√ 15+ Contoh Hasil Kerajinan Dari Batok Kelapa Yang Paling Unik, Dan Menarik

Kerajinan dari Batok Kelapa

Kerajinan dari Batok Kelapa – Batok merupakan salah satu benda bekas yang dihasilkan dari buah kelapa. Nama lain dari batok adalah tempurung kelapa. Adapun biasanya setelah kelapa digunakan, tempurung ini dibiarkan atau dibuang begitu saja.

Padahal, tempurung kelapa tersebut tanpa kita ketahui dapat dimanfaatkan menjadi berbagai jenis kerajinan yang cantik yang mempunyai nilai harga jual. Untuk membuat Kerajinan tangan dari batok kelapa mungkin tidak begitu sulit jika langsung di praktekanya, karena pembuatan kerajinan dari batok kelapa sendiri terbilang mudah dan simpel.

Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

Tips? Dalam Memilih Batok Kelapa Yang baik.

Sebelum membuat kerajinan batok kelapa, anda harus memperhatikan betul kualitas batok kelapa ini sebagai bahan pokoknya. Kualitas bahan pokok batok kelapa ini sangat berpengaruh akan produk kerajinan yang dihasilkan.

Pilih batok kelapa yang sudah tua dan mempunyai tekstur keras. Bila anda kesulitan dalam membedakan antara batok kelapa yang keras dan tidak, anda dapat mengamati dari warnanya. Sebagian besar, batok kelapa yang ketika dipotong melintang berwarna hitam memiliki tekstur yang keras.

1. Persiapankan Perlengkapan

Agar dalam proses pembuatan produk kerajinan berjalan lancar, persiapkan semua peralatan terlebih dahulu.

  1. Gergaji besi
  2. Pisau
  3. Amplas
  4. Lem kayu
  5. Cat pernis
  6. Bahan tambahan lainnya

2. Langkah-Langkah Pembuatan

Bila anda telah menyiapkan bahan pokoknya yakni batok kelapa yang berkualitas dan perlengkapannya. Langkah selanjutnya ialah membuat produk kerajinan ini.

  • Bersihkan Batok Kelapa

Langkah pertama yaitu bersihkan dahulu batok kelapa. Pastikan batok kelapa benar-benar bersih dari serabutnya maupun kotoran. Anda bisa menggunakan amplas kasar untuk membuat batok kelapa benar-benar bersih.

3. Haluskan Batok Kelapa

Setelah batok kelapa telah bersih, anda wajib menghaluskan permukaan batok kelapa. Untuk membuatnya halus gunakan amplas yang halus. Selain itu, yang tidak kalah penting gosok dengan menggunakan daun pisang kering. Daun pisang kering ini berguna untuk membuat permukaan batok kelapa mengkilap.

4. Potong Batok Kelapa

Pada tahap ini potong batok kelapa dengan gergaji besi maupun gergaji khusus. Anda bisa memotong sesuai dengan pola atau konsep yang telah anda buat.

5. Bentuk Batok Kelapa

Bila anda telah memotong batok kelapa menjadi berbagai bentuk yang anda inginkan. Terakhir, waktunya untuk merangkai dan menyusun bentuk-bentuk tersebut menjadi sebuah produk unik seperti bunga, gantungan kunci, gelas dan sebagainya.

Contoh Kerajinan Tangan Seni Ukir

Contoh Hasil Kerajinan dari Batok Kelapa

1. Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa

Kerajinan Asbak

Seperti yang diketahui bahwa asbak menjadi salah satu benda yang paling banyak dibutuhkan oleh para perokok aktif. Jika biasanya asbak dibuat menggunakan kaca, marmer, maupun besi, maka kali ini asbak dibuat dengan menggunakan batok kelapa. Tentunya ini akan menghasilkan asbak yang unik dan menarik.

Tidak hanya itu saja, asbak dari batok kelapa ini juga bisa dijadikan sebagai hiasan di ruang tamu lho. Dengan kesan yang klasik dan unik ini akan membuat ruang tamu Anda menjadi lebih cantik dan bergaya.

2. Kerajinan Celengan Dari Batok Kelapa

Kerajinan Celengan

Kerajinan dari batok kelapa mudah yang bisa Anda buat selanjutnya adalah celengan. Jika pada umumnya celengan dibuat menggunakan plastik, besi, tanah liat maupun bahan lainnya. Maka kali ini Anda bisa membuat celengan dengan menggunakan bahan batok kelapa.

Celengan ini tentunya nanti akan sangat unik dan menarik. Celengan ini juga bisa dijual lho dan pastinya menghasilkan nilai ekonomis. Tidak hanya itu saja, celengan yang satu ini juga bisa dijadikan hadiah untuk teman, sahabat maupun adik.

3. Kerajinan Lampu Hias Dari Batok Kelapa

Kerajinan Lampu Hias

Lampu hias adalah salah satu benda yang biasanya diletakkan di kamar. Lampu ini akan mengatur pencahayaan kamar menjadi lebih cantik dan nyaman untuk tidur. Jika biasanya lampu hias dibuat menggunakan bahan benang maupun lainnya, maka di sini lampu hias yang bisa Anda buat berasal dari batok kelapa.

Jenis lampu dari batok kelapa diatas memang tidak kalah dengan lampu yang terbuat dari Kerajinan Bambu. Dengan menggunakan batok kelapa, Anda bisa membuat lampu hias yang cantik dan unik lho. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menuangkan kreativitas untuk membuat lampu hias yang cantik dengan berbagai model di dalamnya.

Lampu hias ini bisa Anda panjang di rumah atau bahkan dijual lho. Apalagi jika Anda bisa membuat lampu hias yang cantik maka itu akan menghasilkan lampu hias yang bernilai ekonomis tinggi.

4. Kerajinan Gantungan Kunci Dari Batok Kelapa

Kerajinan Gantungan Kunci

Gantungan kunci ini tentunya sangat lucu dan unik. Anda bisa mengubah batok kelapa yang tidak berguna menjadi gantungan kunci yang bernilai ekonomis. Di sini, Anda bisa menggambar gantungan kunci menjadi berbagai bentuk tokoh yang lucu seperti hewan maupun bunga.

Adapun gantungan kunci ini bisa Anda berikan kepada teman sebagai hadiah. Meskipun terlihat sederhana, namun gantungan kunci ini sangat menarik dan belum tentu siapa saja bisa membuatnya.

5. Kerajinan Gelas Dari Batok Kelapa

Kerajinan Gelas

Kerajinan batok kelapa dapat juga disulap menjadi gelas. Gelas dari batok kelapa memang sangat unik dan memiliki unsur tradisional. Bahkan, saat ini kerajian gelas dari batok kelapa mulai diperjual belikan di online shop seperti bukalapak dan lainya.

Bahkan, satu gelasnya saja bisa dijual dengan harga yang mahal. Hal ini tentunya karena nilai estetika yang ditawarkan oleh gelas ini. bagi Anda yang memiliki kreativitas, maka Anda bisa mencoba untuk berkreasi membuat gelas dari batok kelapa.

6. Kerajinan Teko Dari Batok Kelapa

Kerajinan Teko

Selain gelas, Anda juga bisa membuat teko dengan menggunakan bahan batok kelapa. Teko-teko yang dihasilkan dari batok kelapa ini tentunya sangat unik dan cantik. Teko ini bisa Anda jadikan pajangan di rumah. Pastinya rumah akan terlihat lebih cantik dengan pajangan teko ini. bahkan, setiap tamu yang datang juga akan kagum dan penasaran dengan teko batok kelapa milik Anda.

Contoh Kerajinan Terunik Dari Kulit Jagung

7. Kerajinan Jam Dari Batok Kelapa

Kerajinan Jam

Kreasi batok kelapa yang selanjutnya bisa Anda buat adalah jam. Di sini, Anda bisa membuat kerangka jam dengan memanfaatkan batok kelapa. Gunakan kreativitas Anda untuk menghasilkan jam yang cantik.

Jam ini akan menjadi hiasan rumah yang sangat cantik dan menarik. Untuk membuat jam ini tersebut dangatlah mudah kok, karena jamnya sendiri bisa Anda beli di toko kemudian dikreasikan kerangkanya sesuai dengan keinginan anda.

8. Kerajinan Tas Dari Batok Kelapa

Kerajinan Tas dari batok kelapa

Kerajinan tangan dari batok kelapa dapat juag dibuat menjadi tas. Jika tas umunya dibuat dengan menggunakan bahan kulit, nah untuk yang satu ini Anda busa bikin tas berasal dari batok kelapa. Tas ini tentunya anti mainstream dan dijamin unik banget.

Untuk membuat tas ini tentunya Anda membutuhkan kreativitas yang tinggi. sebab, Anda harus memadukan kumpulan batok kelapa untuk disulap menjadi tas yang cantik. Tas ini bisa dijadikan pajangan dan juga bisa dijadikan sebagai tas untuk bepergian lho. Dijamin deh unik banget dan Anda pasti suka.

9. Kerajinan Mangkuk dari Batok Kelapa

Kerajinan Mangkuk dari Batok Kelapa

Jika pada umumnya mangkuk dibuat dengan menggunakan keramik atau kaca. Maka untuk yang satu ini tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat kerajinan mangkuk dari batok kelapa. Tentunya dapat dijamin mangkuk tersebut akan menjadi sangat unik, elegan dan cantik.

Selain itu, membuat kerajinan mangkuk dari batok kelapa juga terbilang sangat mudah. Sebab, di sini Anda hanya memerlukan batuk setengah lingkaran, kemudian mengamplasnya sampai halus. Nah, bagian bawahnya Anda bisa menambahkan potongan batok kelapa untuk bagian tumpuan.

Dijamin deh, hasil mangkuk yang Anda bikin ini sangat unik dan cantik. Bahkan, mangkuk ini juga bisa dijual dan mendatangkan pundi-pundi rupiah yang menguntungkan.

10. Kerajinan Bros dari Batok Kelapa

Kerajinan Bros dari Batok Kelapa

Anda juga bisa membuat Kerajinan dari batok kelapa yang mudah yakni membuat bros. Jika pada umumnya bros terbuat dari jenis kain, besi dan plastik, maka untuk yang ini tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat bros dari batok kelapa, apalagi kerajinan batok kelapa mempunyai nilai harga jual tersendiri.

Batok kelapa ini dibentuk menjadi beberapa bentuk yang unik dan menarik. Kemudian ia diamplas dan di bagian akhirnya diberi jarum sehingga bisa dijadikan sebagai bros. Sangat cantik dan unik lho, bros ini juga bisa dijual atau dijadikan hadiah kepada teman.

11. Kerajinan Kancing Baju dari Batok Kelapa

Kerajinan Kancing Baju dari Batok Kelapa

Kerajinan batok kelapa mudah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah kancing baju. Kancing baju dari batok kelapa ini biasanya Anda temukan di baju-baju batik oleh-oleh tempat wisata. Cara membuat kancing baju ini juga mudah karena Anda tinggal membentuk pola dan memberikan lubang di bagian tengahnya.

Dengan menerapkan kancing baju ini pada baju Anda, maka akan memberikan kesan yang unik dan menarik. Cobain deh dijamin baju akan semakin cantik saat digunakan.

12. Kerajinan Bunga dari Batok Kelapa

Kerajinan Bunga dari Batok Kelapa

Kerajinan yang satu ini tidak kalah menarik. Karena kerajinan bunga dari batok kelapa tidak hanya menarik saja, namun juga unik, kreatif dan memiliki nilai tersendiri. Untuk membuatnya pun memerlukan kreativitas yang tinggi. Pengrajin harus lebih jeli dan teliti agar dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

13. Kerajinan Boneka dari Batok Kelapa

Kerajinan Boneka dari Batok Kelapa

Selain itu batok kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan boneka yang lucu dan memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu juga kerajinan boneka dari batok kelapa dibentuk dari bahan yang sangat relatif murah. Anda dapat menjadikan boneka batok kelapa ini sebagai benda hiasan atau pajangan di rumah maupun ruang tamu.

14. Kerajinan Mangkok Cantik dari Batok Kelapa

Kerajinan Mangkok Cantik dari Batok Kelapa

Untuk langkah-langkah pembuatanya dapat dimulai dengan memotong batok kelapa menjadi dua bagian. Namun dalam proses pemotonganya harus dengan perbandingan 60-40. Karena nantinya bagian 60 akan dipakai sebagai mangkok, sementara 40-nya akan pakai untuk kaki dasar mangkok.

Setelah selesai, lalu selanjutnya amplas bagian luar dan dalam batok, agar terlihat bersih dan halus. Dan jangan lupa semprot dengan menggunakan bahan foodgrade yang aman untuk makanan seperti mineral oil dan lainya. Setelah itu segera lapisi dengan menggunakan kuas. Lalu keringkan, maka mangkok siap untuk dipakai.

15. Kerajinan Perahu Layar dari Batok Kelapa

Kerajinan Perahu Layar dari Batok Kelapa

Kerajinan dari batok kelapa dapat juga dijadikan menjadi perahu layar. Khusus kerajinan jenis perahu layar ini memang sulit dibuatnya mengkin butuh kesabaran dan ketelitian. Butuh ketelatenan tinggi namun hasilnya sudah pasti bernilai seni tinggi.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat

16. Kerajinan Tempat Tisu dari Batok Kelapa

Kerajinan Tempat Tisu dari Batok Kelapa

Kerajinan dari batok kelapa dapat juga disulap menjadi tempat tisu, namun juga membutuhkan kardus dan tali anyam dari pelepah pisang.

Cara membuat kerajinan tempat tisu dari batok kelapa, gunakan pisau yang tajam guna untuk menghilangkan serabut-serabut yang masih tersisa. Selanjutnya bersihkan permukaan batok dengan menggunakan amplas.

Lalu, pecahkan batok menjadi potongan-potongan kecil, bentuk bebas. Selanjutnya semua pecahan tersebut tempelkan pada tempat tisu dengan menggunakan lem khusus. Terakhir, beri hiasan tali anyaman dari pelepah pisang.

Bagaimana? Menarik dan cantik bukan, hasil kerajinan dari batok kelapa di atas. Nah, mungkin anda juga dapat mencobanya di rumah. Apalagi jika Anda memiliki kreativitas yang tinggi, maka dengan demikian anda akan dapat menghasilkan hanyak kerajinan-kerajinan yang menarik serta anda akan bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *