Contoh Sumber Energi Terbarukan

Sumber Energi Terbarukan

Sumber Energi Terbarukan – energy terbarukan merupakan sumber energy yang dapat diperbarui secara langsung / alami dan memiliki proses yang terus-menerus. Sumber energy terbarukan tidak akan pernah habis sumbernya karena sudah ada sumber daya yang melimpah dari alam.

Ada beberapa nama untuk menyebut energy terbarukan yang disebut energy berkelanjutkan. Energy ini juga sudah dikenal pada dunia di era 1970-an.

Adanya sebagai antitetis terhadap kemajuan dan penggunaan sumber daya berbahan fosil (batubara, minyak bumi, dan gas alam) ataupun nuklir.

Selain juga dapat diperbarui atau diolah kembali energy tersebut juga ramah lingkungan,jadi apabila digunakan akan aman dan juga terjangkau untuk umum.

Penggunaan energy terbarukan manfaatnya bisa dibilang lebih banyak karena disamping menghasilkan sumber energy , energy terbarukan juga ramah lingkungan.

Sumber Energi Terbarukan

Perlu kita ketahui dari proses energy terbarukan merupakan hasil dari proses alam yang berkelanjutan, seperti halnya tenaga surya, tenaga angina, arus air proses biologis, dan panas bumi.

Karena itu kita harus mengetahui tetang energy terbarukan karena banyak hal positif terhadp penggunanya, silahkan lihat untuk pengembangan energy terbarukan dan juga lihat pengembangan untuk energy masa depan.

Indonsia ternyata juga sangat melimpah atas energy terbarukan. Jika digunakan dan dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan bisa menggantikan energy dari fosil. Ada 8 sumber energy terbarukan di Indonesia yang bisa dimanfaatkan.

Contoh Sumber energi Terbarukan

Contoh Sumber energi Terbarukan

  • Sumber energy Terbarukan Biofuel
  • Sumber energy Terbarukan Biomassa
  • Sumber energy Terbarukan Panas Bumi
  • Sumber energy Terbarukan Air
  • Sumber energy Terbarukan Angin
  • Sumber energy Terbarukan Matahari
  • Sumber energy Terbarukan Gelombang Laut
  • Sumber energy Terbarukan Pasang Surut

“Nah, itulah beberapa contoh sumber energy terbarukan yang tentunya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber kehidupan bagi manusia, untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasannya”

  1. Sumber energy Terbarukan Biofuel

Apakah itu biofuel? Biofuel merapakan bahan bakar hayati yang berarti termasuk sumber energy terbarukan berupa bahan bakar (padat, cair, dan gas) yang terjadi dari manfaat bahan organik. Biofuel sendiri merupakan tanaman yang sumber energinya dari tanaman-tanaman memiliki kandungan kadar gula yang tinggi(sorgum dan tebu) dan juga tanaman yang kadar minyak nabatinya sangat tinggi (jarak, ganggan, kelapa sawit).

Contoh Sumber Energi Alternatif
  1. Sumber energy Terbarukan Biomassa

Biomassa merupakan jenis sumber energy terbarukan yang memanfaatkan dari bahan biologis berasal dari organisme yang masih aktif atau suatu benda yang baru mati. Sumber biomassa sendiri diantaranya adalah kayu, limbah, dan alcohol. Dan perlu kita ketahui ternyata pembangkit listrik biomassa PLTBM pulubala di Gorontalo memanfaatkan dari tongkol jagung.

  1. Sumber energy Terbarukan Panas Bumi

Energy panas bumi atau juga yang disebut geothermal ternyata termasuk energy baru terbarukan dengan memanfaatkan energy (thermal / panas) yang lalu dihasilkan dan disimpan dalam bumi. Banyak yang meyakini bahwa energy ini lebih ekonomis dan berkrlanjutan, akan tetapi pengelolaanya masih terhambat oleh teknologi.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau yang dikenal dengan (PLTP) yang dimiliki Indonesia antara lain seperti: PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Lahendong (Sulawesi Utara), PLTP Salak (Jawa Barat), dan PLTP Dieng (Jawa Tengah).

  1. Sumber energy Terbarukan Air

Energy air merupakan sumber energy yang paling umum dan juga salah satu sumber energy alternative berbahan fosil. Untuk mendapatkan energy tersebut manusia memanfaatkan energy potensial dan kinetik yang dimiliki oleh air.

Sekitar 20% konsumsi listrik dunia dipenuhi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Seperti di Indonesia yang juga terdapat puluhan Listrik tenaga PLTA, yang tersebar diberbagai daerah seperti : PLTA Singkarak (Sumatera Barat), PLTA Gajah Mungkur (Jawa Tengah), PLTA Karangkates (Jawa Timur), PLTA Riam Kanan (Kalimantan Selatan), dan PLTA Larona (Sulawesi Selatan).

  1. Sumber energy Terbarukan Angin

Energy angina merupakan energy terbarukan yang memanfaatkan sumber energy tenaga angin, lalu diproses dengan alat terntu agar bisa menjadi energy kinetik atau listrik. (PLTBayu) telah menggunakan energy angina untuk diubah menjadi listrik di Indonesia yang bertempat di samas Bantul, Yogyakarta.

  1. Sumber energy Terbarukan Matahari

Energy dari sumber matahari atau surya merupakn energy terbarukan yang bersumber dari radiasi matahari dan pancaran panas dari mata hari. Indonesia sudah memiliki pembangkit tenaga surya yang bertempat: PLTS Karangasem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT).

  1. Sumber energy Terbarukan Gelombang Laut

Energy dari gelombang laut merupakan sumber energy terbarukan, memanfaatkan dari tekanan naik turunya ombak air laut. Indonesia sesungguhnya sangat berpotensi besar dalam hal ini dikarenakan terletak diantara dua samudera, namun untuk sumber energy ini di Indonesia masih dalam pengembangan.

  1. Sumber energy Terbarukan Pasang Surut

Energy ini memanfaatkan dari pasang surut air laut, terdapat dua jenis untuk sumber energy ini, yaitu perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut.

Yang kedua yaitu pasang arus terlebih pada selat-selat yang kecil. Seperti halnya energy ombak air laut, sesungguhnya Indonesia sangat berpotensi untuk energy ini, akan tetapi alatnya masih dalam proses pengembangan.

Di Indonesia sendiri ternyata masih belum banyak yang menggunkan energy terbaruakan sekitar 90% masyarakat Indonesia menggunakan energy ini.  Untuk yang menggunakan energy terbarukan di Indonesia masih sekitar 10% berbeda jauh dengan yang menggunakan energy dari fosil.

Contoh Perubahan Energi

Sangatlah miris karena Indonesia sesungguhnya mempunyai potensi besar untuk pemanfaatan energy alternative, hanya energy air yang banyak dimanfaatkan.

Tenaga sumber pembangkit listrik di indonesua sendiri masih bisa dihitung jari, sesungguhnya sangat banyak potensi untuk Indonesia namun nyatanya belum mencapai sebuah tarjet.

Penggunaan Energi Terbarukan

Penggunaan Energi Terbarukan

Sepanjang sejarah, berbagai macam energi terbarukan telah digunakan.

  • Kayu adalah sumber energy berbiomassa digunakan untuk memasak dan untuk penghangat tubuh saat dingin, beberapa kayu pilihan bisa digunakan untuk pengawet makanan dan masih banyak lagi manfaatnya.
  • Tenaga hewan juga bisa dimanfaatkn untuk menarik alat-alat tradisional, seperti gerobak,cikar, dll. Hingga sekarang masih banyak manusia yang memanfaatkan sumber tenaga ini.
  • Tenaga air sekrang juga bisa digunkan untuk pengganti tenaga kekuatan dari hewan, dengan cara mengubah energy air (kinetik ataupun gravitasi) merubahnya menjadi energy rotasi. Hingga energy air menjadi yang paling banyak digunakan ketimbang energy terbarukan lainya.
  • Lemak hewan sudah banyak yang memanfaatkan terutama lemak ikan paus yang dikelola menjadi minyak untuk lampu.
  • Energy angin sudah banyak dimanfaatkan sejak dulu, hingga tenaga angina yang dikelola dengan kincir angina sekarang banyak yang menjadikan lebih modern dan merupakan sumber daya yang pertumbuhanya sanagat cepat.
  • Tenaga matahari sebagai sumber yang bersejarah pada manusia, pada umumnya sinar surya digunkan untuk pengeringan dan penerangan dalam bangunan. Pada saat zaman abad ke an-20, matahari telah ditangkap secara mekanis memanfaatkan pergerakan fluida hingga konversi ke energi listrik secara langsung.
Sumber Energi Listrik

Manfaat Energi Terbarukan

Berikut manfaat-manfaat Energi Terbarukan yang dapat berguna bagi kehidupan manusia dibumi, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tersedia secara melimpah
  • Lestari dan tidak akan habis
  • Ramah lingkungan (rendah atau tidak ada limbah dan polusi )
  • Sumber energi bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma dengan investasi teknologi yang sesuai
  • Tidak memerlukan perawatan yang banyak dibandingkan dengan sumber-sumber energi konvensional dan mengurangi biaya operasi
  • Membantu mendorong perekonomian dan menciptakan peluang kerja.
  • Tidak perlu harus mengimpor bahan bakar fosil dari Negara ketiga atau dari negara lain
  • Lebih murah apabila dibandingkan dengan energi konvensional dengan dalam jangka yang panjang
  • Harga pasar terbuka bahan bakar fosil serta bebas dari fluktuasi
  • Teknologi mudah digunakan meskipun ditempat yang terpencil
  • Distribusi, atau energi bias dapat diproduksi diberbagai tempat meskipun tidak tersentralisir.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga artikel dari kami bisa bermanfaat untuk semua kalangan untuk memajukan sdm negara kita tercinta. Sekian dan terima kasih.

Sumber-sumber Energi Listrik

Avatar Dee
3 min read

Sumber Energi Alternatif

Avatar Dee
5 min read

Tinggalkan Balasan