Sumber-sumber Energi Listrik

Sumber-sumber Energi Listrik

Sumber Energi Listrik – Energy listrik sangatlah penting pada masyarakat karena manusia sangat membutuhkanya untuk keperluan rumah tangga hingga industri.

Dari alat dapur, pabrik, hingga pesawat terbang membutuhkan tenaga listrik. Untuk mendapatkan tenaga listrik sendiri biasanya dengan mengubah energy kinetik melalui generator untuk diproses menjadi listrik.

Energy listrik biasanya diperoleh dari beberapa sumber, dan salah satunya adalah sampah. Berikut ini ada 10 sumber energy untuk listrik.

Contoh Sumber Energi Listrik

Contoh Sumber Energi Listrik

Berikut merupakan sumber energy listrik, yang biasa digunakan oleh semua negara dalam membangkitkan listrik sebagai salah satu sumber kehidupan pada manusia, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Sumber Energi Listrik Dari Nuklir
  • Sumber Energi Listrik Dari Minyak
  • Sumber Energi Listrik Dari Gelombang
  • Sumber Energi Listrik Dari Angin
  • Sumber Energi Listrik Dari Batu Bara
  • Sumber Energi Listrik Dari Hidro Elektrik
  • Sumber Energi Listrik Dari Panas Bumi
  • Sumber Energi Listrik Dari Tenaga Surya
  • Sumber Energi Listrik Dari Energi Pasang Surut

Untuk penjelasanya mari kita simak lebih lanjut dengan seksama:

  1. Sumber Energi Listrik Dari Nuklir

Hingga sekarang energy nuklir merupakan energy yang masih utama digunakan manusia, dalam artian manusia banyak yang mengestrak panas dan listrik yang diberikan dari pada yang lainya.

Untuk perbandinganya 1kg batu bara dan uranium sama jenisnya berasal dari dalam tanah, ketika kita menggunakan energy listrik dari batu bara kita bisa menghasilkan nyalain lampu 100w sampai 4 hari. Tapi jika kita memanfaatkan 1kg uranium maka kita bisa mengguanakan lampu yang dayanya paling sedikit 180 thun, sangatlah hebatkan.

Contoh Perubahan Energi

Segala sesuatu tetaplah ada resikonya, untuk resiko menggunakan energy nuklir sendiri jika terdapat kebocoran maka akan terjadi bencana besar akibat dari radio aktif, hingga bisa membunuh semua manusia.

“sebab dari itu kita harus sangat hati-hati jika menggunakanya”.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Minyak

Minyak merupakan bahan bakar utama di Indonesia, pemanfaatanya melalui proses pembangki listri tenaga diesel (PLTD), namun sangat banyak sekali menimbulkan hal negative seperti asap, dan juga minyak merupakan sumber energy yang tidak dapat diperbarui, maka dari hal tersebut akan lebih baiknya jika kita menggunakan energy alternative.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Gelombang

Energy dari gelombang merupakan energy yang ramah lingkunga, sehingga kita tak usah takut ketika menggunakanya, akan tetapi untuk bisa menghasilkan energy ini kita harus menelan dana yamg cukup besar dan bukan hanya itu saja, factor besarnya ombak juga mempengaruhi kesetabilanya.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Angin

Sumber energy ini merupakan sumber energy yang ramah lingkungan dan tidak menelan biaya yang banyak, tenaga dari sumber energy angina dengan memanfaatkan tekanan angina yang kencang dengan menggunaka kincir angin.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Batu Bara

Untuk pencarian batubara sendiri tak terlalu sulit untuk kita, tetapi pemakaian batubara bisa menimbulkan polusi udara. Dan juga kita harus bisa mencari tempat yang mendukung serta biaya yang memadai jika ingin mengolah sumber daya dari batu bara.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Hidro Elektrik

Pada umumnya manusia mengenal energy ini dengan energy bendungan yang nantinya diproses agar bisa memutar turbin agar bisa menghasilkan listrik.

Segala sesuatu pasti ada resikonya, untuk resiko dari pemanfaatan listrik dari hidro elektrik yaitu ketika ada banjir dan pada saat musim kemarau.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Panas Bumi

Pemanfaatan sumber energy dari panas bumi sesungguhnya sangat menguntungkan karna termasuk energy yang ramah lingkungan. Namun sayangnya tidak semua tempat bisa digunakan untuk menghasilkan dari energy ini.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Tenaga Surya

Tenaga surya merupakan energy yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, namun pada umumnya manusia terhambat dengan biaya yang harus dikeluarkan terlebih lagi ada juga factor cuaca yang tidak menentu.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Energi Pasang Surut

Energy pasang surut merupak energy yang pemanfaatnya dari pasang surutnya laut, energy ini merupakan energy yang ramah lingkungan. Namun manusia pada umumnya masih terhambat pada factor biaya, karena untuk bisa membuat energy ini memerlukan biaya yang tidak sedikt.

  1. Sumber Energi Listrik Dari Biomassa

Sumber energi Listrik biomassa sendiri adalah Energy ini memanfaatkan dari bahan organic yang dihasilkan dari fotosintetis, baik dari produk ataupun dari banguanan. Seperti dari ubi, pepohonan, dan masih banyak lainya.

Selain dimanfaatkan untuk tujuan primer serat, pakan ternak, bahan bangunan, biomassa juga di manfaatkan untuk sumber energy. Bahkan sampah juga bisa dimanfaatkan. Dan sumber energy ini telah dikembangkan oleh GE dengan PLN.

Contoh Sumber Energi Terbarukan

Pada saat ini GE dan PLN telah bekerja sama untuk pemanfaatan energy sumber daya pembangkit listrik ini yang diberi nama “BIOMASS”.

Dan hasilnya dari pemanfaatan teknologi tersebut sangatlah banyak, lebih dari 700 mesin gas GE bisa menghasilkan 500 megawatt listrik.

Sumber Energi Listrik Alternatif

Sumber Energi Listrik Alternatif

Berikut merupakan sumber energy listrik alternatif, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sumber Energi Listrik Dari Nuklir
  • Sumber Energi Listrik Dari Minyak
  • Sumber Energi Listrik Dari Gelombang
  • Sumber Energi Listrik Dari Angin
  • Sumber Energi Listrik Dari Batu Bara
  • Sumber Energi Listrik Dari Hidro Elektrik
  • Sumber Energi Listrik Dari Panas Bumi
  • Sumber Energi Listrik Dari Tenaga Surya
  • Sumber Energi Listrik Dari Energi Pasang Surut
  • Energi Listrik Dari Biomassa

Sumber Energi Listrik Pln

Seiring kemajuanya teknologi berbagai sumber energy bisa dimanfaatkan, seperti dari sumber energy uap,air, matahari,dan masih banyak lainya,. Hampir seluruh sumber bisa digunkan untuk pembangkitan energy listrik.

Manfaat Energi Listrik

Berikut adalah berbagai Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Kita, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk penerangan

Manfaat dari listrik sendiri digunakan berbagai macam salah satunya untuk penerangan, mengingat lampu yang sangat terang dan menghiasi dunia kala malam, membuat semua orang pada umumnya memanfaatkan energy listrik dan manusia menjadi mudah dalam beraktifitas.

  1. Memasak

Para ibu rumah tangga sangat dimanjakan dengan kehadiran listrik, banyak sekali peralatan yang menggunakan listrik untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Contoh.

  • Rice cooker
  • Blender
  • Mixer
  • Juicer
  1. Tenaga untuk kendaraan

Energy listrik sekarang juga digunakan untuk penggerak mobil bermotor, tenaga ini sangat ramah lingkungan sehingga aman dan tidak menimbulkan polusi udara, di indoneisia sendiri mobil listrik sudah banyak digunakan dan dikembangkan.

  1. Menumbuhkan industri

Semua alat industri pada umumnya sekarang sangat bergantung pada listrik. Banyak perusahaan yang telah menggunakan alat dari energy listrik tersebut.

“Contoh: Robot-robot industri”.

  • Pengisi untuk daya batrai hp, dan masih banyak lainya.
  • Memudahkan menonton hiburan

Alat alat dari tenaga listrik sangat banyak sekali manfaatnya, seperti televise,hp, laptop, dan masih banyak lainya, dengan menggunakan alat tersebut manusia sangat dimanjakanya, juga banyak yang memanfaatkan alat tersebut untuk hiburan.

Contoh Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

“intinya adalah Energy listrik memang sangat dapat membantu manusia salah satunya untuk mempermudahkan dalam pekerjaan maupun dalam aktifitas manusia dalam sehari-hari”.

Demikianlah artikel dari kami, dari sini kita sudah belajar banyak dari kegunaan sumber daya perbarukan yang menghasilkan banyak manfaat untuk semua orang, terlebih lagi energy ini ramah lingkungan dan mudah didapatkan.

Contoh Sumber Energi Terbarukan

Avatar Dee
4 min read

Sumber Energi Alternatif

Avatar Dee
5 min read

Tinggalkan Balasan