang besar, selengkapnya sebagai berikut ini.

Assalamualaikum Wr.Wb

Bismillah

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati bapak ustad…. selaku ketua…
  2. Yang saya hormati kepada seluruh panitia pengurus…..
  3. Beserta para hadirin-hadirin semua yang dirahmati Allah SWT.

Puja dan puji syukur Al-hamdulillah mari kita bersama haturkan kehadirat kepada Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya terhadap kita semua.

Sehingga pada kesemapatan kali ini kita masih diberikan nikmat dan karunia kesehatan hingga kita masih di perkumpulkan di tempat yang Insya Allah penuh berkah ini.

Dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, yang ke 11. dengan tanpa adanya suatu halangan apapun, Amin Ya Robbal Alamin.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. Yang sebagaimana telah membawa agama kita menjadi agama yang teladan dan agama yang penuh dengan kebenaran yakni agama Islam rahmatalil Alamin, Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Hadirin-hadirat yang saya hormati dan yang saya cintai, yang pertama-tama saya banyak ucapkan terima kasih atas kehadiran panjenengan semua dalam acara pengajian Maulud Nabi yang diselenggarak di Pesantren Baitul Al-hikmah yang ke 11.

Semoga di adakanya acara pengajian dalam rangka Maulud Nabi ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT beserta utusan-nya.

Selanjutnya sebelum acara pengajian Maulud Nabi dimulai, maka perkenankanlah saya untuk membacakan susunan acara pada kali dalam rangka Maulud Nabi SAW.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Shalawat Nabi yang akan dibawakan Oleh Grop rebana Al-hikmah
  4. Sambutan-sambutan
  5. Mau’dah hassanah
  6. Doa dan Penutup

Akhirnya sampai diujung acara pengajian yakni doa bersama yang akan dipimpin Oleh Bapak Ustadz……

Sebelum doa bersama dimulai, saya selaku pembawa acara pengajian Maulud Nabi yang di selenggarakan di Pesantren Baitul Al-hikmah yang ke 11.

Undur diri tutur kata jika terdapat salah kata ataupun sikap yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan sekalian adek-adek, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada beliau Bapak Ustadz….. untuk memimpin doa bersama, waktu dan tempat kami persilakan dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian dalam rangka Maulud Nabi.

Sekian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Salam, sampai berjumpa lagi.

  1. Contoh Teks Pembawa Acara Rapat Maulid

Contoh Teks MC Pengajian Muharam

Sebelum menyelenggarakan acara pengajian Maulid Nabi tentunya kita juga harus mengadakan pertemuan atau yang dikenalnya dengan rapad, entah itu rapad panitia, maupun rapad penting lain-nya.

Contoh MC Rapat Kerja

Dalam rapad tentunya kita akan membahas mulai persiapan-persiapan hingga kebutuhan yang harus dilengkapi dalam acara pengajian tersebut. Agar pertemuan rapad bisa berjalan lancar tentunya kita juga memerlukan MC atau seorang pembawa acara.

Berikut contoh teks MC rapad dalam rangka Maulid Nabi SAW, yang dapat kita terapkan dalam mengatur pertemuan rapad.

Assalamualaikum Wr.Wb

Bismillah

Hamdan Wasyukurillah Wala khaula wala Quwatailla Billah. Asshaduala ilahaillah Wa’asshaduanna Muhammadarassullah, Allahuma sholi’ala syaidina Muhammad wa’ala alihi syaedina Muhammad.

Sebelum kita buka acara pertemuan rapad hari ini, marilah yang pertama-tama kita panjatkan rasa puji dan puji syukur atas kahadirat Allah SWT, karena berkat karunia-nya kita bersama dapat berjumpa di dalam aula yang Insya Allah, penuh dengan kemuliaan ini. Amiin Ya Robbal Alamin.

Serta tidak lupa Sholawat serta salam, kepada Nabi Besar kita Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman yang Insya Allah penuh dengan kemuliaan ini.

Sebelum dibuka pembahasan acara rapad hari ini dalam rangka untuk menyelenggarakan Pengajian Maulid Nabi. Maka saya selaku pembawa acara mohon izin untuk membacakan susunan rapad hari ini.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan Dari Kepala Desa
  3. Sambutan Dari Ketua Panitia
  4. Isi Program Diadakanya Acara
  5. Acara Saran Dan Usul
  6. Kesimpulan
  7. Penutup

Berhubung acara demi acara sudah selesai. Maka izinkan Saya untuk menutup acara rapad malam ini. Sebagai acara penutupan marilah kita tutup bersama dengan membaca Alhamdulillahi Rabbil Alamin.

Sebelum undur diri, Saya selaku mc atau pembawa acara rapad mala ini. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya barang kali ada tutur kata yang kurang dikenan di hati penjenengan, sekian Akhir kata.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai contoh teks MC pengajian yang baik dan benar serta lengkap beserta penjelasan mengenai Tips menjadi MC yang handal. Sekian semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Dee Setiap pendosa punya masa depan - Setiap orang alim punya masa lalu